Review : RISE Sahabat Anak Mengenal Bahasa Inggris


Menginjakkan kaki pertama kali di tempat ini membuat saya langsung terpesona, dengan desainnya yang sangat anak-anak, konsep bangunan yang nyaman, modern dan tertata apik. Sengaja di desain dengan istimewa dan elegant menggunakan warna - warna menarik untuk anak - anak supaya mereka merasa nyaman dan betah berada di dalamnya. Yap..RISE Indonesia yang belakangan di tengah - tengah acara baru saya tahu merupakan tempat bimbingan belajar bahasa Inggris Innovatif yang berada di lantai 3 Living World Mall, Alam Sutera Tangerang Selatan.


RISE Alam Sutra ( sumber : www.rise.id)
Tempatnya selain adem, bersih dan juga pelayanannya yang ramah, di tempat ini kita bisa menitipkan si kecil untuk dibantu tentang pemahaman bahasa Inggrisnya dari usia dini. RISE Indonesia adalah bentuk kerjasama anatara kampus BINUS (Bina Nusantara) yang telah kita tahu kebesaran juga kemampuannya menghasilkan banyak sarjana yang kompeten di bidangnya masing-masing dan bekerjasama dengan RISE Global yang merupakan mantan afiliasi dari Houghton Mifflin Harcourt yang berpengalaman di dunia pendidikan selama 50 tahun. Keduanya baik BINUS dan RISE Global sama-sama memiliki visi dalam memberikan kualitas dan pengalaman dalam English Language Learning



Terbentuknya RISE Indonesia yang berpusat di Living World Mall Alam Sutra Tangerang pada bulan oktober 2014 merupakan suatu prestasi dan kebanggan tersendiri. Sehingga dalam waktu yang singkat sampai saat ini RISE Indonesia mampu memiliki 3 cabang yang juga istimewa di tempat lainnya.

Acara seminar parenting yang digelar pada hari Sabtu, tanggal 4 Juni 2016 start dari pukul 11.30 - 12.30 ini dilaksanakan dengan baik dan sengaja  tidak melibatkan banyak peserta.  Acara dilaksakan di ruangan yang terlihat dari dinding kaca yang bisa dilihat dari luar. desain ruangan yang didalamnya tertata secara unik, buku - buku anak dalam bahasa Inggris untuk yang notabene diperuntukkan bagi siswa RISE Indonesia. Jika anak kita berusia 2-12 tahun, maka tempat ini adalah tempat yang pas untuk mendampingi anak kita dalam belajar, mengenal dan memahami apa hal-hal yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Hal ini didukung dengan kebersihan dan kerapihannya yang selalu terjaga.


2 orang Narasumber Seminar
(Koleksi : pribadi)
Dalam seminar kali ini, didatangkan 2 orang narasumber sebagai pengisi acara. Yang pertama adalah narasumber yang berkaitan dengan dunia psikologis anak yaitu Ibu Hanlie Muliani MPSi seorang psikolog dengan 2 orang anak yang juga menjadi penulis beberapa buku yang terkait dengan psikolog anak. 

Dan untuk pembicara kedua ada seorang tutor yang menjadi perwakilan RISE Indonesia, tugasnya disini menjelaskan bagaimana belajar dan metode pendekatan yang digunakan untuk mengenalkan dan mengajarkan bahasa Inggris pada anak dengan fun dan enjoy bersama RISE Indonesia. Walaupun Rise  baru berusia 2 tahun, namun banyak hal yang sudah diberikan pada anak-anak didiknya. 

Selain membangun rasa kepercayaan diri pada anak untuk fasih ber cas cis cus dalam berbicara bahasa Iggris juga membantu sosialisasi dengan teman-temannya yang lain dalam lingkungan yang nyaman dan menyenangkan untuk anak bisa memahami bahasa Inggris dengan fasilitas yang bersih, aman dan pastinya nyaman bagi anak.
Kegiatan yang berlangsung di RISE (Sumber : www.rise.id)

Dengan menggunakan tekhnologi yang canggih dan metode yang berbeda dari lembaga kursus bahasa Inggris lainnya merupakan point plus tersendiri bagi RISE Indonesia. Masih didukung tenaga pengajar yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan Inggrisnya juga dengan staff nya yang ramah dan siap membantu orangtua dalam segala kebutuhan yang berkaitan dengan RISE Indonesia. Fasilitas yang nyaman dan bersih untuk menunggu selama anak belajar juga menjadi nilai lebih bagi lembaga bahasa Inggris yang satu ini.

Dari kegiatan seminar ini saya mendapatkan banyak informasi mengenai pentingnya mengenal bahasa inggris sebagai bahasa Internasional pada anak. Mengapa mengenal bahasa Inggris itu penting? yap..dengan adanya MEA  yang akan datang pada tahun 2020 sudah saatnya anak kita memiliki kemampuan bicara yang lebih dari anak lainnya, sehingga nilai jual dan dapat memiliki daya saing yang tinggi akan mudah mereka dapatkan.

Papan kaca besar yang menyambut setiap tema belajar  (Sumber : Koleksi pribadi)
Kompetisi abad 21 sudah di depan mata, tanpa persiapan yang matang akan membuat anak kita tertinggal dari anak lain yang selalu didukung dan distimulasi untuk belajar bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa wajib dalam dunia Internasional. Selain itu belajar bahasa Inggris di usia anak- anak dibandingkan dengan belajar ketika mereka dewasa hasilnya tentu berbeda. 

Jika bahasa Inggris diajarkan pada anak sedari dini, maka anak akan lebih mudah menerima dan menyerap ilmu yang berkaitan dengan bahasa Inggris baik itu pronounciation, pemilihan kata, dan grammar karena di usia anak, akan diajarkan dengan cara anak-anak yaitu dengan bermain dan relax tetapi jika dimulai dari mereka dewasa hal ini akan tidak maksimal hasilnya dan mengalami hambatan dikarenakan di masa pubertas, remaja akan dipengaruhi oleh faktor psikologis yang cukup meresahkan dalam proses pembelajaran pastinya.

Untuk itulah lembaga bahasa RISE ini hadir menjadi partner bagi orangtua dan menjadi  solusi untuk membantu anak mengenal apa itu bahsa Inggris. Dengan 7 Skills To Develop (Mathematic & Logic, Science, Social Studies, Languange & Literacy, Social & Emotional Skills, Physical Development, Leadership) dalam mengembangkan ketrampilan Inggris pada anak yang digunakan tersebut, sudah bisa dipastikan RISE Indonesia memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan lembaga serupa lainnya. 

Disini Tutor tidak diijinkan banyak bicara dan anak diajarkan mengenal lebih banyak vocabulary , tidak diajarkan system baku dengan menggunakan rumus bahasa seperti yang sudah-sudah. Dengan media dan bahan ajar yang mereka miliki, mampu membuat anak fun dan enjoy belajar dalam bahasa Inggris.


Multiple Intelligence Classroom penunjang belajar siswa
Dalam acara ini juga dipaparkan oleh Ibu Hanlie Muliani M.PSi bahwa ada 3 tahap penting usia pertumbuhan golden age pada anak dalam segi perkembangan otaknya yaitu pada usia Lahir, 6 tahun dan 14 tahun. ketiga tahap tersebut harus didukung oleh kebutuhan gizi yang baik dan adanya stimulasi dalam berbahasa yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Hal itu diperlukan mengingat sifat otak yang sifatnya kompetitif, maka sedari kecil sebaiknya kita sudah wajib memberikan penanaman yang baik dan positif terhadap anak. Jika semua hal diatas kita lakukan maka anak kita akan menjadi pemenang. 

Point ini yang banyak dipaparkan oleh ibu Hanlie Muliani pada seminar tersebut adalah point yang membahas tentang Multiple Intelelligences (keceradasan). Melalui pendekatan Multiple Intelelligences ini kita dapat mempelajari kekuatan / kelemahan pada anak dan memberikan peluang bagi mereka untuk belajar melalui kelebihannya masing - masing. Adapun 8 point penting disini adalah sebagai berikut :
  1.  Language Intelligence / Kecerdasan Linguistik
  2. Logic Mathematic Intelligence / Kecerdasan logika matematika
  3. Visual Spacial Intelligence / Kecerdasan Visual - Spacial
  4. Music Intelligence / Kecerdasan Musik
  5. Phisical Intelligence / Kecerdasan Fisik - jasmani
  6. Nature Intelligence / Kecerdasan naturalis - alam
  7.  Intrapersonal Intelligence / Kecerdasan Interpersonal
  8. Interpersonal Intelligence / Kecerdasan antar orang
Selain mempelajari pendekatan Multiple Intelligences diatas untuk mengembangkan kepribadian positif pada anak kita sehingga dapat menjadi pribadi dewasa yang baik kedepannya, juga ada hal lain yang harus dilakukan oleh orangtua yaitu Parrents Involvement Matters antara lain:
  1. Bergabung dengan grup orangtua di sekolah.
  2. Membangun komunikasi dan hubungan dengan baik dengan guru yang ada di sekolah.
  3. Selalu tanyakanlah pada anak tentang jadwal atau kegiatan di sekolah.
  4. Membaca bersama anak.
  5. Menjadi guru untuk PR anak kita.
  6. Terus mendukung anak untuk belajar aktif dan fun di sekolah.
Perbedaan RISE dengan lembaga lain (koleksi : Pibadi)










Jika sebagai orangtua kita bisa melakukan Parrents Involvement diatas saya yakin tumbuh kembang anak kita akan mengalami perkembangan secara pesat. Karena tidak hanya didukung dari sekolah, tempat dia belajar tapi juga didukung dari dalam rumah yang tidak kalah pentingnya. 

Semua orangtua pasti akan mengharapkan anaknya berhasil dalam menggapai masa depan yang salah satunya didukung dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Dimana bahasa Inggris sudah berhasil menjadi bahasa Internasional wajib, yang mau tidak mau, suka tidak suka tetap akan digunakan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia kerja yang tidak akan lama lagi terjadi di depan mata. 

Harapannya, dengan sedikit ulasan diatas, semoga orangtua paham tentang perlunya belajar bahasa Inggris pada anak sedari dini. Bagaimana dan dimana tempat belajar itu? semoga kehadiran RISE Indonesia diharapkan mampu menjadi jawaban atas semua keresahan dan pertanyaan yang timbul dalam benak setiap orangtua. Saya yakin RISE Indonesia akan menjadi pilihan yang tepat dan rekomen dengan pengalaman mengajarnya yang tidak boleh diragukan lagi.


Salah satunya saya (sumber : pribadi )
Di akhir seminar, dibuka 3 kesempatan bertanya bagi peserta yang nampak antusias dan penasaran dengan seputar belajar bahasa Inggris pada anak. Dan setiap penanya mendapatkan Gift Voucher sebesar IDR 750.000 untuk digunakan sebagai pemotongan biaya bila kita mendaftarkan si kecil untuk bergabung menjadi bagian dari RISE. 

Masih penasaran dan ingin tahu all about RISE U.S Based Learning Center for Children  sebagai penyelenggara seminar yang telah saya ikuti kemaren silahkan menghungi RISE di 4 cabangnya yang mudah sekali dijangkau karena berada di tengah kota. Ada RISE Alam Sutra yang beralamat di Living World Mall, lantai 3 telpon 021-29239589, RISE Sudirman yang ada di fx Sudirman Jakarta Pusat lantai 7 telpon 021 -29110066, RISE Bintaro yang ada di Bintaro XChange Tangerang Banten, lantai 1 telpon 021-22210258 dan RISE S. 

Suasana pasca seminar (Sumber : koleksi pribadi)

Parman yang ada di Central Park lantai 3 telpon  021-29201057/58. Bisa juga mengunjungi webnya di www.rise.id untuk alamat fbnya add di rise.english.Indonesia sedangkan alamat twitternya @RiseEnglish dan untuk alamat Instagramnya adalah @riseenglish. 

Semoga kehadiran RISE bisa menjadi salah satu sarana pendukung untuk mendekatkan bahasa Inggris secara nyaman dan enjoy pada anak. Sehingga anak RISE akan siap menghadapi tantangan kemajuan dan perkembangan jaman dalam era globalisasi. Have fun bersama RISE, we like RISE dan jadikan RISE sahabat anak dalam dunia bahasa Inggrisnya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat