Langsung ke konten utama

SEPENGGAL HARAPAN UNTUK LELAKI KECIL

tulisanfebri.com

Lelaki kecil itu bernama :
JOVANO ZAIDAN THARIQ

Artinya "lelaki berakal cerdas yang memiliki kedudukan tinggi (mulia)" adek Jo, sapaan namamu yang juga menjadi harapan bagi kami, orangtua yang telah dipilih oleh Allah untuk menitipkanmu.

Hari ini genap lima tahun yang lalu kamu dilahirkan di dunia ini, dari subuh dia sudah membuat resah di kehamilan saya, karena air ketuban yang keluar mengalir menandakan tanda-tanda proses kelahiran akan datang. 

Untungnya bidan langganan pun dekat dari rumah, hanya perlu keluar komplek saja. Menunggunya "keluar" pun saya harus seharian di atas ranjang, hanya ditemani suami yang juga pasti harap-harap cemas. Mengingat belum banyak pembukaan yang terjadi. Sampai menjelang magrib barulah dia mulai tidak tahan di dalam perut saya. 

Itupun dengan rasa putus asa, setelah suami sudah menandatangani surat untuk rujukan operasi di RS terdekat, mengingat pembukaan yang merupakan jalan keluar baginya ketika lahir belum juga bertambah. Padahal memasuki usia kehamilan di bulan ke 9 pun, saya sudah jalan-jalan di pagi hari tanpa alas kaki. Seperti yang saya lakukan di kehamilan Gavino yang proses kelahirannya berjalan lancar. Tapi kembali lagi, beda anak mungkin beda bawaan kali ya. 😓

Alhamdulilah, syukur dengan berurai air mata haru ketika melihat bayi lelaki ini dilahirkan dengan sehat dan dalam kondisi normal. Jahitan banyak pun tidak saya rasakan, karena maghnet kebahagiaan yang luar biasa darinya telah berhasil menyulapnya. Dengan berat 3,2 dan panjangnya 49 Cm membuat saya dan suami tersenyum lega. (diatas normal dalam hati)

Mungkin benar yang orang bilang, bahwa setiap anak membawa rejeki sendiri-sendiri. Selang beberapa hari kemudian suami mendapat jatah kendaraan dinas. Padahal sama sekali tidak berharap apapun saat itu. Syukur dalam hati yang luar biasa, Allah serasa memberikan jalan bahwa saya tidak mungkin lagi naik motor ber 4. Dan saat itu belum terfikir sama sekali untuk memiliki kendaraan sendiri karena kondisi yang belum memungkinkan.

Kehadirannya semakin membawa perubahan dan kebahagiaan tersendiri di dalam keluarga kecil saya, meski awalnya saya berharap jenis kelaminnya perempuan. Mengingat anak saya pertama Gavino juga laki-laki. Tapi sudahlah, mungkin Allah lebih tahu dengan apa yang terbaik untuk kami.

tulisanfebri.com
Tingkahnya Begini Yang Membuat Kami Gemes (saat usiaku 7 bulan)
Hari demi hari, bulan demi bulan dia membawa perubahan besar dalam rumah tangga kami. Gavino yang dulu merasa tunggal dan banjir kasih sayang sekarang mulai banyak protes. Dan mengatakan "Bunda lebih sayang adek" saya tidak marah mendengarnya, dan berpikir wajar kalau kata-kata itu terlontar dari bibir anak umur 3 tahun yang saat itu belum tahu artinya dedek bayi lebih banyak butuh karena belum mandiri. Dan saya menganggap Gavino pasti butuh proses adaptasi untuk menerima adek kecilnya ini 😌

Satu rahim, beda karakter. Itulah yang terjadi pada Gavino dan Jovano. Gavino si pemberani, Jovano kebalikannya. Gavino si tukang makan, Jovano harus dirayu kalau mau makan. Gavino suka main komputer. Jovano lebih suka main di luar bareng teman-temannya. Oke, saya biarkan 2 lelaki itu tumbuh dengan kemauan dan keinginanya supaya bebas mengekspresikan diri tentu masih tetap dalam pengawasan kami sebagai orangtua.

Kini, 5 tahun sudah lelaki ganteng anugrah Tuhan menjadi bagian dari hati kami. Menambah pengikat rumah tangga kami, menjadi penghilang lelah kami, menjadi senyum kebahagiaan kami, menjadi penyinar dalam diri kami.
tulisanfebri.com
Dari Kecil Sampai Sekarang, Sudah Tertarik Sama Yang Namanya Pedang
Jovano yang pernah lemas, tidak bergerak dan sempat membuat kami panik bukan main ketika membawanya ke klinik di usia 3 bulanan karena kemasukan busa sabun yang lumayan banyak di dalam hidungnya  atas ulah Gavino yang juga merupakan keteledoranku ketika memandikannya di pagi hari.

Jovano yang selalu bilang "bunda, ayo bercanda" menandakan bahwa dia sedang ingin minta me time nya dengan saya juga kakaknya. Bercanda kita ber3 di kamar sembari menunggu waktu tidur siangnya atau menemani mengahntarkannya tidur malam.


Jovano yang selalu menggosok pipinya ketika dicium oleh orang lain selain kami ber 3 dan saudara terdekatnya.

Jovano yang hobinya suka corat coret tembok rumah setiap kali menemukan bulpen, pensil ataupun krayon. 

Jovano yang suka dipanggil teman-teman cewek di TK nya dengan sapaan "dada Jovan Ganteng, besok main lagi ya"

Jovano yang suka mengulang nyanyian baru yang diajarkan di TK A, setiap pulang sekolah dan bercerita seru keadaan sekolah di hari itu.

Jovano yang sudah pinter unduh game di HP suami.

Jovano yang ngajinya sekarang sudah sampai huruf SYA, sudah mampu menghafal bacaan sholat dan beberapa hadist juga doa-doa harian, itupun sudah cukup membuat kami bangga sebagai orangtua. Karena bagaimanapun penanaman nilai agama wajib dipahamkan sedini mungkin.

Jovano yang masih suka nangis ketika diisengin oleh si mbak ataupun kakaknya. 

Jovano yang setiap sore sudah mulai disamperin sama teman-teman yang bukan sebayanya untuk main di luar dan otomatis akan pulang ketika masuk waktu magrib.

Jovano yang sudah lulus dari posyandu dan beratnya sekarang 19,5 kg. Dan ketika bermain dengan teman sebayanya dia terlihat lebih kecil. Gpp ya sayang  😘 "yang penting sehat " ucapan yang selalu menenangkan diri saya dari bibir suami. Atas kegelisahan itu.

Saya sendiri juga merasakan keheranan, entah kenapa badannya masih saja terlihat kecil, padahal makannya terkadang bisa 4 kali dalam sehari dan tidak pernah ketinggalan minum susu dan juga makan buahnya.

Tumbuhlah dengan rasa syukur nak, 
Besarlah dengan rasa penghambaan yang tinggi pada Allah,
Teguhkan iman dan selalu sayangi Rosul Allah,

Sehatlah terus, warnai harimu dengan senyum keceriaan,
Jadilah anak yang sholeh, sopan dan berbuat baik dengan siapapun meski sedang jauh dari dekapan Bunda
Berikan selalu cinta dan kasih sayangmu pada kami hingga Allah berkata cukup.

Maaf kalau Ayah Bunda belum bisa memberikan yang terbaik untukmu,
Maaf kalau waktu kalian sering terabaikan dengan kesibukan dunia kami yang tiada hentinya,
Maaf kalau kami belum bisa menjadi seperti apa yang kamu inginkan.

Terimakasih sudah ikut meramaikan hati kami,
Terimakasih sudah menjadi bagian dari kebahagiaan dan tanggung jawab kami sebagai orangtua,
Terimakasih sudah memberikan banyak pelajaran untuk kami,

Dengan rasa kebahagiaan dan rasa syukur luar biasa untuk 5 tahun hari ini, yang sama dengan 5 tahun yang lalu ketika dia pertama dihadapkan pada kami.


Semoga Allah selalu memberikan lelaki kecilku kebaikan dan kemudahan dalam setiap langkahnya,
Semoga Allah selalu mengiringi di setiap perjalananmu untuk meraih setiap kebahagiaanmu.
Semoga Allah selalu menjauhkanmu dari hal buruk yang tidak kami inginkan.

Jaga dan selalu ingat Allah, karena kami tidak mampu menjagamu selamanya dan kapanpun.

Biarkan senyum kebahagiaan dan rasa syukur kami menemani kebahagiaanmu di hari ini

Dengan penuh kasih sayang  dan akan selalu menyayangi dengan sepenuh hati meski dengan cara kami sendiri yang tidak kamu tahu

Tangerang, kursi teras rumah sederhana
11.00 sembari menunggumu pulang sekolah
"Isi  Hati Bunda, Yang Juga Mewakili Perasaan Sayang Ayah Padamu"


tulisanfebri.com
Kalian, Sumber Kebahagiaan Kami 😊


Komentar

  1. InsyaAllah sehat. Jo nanti bakalan makin gede ngalahin mama dan papanya. Hhiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih ^_^ Semoga keluarga juga sehat terus ya

      Hapus
  2. Sehat selalu ya mbak Javano dan seluruh keluarganya..jangan kemasukan sabun lagi ...Pasti panik banget ya mbak waktu itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Aamiin, Jovano Aunty bukan Javano hihi. Iya mbak panik dan membuat pelajaran tersendiri pastinya xixi

      Hapus
  3. Adek Jo lebih mirip Maknya. Kayak anak2nya tante, dua2nya cowok dan beda karakter. Kadang memang ada orang yang membanding2kan, anak gue atau anaknya si ini si itu badannya gede kayak hulk lho, anak lo kok enggak. Ya gpp, pertumbuhan anak orang kan beda2. Yang penting sehat dan pintar.

    Moga Mas Gav dan Adek Jo makin pintar2 ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener,makanya aku g suka membanding2 kan hehe kasihan anaknya karena anak pasti punya kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Aamiin makasih tante (peyukk)

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …