Ngobrol Bareng AIA Seputar Kesehatan Masyarakat Yang Makin Menurun


Elite Club Rasuna Said Kuningan, pertama datang ke tempat ini membuat saya galau antara salah dan benar tempatnya sesaat setelah saya turun dari ojek online. Sampai beberapa kali bertanya baik kepada petugas parkir, security ataupun karyawan yang keluar dari gedung tersebut. 

Iyalah ya, secara saya baru pertama kali datang ke tempat yang megah ini. Ehh ternyata tempat ini adalah sebuah club olahraga yang lengkap fasilitasnya, ada customer service yang siap menyambut saya dan teman-teman lainnya dengan ramah. Gedung  berlantai 2 ini ber AC dan memiliki fasilitas sarana prasarana olahraga yang lengkap. Mulai dari olahraga ringan seperti treadmill, sampai olahraga berat seperti berenang pun ada di tempat ini. 


Bahkan ada loker penitipan untuk menaruh barang kita. Dan yang bikin betah adalah kamar mandinya yang tidak dicampur antara pria dan wanita nampak bersih dan berasa hommy banget deh. Emmmm saya pikir setuju banget sih sama konsep yang ditawarkan oleh club olahraga satu ini, bisa membuat customernya yang niat berolahraga jadi semangat dan nyaman pastinya. 

OLAHRAGA DAN FAKTANYA
Secara ya, olahraga itu kan emang sifatnya wajib dan pastinya bermanfaat dong untuk kesehatan kita. Kalau ini saya yakin semua pasti setuju ya dengan fungsi dan kebaikan pada olahraga yang bisa membuat bugar, segar dan sehat pastinya. Namun bagaimana sih fakta dari olahraga itu sendiri ?

Yukk duduk manis disini, sambil nyemil yang sehat dan makan makanan sehat bareng AIA. Pastinya sudah pada tahu kan ya sama AIA? Itu loh salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan yang menawarkan jasa asuransi, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang terkait dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, dan program dana pensiun. Termasuk di dalamnya dengan produk asuransi syariah ya. 

Nah.... salutnya saya adalah, AIA ini salah satu perusahaan yang sangat concent terhadap kesehatan. Sehingga banyak sudah banyak sumbangsihnya terhadap tema besar ini. Salah satunya adalah dengan mengadakan riset yang bertajuk AIA Healthy Living Index dimana survey ini menurut Ibu Kathryn Monika Parapak selaku Head Of Brand and Communication mengungkapkan bahwa "Survei ini dilakukan di Asia Pasifik yang bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat tentang kesehatan dan harapan mereka untuk hidup lebih lama"
Saya dan Ibu Kathryn Sesaat Setelah Zumba
Dari beliau juga nih, saya pun jadi tahu bahwa selain menjaga pola hidup sehat, melakukan medical check up juga sama pentingnya lho temans. Dan, saya pun langsung menunduk saat beliau bertanya "hayooo siapa disini yang sudah pernah medical check up?padahal penting lho untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi penyakit semenjak dini" dh duh duh bener juga sih Bu, batin saya kala itu. Tapiiiii takut dan ngeri ahh sama hasilnya. Duhh jangan ditiru ya temans, padahal mencegah lebih baik ya daripada mengobati lho. Apalagi kalau sudah sakit biaya yang kita keluarkan terbilang tidak murah.  

Lalu yang perlu digaris bawahi ternyata nih genks. Hasil survey menjelaskan bahwa tingkat kepuasan masyarakat di Asia terhadap kesehatan mereka menurun dari 84% di 2016 menjadi 81% pada tahun 2018. Walaupun hasilnya kurang puas dengan kesehatan mereka, namun gaya hidup sehat yang dijalankan meningkat lho. 

Berbanding terbalik nih di negara kita yang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kesehatan terus mengalami peningkatan sejak 2013 lalu. Nah kabar baiknya lagi nih di tahun 2016 Indonesia menjadi peringkat 11 dari 16 negara Asia Pasifik yang merasa puas dengan kesehatannya.

Namun, faktanya nih olahraga yang jadi penyumbang utama terhadap gaya hidup sehat ternyata hanya dijalankan oleh 52% masyarakat Indonesia. Terlebih cuma 3% orang Indonesia menganggarkan uangnya untuk berolahraga lho duh duh duh....saya nih salah satunya. 


Apalagi masih ditambah keterangan dari dokter cantik dr Raissa E. Djuanda M.gizi, Sp.GK yang mengemukakan bahwa meningkatnya jumlah penyakit tidak menular. Dikarenakan faktor pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, juga pola istirahat yang cukup.

OLAHRAGA ITU MUDAH 
"Yukk ahh makin rajin berolahraga ya, secara olahraga bisa bikin fresh dan awet muda pula". Hemm setuju banget nih sama ungkapan narasumber ke tiga di acara siang menjelang sore itu. Apalagi semakin banyak fasilitas olahraga yang bisa ditemui dengan mudah dan murah.  Mau olahraga di rumah atau di tempat kerja pun bisa juga kan? asal semua tergantung kepada niat dan kemauan besar untuk hidup sehat dengan berolahraga. Yapp, menurut mbak Laila Munaf selaku penggiat olahraga (instruktur Yoga) sekaligus owner dari Sana Studio. 
Dari Kiri Ke Kanan : Ibu Kathryn dari AIA, dr Raissa dan Mbak Laila Penggiat Olahraga
Di sini mbak Laila juga sempat mencontohkan seputar neneknya yang rajin brolahraga sejak muda. Hingga sekarang di usia yang sudha 71 tahun masih kuat berenang dan berjalan kaki di pagi hari. Duh jadi maluuuu diriku huhuhu. 

Hayooo, setelah membaca panjang lebar. Gimana nih? masih galau soal menghilangkan kemalasan dalam berumah tangga?yukkk ahh kita singkirkan perlahan dan mulai menjadikan olahraga sebagai lifestyle ya. 

Zumba pun tidak ketinggalan dilakukan di event menarik kali ini, saya dan teman-teman yang hadir diberikan kesempatan ganti baju dan selanjutnya, mariiiiii zumba asyik bareng AIA dengan instrukturnya mbak Laila. Lagunya yang beritme cepat menemani zumba kami. 

Jangan ditanya semangatnya dong, pastilah semangat. Apalagi, setelah kita mendengar pencerahan seputar kesehatan dan pentingnya berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap banyak penyakit di acara ini. Makin semangat pula kami mengikuti gerakan kaki dan tangan dari mbak Laila yang berada di atas panggung. 

Secara kalau di rumah pun saya males ya buat ikutan olahraga, padahal sudah daftar member senam yang bayarnya tiap bulan. Tapi yang namanya malas gerak masih menghatui. Mudah-mudahan di pergantian tahun makin semangat dan hilang deh malesnya. Terimakasih sudah mampir di tulisanfebri kali ini. Ketemu lagi di tulisan lainnya dengan pembahasan seputar lifestyle yang berbeda ya temans, semoga bermanfaat. 









Komentar

  1. Datuk (kakek mpo)/usia 80 tahun masih ganteng, semangat dan tidak loyo. Karena suka olahraga. Bahkan mau meninggal karena jatuh saat olahraga (maksud hati mau turunin darah tinggi dengan melakukan peregangan , terus pusing dan jatuh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh jadi inspiratif banget ya kakeknya Mpo, Suka olahraga emang bisa bikin semangat

      Hapus
  2. Kalau di inget-inget entah sudah berapa lama saya terakhir MCU. Memang penting banget menjaga kesehatan salah satu medasar dgn memperhatikan pola makan, pola tidur dan olahraga teratur. Survei index dari AIA seakan mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, menjaga pola makan dan tidur juga olahraga penting banget ya buat kesehatan kita

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk