Yuk Bantu Mbak Sepna Tetap Tersenyum Menghadapi Kanker Payudara Triple Negatif Stadium Tiga

 #Tulisanfebri254

KANKER PAYUDARA TRIPLE NEGATIF STADIUM TIGA

Dear kesayangan, sungguh saya bingung harus memulai kisah ini dari mana. Bagaimana tidak, dari awal menulis saja saya harus mencari banyak referensi tentang penyakit kanker. Baru mendengar nama kanker saja hati ini langsung remuk. Masih ditambah harus memasukkan Kanker Payudara Triple Negatif ke mesin pencarian google, langsung air mata mulai menampakkan diri di pelupuknya. 

Scroll info dari banyak web tak membuat saya bisa bernafas lega, belum nemu banyak referensi tentang Kanker Payudara Triple Negatif Stadium Tiga. Kenapa? Yapp karena penyakit ini adalah penyakit langka yang jarang ditemui. Padahal jenis penyakit ini kebanyakan menyerang wanita di usia bawah 50 tahun. Artinya pun juga ilmiah banget yang membuat saya harus mengelus dada antara prihatin dan mengingat banyak syukur kembali. 

Kanker payudara triple negatif adalah jenis kanker yang berbeda pada umumnya. Perbedaan itu adalah tidak ditemukannya ketiga reseptop yang biasanya ada pada sel kanker di payudara. Karena itu jenis kanker ini sulit dideteksi dan ditangani. 

KANKER PAYUDARA STADIUM TIGA MELEKAT PADA MBAK SEPNA

Duhhh, tapi kenapa penyakit yang paling menghantui para perempuan bersuami ini jatuh kepada Mbak Sepna? Sosok yang baru saya kenal beberapa hari lalu. Sosok manis berambut pendek memiliki 2 anak yang sangat teguh dan kuat meski dalam kehidupan yang sederhana dan serba pas - pas an dalam kondisi suami di rumah tidak bekerja karena harus merawat dan memenuhi semua kebutuhannya.

Rumahnya pun juga dibilang serba sederhana, Rumah peninggalan orangtua yang telah tiada dan akan dijual yang entah kemana lagi dia akan berpijak nanti. Saya tidak melihat barang mewah ataupun barang berharga di dalam setiap sudut rumahnya yang terletak di daerah Semanan Kalideres Jakarta Barat itu. Pertama bertemu saya pun langsung terkesan dengan pribadinya yang kuat, padahal dia telah didiagnosis menderita kanker payudara dari bulan Juli 2021. 

KRONOLOGIS HINGGA PENGOBATAN 

Semua berawal dari benjolan yang tumbuh di bagian dekat payudara kirinya (ngetik sambil bayangin wajah teduhnya dan tak terasa air mata menetes sendiri. "Kuat Feb...Kuat... kamu harus sebar cerita ini ke banyak orang")

Iya, saya memang orangnya cengeng..suka trenyuh melihat hal hal yang menyedihkan. Makany saya kagum dengan Mbak Sepna yang tetap tersenyum meskipun telah mengalami pengobatan dalam berbagai hal sebelum akhirnya dilakukan  tiga kali operasi dan penyinaran sebanyak 30x. Huft saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasa sakit dan ngilunya seorang wanit yang dulu pecinta olahraga ini. 

Operasi pertama dilakukan di bulan Juli 2021 di RS Dharmais atas rujukan RS Hermina sebagai RS Faskes BPJS daerahnya. Tak selang lama di bulan Agustus 2021 Operasi pun kembali dilakukan di RS Dharmais dengan konsekuensi bulan Februari masih harus  rela dilakukan tindakan operasi kembali. 

Jangan ditanya bagaimana rasanya ya? Dalam sedihnya pun beliau mengungkapkan "saya harus kuat, saya harus bisa melawan rasa sakit yang teramat sangat. Karena masih banyak orang yang saya lihat sakitnya lebih parah dari saya. Makanya saya harus tetap bersyukur dalam kondisi bagaimanapun dan apapun juga"

Bahkan dalam sakitnya yang terasa ngilu dan nyeri  yang tak terbayangkan rasanya, membuat wanita berusia 42 tahun ini harus siap dengan hanya bisa miring ke kanan karena selepas operasi ada yang numbuh dan muncul kembali di daerah lainnya seperti punggung, perut, ketiak hingga dada. 

Bahkan operasi pengangkatan payudara sebelah kiri pun telah dilakukan oleh tim dokter RS Dharmais Jakarta, tapi ternyata mbak Sepna masih harus menerima kenyataan dengan tumbuhnya benjolan baru di bagian tubuhnya yang lain. Meskipun hingga saat ini berat badannya turun hingga 15 kg tak lagi membuatnya berhenti bersemangat menghadapi hidup.

Oia, saya lupa cerita kalau di bagian dadanya kini telah terpasang pot kateter yang ditanamkan pada dada atas sebelah kanan sebelum proses kemoterapinya di mulai. Fungsi dari pot tersebut nantinya akan terus dipasang selama kemoterapi masih dijalankan.  Yapp, karena di jalur yang akan dibuat itulah nanti obatnya akan mengalir dalam aliran darah dan akhirnya mencapai sel kanker yang dimatikan. 

Dalam satu hari beliau bisa minum obat hingga 4x hanya untuk menghilangkan rasa nyeri dan ngilu yang tak mau pergi.

WANITA KUAT DAN TABAH

Mungkin julukan itulah yang harus saya sematkan setelah pertemuan pertama kami di hari Sabtu tanggal 5 Maret 2022 kemaren bersama rekan sahabat saya Pebri Tri Utari atau yang kerap disapa Buna Queena ini banjir air mata.  Lemah!!! Noooo, Mbak Sepna tidak lemah, dia kuat justru teramat kuat menghadapi ujian dan cobaan penyakitnya ini yang entah sampai kapan akan berakhir.

Mbak Sepna menangis bukan karena dia lemah, tetapi karena dia bersyukur dan terharu selama ini masih bisa menyambung hidup dan membiayai kebutuhan 2 anaknya dari pemberian orang-orang baik yang sayang padanya. Dia menangis karena masih ada orang yang mau peduli pada dirinya meskipun dalam kondisi terpuruk seperti saat ini. 

Dia jelas mengharu biru karena meskipun dia tak lagi bisa berjualan lauk pauk dan sayur mateng seperti dulu, ternyata dia masih dikelilingi banyak sahabat, tetangga, teman, saudara yang tiba-tiba tanpa diminta memberikan sumbangan untuknya. 

"Feb kan pakai BPJS to?" Iya sih bener BPJS, tapi jangan salah namanya sakit itu tetep banyak pengeluaran untuk transportasinya, biaya hidup, biaya tambahan beli obat dll.  Yuk bisa yuk, kita bantu mbak Sepna untuk tetap tersenyum meskipun menahan nyeri dan ngilu yang perih.

Saya bersama Mbak Sepna dan tim penggalang dana

Perbanyak syukur yuk, biarkan Allah senantiasa menjaga dan memberikan kesehatan pada kita sekeluarga melalui sedekah yang kita beri untuk mbak Sepna dengan kanker payudara langkanya. 

Buat teman-teman yang juga ingin menyusul orang-orang baik sebelumnya, hingga artikel ini saya tulis sudah terkumpul 1.9 juta rupiah. Silahkan transfer ke rekening berikut ya, Bank BCA 7560392464 a.n Pebri Tri Utari atau bisa melalui OVO/Gopay di nomor 08776790669. Untuk mempermudah dan tanpa perlu melakukan konfirmasi cukup tambahkan angka 1 di akhir nominal ya teman-teman. 

Mari kita buktikan tanpa penggalangan web portal bantuan online pun kita bisa tetap semangat membantu asalkan ada niat dan keinginan tulus untuk sosok wanita tegar ini. 

Semoga Allah sehatkan kita semua dan mempermudah urusan dunia yang melenakan ini dengan penuh keberkahan. Yuk bantu doa juga supaya Mbak Sepna tetap kuat dan tabah dalam senyuman untuk menghadapi kanker payudara triple negatif tiga nya. Bismillah Bisa yuk bantu Mbak Sepna tersenyum. Semoga tulisan 1000 kata lebih ini mampu mewakili  jerit hati perasaan mbak Sepna. Terimakasih sudah mampir dan stay healthy.







Komentar

  1. Semoga penyakit mbak sepna di angkat oleh Allah SWT dan untuk kedepan nya semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Robbal Aalamiin...

    BalasHapus
  2. Masya Allah...rasanya air mata gk bisa di bendung lagi baca kisah mba sepna.😭 Smoga ada mujizat dari Allah untuk penyakit mba sepna..dan semoga masih banyak orng yg tergerak hati nya untuk membantu sesama..😇 sehat2 buat semuanya dan slalu dlm lindungan NYA..🤲 Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^