Khasiat Bawang Merah Untuk Bayi

 

Hallo teman-teman apa kabarnya nih? semoga selalu sehat ya. Apalagi memasuki musim penghujan di era new normal life seperti sekarang. Pasti akan membuat kita harus semakin menjaga diri dari penyakit. Kita aja yang dewasa masih rentan sakit lho, apalagi anak bayi yang daya tahan tubuhnya belum tentu sekuat kita. Pasti akan mudah sekali rentan terhadap suatu penyakit seperti demam atau flu. 

Suka kasihan deh kalau lihat bayi sakit, apalagi di saat dia demam. Secara dia masih aktifnya bergerak dan membutuhkan banyak energi untuk pertumbuhannya. Saya ingat betul waktu menjadi ibu baru dulu, saat mas Gavino demam 2 neneknya baik itu ibu mertua ataupun ibu saya sendiri mengigatkan by phone untuk membalurkannya dengan bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak telon. 

Oia ternyata banya juga lho fakta dari kandungan bawang merah untuk melindungi dan menjaga kesehatan si kecil yang sedang aktif-aktifnya bereksplorasi pada dunia di usia pertumbuhannya. 

Bawang merah sebagai penurun demam

Well, seperti yang kita tahu bawang merah akan selalu ada di dapur sebagai kebutuhan utama perbumbua dalam memasak. Jadi mendapatkan dan mengolahnya pun gampang, cukup diiris tipis dan dicampur dengan minyak telon saya taruh ke dalam lepek atau piring kecil alas cangkir. 

Ehh ternyata tidak lama kemudian, rewelnya sedikit mereda dan pelan-pelan mas Gav kecil tertidur dalam lelah ringikan tangisnya. Alhamdulilah resep mujarab turun temurun dari orangtua pun berhasil menurunkan demamnya. 

Nah, jadi bawang merah pun bisa dijadikan juga sebagai pertolongan pertama pada demam si bayi. Ga usah panik atau resah ya jika si kecil tiba- tiba demam. Cukup ambil 2-3 bawang merah lalu kupas dan cuci bersih. 

Tumbuk kasar jangan sampai halus, balurkan bawang merah bersama minyak telon dengan mengusapnya pada punggung, kaki, dada, telapak kaki dan perut bayi. Jika dilakukan di saat dia terlelap akan lebih baik lagi karena bayi tidak akan terganggu dengan aroma yang sedikit tajam.

Bawang merah sebagai obat penghilang kembung

Selain menghilangka demam, bawang merah pun dipercaya untuk menghilangkan perut kembung pada bayi lho. Terkadang posisi menyusu bayi yang tidak tepat membuat salah posisi sehingga menyebabkan udara bisa masuk. Nah caranya pun sama cukup usapkan bawang merah dengan melakukan pijatan pada bayi. 

Gunakan gerakan huruf I, L  dan U pada perut bayi di waktu sebelum tidur. Hal ini bisa kita lakukan 10 menit sebelum masuk waktu tidurnya. Dijamin si kecil pun akan tidur terlelap karena kehangatan bawang merah yang menempel di perutnya.

Bawang merah sebagai anti bakteri dan anti virus

Oia, karena  bawang merah mengandung antimikroba yaitu anti bakteri dan antivirus. Maka bawang merah pun mujarab digunakan sebagai anti bakteri. Makanya tak jarang kita melihat bayi ada yang diberikan bawang merah yang di peniti di bagian bajunya yang sesungguhnya berfungsi sebagai aromatherapi pada bayi yang digunakan untuk memfilter udara kotor di sekitarnya.

Bawang merah pereda flu dan batuk  

Nah, selain fungsi di atas bawang merah pun masih memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung vitamin C, Vitamin B6, Calcium dan Folid maka bawang merah di klaim mampu membantu menurunkan flu dan batuk pada si kecil. 

Caranya pun cukup mudah melalui asi atas asupan bawang merah yang dikonsumsi ibu nya. Dengan mengupas lalu membakarnya bawang merah pun siap bekerja. Atau bisa juga dengan mencampurkan pada telor dadar dengan irisan tipisnya. 

Jadi gimana nih? sudah ga penasaran lagi kan ya dengan kandungan bawang merah untuk bayi? Paling tidak bawang merah bisa kita jadikan sebagai pertolongan pertama untuk bayi saat tidak enak badan. Terlebih di musim pandemi begini, mengkhawatirkan juga jika kita harus keluar rumah mengajak bayi untuk  memeriksakan kodisi bayi ya. 

Kemudahan Konsul Kesehatan si Kecil dengan Aplikasi Halodoc 

Untungnya sekarang ada aplikasi halodoc yang sangat membantu dengan system digitalnya. yap aplikasi yang identik dengan warna merah ini sudah diunduh sebanyak 5 juta kali dan memiliki rating bagus di playstore setelah rilis pada Maret 2016. 

Dengan halodoc kita bisa chat dokter baik umum maupun spesialis, membeli obat termasuk di dalamnya vitamin serta perawatan wajah & kulit, cek lab yang bekerjasama dengan klinik prodia sehigga memudahkan kamu tes tanpa harus keluar rumah.  Dan yang menarik adalah bisa melakukan reservasi dengan dokter di RS tanpa antri administrasi dengan masuk ke ruang konsultasi dokter. 

Bahkan saat ini kita pun bisa melakukan perjanjian untuk rapid test yang masih digunakan sebagai syarat dalam bepergian, yang hasilnya bisa kita dapatkan melalui web browser dan mengakses hasilnya melalui aplikasi berlogo stetoskop dengan background merah ini. 

Jadi tetap jaga kondisi kesehatan si kecil ya temans, tetap memberikan yang terbaik dan konsultasikan kepada pihak medis jika memang kondisinya mengkhawatirkan. 

Terimakasih sudah mampir da membaca ulasan singkat kali ini, semoga pandemi segera berkahir berbarengan dengan musim hujan yang terus turun menyejukkan bumi Indonesia. Tetap jaga kesehatan si kecil dan usahakan untuk tetap membiarkan dia berada di dalam rumah jika tidak urgent dan mendesak sekali demi kesehatannya yang masih rawan. Sampai ketemu di tulisanfebri berikutnya.(FR)




Komentar

  1. Dulu anak2 ade juga dipakein bawang merah. Cuma seringnya nangis. Walau khasiatnya dsyat banget. Pas nanya ke dsa, kata dsanya bahwa anak rrwel dipakein bawang merah itu karena gatal bawangnya yg ga nyaman. Lebih baik bawangnya dikupas belah 2 taro piring dideket dia. Badannya cukup dibaluri minyak telon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak- anak kecil dulu ga rewel pas dibalurin bawang, karena irisnya juga agak besar. Tapi noted banget ya infonya Mi, semoga anak2 sehat selalu

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^