Belajar Adobe Photoshop Yuk



Dalam setiap postingan artikel di blog, pastilah kita akan menemukan foto sebagai pemanis dan sekaigus sebagai "tambahan cerita" tentang artikel yang bersangkutan. Nah...di setiap foto yang dijadikan bahan untuk postingan sebaiknya sudah diedit terlebih dahulu dengan tujuan untuk menarik pembaca. Dengan mengedit foto maka, akan membantu tampilan artikel menjadi lebih oke dan enak dilihat mata.

Hayoo... ngaku selama ini kalau ngedit foto pakai apa nih? Saya malah jarang mengedit foto dan sering apa adanya saja (hadewh parah, tidak untuk ditiru pemirsah). Padahal fungsi nya mengedit foto banyak sekali lho. Tapi sekalinya saya lagi BW banyak melihat tulisan atau postingan yang fotonya keren dan keceh malah bikin saya baper. Sambil membatin dalam hati, kapan ya bisa ngedit foto seperti itu..supaya postingan saya terlihat menarik dan enak dipandang mata.


Sebenarnya saya sadar, menjadi seorang blogger sejati tidak harus bisa sekedar nulis, tapi ada kalanya juga harus bisa menjadi fotografer atau editor foto yang semuanya harus kita penuhi untuk bisa menghasilkan konten blog yang baik dan menarik di mata pembaca. Nah untuk menjadi seorang editor foto haruslah memiliki keahlian dan skill yang harus kita pelajari. Karena orang yang disebut ahli adalah orang yang berproses dalam setiap langkah perjalanannya.

Berbicara mengenai edit foto, inilah cerita singkat saya mendatangi acara blogger kali ini tentang belajar bareng Kelas Blogger yang digelar pada tanggal 30 Oktober 2016. Acara ini merupakan kolaborasi apik untuk pertama kalinya antara Kelas Blogger dengan BloggerCrony. Dua komunitas di dunia blogger yang sama-sama baru pertama kalinya saya ikuti. Acara keren ini bertema “Belajar olah photo untuk blog dengan menggunakan Adobe Photoshop” seharian dari pukul 09.00-14.00 dengan tujuan untuk memfasilitasi para blogger yang masih sama-sama belajar di dunia blogging.

MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP

Karena temanya belajar bareng Adobe Photoshop, maka yang menjadi barang wajib pertama adalah laptop bagi peserta di acara ini. Iya dong, jelas karena tanpa adanya laptop bagaimana kita akan memainkan tools yang ada di Adobe Photoshopnya xixixi. Dan yang menjadi barang wajib kedua adalah adanya program Adobe Photoshop di tiap laptop peserta. Lalu? Yang belum sempat download bagaimana? Tenang..disini ada yang membantu menginstalnya kog, namanya mas Dede. Karena masih pemula maka software Adobe Photoshop yang diinstal cukuplah Adobe Photoshop CS3. Ini juga sudah cukup lengkap kog dan disarankan bagi pemula. Karena sampai dengan saat ini, Adobe Photoshop sudah sampai pada versi ke 13 yang disebut dengan Adobe Photoshop CS6.

www.tulisanfebri.com
Suasana Workshop Belajar Bareng Adobe Photoshop
Acara ini digelar di sebuah resto yang cozy banget, selain rasa masakannya enak juga desain tempatnya yang aduhai buat saya jepret sana jepret sini (tetep wakakaka). Ada panggung yang telah disiapkan bagi pengunjung. Ada lantai atas yang digunakan untuk orang makan dan nongkrong cantik, dengan hiasan rumput sintesis membuat tempat ini menjadi tambah keren. Dengan nuansa hijaunya karena banyak tanaman dan udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Bahkan sampai ada teman yang nyelutuk "hawanya sejuk dan adem ya kayak berasa tidak sedang berada di Jakarta". Yap acara ini digelar di Star Dimsum Mitra Terrace yang letaknya berada di Jl. Jendral Gatot Subroto kav 21 Jakarta Selatan. Trus juga yang bikin puas disini tuh servis dari crewnya yang oke dan ramah banget deh.

Oia, masih ada wifi nya juga lho disini, wifi yang sengaja disiapkan buat pengunjung (asyik). Dijamin puas pasti kalian icip-icip, recommended banget pokoknya. Udah sedikit stress belajar edit foto di photoshop eh langsung disuguhi makanan yang enaknya tuh disini hahaha. Byarr pusingnya ilang wkwkwkwk.

Balik lagi ke belajar Adobe Photoshop, jadi dari workshop ini saya jadi tahu dan yakin lho kalau mengedit foto di Adobe Photoshop akan lebih menarik dan indah hasilnya jika dibandingin kita mengedit foto melalui aplikasi HP, asalkan kita tahu caranya. Dalam kelas blogger ini diajarkan bagaimana cara sederhana mengedit dan menjadikan 2 foto yang berbeda terlihat sama dalam satu frame.

Dalam workshop belajar olah foto menggunakan Adobe Photoshop kali ini, pembicaranya diisi oleh mas Satoraji seorang yang mencintai dunia Adobe Photoshop sejak 2002 dari edisi Adobe Photoshop seri 7.0 (kog tahu Feb? iyalah saya kan melakukan wawancara singkat dengan beliau di akhir acara haha udah berasa kayak wartawan ajah).

Diawali dari suka dunia visual dan suka motret yang tadinya salah ambil jurusan kuliah, padahal suka desain ehh malah masuknya ke jurusan IT hehe. Akhirnya mau tidak mau harus belajar mengedit foto karena gabung dengan digital studio, tapi justru disinilah keahlian mengedit foto lewat Adobe Photoshop menjadi terasah.

Alhasil pada tahun 2014 artikel beliau tentang kompasiana SDC (Summarecon Digital Center) menjadi pemenang. Karena ternyata ada foto nya yang menarik dan turut serta menjadi penilaian bagi dewan juri. Alhasil makin cinta lah pada Adobe Photoshop pastinya. Menurut mas Satto Raji yang sudah familiar dengan Adobe Photoshop, maka mengedit foto menggunakan software ini akan memiliki kelebihan seperti : 
  1. Tools (tombol perintah) nya yang komplit dan mudah untuk dipahami, maka sebab itulah software ini cukup familiar di kalangan masyarakat untuk software pengedit gambar yang banyak diminati. 
  2. Menyimpan hasil editan foto dalam berbagai kualitas dan resolusi. 
  3. Bisa memberikan efek pada foto. 
  4. Saat ini photoshop sudah menduduki peringkat teratas untuk perangkat lunak pengolah foto/gambar lho, bahkan sudah menjadi the best produk yang pernah diproduksi oleh Adobe System. 
  5. Antara software yang satu dengan software yang lain bisa saling berkesinambungan. 
  6. Menyimpan hasil editan dalam berbagai format gambar sesuai dengan kebutuhan seperti Jpeg, PNG, Gif dll.
Tips bagi pemula supaya bisa lebih cepat menguasai menurut mas Satto Raji adalah karena ilmu Adobe Photoshop merupakan suatu ilmu terapan, maka kunci utamanya harus sering dipakai dan dipergunakan dalam dunia perbloggingan sehari-hari. Karena tanpa dipraktekkan kita akan kesulitan meraba-raba lagi dimana tools, toolbar dan adjustmen nya yang biasa digunakan dalam mengedit foto.

Adapun kebanyakan foto yang diedit oleh program Adobe Photoshop ini adalah foto yang dihasilkan dari hasil bidikan kamera digital bukan hasil jepretan kamera HP. Mengingat saat ini sudah banyak tersedia aplikasi edit mengedit yang ada di dalam HP. Dan satu lagi saran dari mas Satto Raji adalah sebelum memposting suatu foto terlebih dahulu entah itu di dalam akun IG, FB ataupun blog sebaiknya diedit terlebih dahulu, tidak serta merta jepret foto lalu posting. Bisa dengan cara menaikkan warnanya, mencerahkan ataupun dilakukan cropping terlebih dahulu sehingga tampilan foto kita akan terlihat berbeda dan lebih menarik.
www.tulisanfebri.com
Hasil Belajar Saya Hari Ini
Salah satu kunci supaya kita bisa mahir menggunakan Adobe Photoshop adalah mengenal dan mengetahui fungsi-fungsi yang ada di dalam Adobe Photoshop itu sendiri yaitu tool box dan tool panel. Toolbox adalah sekumpulan alat yang sering digunakan dalam proses editing gambar yang biasanya terletak di samping kiri pada area kerja Adobe Photoshop. Sementara Tool Panel (ini yang paling penting dari sebuah Adobe Photoshop) adalah kotak yang berisi sejumlah tools yang digunakan untuk mengelola, mengedit dan mengatur obyek yang akan dikerjakan.

Jadi berdasarkan pelajaran pada acara ini, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk belajar Adobe Photoshop komponen terpentingnya yang wajib kita jalankan antara lain:
  1. Saturation (Untuk mengubah warna) 
  2. Brightnes (berfungsi untuk mengatur terang atau redupnya cahaya pada suatu gambar) 
  3. Cropping (memotong gambar) 
  4. Mengubah ukuran foto terlebih dahulu menjadi 72 pixels dan sisi terpanjangnya sebanyak 40 cm 
  5. Menyimpan file foto dalam bentuk JPEG (bentuk standart) dan disimpan dalam menu unik yang baru dimiliki Adobe Photoshop yaitu Save As For Web yang ukurannya hanya dibawah 500 KB jadi ga bikin berat dong ketika akan buka postingan artikel di blog kita (nah..yang ini cocok banget buat kita para blogger, karena fotonya sudah di compress sedemikian rupa sehingga sudah siap naik ke blog kita)
Pemenang Live Tweet dan Postingan IG terbaik
Tidak berasa,di penghujung waktu. Diumumkanlah nama-nama pemenang live tweet dan postingan IG terbaik. Dan sebelum kita saling berpamitan ada sesi foto bersama. Iya dong, jangan ketinggalan karena disinilah kenang-kenangan satu-satunya bagi saya, yang menyebutkan bahwa saya pernah berada di Mitra Terrace untuk belajar olah foto Photoshop bersama Kelas Blogger dan Blogger Crony yang telah berbaik hati memfasilitasi kami para membernya ehem senangnya. Udah dapat ilmu, dapat pengalaman baru masih juga dapat bonus teman yang nambah xixixi.

Acara tentang bagaimana belajar teknis untuk pertama kalinya bagi pengalaman hidup saya selama menjadi blogger dalam kurun waktu setahun ini. Jadi buat blogger nambah lagi nih PRnya..selain harus bisa nulis konten yang menarik juga harus bisa belajar edit foto lewat Adobe Photoshop juga ya. Why? supaya tampilan artikel kita menjadi menarik dan enak dilihat bagi pembacanya. Trus juga dengan belajar memahami Adobe Photoshop akan membuat kita memiliki satu lagi skill dalam berstatus menjadi blogger (Yess).

Foto Bareng Semua Peserta Di Akhir Acara


Saya Dan Banner Acara Keren Ini


*Tulisan ini saya ikut sertakan dalam lomba blog Kelas Blogger 11 Belajar Workshop Photoshop Bersama Satto Raji
#Kelas Blogger
#Blogger Crony
#BCKB11





























Komentar

Indah Primadona mengatakan…
biasanya edit foto di hp, foto pake hp langsung edit di hp juga
tapi kalau untuk blog memang enak pake photoshop, lebih jelas ngeliatnya
aku baru tahu kalo fotonya bisa di save for web, selama ini di save jpeg aja
Syaifuddin sayuti mengatakan…
Makasih ya Febri sudah hadir di Kelas Blogger 11. Semoga ada ilmu yang didapat. Sorry saya sebagai kepala sekolah Kelas Blogger kemarin tak sempat ketemu karena ada acara lain sehingga balik duluan.
Liadjabir mengatakan…
Seru banget yaa sampe ada kelas photoshop
Febrianty mengatakan…
iya HP sekrang kan juga sudah canggih2 ya. Banyak aplikasi edit yg tersedia. Hehe iya mb, ada kog save for web nya aku juga baru tahu setelah acara ini.
Febrianty mengatakan…
Waduh seneng banget ini, kepseknya bisa mampir di blog muridnya xixixi. Iya banyak ilmu, banyak pengalaman dan nambah teman di kelas blogger 11 kemaren. Kelas pertama yg saya ikuti, semoga bisa gabung lagi di kelas berikutnya dan semoga bisa bertemu langsung sama kepseknya dong hehe
Febrianty mengatakan…
iyap, seru kak ketemuan dengan para blogger yang juga sama2 belajar hehe
Sania mengatakan…
photo shop emang udah femes banget di dunia digital, kalau udah biasa pakai aplikasi ini pasti hasil editaan gambarnya lebih keren
Febrianty mengatakan…
Iya, mbak memang jadi blogger harus dituntut banyak belajar ya apalgi sama photoshop xixixi
nitalanaf mengatakan…
Saya biasanya cuma main resize dan cropping aja 😀 iya perlu banyak belajar nih ttg photoshop
Satto Raji mengatakan…
Waahhhh saya baru baca,...ulasannya komplit-plit. Selamat belajar ya kak.
Febrianty mengatakan…
hehe Iya mbak, belajar dan belajar lagi supaya ilmunya nambah xixi