Belajar Membatik Sembari Belanja? Mampir Yukk Ke Batik Blimbing Malang



Memasuki tempat ini, membuat rasa cinta saya akan budaya lokal Indonesia semakin mengggebu. Bagaimana tidak, nuansa Jawa dengan berbagai macam ornamennya terdapat di tempat usaha yang terletak di Jalan Candi Jago no 6 Blimbing Malang ini. 

Begitu memasuki pintu gerbang, kita sudah disambut dengan peralatan membatik yang berjejer rapi di sini. Mulai dari tempat jemuran kain batik, panci besar untuk melorot malam, Sampai hamparan kain yang sedang dicolet oleh beberapa pegawainya yang mayoritas perempuan muda. 
Barisan Batik Tulis dan Cap yang tertata rapi 
Melangkah sedikit masuk ke pintu utama rumah yang disulap jadi tempat usaha itu. Saya melihat gantungan baju batik beraneka ragam, warna dan motif. Yapp, BATIK BLIMBING MALANG adalah salah satu tempat usaha batik tulis yang ada di kota Malang.

Berawal dari ketidak sengajaan, dengan visi misi ingin melestarikan budaya dengan menjaga batik tulis. Ibu Wiwik Niarti sebagai owner dan penggagas usaha merupakan mantan guru bahasa Inggris swasta di daerah Tlogomas Malang. 



Perempuan muda berhidung mancung Aulia Rishmawati yang juga sahabat saya saat masih duduk di bangku SMP dulu, berhasil mengelola bisnis ini dengan baik. Sehingga dari nol saat awal menjalankan bisnis di tahun 2010 kini sudah memiliki 7 orang karyawan dan melakukan pameran hingga tingkat nasional. Bahkan kini ia dipercaya untuk mengajara beberapa sekolah negri dengan kegiatan ekskul membatiknya. 

Belum lagi, Batik Blimbing Malang pun dipercaya oleh pemkot Malang dibawah bimbingan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian kota Malang untuk beberapa kali mewakili kota Malang sebagai perwakilan pameran UKM di Jakarta beberapa waktu lalu. Ditambah saat ini sebagai salah satu UKM yang berada di bawah asuhan Bank Indonesia. Wah paket komplet kan ya jadinya. 

Saya pun kagum pada semua koleksi batik tulis atau batik cap yang dihasilkan oleh tempat usaha yang gampang dijangkau ini. Kain batik yang dipajang pun terdiri dari berbagai macam warna warni dan motif nya yang menarik ini. Oia selain batik tulis disini pun juga tersedia batik cap yang berkualitas. Range harganya pun dari 100 ribu hingga 1 juta rupiah. Tentunya semakin mahal harga yang ditawarkan proses nya pun semakin rumit. 
Koleksi Tas dan Batik Tulis yang di pajang dalam lemari 
Selain itu, di tempat ini saya juga melihat rangkaian produk turunan dari batik, seperti dompet, sandal, kelompen selendang, kain jarik, atasan blouse, tunik, tas, hijab, bros dll. Nah harganya juga terjangkau lho, saya pun kebingungan nih pilih yang harus diboyong dan dibawa pulang. Karena semuanya menggoda mata dengan motif dan warnanya.

BELAJAR MEMBATIK

Oia, serunya lagi. Kita juga bisa belajar membatik di tempat ini lho. Proses demi proses membatik pun bisa kita lihat disini, mulai dari tahap pertama yaitu mendesain, menggambar, mencanting, menembok, mencelup dan melorot. 

Pastinya dengan biaya paket yang bisa disesuaikan dengan anggaran yang kita punya. Mulai dari 50.000 hingga 150.000. Wahh cocok banget nih, buat anak-anak untuk melatih motoriknya sembari mengenal budaya yang sudah menjadi turun temurun ini. 



Hayooo..mau pilih jilbab yang mana?,

Ada yang unik dari Batik Blimbing Malang ini, karena selain yang belajar membatik berasal dari area Malang dan sekitarnya, juga dari kota-kota lain di seputaran Jawa Timur, juga ada lho bule-bule yang penasaran dengan urusan mencanting kain batik ini. Makanya mereka sampai bela-belain belajar membatik dan menimba ilmu di tempat usaha rumahan ini 😍

Keren kan? Kalau para turis asing yang berasal dari luar negri saja pengen kepo dengan Batik Tulis sebagai warisan budaya leluhur, terus kenapa kita tidak? Apalagi bule-bule itu berasal dari belahan negara yang jauh seperti Paris, Belanda dan Jepang.



Selain menjual produknya dan memberikan paket belajar membatik, Batik Blimbing Malang ini juga memberikan pelatihan kepada para peserta yang datang berkunjung dari berbagai macam daerah. 

Bahkan menjadi peserta seminar tingkat nasional hingga mengisi seminar yang diadakan seputar batik pun juga kerap dilakukan oleh owner Batik Blimbing Malang. Pastinya juga mengikuti pameran tingkat lokal hingga tingkat nasional dong ya. 

Nah, salut banget nih dengan pengusaha muda seperti sahabat saya ini. Dengan menjalankan bisnisnya dari rumah, dia bisa tetap berproduktif sembari memberikan manfaat untuk orang-orang yang bekerja kepadanya, dengan tetap berpegang teguh menjaga warisan budaya yang sudah mendunia ini. 

Buat teman-teman yang penasaran dengan Batik Blimbing Malang, bisa kepoin akun instagramnya di @batik_blimbing atau bisa juga langsung datang ke alamatnya yang gampang banget dijangkau oleh kendaraan pribadi atau umum. Berada di Jalan Candi Jago nomor 6, Blimbing kota Malang Jawa Timur. 



Itulah sebabnya usaha batik ini dinamakan Batik Blimbing Malang. Letaknya tidak jauh dari sebelah barat masjid Sabililah yang sudah terkenal di Malang. Lebih lengkap ada apa saja di Batik Blimbing Malang ini? semuanya sudah saya abadikan rapi dalam video youtube di bawah ini ya. :


Yukk kita dukung dan lestarikan budaya Indonesia, semoga UMKM mandiri semacam ini akan banyak tumbuh dan berkembang di kemudian hari. Karena kalau bukan kita yang mensupport peninggalan budaya, siapa lagi? Oia, bingung dengan bagaimana cara merawat batik pertama kali? yukk dibaca pada foto di bawah ini ya. 

Terimakasih sudah membaca ulasan singkat tentang Batik Blimbing Malang kali ini. Semoga bermanfaat ya. Btw sembari nulis ini, saya masih keingetan gimana rasanya pakai pashmina warna biru bermotif khas Batik Blimbing Malang ini. Rasanya adem dan nyaman dipakai. Motifnya pun unik karena berbeda dengan jilbab biasanya. Kalian kepengen? yukk ikutan main-main ke tempat ini, dijamin bakalan baper lihat hasil karya tangan yang cantik-cantik begini.

Saya Saat Mengenakan Hijab Pashmina Ala Batik Blimbing Malang 

Komentar

  1. batiknya lucu dan bagus mbaa bisa pake jadi pashmina juga. So stylish ini mah. Ak malah baru tau soal batik blimbing ini lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener banget, pakai batik pun bs terlihat tetap modis lho

      Hapus
  2. Uwww... modelnya aja cantik, batiknya jadi tambah cantik deh, hehe... Seneng deh kalau main2 ke toko batik, apalagi bisa lihat proses pembuatannya. Moga kalau aja rezeki ke Malang, bisa main juga ke sini...

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^