Banyak Ilmu Dari Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga Tangerang (Bagian 1)



Dua kali datang ke event dari Morinaga, membuat saya teringat bahwa mas Gav dan adek Jo kecil cepat sekali bertumbuh kembang. Secara dulu 2 lelaki kecil ini saya bantu dengan susu kaleng khas gambar 2 anak yang lucu ini. Seperti pagi hari itu, yang membuat saya cukup penasaran dengan acara yang digelar oleh susu Morinaga. 

Kebetulan tempat pelaksanaan acaranya deket dari rumah, bertempat di Novotel Hotel Tangerang City pada tanggal 12 Agustus 2017. Hanya berjarak 15 menit ditempuh dengan ojek online dari rumah membuat saya semangat dan antusias datang karena saya tahu disinilah, saatnya mencari ilmu seputar parenting yang pasti saya butuhkan banget.

Dann, Begitu tiba di lantai 3, suasana terlihat semarak dan telah dipenuhi oleh banyak pengunjung sekaligus peserta yang mengenakan dresscode merah nampak semangat ingin mencari ilmu seputar tumbuh kembang anak pada ahlinya. Banyak anak berlarian kesana kesini, dengan suasana serba merah untuk semua booth dan juga arena permainan anaknya. 

JELAJAH ARENA BOOTH MORINAGA


Jadi, pertama kali datang para peserta yang diminta untuk mengisi daftar hadir di meja pendaftaran. Dan setelah itu mereka akan mendapatkan gelang. 

Setelah itu para mahmud dan pahmud kece ini diminta mengisi kuisioner yang nantinya harus dikembalikan kepada para panitia. Mereka langsung mengisi kuisioner itu di tempat. Ada yang duduk di kursi ada pula yang selonjoran santai di lantai. 


Ehh ga sengaja saya juga melihat ada papan besar ikut menyemarakkan tatanan dekor pagi itu. Dimana dalam papan ini menggambarkan bantuan Morinaga untuk menyumbang program rehabilitasi  di 3 sekolah Indonesia dari sebagian hasil penjualan produk Morinaga.  

Tuh, jadiii selain membeli susu Morinaga untuk nutrisi si kecil, kita pun juga turut menyumbang lho temans untuk bantuan rehabilitasi 3 sekolah. 



Tidak puas sampai disini, saya pun berjalan terus menyusuri sepanjang arena ini. Karena di setiap sudut yang disuguhkan selalu saja ada peminat yang berkunjung. Ternyata sama halnya di booth konsultasi alergi pada anak, dimana pengunjung bisa konsul dengan ahlinya mengenai gejala alergi yang dimiliki oleh si kecil.  


Nah, di seberangnya saya melihat ada booth #30HariMain bareng Morinaga. Di Booth ini ternyata banyak juga para ortu yang penasaran dengan konsep MI PlayPan#30HariMain yang pastinya bermanfaat banget buat menstimulasi kecerdasan si kecil dong, dimana hal ini dilakukan selama 30 hari dengan cara yang berbeda setiap harinya. 



Selain itu ada pula nih stand yang khusus menjual Milna biskuit bayi (ini pun cemilan favorit 2 lelaki kecil saya saat mereka bayi) juga susu prenagen yang masih dalam bendera Kalbe Nutrisionals. 



Tidak hanya itu. Ternyata di hari yang sama pula Morinaga memberikan penawaran istimewa untuk menyambut kedatangan para peserta. Secara ya seperti yang kita tahu Morinaga adalah susu untuk generasi platinum, jadi bisa dipastikan ratusan peserta ini mempercayakan keseharian si kecil pada brand yang telah memiliki bendera besar ini. 

Sehingga stand penjualannya pun laris diserbu pengunjung termasuk beberapa teman saya pun ikutan beli lho, katanya mumpung harganya selisih dengan swalayan tempat biasa ia beli 😅.


Hadiah dengan nominal belanja pun digelar. Dengan minimal pembelian mulai dari Rp 300.000 kita akan mendapatkan lunch box double decker. saya pun mupeng euy dengan hadiah-hadiah khas Morinaga yang didominasi warna merah dan kuning ini.

Mulai dari Koper Stroller, sepeda mini, lunch box, wadah minuman, wadah mainan karakter lucu hingga sepeda. Dengan begini makin menyemangati para pengunjung untuk belajar sekaligus berbelanja kebutuhan nutrisi untuk si kecil di hari yang sama.


Di bagian paling ujung pun saya melihat ada playground yang memang disiapkan untuk si kecil. Juga ada meja besar berisi kotak warna-warni yang ternyata adalah pasir mainan dengan beragam cetakannya untuk melatih motorik mereka. 

Jangan ditanya keseruannya seperti apa, sudah heboh pastinya dong dengan suara teriakan ceria dan lari-larinya yang menunjukkan kesenangan dalam hati bahwa anak-anak adalah dunia mereka dengan fasilitas yang banyak ini persembahan Morinaga.


Nah, terakhir sebelum saya menyudahi petualangan jelajah arena tak lupa pula saya mengabadikan photobooth yang menjadi simbol di acara hari itu. Tak lupa pula mampir ke booth inti dong, boothnya Morinaga Platinum. Penasaran saya mengapa anak-anak doyan sekali minum susu ini 😅.

Nuansa anak-anak tetap berasa ya dengan warnanya yang cerah, meskipun didesain seperti alam bebas dan berada di dalam hutan, namun pengunjung pun bisa jepret-jepret disini bareng si kecil karena spotnya yang lumayan besar.

Oke, karena suasana di dalam hall ini sudah terdengar meriah dan mulai dipadati oleh para Ayah Bunda yang sedari pagi bersiap mendengarkan ilmu dari pakarnya. So saya pun bergegas masuk ke dalam ruangannya dan mendapati sebuah panggung super besar berlatarkan gambar 5 anak yang sedang bereksplorasi dengan bakatnya masing-masing. Dan diatasnya terdapat tulisan besar Konferensi Ayah Bunda Platinum, Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini. 


Dengan layar lebar yang terkembang di sayap kanan dan kiri panggung sehinga memudahkan para pengunjung yang jumlahnya ratusan itu untuk kenyamanan peserta menyaksikan narasumber dalam memberikan info dan juga membagi ilmunya. 

Di tengah panggung yang beralaskan red karpet ini saya melihat ada 3 sofa putih bersih yang dipasangkan dengan meja kayu panjang besarnya. Dan membagi kursi menjadi 4 bagian sesuai dengan warna gelang peserta yang hadir pagi itu. 

Tak lama kemudian hadirlah Irfan Hakim seorang tokoh publik figur dengan mengenakan jas dan baju kemeja merah. Sontak para peserta pun tepuk tangan dengan meriah karena mendapat surprise di pagi hari itu. Dengan tampilan yang sangat menghibur para peserta, MC kondang ini membuka konferensi akbar pertama kali yang hadir di kota saya Tangerang yeayyyy. 

Dan, tidak berapa lama setelah mendengar opening dari MC dengan 3 orang anak ini. Saya baru tahu bahwa Konferensi Ayah Bunda Platinum ini adalah sarana belajar bagi para orangtua, mengenai sinergi nutrisi, stimulasi dan mempraktekkan secara langsung berbagai aktivitas stimulasi anak. Intinya di acara ini saya bisa belajar dan belajar yeayyyyy..😍

Belajar Ilmu dari Narasumber Acara 


Tanpa berlama-lama doi pun segera memanggil pengisi acara pada pagi hari itu. Ada Dr. Dr. Ahmad Suryawan , SPA (K) yang dalam kesehariannya berprofesi sebagai dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang. 

Juga sebagai Divisi tumbuh kembang anak dan remaja Departemen IKA (Ilmu Kesehatan Anak) Fakultas Kedokteran Unair Surabaya. Wahh T O P banget Dok, banyak juga pengalamannya dong yang akan dishare tentunya xixi. 

Nah, menurut dokter yang juga menjadi dokter praktek di RSUD Dr. Soetomo Surabaya ini, bertutur melalui slidenya menjelaskan kepada kami bahwa ada 4 Faktor Pembentuk Anak Dalam Generasi Multitalenta. 

Dan keempatnya itu sudah harus dipersiapkan dengan proses yang panjang dan harus terncana dengan aik sejak awal usia dini. Dari masa hamil, lahiran, 0-3 bulan, toodlers, pra TK, TK, Pra Remaja, Remaja bahkan dewasa. 


Nah, untuk memenuhi generasi Multitalenta ada yang harus dipenuhi dalam 2 hal nih seperti faktor protektif dan juga faktor resiko. Lalu kita kupas yuk satu persatu apa saja sih 4 hal yang menjadi penentu multitalenta pada anak. Nih bocorannya menurut dokter yang berpostur tinggi dan didatangkan langsung dari Surabaya. 

1. PERKEMBANGAN OTAK
Perkembangan otak disini harus dipenuhi oleh 2 hal yaitu nutrisi dini guna membentuk dan mematangkan sel-sel otak anak dan stimulasi dini yang membentuk dan memperkya nutrisi dini si kecil (ASI, ASI dan MPASI juga makanan keluarga).

Stimulasi yang baik dan benar dapat dilakukan seperti berikut Dimulai sejak dini, interaktif (anak dan ortu yang berkualitas no gadget dan no TV karena perhatian hanya terfokus pada si kecil), secara bermain dengan menyenangkan,dan tentunya secara alami. 

2. SISTEM KETAHANAN TUBUH
Pembentukan sistem ketahanan pada anak usia dini diperoleh dalam 3 hal yiatu dalam kandungan sel-sel kekebalan (antibodi) dari ibu yang ditransfer melalui plasenta, setelah lahirmeskipun sudah relatif lengkap namun ketahanan tubuhnya belum bisa kerja secara mandiri, dan masih tergantung dari ketersediaan antibodi ibu. Perlahan dengan bertambahnya usia, anak akan mampu membentuk antibodi secara mandiri. 

Selain itu ketahanan tubuh anak juga dipengaruhi oleh nutrisi untuk bantu ketahanan tubuh. Nah untuk nutrisi pada masa bayi berasal dari ASI yang merupakan sumber nutrisi terbaik sesuai saluran cerna bayi. Sementara nutrisi masa anak berasal dari sumber kalori utama dan zat pembangun daya tahan tubuh.

3. TUMBUH KEMBANG OPTIMAL
Dibantu dengan nutris dan stimulasi pastinya untuk tumbuh kembang optimal bagi si kecil. Jika si kecil memiliki tumbuh kembang optimal maka dapat memberikan efek jangka panjang lho buat si kecil seperti kecerdasan prilaku, pertumbuhan fisik, motorik, bicara-bahasa, kognitif, emosi dan sosial.

4. KESEHATAN SALURAN CERNA PADA ANAK USIA DINI 
Merupakan salah satu faktor penentu kualitas untuk tumbuh kembang anak. Kesehatan saluran cerna terdiri dari 100 Triliyun (wowww banyak juga ya) Mikrobiota Saluran Cerna, 100 Milyar sel syaraf dan 60-70 % sel ketahanan tubuh.


Nah, di akhir pertemuan Dr. Ahmad Suryawan, sebelum melakukan sesi tanya jawab yang ternyata dibanjiri oleh pertanyaan yang datang dari peserta ini. Beliau sempat memberikan Tips nih supaya Ayah Bunda mampu membentuk pelindung anak generasi Multitalenta, yang bisa dimulai dari :
  • masa kehamilan seperti menjaga kesehatan seoptimal mungkin, kontrol kandungan teratur, hindari stres, usahakan tenang, senang, nyaman, kreatif dan menciptakan aktivitas sesuai kondisi kehamilan dong pastinya dan yang terakhir siaga di bulan kehamilan ya Bunds.
  • masa Persalinan, di masa ini semaksimal mungkin untuk melahirkan secara normal kecuali atas saran dokter kandungan untuk melakukan persalinan khusus. Berikan asi sesaat setelah lahir IMD
  • masa bayi dan usia dini, dan tips di usia ini adalah menghindarkan anak dari stres berlebihan, segera cepat merespon keinginan anak, tidak memaksakan anak dalam interaksi sehari-hari, memberi makan pada anak dengan menyenangkan dan pastinya harus bisa memberikan kesempatan eksplorasi pada anak dong
Nah, banyak kan ilmu yang saya dapat dari Dr. Ahmad sebagai narsum pertama ini. Selanjutnya kamipun diberikan waktu 45 menit untuk Ishoma dan makan siang yang telah dipersiapkan. Sebelum mendengar ilmu dari narsum lainnya yang sudah saya tulis secara terpisah di artikel ini Banyak Ilmu Dari Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga Tangerang (Bagian 2)

Yukk ahh saya sendiri pun pengen coba ikutin tips dari Dr. Ahmad yang sudah berpengalaman ini. Supaya kita sebagai ortu bisa berperan maksimal untuk menciptakan geerasi multitalenta yang kelak akan memiliki masa depan gemilang pastinya.




Komentar

Wichan mengatakan…
Bhahahaha, 15 menit dari novotel. Okeh, noted!

Dari masa kehamilan udah mesti dipikirin semuanya. Luar biasa memang para orang tua.
Ade ufi mengatakan…
Mas Gav sama adek Jo mah tinggal stimulasinya aja. Kalau mau ikuti tips dr dr. Wawan harua punya dedek lagi ^_^
Febrianty mengatakan…
Haha aamiin mbak semoga cepet keturutan ya wkwkkw
Nita Lana Faera mengatakan…
Prenagen itu ternyata 1 keluarga ya sama Morinaga. Gizi calon anak memang mesti cukup selama kehamilan, dan pastinya si ibu hamil mesti bahagia. Jangan dinyinyirin, jangan di-banding2in hidupnya. Ini big event ya, sampe ngundang Irfan Hakim sebagai host-nya.