Cara Naik Pesawat Di Musim Pandemi

Cara Naik Pesawat Di musim pandemi
Tulisanfebri 240 

Well nggak berasa sudah 9 bulan kita berada di masa sulit seperti ini. Sulit dalam segala hal, entah itu dalam hal mencari rupiah, travelling, maupun melakukan segala hal aktivitas yang berhubungan dengan aktivitas di luar rumah. 

Sungguh semua orang berharap pandemi segera berakhir sehingga semua kegiatan bisa berjalan sebagaimana mestinya termasuk dalam hal bepergian. Sehingga kebijakan apapun  dilakukan oleh pemerintah untuk melawan covid 19 dalam segala aspek. Nah berikut salah satu rules yang diterapkan di dunia transportasi udara tepatnya syarat yang harus dipenuhi oleh penumpang sebelum bepergian. 

Semua informasi  kali ini,  saya dapatkan langsung dari web resmi Lion air yang diterapkan untuk seluruh maskapai yang tergabung dalam Lion group.  seperti maskapai  Batik Air, Wings Air, Lion bizjet, Malindo air, Thai Lion air.  Sengaja saya mencari informasi jauh hari sebelum melakukan perjalanan ke Malang sebagai alternatif transportasi udara. Tapi ternyata oh ternyata sungguh ketat gaess. Simak Yuk!


Cara Naik Pesawat Di musim pandemi

Nah berikut persyaratan yang harus kalian penuhi sebelum melakukan penerbangan dengan burung besi by Lion Grup. 

1. RAPID TES

Siapkan surat keterangan bebas dari gejala covid 19 dengan melakukan rapid tes untuk setiap penumpang. Hal ini tanpa pengecualian ya, bahkan penumpang yang tergolong bayi pun wajib melakukan rapid test mulai dari 7 hari hingga 23 bulan.

Rapid test ini bisa kalian lakukan di mana saja baik klinik swasta, RS pemerintah ataupun RS swasta yang terpenting harus menyertakan nama rumah sakit tanggal pemeriksaan dan dokter yang memeriksa. 

Kalau kalian tidak sempat melakukan rapid tes secara mandiri, kalian bisa juga melakukan rapid test di bandara yang di handle sepenuhnya oleh pihak angkasa pura.

Untuk biaya rapid test sendiri, kalian bisa mencari informasinya ya. Berdasarkan yang saya baca biaya rapid test ini berkisar antara Rp 150.000.

2. RAPID + SURAT LAYAK TERBANG 

Nah kalau persyaratan nomor dua ini dikhususkan untuk penumpang dengan kategori bayi dari umur 7 hari hingga 23 bulan. 

Jadi untuk "penumpang kecil" selain diwajibkan membawa surat rapid tes diwajibkan juga membawa surat keterangan layak terbang. Surat layak terbang tersebut dikeluarkan oleh dokter spesialis anak baik dari rumah sakit swasta ataupun punya pemerintah, dimana beliau memberikan jaminan bahwa anak bayi tersebut sehat dan memenuhi kategori layak terbang. 

Cara Naik Pesawat Di musim pandemi

3. BERLAKU 14 HARI

Setelah memiliki surat tes rapid, kalian harus menyimpan surat ini dengan baik ya karena masa berlakunya bisa sampai 14 hari sejak tanggal dikeluarkan. 

Khusus untuk penumpang dengan tujuan Surabaya, maka surat rapid tersebut hanya berlaku 3 hari saja. Dan jika penumpang lebih dari 3 hari melakukan perjalanan kembali menggunakan moda transportasi udara dari Lion group, maka wajib melakukan test swab sebagai tambahan syarat wajib penerbangan. Hal ini dikarenakan mengikuti kewajiban persyaratan dari pemerintah daerah setempat. 

4. BERANGKAT 4 JAM LEBIH AWAL 

Hal ini berlaku untuk kalian yang akan  melakukan start perjalanan dari bandara Cengkareng Sukarno Hatta Jakarta ke kota tujuan lain di Indonesia. Kalau untuk bandara lain hanya 3 jam saja. 

Hal ini disebabkan adanya 3 lapis pemeriksaan. Yang pertama adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas dari pihak angkasa pura, yang kedua dari Lion grup dengan melakukan pemeriksaan seperti biasa dan yang ketiga pemeriksaan saat kita berada di counter check in. 

Oia persiapan keberangkatan 4 jam sebelumnya hanya berlaku di bandara Cengkareng Sukarno Hatta saja ya. Untuk keberangkatan dari bandara lain di luar Cengkareng, seperti yang saya tanyakan pada petugas call servisnya seperti keberangkatan dari Surabaya dan Malang maka saat perjalanan pun bisa dilakukan sebelum 3 jam keberangkatan.  

5. TIDAK BERLAKU LAGI CHECK IN ONLINE

Cara Naik Pesawat Di musim pandemi

Di musim pandemi saat ini, check in online melalui website sudah tidak berlaku lagi ya. Buat yang biasa melakukan check in online 24 jam sebelum keberangkatan baik melalui aplikasi travel  atau website resminya. Jadi penumpang harus datang ke bandara secara langsung. 

Oke segitu dulu info tulisanfebri yang saya dapatkan dari call center resmi Lion Group by phone pada malam hari ini selama 10 menit pas. Semoga bermanfaat buat kalian yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan maskapai dari LION Group. Yang pasti tidak akan jauh berbeda dengan maskapai yang lainnya. 

Semoga pandemi segera berlalu, dan mari kita dukung pemerintah untuk tetap melawan Covid 19 dengan segala kebijakannya. Termasuk dengan adanya regulasi di bidang transportasi udara ini dengan tujuan memperketat perjalanan supaya semakin banyak yang terhindar dari wabah yang menyerang negeri sedari Maret 2020. 

Jangan lupa tetap melakukan protokol kesehatan untuk melawan virus corona yang  memang nyata dan menjadi musuh di sekeliling kita. 

--------------

Tulisan dibuat untuk meramaikan tulisan tema bulanan komunitas 1minggu1cerita dengan tema "MELAWAN" pada minggu ke 45 tahun 2020. 

1minggu1cerita












Komentar

  1. Wew banyak amat syaratnya. Kudu rapid bolak-balik ya. Uno berarti harus ke dsa juga. Alamak ... Biaya Naik pesawat berlipat-lipat

    BalasHapus
  2. stay safe and stay healthy ya kak :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^