Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk


Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 


Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).

Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumahan taman royal Cipondoh. Ditambah dengan mantan sekolah mas Gav yang bisa dijadikan referensi tambahan juga. Malam sebelum survey saya hunting mampir ke direktori diknas untuk melihat akreditasi, nah saya menemukan satu TK yang sudah akreditasi A dari diknas. Sengaja TKIT Assyukriyah tidak saya masukkan dalam daftar survey mengingat saya kurang sreg dengan  tempatnya yang crowded.


Namanya TK An-Nahl (yang berarti lebah, salah satu hewan yang diabadikan dalam Al-quran sebagai nama salah satu suratnya) TK ini adalah TK yang saya cari dan kunjungi pertama menjadi sasaran, secara jarang ada TK yang sudah akreditasi A bisa dihitung dengan jari. 


TK yang kami survey selanjutnya TK  Al Ikhlas komplek Garuda dan sasaran survey kami selanjutnya TK plus Cemerlang yang infonya saya dengar dari teman saya yang anaknya juga bersekolah disitu. Lalu di hari berbeda kami mensurvey TK Multi Integensia Islamic School yang letaknya ada di cluster Majapahit Taman Royal 2 Tangerang. 


Uups hampir lupa, beberapa waktu lalu saya juga sempat mengunjungi TK Mutiara Hati (MH) yang letaknya ada di Jl. Mawar  No 49 Kavling Sukasari-Tangerang yang informasinya akan saya gabungkan di blog ini sebagai tambahan informasi bagi Ayah Bunda atau calon Ayah dan Bunda hehe yang juga sedang mencari info sekolah TK untuk tahun ajaran 2016-2017. 

Adapun kesamaan sekolah-sekolah yang kami survey ini adalah :
  1. Hari masuknya yang sama 5 hari sekolah Senin- Jumat.  
  2. Menggunakan kurikulum diknas dan ditambah dengan penanaman nilai-nilai agama Islam sesuai karakter dan pola pengembangan yang berbeda-beda di setiap sekolah. 
  3. Ruang belajar yang ber AC di semua sekolah dibawah ini. 
  4. Jam masuk  sekitar 08.00-11.00. Untuk TK Mutiara Hati masuk dari jam 07.15. Untuk TKIT Sahabat Quran masuk jam 08.00-12.45 
  5. Biaya yang bisa dicicil sampai TA baru dimulai.
  6. Orangtua tidak boleh menunggu di sekolah (hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian anak).


A. TK Islam Al Ikhlas -----> Akreditasi A (Biasa disebut dengan TK Garuda)


Sumber Gambar : google map
  1. Alamatnya di komplek Garuda Cipondoh Tangerang, tahun ini akan pindah di gedung  barunya  bersebelahan dengan masjid Al-Ikhlas.
  2. Luas sekolah yang lumayan besar dengan 1lantai yang disediakan fasilitas Permainan outing yang luas buat anak,desain untuk gedung sekolah.
  3. System pendidikan menggunakan model sentra.
  4. Pendidikan berenang satu semester sekali.
  5. Ekskul : Drum band dengan seabrek prestasinya (Juara 1 Lomba Drumb band on The Street  kaegori TK Mandiri, Juara 1 General effec Kategori TK Mandiri, Juara 1 Analisis Music Kategori TK Mandiri & Juara 3 Mayoret), mewarnai, menari.
  6. Fasilitas dan prasarana yang terbilang lumayan.
  7. Biaya masuk +/- Rp 7,500,000  dan SPP : (Lupa hehe mau minta brosur, karena waktu masih survey belum ada, seingat saya dari hasil ngobrol dengan kepseknya sekitar Rp 400,000 an)
  8. Note : Di TK ini anak akan belajar banyak hal dengan ruang belajar yang luas untuk ruangan outdoor, didesain dan dirancang memang untuk gedung sekolah TK membuat sekolah ini nyaman untuk dunia anak-anak. Antara ruang ke ruang disekat sehingga anak-anak akan fokus belajar bersama guru pembimbingnya. Dan lulusan TK ini, akan banyak diterima sekolah di SD Islam Al Ikhlas yang letaknya bersebelahan dalam satu gerbang. SD nya pun juga tidak kalah top kog dengan TK nya. Recommended banget deh. Oia yang unik dari sekolah ini, walaupun sekolahnya swasta, tetapi TK Al Ikhlas ini dipimpin oleh ibu guru yang sudah menjadi PNS untuk diperbantukan di TK ini. Dan guru-guru disini sudah banyak yang mendapatkan tunjangan sertifikasi dari diknas lho (kerennn kan). Dan di lokasi ini jalannya cukup lebar sehingga buat para bunds yang akan mengendarai kendaraan R4 untuk antar jemput si kecil pasti akan leluasa mengendarainya.
B. TK An Nahl  ----> Akreditasi A


Sumber gambar : Google Map
  1. Alamat : Jl. Akasia 2 Blok AS 15/11 Taman Royal.
  2. Luas sekolah yang relatif kecil.
  3. System pendidikan menggunakan system pendidikan reguler (Murid duduk di dalam ruang kelas mendengarkan guru, seperti TK pada umumnya ).
  4. Pendidikan berenang satu semester sekali.
  5. Ekskul : (Lupa tanya xixixixi).
  6. Fasilitas dan prasarana kurang karena mengingat lahan yang tidak begitu luas.
  7. Biaya masuk Rp 3,500,000 dan SPP Rp 350,000.
  8. Keunggulan lain : Walaupun sekolahnya kecil, tapi yang membuat kami terkesan adalah suasana yang tenang dan tidak crowded sepertinya anak-anak bisa kehandle banget deh (salut buat Miss yang mengajarnya...sampai-sampai saya dan mama Queen ragu melihat keberadaan TK yang kami pikir sedang libur tidak ada KBM yang berlangsung karena suara anak-anak tidak terdengar sampai luar, tetapi begitu pintu dibuka...ada 2 kelompok kelas yang sedang belajar πŸ˜„ jempol deh buat tim gurunya. Sekolah ini ada di lingkungan cluster yang cukup tenang dan aman di pagi harinya, sehingga kita ortu akan makin nyaman meninggalkan anak-anak. Sebenarnya secara kasat mata saya sudah terkesan dengan school yang mungil ini hanya saja, biaya SPP dan luas bangunannya yang tidak sebanding dengan fasilitas yang diberikan kepada anak.
C. TK Plus Cemerlang ----> Ijin Diknas NPSN 69912797


  1. Alamat : Perumahan Puri Dewata Cipondoh Tangerang .
  2. Luas sekolah lumayan menampung 20-25 anak (jumalh maksimal muridnya).
  3. System pendidikan menggunakan system pendidikan reguler (Murid duduk di dalam ruang kelas mendengarkan guru, seperti TK pada umumnya ).
  4. Pendidikan berenang 1 kali dalam seminggu (kolam renang milik sendiri).
  5. Ekskul : Mewarnai, tari dan berenang.
  6. Fasilitas dan prasarana terbilang cukup lumayan banyak untuk sekolah TK.
  7. Biaya masuk : KB (Rp 2,275,000 dan biaya masuk TK  Rp 2,500,000) masih ditambah dengan harga formulir 50,000 dan SPP Rp 200.000
  8. Note : Ketika survey di sekolah ini adek Jo dan Malik tampak asyik bermain karena memang mainan yang dimiliki lumayan banyak. Kami, diajak naik ke lantai 2 untuk berbincang-bincang ketika survey, diminta mengisi buku tamu dan disambut dengan ramah. Dari atas anak-anak tampak dengan ceria sekali main ini, main itu seakan memasuki dunianya. 
  9. Dari sekian survey, TK Plus Cemerlang ini memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri yaitu murid-murid TK Plus Cemerlang ini akan diajak berenang seminggu 1 kali. (Lho kog....) iyalah, soalnya pihak yayasan pengelola TK ini mempunyai kolam renang khusus yang memang dibuat dan disediakan untuk anak-anak didik yang belajar di sini. Cukup jalan kaki sebentar dari TK, sekalian anak bisa pemanasan dengan berolahraga jalan kaki sebelum berenang xixixi.
D. TK Multi Intelegensia Islamic School (TK Multi) ----> Ijin Diknas







  1. Alamat : Cluster Majapahit Timur no 25 Perumahan Taman Royal 2 Cipondoh Tangerang
  2. Luas sekolah yang lumayan besar 2 lantai dengan permainan outing yang beraneka macam di halaman depannya yang cukup luas buat anak.
  3. System pendidikan menggunakan model sentra.
  4. Pendidikan berenang 1x dalam satu semester.
  5. Ekskul : Drum Band, mewarnai, tari, komputer, membaca al quran dengan menggunakan metode   Iqro'. (Biaya Free, sudah termasuk biaya uang pangkal di awal masuk)
  6. Fasilitas dan prasarana oke banget deh, begitu menginjakkan halaman saja atmosfer suasana TK sudah terasa, pepohonan mangga yang sejuk menghindari sengatan panas terik matahari dan permainan outing yang ada di 2 lokal kanan dan kiri bagian gedung sekolah. Dan begitu masuk pernak perniknya lumayan banyak sehingga membuat anak akan betah berlama-lama di dalamnya. Lantainya saja full dialasin oleh karpet puzzle yang berwarna-warni dan bermacam-macam gambarnya sehingga dipastikan anak-anak aman dari luka ketika jatuh hehe lantainya empuk sih, top dah inspiratif banget pokoknya, bisa kita contoh untuk keamanan anak kita di rumah.
  7. Biaya  masuk Rp 4,520,000 dan SPP Rp 350,000 + uang komite Rp 20,000 di setiap bulannya.
  8. No Telpon : 021-5574059
  9. Note : Sekolah disini pastinya anak-anak akan senang karena benar-benar bangunan rumah 2 lantai yang cukup luas yang  dialih fungsikan sebagai sekolah ini benar-benar aman dan nyaman. Bersih dengan kesejukan pepohonan besar yang tumbuh di depan halaman. Membuat angin berhembus semilir. Pasti kita akan betah berlama-lama deh hehe, kepsek dan gurunya yang wellcome banget, ada juga seorang ibu yang menjadi OB dan bertugas bebenah dan bersih-bersih juga siap membantu anak-anak ketika dia harus ke toilet. Begitu naik kelantai 2 yang langsung saya tahu itu adalah tempat lab komputer mini (ada 5 unit PC) dan terdapat ruang library juga ruang penyimpan alat-alat drumband, dan menjadi salah satu tempat sentra yang senantiasa digunakan bergiliran oleh anak-anak. Lantai atas bisa terbilang cukup luas juga sebagai ruang salah satu ruang sentranya. 
  10. Kelebihan lainnya adalah : selain bersih dan tertata rapi, bersekolah di tempat yang lumayan besar ini  membuat saya senang adalah  muridnya yang tidak terlalu banyak, hanya dibatasi satu angkatan satu kelas saja dengan maks murid 12 anak. Jalan depan pagar sekolah yang luas dan jauh dari jalan raya membuat sekolah disini relatif aman dan sepi dari lalu lalang kendaraan bermotor (sebelum masuk harus melewati gerbang yang dijaga 2 orang security. Dan dari bincang sana sini saya temukan bahwa kebanyakan murid didik yang menjadi alumni TK Multi ini, sudah siap memasuki sekolah SD dengan calistungnya (Tergantung dari kemampuan anak dan dukungan ortu untuk menyamakan visi misi dengan sekolah). Dengan kapasitas gedung yang lumayan besar saya yakin anak-anak akan betah dan nyaman berada di dalamnya. Suasana dunia anak terasa dari gerbang depan awal masuk, sampai lantai atas support banget untuk anak-anak belajar sambil bermain. Oia satu lagi, sekolah ini tidak mewajibkan jilbab bagi murid putrinya, jadi bajunya sama seperti TK reguler pada umunya. Hanya saja  di hari jumat anak-anak memakai baju muslim. 
  11. Buat para Ayah Bunda yang penasaran, boleh kog ikutan nyusul survey. Dan anda akan berdecak kagum pada kreatifitas guru-gurunya yang bener-bener terlihat dengan hasil karya yang dipajang dan dijadikan hiasan sekolah, saya yakin juga pasti digunakan untuk merangsang motorik halus anak-anak ketika melihatnya. Hal ini saya anggap wajar saja, mengingat kepseknya Bunda Ros Winarno S.Pdi., M.Pd sudah berpengalaman selama 15 tahun menjadi kepsek sekolah percontohan di Jakarta Barat dengan murid sejumlah 100 anak. (Masyaalah berdecak kagum dalam hati xixixixi, beliau terlihat sekali sangat menyayangi anak-anak dengan dunianya, rumah tempat tinggal beliau bersama anak dan suaminya disulap menjadi sekolah ketika pagi hari)

E. TK Mutiara Hati (MH) ---->Akreditasi B 
Sumber Gambar : Google Map
  1. Alamat : Jl. Mawar no 49 Kavling Sukasari Tangerang 
  2. Kondisi sekolah 2 lantai yang lumayan terbilang cukup, tidak begitu luas dan tidak begitu sempit.
  3. System pendidikan menggunakan model sentra.
  4. Pendidikan berenang (Lupa tanya xixixi)
  5. Fasilitas dan prasarana sekolah : banyak banget media yang digunakan anak-anak untuk mengasah motorik halus ataupun motorik kasarnya. Dengan suasana yang tenang, nyaman dan tidak crowded menjadikan sekolah ini unggul dalam segala bidang termasuk juga dengan tenaga pengajarnya.
  6. Biaya masuk KB dan TK Rp 7,500,000, SPP 700,000 uang jatah masak dan komite Rp 50,000 tiap bulan. Masih ditambah dengan harga formulir Rp 300,000
  7. Biaya masuk Toodler Rp 8,000,000 dan SPP 850,000 uang jatah masak dan komite Rp 50,000 tiap bulan. Sedangkan untuk biaya masuk KB/TK sebesar Rp 700,000 ditambah dengan uang jatah masak dan komite Rp 50,000 sedangkan catering Rp 17,000 perhari.
  8. No telpon : 021 - 5534403 
  9. Setiap kelas hanya diisi oleh maks 10 anak dengan 1 orang guru pendamping,
  10. Note : TK ini berdiri sejak tahun 2008, dan Konon sekolah ini menjadi sekolah percontohan selain nama besar TKIT Assyukriyah. TK MH ini menjadi TK model karena system pembelajaran yang patut diacungi jempol. Dan di sekolah TK MH inilah, salah satu anak pak walikota Tangerang Arif Wismansyah bersekolah masuk di usia kelompok toodler, dan keunggulan lain dari TK MH ini adalah  sudah banyak guru-guru dari sekolah lain mengunjungi sekolah ini untuk melakukan observasi dan sebagai bahan wacana untuk bisa dijadikan pengembangan di sekolah masing-masing. Baik dari sekitar kota Tangerang ataupun dari luar kota untuk melakukan study./5lwbw Akhirnya dengan desakan dari 10 walimurid TK yang berniat tetap menyekolahkan anak-anaknya ketika lulus TK dari mutiara hati ini, maka dibangunlah sekolah SD MH juga dengan lokasi yang sangat berdekatan di depan sekolah TK MH. Dan saat ini sudah ada 2 angkatan yakni kelas 1 dan kelas 2 dengan suasana yang tidak crowded, bersih dan nyaman. Sayangnya, sekolah ini jaraknya lumayan jauh dari rumah, pasti ayah Imam kurang setuju dengan berbagai pertimbangan (prinsipnya sekolah TK dan SD sebaiknya tidak terlalu jauh dari rumah).
F. TKIT Sahabat Qur'an  -----> Ijin Diknas (berdiri tahun 2013)


  1. Alamat : Perumahan Puri Dewata Blok AE 7 Cipondoh Tangerang
  2. Luas bangunan 2 lantai dengan 4 ruang belajar, 1 dapur dan 2 kamar mandi, dengan kebersihannya yang terjaga.
  3. System pendidikan menggunakan sistem sentra. Sentra balok, peran, imtaq, alam, kreativitas. Sentra alam sepertinya benar-benar menjadi sentra favorit di sekolah ini. Anak-anak suka banget bermain air, pasir, sabun dll
  4. Pendidikan berenang satu semester 2X (jaman mas Gav sekolah dulu 2014-2015).
  5. Ekskul - dibayar terpisah antara lain kita bisa memilih salah satunya yaitu Mewarnai, Calistung, Menari (12,500/ pertemuan, satu bulan 4 kali pertemuan dan Ekskul tahfidz 10,000 / pertemuan, satu bulan ada 8 kali pertemuan.)
  6. Biaya masuk KB (Putra Rp 5,900,000 dan Putri Rp 5,950,000) dan biaya masuk TK (Putra Rp 5,550,000 dan Putri Rp 5,600,000) belum termasuk biaya formulir 200.000. Ada tes stifin yang merupakan kewajiban bagi murid baru dengan biaya Rp 300,000.
  7. Biaya SPP Rp 350,000 ditambah dengan catering 11,000 x 20 hari dalam sebulan (senin-kamis). Belum termasuk uang kegiatan yang melibatkan keikutsertaan orangtua dan acara pentas seni dan kegiatan manasik haji. (well after ditotal banyak juga ternyata pernak pernik biayanya. Teet....toot....)
  8. Fasilitas : untuk permainan yang bersifat outing tidak banyak macamnya hanya sedikit. Tetapi untuk permainan yang sifatnya melatih motorik halus yang bersifat edukatif lumayan banyak.
  9. Di TA baru ini sekolah ini hanya menampung 18 anak baru kelas A karena maks satu angkatan  24 anak. Dengan ratio 1 guru maks 12 anak. Total murid untuk tahun ini ada sekitar 48 anak.
  10. Note : Sekolah ini menanamkan dan mengajarkan karakter tentang nilai islam, kesopanan dan tingkah laku pada anak sangat bagus. Hasilnya saya mengalami sendiri pada diri dan tumbuh kembang mas Gav hehe perbedaannya berbeda sekali sebelum masuk TK dan setelah lulus TK, dari yang superaktif menjadi anak yang mudah diarahkan dan diajarkan sesuatu. Dengan fasilitas yang ada pada sistem sentra, anak akan belajar untuk mengasah motorik halusnya sebagai persiapan masuk SD. 
Yuhuuu selesai sudah review compare  dan pilah pilih TK area Cipondoh kali ini ..hufft tinggal bingungnya nih mau pilih yang mana. Semua pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Iyalah pasti karena yang sempurna cuma Allah yang maha perfect 😊telah menunjukkan dan memberikan kesempatan kepada saya untuk survey sekolah dulu sebelum akhirnya saya dan suami memutuskan memilih. 

Paling tidak Allah telah menunjukkan pada saya supaya membandingkan sekolah yang fasilitas, kualitas, sdm, output,  sarana prasarana mendekati harapan kami sebagai orang tua dengan penanaman nilai-nilai Islam di dalamnya. 


Bismillah setelah diskusi intern antara saya dan ayah Imam, kami berdua  insyaalah memilih sekolah TK Multi Islamic School dengan siap atas kelebihan dan kekurangannya yang berlokasi di taman royal 2 karena letaknya yang tidak terlalu jauh juga dari tempat tinggal kami. 


Hanya cukup keluar komplek lalu menyeberang jalan raya dan masuk deh. Tinggal pakai motor dan masuk ke perumahan taman royal 2 trus belok kiri ke cluster Majapahit tempat sekolah itu didirikan. Saya yakin tidak lebih dari 7 menit akan sampai ke lokasi, karena kalau jauh kasihan adek Jo nantinya πŸ˜… apalagi makin kesini adek Jo makin happy deh dengan semua kegiatannya dari TK Multi sesuai pilihan saya dan suami. 


Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat ya buat Ayah Bunda yang sedang mempersiapkan pilihan sekolah terbaik untuk buah hatinya 😊 

-------------
Update terbaru karena banyak pertanyaan yang masuk kepada saya secara pribadi dari calon orang tua yang juga bingung milih sekolah xixi. Sehingga setelah membaca artikel ini banyak yang menanyakan bagaimana keseharian dan perkembangan adek Jo di TK Multi. Maka jawabannya adalah HAPPY dan BETAH, duduk di TK A sudah hafal bacaan sholat, beberapa hadist, surat pendek dan sudah mengenal angka juga huruf. Kurikulum sekolah dan managementnya oke karena semua sudah tersusun rapi di awal tahun masuk sekolah ketika anak menjadi murid baru. Dan salah satu kegiatan outingnya juga saya tuliskan di blog ini.

Baca juga : Kegiatan Outing TK Multi Intelegensia Ke Godhong Ijo Depok












Komentar

  1. Aslkm,bu bisa minta tlg minta no tlp tk plus cemerlang,karna alamtnya tdk komplit,nanti kl survei sdit share lg y,btw infonya sgt bermanfaat,semoga kebaikanya mendapatkan pahala yg di lipat gandakan

    BalasHapus
  2. Aslkm,bu bisa minta tlg minta no tlp tk plus cemerlang,karna alamtnya tdk komplit,nanti kl survei sdit share lg y,btw infonya sgt bermanfaat,semoga kebaikanya mendapatkan pahala yg di lipat gandakan

    BalasHapus
  3. waalaikumsalam, iya pak salam kenal, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,insyaalah nanti kalo sudah nulis ttg pilih SDIT akan saya infokan di commnt ini.Dan untuk nope TK Plus cemerlang akan saya mintakan informasinya ke teman dulu ya. Anakanya sekarang umur berapa?semoga infonya bermanfaat ya

    BalasHapus
  4. Waaah, TK uang SPP-nya kayak aku zaman SMA mbak :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa iya bener mbak. Lumayan dah pendidikan sekarang, harus makin pintar cari sampingan dan tetap diutamakan untuk pendidikan anak-anak ya

      Hapus
  5. wah, ada yang punya kolam renang sendiri ya. bagus banget. dan semua kelas ber-AC. pantas kalau SPP nya juga segitu.

    yang paling asyik yang jumlah murid maksimal 12 anak itu ya mbak. gurunya bisa berfokus betul ke murid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya bener, bisa fokus ya kalau muridnya sedikit xixi

      Hapus
  6. Banyak amat lu survey sekolah, Mba, haha... Iya kudu pilih2 dulu, dari sisi jarak rumah, harga, dan kurikulum ya, biar bisa ngasih yg terbaik untuk Adek Jo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener mbak, biar ga salah pilih dan bikin pindah2 sekolah kayak pas Gavino TK wkwkw, jadi sebelum memastikan sekolahnya cari dulu yang pas di hati, kurikulum dan kantong hehe

      Hapus
  7. Rata2 jam main dan belajar anak TK memang pk 08.00 - 11.00 ya. Di TK nya anak2ku pk 07.30 - 11.30 hehe 😊 uang pangkal dan SPP nya lumayan ya TKIT Sahabat Qur'an SPP 350rb katering 11rb. Form pendaftaran 200rb. nabung dulu nih orangtua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget mbak haha, Iya makin kesini biayas pendidikan semakin mahal emang wkwkwk

      Hapus
  8. Maslah memilih sekolah TK buat anak memang kayak milih tambatan hati, ya. eaak

    BalasHapus
  9. Pebri Aditria2 Juni 2017 08.28

    Assalamualaikum...
    Mau tw donk setelah masuk di tk multi itu plus minus nya apa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oia boleh, sejauh ini sih adek Jo senang dan perkembangannya lumayan banyak dari sebelum masuk TK. Untuk info lebih jelasnya boleh kalau mau tanya2 via WA saya 081334360255 atau bisa lanjut DM di akun instagram saya ya @febriantyrachma, karena khawatir info yang saya tulis kurang lengkap hehe

      Hapus
  10. Mb itu sekolah mutiara hato yg difoto bukan sekolahnya....itu utk parkir motor, anakku disitu
    Btw maksih reviewnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixi iya mbak,aku ga punya fotonya sendiri karena lupa ambil foto saat itu. Makanya aku tulis google map. Makasih juga sudah mampir.

      Hapus
  11. Riskya atinda
    Wah pas bgt nih sy jg di taman royal 1,khalifah n muhajirin g dimasukin bun?jg islamicity

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, terimakasih sudah mampir. Untuk 3 TK yang disebutkan, kebetulan tidak ikut di review karena sudah tidak masuk ke nominasi saya dan suami wkwkkw. Tetapi untuk SD saya sudah menetapkan pilihan di SDIT Islamicity Tangerang

      Hapus
    2. Wah...bermanfaat banget infonya nih bun..kebetulan lagi cari2 tk untuk anak..dan pas bgt br mau jd warga tangerang bun... kalau sekolah2 ini bisa masuk di tengah tahun ajaran ga ya bun?trims infonya

      Hapus
    3. Insyaallah bisa bund, silahkan menghubungi langsung ke sekolahnya dengan kepala sekolahnya ya. Karena adek Jo sudah lulus dari TK tersebut

      Hapus
  12. Salam kenal mbak febri. Wah senengnya ada blogger yang sama-sama tinggal di Tangerang, seputaran daerah Cipondoh pula.

    Kebetulan lagi bingung si adem mau dimasukin ke TK mana. Makanya sih dulu alumni Khalifah Taman Royal, cuma mengingat kondisi keuangan yg buruk, jadi bingung mau cari2 TK yg sesuai budget.

    Kapan2 boleh bersua mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak, salam kenal balik. Oia kita tetanggan dong ya kalau sama-sama Cipondoh. Boleh mau ketemuan di mana? mau main main ke rumah juga silahkan, semoga bisa membantu permasalahan yang dihadapi ya. Semangat mbak

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum bun saya dari poris cipondoh lagi nyari TK juga boleh kah bun rekomendasikan tk yg budget middle juga buat bahan rundingan sm ayahnya anak2 soalnya.makasih bgt atas infonya di blog bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, sama-sama bund. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan bisa langsung saja DM ke instagram saya ya di @febriantyrachma

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat