YUK KITA DUKUNG ASIAN PARA GAMES 2018


Asian Para Games, tulisanfebri.com

Sudah lama, saya tidak jalan-jalan ke Mall yang agak jauh sedikit dari rumah. Karena selama ini, saya hanya nguprek aja di seputara Mall deket rumah. Sesekali dong kepengen ganti suasana baru dan mumpung anak-anak sudah cuss liburan ke rumah eyangnya di Malang. So, jadilah saya ditemani suami pun jjs berdua sajo karena mumpung hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2017 doi pun libur kerja. 

Nah, sasaran kami kali ini adalah Summarecon Mall Serpong atau yang  sering disingkat SMS untuk mencari kemeja putih. Karena hujan jadi perjalanan kami tempuh selama 45 menit. Ternyata suasana sore itu lumayan rame juga ya, banyak pengunjung pun memadati mall yang besar dan bersih itu. 

Sembari menunggu hujan yang belum reda, saya dan suami pun melipir duduk di lobby Broadway. Ehhh ternyata, di Lobby itu pun saya melihat keramaian yang unik. Penasaran dengan penampakan booth yang didominasi warna putih, dengan dijaga oleh mbak dan mas petugas yang kece-kece. 

Asian Para Games, tulisanfebri.com

Ada sofa dan meja, ada semacam meja registrasi, ada kursi bar yang tinggi beserta mejanya yang kesemuanya itu didominasi warna putih. Ada TV LED dengan layar besarnya. Dan yang bikin saya langsung excited adalah background dari booth itu yaitu atlet lari yang menggunakan kursi roda, dan juga ada atlet lari menggunakan kaki yang terbuat dari besi. 

Belum habis rasa penasaran saya, di sebelah booth itupun ada semacam papan roda putar berwarna-warni yang bisa kita jadikan spot foto instagramable. Dan ada burung Elang yang berdiri tegak disampingnya. Saya pun ga ketinggalan dong, untuk ikutan IG boomerang competition yang gayanya ga tahu malu 😆.

ASIAN PARA GAMES (APG)2018
Duhh, naluri saya ga bisa bohong nih. Saking penasarannya saya pun bertanya ini booth apa. Nah disana saya ketemu sama salah satu petugas penjaganya yang cantik. Mbak Ratri namanya, doi cerita nih panjang lebar tentang maksud dari diadakannya booth ini disini. 

Asian Para Games, tulisanfebri.com

Nah, jadi booth ini adalah booth yang didirikan sebagai sosialisasi dari ASIAN PARA GAMES 2018. Nah Asian Para Games itu sendiri adalah olimpiade perlombaan olahraga untuk para disabilitas tingkat Asia. Pelaksanaannya sendiri akan diadakan di Jakarta, tepatnya di komplek Gelora Senayan selama 8 hari tepatnya pada tanggal 6-13 Oktober 2018 (wahhh masih tahun depan ternyata, namun persiapannya dengan mensosialisasikan pada masyarakat sudah dimulai. Kereeeennn👏👏)

Adapun pesertanya berjumlah 3000 yang merupakan para atlet dari 43 negara di Asia yang merupakan anggota dari Asian Paralympic Commitee. Wahh banyak juga ya, gumam saya dalam hati. Mereka ini akan memperebutkan juara di 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan. 
Asian Para Games 2018, tulisanfebri.com

Nah, seperti yang dilakukan oleh Asian Games 2018 yang sudah memulai persiapan, tak ketinggalan Asian Para Games Organizing Commitee (INAPGOC) yang juga sudah melakukan beberapa tahap persiapan untuk menyambut APG 2018.

SOSIALISASI DI 16 KOTA 
Nah, salah satu persiapan yang dilakukan oleh APG 2018 ini adalah dengan mensosialisasikan kepada masyarakat akan diselenggarakannya APG tahun depan di Jakarta. So, INAPGOC mensosialisasikan informasi ini pada 16 kota dengan 20 titik. Adapun yang menjadi sasaran dari sosialisasi ini adalah kota-kota besar di Indonesia. 

Dimana saja itu Feb? yuhuuu 16 kota besar yang akan disambangi oleh booth APG ini antara lain Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, Samarinda dan Ambon. Sementara pelaksanaan di Tangerang ini berakhir di tanggal 17 Desember kemaren. 

Asian Para Games 2018, tulisanfebri.com

Oia, kalau teman-teman ketemu booth dari APG ini jangan lupa minta souvenir PIN khas APG 2018 ya dan Bisa juga lho mendaftar menjadi volunteer (sukarelawan) untuk membantu pelaksanaan hari H pas acara. Cocok nih buat kalian yang hobinya kongkow dan juga olahraga. Bisa nambah teman dan pengalaman dong pastinya.

Tujuannya apa sih ? nah, menurut mbak Ratri tujuan dilaksanakannya sosialisasi APG ini adalah untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa akan dilaksakan APG (Asian Para Games) 2018 pada Oktober 2018 mendatang di Jakarta. INAPGOC sendiri menginginkan support positif dari masyarakat atas terselenggaranya APG 2018 ini. 

Sehingga, masyarakat tertarik untuk mengapreasiasi kegiatan ini dengan menyaksikan langsung maupun tidak langsung melalui media massa maupun kegiatan offline. Jadi, para atlet difabel ini bukan untuk dikasihani ya. Namun mereka butuh untuk didukung, apalagi utusan dari Indonesia yeayyyy. Go Go Go Indonesia juara !!!!

Yukk kita dukung Asian Para Games 2018, apalagi di moment spesial empat tahunan ini negara kita jadi tuan rumah. Pasti bangga dong ya, akan banyak tamu dari negara-negara Asia yang menyambangi Jakarta sebagai ibu kota kita. Makanya burung Elang Bondol dipilih sebagai maskot dari APG kali ini nih temans. Selain menjadi maskot dari ibu kota, burung Elang Bondol yang merupakan burung pemangsa berasal dari pedalaman Kalimantan ini juga menjadi maskot APG 2018 yang bernama MOMO (Motivation and Mobility). 

Semoga sukses ya buat APG 2018, sehat terus buat atlet-atlet disabilitas hebat yang merupakan saringan dari negara peserta. Semoga slogan The Inspiring Spirit and Energy of Asia bisa menyemangati para atlet pilihan ini ya. Duhh saya pun tidak sabar deh ingin cepet jadi supporter untuk atlet Indonesia dan teriak-teriak di tribun 😁😅. Terimakasih sudah membaca temans, dan ketemu lagi ya di tulisanfebri edisi berikutnya.

Asian Para Games 2018, tulisanfebri.com
Saya bersama MOMO maskot dari APG 2018




Komentar

Nita Lana Faera mengatakan…
Nah iya dengan adanya kompetisi di bidang olahraga gini, teman-teman difabel pun saling menginspirasi ya. Sosialisasinya pun diadakan di beberapa kota. Iya difabel yang sukses di berbagai bidang pun juga tak kalah banyak, makanya mereka bukan untuk dikasihani. Malah kita pun ada kalanya belajar banyak dari kesuksesan serta ketangguhan mereka.