Cara Mudah Menjadi Content Writer




Hayooo, yang suka dunia tulis menulis pasti tidak asing lagi kan dengan namanya segala macam profesi yang ada di dalamnya seperti blogger, penulis buku, buzzer dengan sosmed sebagai alat perangnya, content placement dan content writer pastinya. Lalu? bisakah kita memiliki penghasilan dari dunia tulisan ini? jawabnya bisa dong pastinya, karena saat ini dunia tulis menulis membuka peluang lebar dengan dibutuhkannya penulis dari segala macam aspek. 

Nah, bagaimana sih menjadi seorang content writer yang baik itu. Yukk mari kita ulas ya, semoga bisa memberikan manfaat baik lahir dan batin. Lho kog? iya dong, gimana ga suka coba. Kalau apa yang kita lakukan ini menjadi kebahagiaan karena emang sudah suka nulis seperti passion ehh masih dapat penghasilan pula rutin setiap bulan 😍 ihirrrrrr. Siapa yang ga mau tuh ya xixi.

Next bagaimana sih caranya menjadi content writer? adakah tips khususnya? apa saja sih yang akan harus kita persiapkan untuk menjadi seorang content writer. Tenang pemirsa, ini dia ulasannya xixi. Tips ini saya dapatkan saat saya menghadiri bincang ringan di kantor pusat CNI tepatnya di daerah Puri Kembangan Jakarta Barat hari Jumat 20 Oktober 2017. 

CNI LANGKAH SUKSES
Btw, saya pun tidak akan menyangka, kalau lokasi belajar saya kali ini bersama komunitas Indonesian Social Blogpreneur asuhan blogger senior yang kerap disapa Teteh Ani Berta, berlokasi di sebuah gedung perkantoran mewah yang berasa mall ahahaha. 



Saya pun baru sekali menginjakkan kaki disini. Ternyata tidak jauh dari stasiun Rawa Buaya, karena memakai ojek online pun hanya goceng hehe. So, saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dong pastinya. Foto sana sini dengan berlatar belakang segala produk yang dikeluarkan oleh CNI. Teman-teman pasti tahu dong ya, apa itu CNI. Sampai sekarang sudah berusia 31 tahun lho, dengan suksesnya ratusan member yang sudah mandiri dan bisa menjadi pengusaha sejati. 


Di kantor pusat ini ternyata berjejer-jejer lho semacam counter kece penjualan setiap produk dari CNI. Gampangnya gini setiap produk CNI memiliki counter sendiri yang kece, instagramable, cozy dan pastinya dinginnn brrrr. Banyak member yang telah sukses di tahun 2017 ini dengan meraih penghasilan jutaan dalam setiap bulan, tentunya tidak boleh lepas dari perjuangan yang luar biasa dong pastinya. 

Nah, dengan gabung menjadi member CNI yang aktif, pastinya kita akan bisa memiliki peluang usaha yang terbuka lebar, karena CNI yang merupakan produk lokal asli buatan Indonesia ini sudah menghasilkan banyak pengusaha setiap bulannya. Tertarik membeli produknya? gerai CNI banyak lho produk kesehatan dan kecantikan yang bisa kita pilih. Kalau saya sih suka minuman lemon dan coklatnya xixi. Sueger tenan pokoknya, mau diminum dingin atau panas, semua enak dan menyehatkan pastinya. 



Dan sebelum memasuki ruang belajar yang akan mengajak saya mengenal profesi sebagai Content Writer. Di lantai 2 yang megah dan mewah ini saya melihat terpampang nyata, lemari kaca yang berisi banyak penghargaan yang patut diacungi jempol dong. So, saatnya duduk manis nih mendengarkan narasumber kita Teteh Ani Berta dalam memberikan sharing seputar Content Writer.

MENJADI CONTENT WRITER

Dari tadi ngomongin Content Writer, apa sih sebenarnya? menurut saya sih, Content Writer itu suatu profesi yang dilakukan dengan menjadi penulis di web orang pribadi atau suatu perusahaan tanpa menyertakan identitas kita dan kita akan mendapatkan penghasilan sesudahnya sebagai imbal baliknya. Hayoo pasti kepengen kan? so... apa saja sih dan bagaimana caranya? nah teteh Ani Berta, seorang blogger senior membagikan tipsnya berikut.

  1. TENTUKAN TUJUAN , nah yang dimaksud disini adalah. Apa sih yang menjadi tujuan kita sebenarnya dalam menjadi penulis di web tersebut, mau meraih penghasilan atau sukarela.
  2. KENALI WEBSITE, yuk kita kenali website atau portal yang diminati.
  3. AJUKAN PROPOSAL PENAWARAN, nah kalau sudha saatnya kita mengajukan diri dalam bentuk proposal penawarannya ya temans. Ingat bentuknya bukan seperti orang melamar kerja ya. Dan sertakan pula portofolio tulisan content writer kita.
  4. AWALI DENGAN MENGISI KONTEN GRATISAN, nah bisa dilakukan di dalam web sosial yang bukan komersil seperti web panti asuhan, panti rehabilitasi, rumah singgah dll yang sifatnya sosial. Karena di web tempat sosial seperti ini, belum banyak yang terawat dengan baik, sehingga bisa kita bantu isi web nya dan pastinya sebagai portofolio kita dong.
  5. MANFAATKAN KANAL CITIZEN JOURNALISM DI MEDIA MAINSTREAM, seperti Kompasiana, Vivalog, Indonesiana, Citizen6 dll.
  6. PROMOSIKAN HASIL TULISAN DI SOSMED, nah kalau sudah dan kelar menulis jangan lupa ya menshare tulisan kita di sosmed dong pastinya. Karena ini menambah view supaya tulisan kita semakin banyak dibaca pembaca. 
LALU APA SAJA SIH YANG BOLEH DAN YANG TIDAK BOLEH KITA LAKUKAN? 



Nah, selanjutnya bagaimana caranya berburu bahan konten supaya mendapatkan bahan? nah teman-teman bisa mendapatkannya dari workshop, talkshaw, wawancara narasumber, buku / majalah / surat kabar, diskusi forum secara live, event.   

BENEFIT 
Lalu apa saja sih yang kita dapatkan jika menjadi content writer? Diantaranya adalah mendapatkan branding. 
  1. Branding diri kita
  2. Porto Folio
  3. Social Entrepreneur
  4. Hobi yang menghasilkan
  5. Tulisan bermanfaat untuk banyak orang
  6. Relationship luas
  7. Upgrade ilmu setiap saat
  8. Meningkatkan wawasan
  9. Meningkatkan skill
Well, banyak ilmu kan yang bisa saya dapatkan di hari itu. Terutama untuk menjadi content writer. Nah, gimana nih teman-teman. Tertarik ga dengan dunia content writer nih? karena menghasilkan  saya pun jadi tertarik ingin menjadi seorang content writer juga xixi. So siap-siap memasukkan proposal nih dengan mencari porto folio terlebih dahulu dong pastinya. 

















Komentar

  1. Ternyata CNI itu produk2nya berasal dari Indonesia ya. Udah 31 tahun lamanya turut menyehatkan bangsa. Btw menjadi content writer itu harus paham dan mengenali website serta tujuan. Mau sukarela atau berbayar ya. Yang penting sih konsistensinya biar hasil tulisan berkualitas ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget mbak. Setuju itu konsisten ya biar hasilnya bagus karena emang menulis itu passion kita

      Hapus
  2. Jadi, Febri sudah membidik website mana sekarang untuk jadi content writer? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga ya Teh, bisa cepet ditemukan web yang tepat untuk saya isi hehe

      Hapus
  3. aku pun tertarik dengan content writer tetapi harus pintar bagi waktu karena nulis banyak artikel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya bener banget tapi hasilnya bikin bobo nyenyak ya hehe

      Hapus
  4. Berkat cni kita jadi dapat ilmu baru ... Sangat bermanfaat ni acara nya. Dunia baru y content writer ini harus fokus dan rajin2 kirim proposal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener mbak, yukk ahh mau kirim proposal ke mana kita xixi

      Hapus
  5. Jadi semangat tuk belajar jadi content writer

    BalasHapus
  6. Inilah belajar nulis yang sesungguhnya. Masuk ke dalam dunia profesional dan dicari banyak orang. CW ini mengasyikkan dan bisa banyak peluang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget, peluang yang menjanjikan penghasilan baru ya

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat