Suka Duka Pergi Main Ke Pantai Semilir Tuban

 Review Jujur Pantai Semilir Tuban (Tulisanfebri313)

KENALAN DENGAN PANTAI SEMILIR

Tulisan ini adalah tulisan nyambungin cerita sowan ke Ustad sebelumnya. Dimana sesuai kesepakatan panitia Pantai Semilir menjadi tujuan kami berikutnya. Letaknya tidak begitu jauh dari kediaman Ustad Burhan yang berada di desa Sarigede Bancar Tuban. Untuk menuju pantai Semilir ini kami harus menempuh perjalanan sekitar 30 menitan saja. Saat sampai pantai Semilir waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB, jangan ditanya bagaimana teriknya sinar matahari kala itu. 

Sesampai di Pantai, kami pun memutuskan untuk sewa tikar seharga 10.000 dengan ukuran yang lumayan lebar bisa jadi 3x4 meter yang muat untuk 10 orang. Tikarnya disini terbuat dari terpal berwarna biru ya seperti terpal pada umumnya. Hemm pejuang passif income, pasti tersenyum melihat peluang bisnis 1 itu. 

Untuk tarif masuknya, free alias tidak dikenakan biaya bagi pengunjung. Hanya saja setiap kendaraan besar seperti bus ukuran medium kami, dikenakan charge parkir 50.000 yang dibayarkan di depan saat  kendaraan terparkir dan pertama kali datang. Untuk unit kendaraan roda 4 seperti mobil dikenakan tarif Rp 10.000 dengan area parkir kendaraan yang cukup luas. 

Pantai Semilir ini terletak di Jl. Nasional 1, Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Jawa Timur. Lokasinya berada persis di pinggir jalan raya Pantura Surabaya-Semarang. Begitu turun dari bus kita akan melihat beberapa fasilitas umum yang terpampang nyata seperti : 

  1. Toilet
  2. Musholla dari bambu dengan ketinggian yang jauh dari atas pasir pantai 
  3. Aula
  4. Deretan pujasera yang menjajakan makanan dan minuman khas pesisir Pantai Tuban
  5. Ada pula tim penjaga / penyelamat pantai binaan TNI AL yang dilengkapi tabung oksigen, peralatan selam dan mesin rubber boat
  6. Ada pula tempat informasi yang menjadi sarana untuk menggaungkan suara kepada pengunjung (berguna juga untuk memanggil pengunjung yang kehilangan jejak dari rombongan)
REVIEW PANTAI SEMILIR

Suasana pantainya sama seperti pantai pada umumnya ya. Setelah sewa tikar, kami pun ngobrol di atas terpal biru itu. Ada pula yang berenang dan bermain pasir di pantai yang saat kami datang ramai pengunjung itu. 

Cuacanya cukup terik saat kami datang, matahari rupanya sedang tidak bersahabat sehingga terasa menyengat dan membuat tidak nyaman. Banyak pula rombongan dari tamu pengunjung lainnya. 

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan di Pantai Semilir itu : 

  1. Menikmati pemandangan pantai dengan sewa tikar 
  2. Bisa naik andong 
  3. Bisa naik kapal menyusuri pantai
  4. Bisa sewa ATV untuk 2 orang pada 1 unitnya
  5. Bisa selfie di beberapa spot foto yang telah disiapkan 
  6. Bisa bermain pasir pantai
  7. Bisa kulineran khas makanan pantai Tuban oseng cumi hitam dll
Kurang lebih waktu kami berkenalan dengan Pantai Semilir sekitar 3 jam. Kami pun segera meninggalkan pantai yang kurang terawat dan terjaga kebersihannya itu. Sayang sekali, banyak sampah bertebaran disana sini membuat pemandangan kurang nyaman. Semoga ke depan pemerintah kabupaten selaku pihak pengelola bisa lebih memperhatikan kebersihan pantai untuk kenyamanan pengunjung dan menjaga kelestarian alamnya. 
***
Artikel ke 35 setoran minggu pertama bulan Mei 2023 WAG Blogger Indonesia Traveller Batch 2