Langsung ke konten utama

KENALAN YUK DENGAN SUN UBI UNGU

 

Sebagai seorang wanita yang dianugrahi oleh Tuhan sebuah keluarga kecil yang utuh, pastilah kita menginginkan yang terbaik untuk buah hati kita. Baik itu mulai dari hal kecil seperti memilih bahan kaos dalam, memilih handuk, perlengkapan setelah mandi, pakaian, obat-obatan sampai dengan hal yang paling penting yaitu asupan gizi dan makanan yang dikonsumsi si kecil untuk pertumbuhan sesuai dengan pertahapan usia tumbuh kembang si kecil.

Berbicara masalah asupan makanan yang diberikan pada si kecil tentunya kita harus paham dong dengan kandungan makanan yang dimakan si doi. Sudah pasti ASI sebagai makanan terbaik untuk bayi kita karena kandungan nutrisi ASI merupakan hal yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Juga ASI mampu memberikan zat imun yang penting bagi daya tahan tubuhnya.
Namun setelah masuk usia 6 Bulan sudah saatnya si kecil mengenal makanan Berapa kalorinya? jenis makanan apa yang pas? berapakah porsi ASI yang masih bisa dikonsumsi setelah si kecil mulai masuk MPASI ? Jenis MPASI mana yang cocok untuk si kecil ? MPASI membuat sendiri atau yang instan ? Aman tidak MPASI yang kita berikan jika harus memilih MPASI instan? 

Pasti pertanyaan - pertanyaan seperti ini akan bergejolak di hati kita sebagai para ibu. Benar kan? Karena saya dulu juga begitu, khawatir dan sudah parno duluan. Ketika usia 2 jagoan saya Gavino & Jovano sudah masuk MPASI. Maka mau tidak mau sayapun harus lebih kreatif supaya mereka bisa menikmati makanan sesuai dengan gizi dan tahap tumbuh kembangnya.

tulisanfebri.com
Hai Semuanya, Salam Kenal Ya
Beli buku resep, belajar dari internet, kasih ini itu dalam bikin MPASI. Ikutin nasehat dan saran ortu ataupun teman terdekat yang pengalamannya lebih duluan ketimbang saya. Pokoknya apapun yang terbaik akan saya berikan untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Karena Sempat ragu juga baik ga sih MPASI instan itu? Karena saya dulu juga memberikan MPASI instan pada mereka sebagai penunjang kebutuhannya.

Namun tetap saya browsing sana sini untuk memilih merk yang terbaik ada di pasaran dan pilihan saya jatuh pada SUN yang memang sudah famous diproduksi oleh perusahaan yang memang bergerak di Food & Beverages dan sudah berumur puluhan tahun mendampingi ribuan buah hati di seluruh Indonesia. Karena SUN sudah memiliki banyak varian rasa, yang pastinya anak tidak akan bosan juga ketika berganti-ganti rasa xixi. Dan ternyata pilihan saya tidak salah hehe.

Saya masih ingat lho, ketika pertama kali menyajikan di setiap kemasan rasa baru SUN bagi Gavino & Jovano  kecil. Saya buka dulu trus saya icipin deh pakai sendok, wahhh enak ternyata pantesan mereka lahap makannya. Saya saja emaknya doyan, apalagi mereka xixi. Suami support ga Feb? Iya dong, katanya "asalkan yang terbaik saja untuk dia (anaknya) gpp kasih saja" Huaa makin bebas saya berekspresi bersama SUN segala varian rasa. Apalagi membelinya gampang, saya tinggal mencari mini market terdekat saja.

Nah, kalau dulu hanya ada rasa SUN Beras Merah, SUN Kacang Hijau, SUN Ayam Kampung & Bayam, SUN Jeruk, Apel & Pisang, SUN Brokoli & Wortel dan SUN Pisang Susu. Sekarang PT Indoffod CBP Sukses Makmur memberikan tambahan varian baru, yaitu rasa SUN Ubi Ungu. Pasti saya dan moms lain penasaran, bagaimana ubi ungu bisa masuk dalam pilihan daftar varian rasa SUN lainnya. Yap, saya pun sama. Mengapa harus ubi ungu gitu lho ?
Suasana Blogger Gathering yang Hangat
Well di acara  Blogger Gathering 8 Desember 2016 inilah saya mendapatkan penjelasan secara gamblang dan jelas. Dan ternyata ada beberapa alasan yang harus kita tahu, mengapa ubi ungu menjadi varian rasa baru:
  1. Ini merupakan produk MPASI fortifikasi pertama di Indonesia yang menggunakan ubi ungu sebagai sumber karbohidrat alternatif selain beras.
  2. Sebagai variasi makanan, mengenalkan bahan dasar ubi ungu untuk membiasakan konsumsi makanan pokok berbahan dasar selain beras hehe.
  3. Produk baru ini mengandung lebih dari 30 % kandungan ubi ungu asli yang kaya antosinan sebagai sumber antioksidan alami yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh si kecil sehingga tidak mudah sakit. (Noted ,ternyata membantu banget buat kita ya moms )
  4. Mengandung gizi seimbang dengan nutrisi terukur dan penambahan vitamin dan mineral. 
  5. Sun Ubi Ungu difortifikasi dengan 11 vitamin dan 7 mineral lho sama seperti varian rasa terdahulu (6 rasa yang juga pernah saya berikan pada 2 buah hati saya xixi)
  6. Salah satu upaya SUN, yang telah 25 tahun menemani ibu Indonesia untuk menunjukkan inovasi barunya yang merupakan komitmen Indofood dalam membantu program pemerintah untuk mengatasi masalah pangan dan gizi bangsa.
Dan menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS., yang merupakan Guru Besar Gizi IPB dan turut hadir menjelaskan bahwa 
"Ubi ungu merupakan salah satu bahan pangan lokal yang tergolong superfood karena mengandung betakaroten dan antosianin sehingga dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh si kecil. Dengan proses yang tepat maka dihasilkan produk turunan ubi ungu yang bergizi, tahan lama dan aman dikonsumsi bahkan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi sekalipun"


Hemm ternyata banyak juga ya, yang menjadi pertimbangan SUN memperkenalkan rasa barunya ini. Semakin semangat deh buat para Imud (ibu muda) diluar sana nyuapin si kecil. Seperti saya dulu ahahhaha.
tulisanfebri.com
Para Blogger Undangan Yang Antusias Dengan Demo MPASI Chef Giovanni
Nah setelah bincang-bincang saatya Chef Gio yang ganteng mempraktekkan bagaimana 2 resep MPASI ala SUN Ubi Ungu. Yaitu SUN Ubi Ungu With Mix Fruits yang bahan utamanya adalah bubur SUN, ASI perah dan 4 macam buah yaitu naga, anggur, sunkist dan strawberry. Juga resep SUN Ubi Ungu with sweet corn creamy soup yang bahan utamanya adalah bubur sun dan jagung rebus yang dicampur dengan tepung maizena dan ASI perah. 
 
Sssst mumpung ada dokter anak dr Julistio Tryoga .Sp.A (K), M. Kes yang dikenal sebagai konsultan nutrisi anak. Maka saya seperti mendapat angin segar, karena bisa bebas bertanya sana sini tentang seluk beluk MPASI instan seperti SUN Ubi Ungu ini xixixi. 

Ya paling tidak sedikit wacana dari dokter bisa saya tularkan di posyandu Kutilang Tangerang tempat saya mengabdikan diri menjadi kader kepada masyarakat #eeeaaa. Atau sebagai bahan kelak ketika saya hamil anak ketiga karena siapa tahu saya dapat anak cewek Aamiin (ngarep.com)

Berikut sesi tanya jawab saya dengan beliau, semoga bisa mewakili ya 
SAYA: "Dok, menurut dokter bagaimana penggunaan yang benar makanan MPASI seperti Ubi ungu ini pada anak?" 
dr Tio Sp. A : 
"Anak itu memiliki kalori yang harus disesuaikan untuk tumbuh kembangnya. Diatas 6 bulan normalnya anak harus mendapatkan 200 kalori. Nah, penggunaannya dengan cara diencerkan seperti susu lalu dikentalkan sedikit demi sedikit. Cara memperkenalkannya sekali sehari terlebih dahulu kemudian 2 kali dan akhirnya menjadi 3 kali (pagi,siang,sore) dalam sehari.
Tipsnya : sebagai ibu harus disiplin dalam memberikan makanan pada bayinya.
Misal : jam 8 diberi sarapa pagi, maka satu setengah jam sebelumnya jangan dulu diberikan ASI. Nah, dengan cara seperti ini maka anak akan menjadi terbiasa dan makan dengan 3 kali dalam sehari.

SAYA :
"Untuk kalorinya sendiri bagaimana dengan SUN Ubi Ungu Dok?"
dr Tio Sp. A: 
"Untuk Sun Ubi Ungu sendiri dikemas dalam ukuran 60 gram, nah menghitung mudahnya tinggal mengkalikan 4 saja. Jadi 60 x 4 = 240 jadi sudah diatas standart yang dibutuhkan oleh tubuh bayi"

SAYA : 
"Menurut Dokter sendiri, MPASI ini ada efek sampingnya tidak?"
dr Tio Sp. A:  
"Kalau efek sampingnya sih tidak ada, hanya kemungkinan kecil terjadi alergi. Itupun hanya kasus saja tergantung kondisi bayi. Tapi selama ini sih di lapangan tidak ada ya sepertinya. Nah mengapa MPASI ini cocok untuk semua bayi berikut penjelasannya :
1. Ada tiga zat makanan pure 100 % bahan makanan alami bukan non makanan.
2. SUN Ubi Ungu sudah ditambahkan manfaat protein  dari susu sapi dan kedelai.
3. Mengandung selegnium, zink dan gizinya sudah lengkap.

SAYA : 
"Dok, apakah MPASI ini baik bagi bayi?'
dr Tio Sp. A:
"karena kandungan yang ada dalam SUN Ubi Ungu ini sudah disesuaikan untuk kebutuhan tubuh bayi. Apalagi ketika ada kasus anak kurang gizi, maka kandungan gizinya tidak boleh main-main. Juga masih didukung oleh proses panjang untuk bisa sampai ke rumah kita. 

Ada proses pengolahan yang tepat seperti teknologi drum drying sehingga dapat dihasilkan produk turunan ubi ungu yang aman, kadar airnya rendah dan manfaatnya tetap terjaga. Apalagi ini praktis sehingga memudahkan ibu untuk memberikan asupan gizi yang baik pada anak"

SAYA :
"Dok, adakah pesan khusus untuk ibu-ibu di luar sana yang menginginkan anaknya memiliki kandungan gizi yang baik dalam tumbuh kembangnya?"  
dr. Tio Sp. A:
"Anak itu merupakan generasi penerus bangsa, jadi tidak ada istilah tidak mau makan ini dan itu jika Ibu sebagai orangtua tidak mengenalkannya. Karena tujuan utama dalam memberi makan adalah :
1. Gizi cukup
2. Suka makan segala
3. Bisa makan sendiri

Karena ada 2 macam pengelompokan makanan bayi :
a. Makanan utama (6 bulan) dalam bentuk bubur entah membuat sendiri atau bersifat instan seperti Sun Ubi Ungu
b. makanan selingan (buah dan biskuit) 

Jadi dengan begitu, tidak ada istilah anak tidak mau makan ini dan itu. Orangtua juga harus kreatif dan terus belajar dari manapun bagaimana menggali ilmu dan menemani buah hati dalam tumbuh kembangnya"
tulisanfebri.com
Perkenalkan, Aku Varian Baru Dari SUN Dengan Rasa SUN Ubi Ungu Rasa Pertama Di Indonesia
Nah, bagaimana moms? tertarik bukan dengan SUN Ubi Ungu and the gank wkwkwkwk. Saya suka lho sama produk SUN itu, apalagi ada varian untuk tahapan bayinya bergantung pada usia si kecil. Mulai dari buburnya sampai bubur tim yang bertekstur. 

Dulu suka menyelingi dengan varian rasa, misal pagi rasa ayam kampung &bayam, siang rasa kacang hijau dan makan malamnya rasa beras merah. Keesokan harinya dibalik saja xixixi. Prinsip bagi saya adalah harus bisa mengatur bagaimana supaya Gavino dan Jovano kecil bisa lahap makannya. Tentunya tetap diselingi dengan bubur yang saya bikin sendiri ya hehehe.

FYI , biasanya  dalam mencari informasi saya suka googling dan ngulak ngalik tuh info dari FB Kasih Sun.
tulisanfebri.com
Foto Bersama Di Akhir Acara, Yess Kami pun Pulang Dengan Ilmu Baru





Di sana kita juga bisa mendapatkan tips, hadiah dari kuis yang digelar atau sekedar sharing bersama para imud yang lainnya xixixi. Jaman sudah canggih ya, jadi kita cari yang gampang dan praktis saja sekalipun untuk sekedar mencari ilmu xixixi. Selamat berkreasi dan memberikan yang terbaik untuk si kecil. (FR)

LIHAT JUGA : Galeri foto blogger gathering Sun Ubi Ungu



   

 
















Komentar

  1. Makasih infonya ya mba, bagus nih buat referensi emak2 yang lagi butuh varian mpasi. Biasanya suka bingung ngasih apaaa lagi biar si kecil nggak bosen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama2 mbak, salam kenal juga buat jagoan kecilnya Khalif yang gemesin xixi

      Hapus
  2. Ubi ungu direbus aja enak ya..apalgi dijadikan makanan untuk anak :) gizinya tinggi lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener mbak, kita yang dewasa saja suka ya apalagi anak2 xixixi

      Hapus
    2. Betul mbak Feb..aku doyan karena manisnya ....kayak yang makan ;)

      Hapus
    3. ehemmmm asyikk yang makan tidak sekedar manis tapi smart dan jago motret sana sini xixi

      Hapus
  3. Emang udah bukan rahasia lagi kalau ubi ungu memang superfood. Malah katanya bisa sebagai anti kanker. Wooow..bener gak yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hooh bener banget, banyak juga ya kandungan ubi ungu. Pantes kalau SUN memilihnya untuk varian rasa baru

      Hapus
  4. Una pun masih suka makan bubur bayi, apalagi pas lagi ngga mau makan nasi. Dan pas nyobain sun ubi ungu ini ternyata suka, kataanya enakk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy, berarti racikannya pas dong ya. Karena anaka-anak suka ^_^ Sehat terus Una sayang.

      Hapus
  5. Inovasinya bagus, ih, pakai Ubi Ungu. Anak-anak pasti makin lahap makan karena variannya bertambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya bener mbak. Orang dewasa saja suka,apalagi anak2 xixi

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…