Langsung ke konten utama

SERBA SERBI UPACARA BENDERA, YANG PATUT KITA TAHU

Mengapa sih tiba-tiba kepikiran nulis tentang upacara bendera, ya paling tidak menambah kecintaan akan tanah air, memupuk rasa nasionalisme dan pastinya mengingatkan saya beberapa tahun lalu ketika masih duduk di bangku sekolah dulu berebut kelengkapannya dengan 2 adek perempuan saya, (jlebbb tidak untuk ditiru ya) Dimana setiap hari Senin sibuk melengkapi diri dengan dasi, topi, ikat pinggang, kaos kaki dan sepatu hitam lengkap dengan badge dan lokasi sekolah. Karena ketika upacara bendera pasti akan diperiksa keliling oleh salah satu atau lebih dari guru yang bertugas saat itu. Dan untuk murid cowok jangan sampai ketahuan berambut gondrong ya.


Kalau saat itu, ada murid yang ketahuan tidak menggunakan atribut lengkap dan berambut gondrong bagi murid lelaki, seperti ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah, maka akan dikeluarkan dari barisan dan diminta pindah membentuk barisan sendiri (biasanya sih di sudut yang terlihat oleh guru dan semua siswa. Huaaaa di depan pojokan dekat dengan barisan guru. Dan pastinya akan mendapat sanksi setelah upacara bendera bubar. Saya pernah bahkan sering lho huhuhuhuhu bandelnya saya). Kalau sudah begitu pasti yang ada adalah rasa malu dan penyesalan, kenapa masih ada saja yang tertinggal persiapannya ketika upacara bendera hari senen.


Upacara bendera? kenapa sih dilakukan hari senin? Mengapa sih harus ada upacara bendera?Ada apa saja sih di upacara bendera? Serba serbi upacara bendera, akan saya ringkas di ulasan saya berikut ini ^_^
  1. Upacara bendera di hari Senin? Yap, pertanyaan inilah yang muncul di benak saya, ketika saya masih menjadi pelajar di jamannya #eeeaaa . Ternyata jawabannya adalah karena hari senin adalah hari pertama masuk setelah para murid mengalami libur di hari minggu bahkan ada yang sudah libur hari sabtunya. Jadi diharapkan dengan upacara pada hari senin merupakan awal yang baru dan semangat baru bagi para peserta upacara untuk memulai aktivitasnya kembali. Coba bayangkan kalo seandainya upacara bendera dilaksanakan hari Jumat, selain hari sekolah yang jam pulangnya paling cepet juga merupakan hari terakhir sekolah dalam satu minggu, bisa dipastikan para pelajar dan ibu bapak guru akan merasakan lelah yang sangat setelah seminggu menempuh banyak aktivitas yang menyita pikiran dan tenaga pastinya.
  2. Upacara bendera perlu dilaksanakan karena, untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan nyawa, harta, jiwa bahkan keluarga lho demi kita sekarang bisa menikmati kemerdekaan dan kebahagiaan sampai saat ini, seperti yang kita rasakan.  
  3. Dan yang paling penting upacara bendera memiliki nilai historis perjuangan sejarah bangsa ini lho. Dari dulu awal kemerdekaan bangsa dari penjajah Belanda sampai saat ini bisa memberikan kita kebahagiaan dan ketenangan dalam bergadget ria.
  4. Lalu....ada apalagi di upacara bendera?hal-hal apa saja sih yang ada di upacara bendera?susunan acaranya seperti apa? Tata upacara benderanya bagaimana? Simak terus ya.
TATA UPACARA BENDERA:
Acara PERSIAPAN
1.  Masing-masing pemimpin barisan menyiapkan barisannya
2. Pemimpin upacara mengambil tempat yang telah ditentukan
3. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara

ACARA PENDAHULUAN
4. Laporan masing-masing pemimpin barisan kepada pemimpin upacara bahwa siap untuk mengikuti upacara

ACARA POKOK
5. Pembina upacara tiba di tempat upacara
6. Penghormatan peserta upacara kepada pembina upacara
7. Laporan pemimpin upacara kepada pemimpin upacara
8. Pengibaran sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya
9. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara 
10. Pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara, diikuti oleh peserta upacara
11. Pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
12. Pembacaan janji siswa
13. Amanat pembina upacara, pasukan diistirahatkan
14. Menyanyikan lagu wajib nasional oleh seluruh peserta upacara
15. Pembacaan doa
16. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara selesai
17. Penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara 
18. PembinaTupacara dan staff dewan guru meninggalkan lapangan upacara

ACARA PENUTUP
19. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara
20. Pemimpin upacara meninggalkan tempat upacara
21. Upacara selesai, semua pemimpin barisan membubarkan barisannya masing-masing


Semua khusuk mengikuti upacara bendera
Tuh kan, terbayang tidak? dan pasti masih teringat pada diri kita. Itulah sebabnya kenapa upacara bendera bisa berdurasi sekitar 30-45 menitan bisa lebih tergantung dari isi panjang-pendeknya pidato pembina upacara. Dan lagi setelah dirunut dari isi susunan upacara itu, terlihat bahwa ada waktu dimana kita mengheningkan cipta untuk para pahlawan. 

Menurut saya hal ini bagus, karena tanpa "dipaksa" dengan upacara maka masyarakat Indonesia pasti akan lupa untuk mendoakan mereka yang telah gugur mendahului kita.Dan sebagai bentuk terimakasih atas perjuangan yang telah mereka lakukan yang saat ini kita nikmati. Kemerdekaan dan kebahagiaan yang bisa kita nikmati secara bebas, tenang, damai dan bahagia seperti apa yang kita terima saat ini.

Dan lagi,selama upacara berlangsung kita diminta menyaksikan dengan menghormati pengibaran bendera merah putih yang berlangsung. Bendera yang hasus diperjuangkan keberadaannya. Selama proses pengibaran kita diminta untuk tetap pada posisi tangan menghormati diiringi lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya. Kalo dulu, di sekolah saya ada satu kompi barisan yang dipilih bertugas menyanyikan lagu Indonesia Raya. Biasanya digilir dengan sistem piket ya.

Merinding pasti, mendengarkan lagu kebanggan negara kita dinyanyikan sembari mendampingi pengibaran sang saka merah putih sampai di ujung atas tiang bendera. Jujur..saya yakin kog kalau tidak ada upacara bendera, kita pasti tidak akan iseng menyanyi lagu yang bisa menggetarkan jiwa ini. Berbanggalah masih memiliki rasa nasionalisme terhadap Indonesia tercinta dengan cara sederhana walaupun dengan hal sederhana yaitu mengikuti upacara bendera dengan perasaan senang dan tanpa paksaan.

Bangga menjadi warga negara Indonesia, senang di hari senin dan bangga bisa mendapati moment upacara bendera. Oia satu yang pasti, upacara bendera akan melibatkan seluruh siswa siswi satu sekolah. Nah dengan upacara bendera, udah pasti gebetan atau sasaran pdkt bisa sekaligus kita perhatikan dengan jelas dan seksama karena beda kelas atau beda angkatan hehehe. (Dan saya yakin, kalau yang sedang membaca ini juga pernah pasti merasakan indahnya di jaman itu wakakakaka)

Kalau dulu, saya masih ingat ketika duduk di bangku SD menjadi petugas upacara dengan tugas yang berbeda-beda terkadang menjadi petugas pemimpin barisan, pengibar sang saka merah putih, terkadang juga menjadi petugas pembaca Undang-undang dasar 1945 tanpa pengeras suara, jadi bisa harus terdengar keras dan jelas seantero barisan lapangan hehe. Kalian masih ingat dengan moment upacara bendera? share ya pengalaman apa saja yang bisa dibagikan. Terimakasih dan salam hangat untuk terus menikmati setiap upacara bendera dengan bangga dan rasa senang.


Foto&Sumber : Dok pribadi SDN Keboncandi Kec Gondangwetan Kab Pasuruan Jawa Timur 

1 minggu 1 cerita 



***


Komentar

  1. Wiihh.... aku blogwalking nya random, dan baru blog ini yg support banget upacara di hari senin... *nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak, kalo bukan kita sebagai WNI siapa lagi yang akan memiliki rasa nasionalisme terhadap tanah air yang kaya raya ini hehehe

      Hapus
  2. Baca ini jadi kembali ingat pas zaman SD sering banget jadi petugas pembawa baki bendera. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa pembawa baki bendera biasanya paling disorot dan jadi pusat perhatian deh hehe

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. sayangnya upacara bendera enggak wajib di sekolah swasta ... aku sulung 6 bersaudara, dan cuma aku yg ngalamin upacara bendera hari senin karena aku sekolahnya selalu negeri + l 5 adikku sekolah fullday school

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk tapi kalo udah g lagi upacara kayak kita sekarng ini yang sudah mak-mak rasanya lihat orang upacara bisa tertib rapi pengen nimbrung aja. Soalnya dulu juga aku upacaranya banyakan nyengirnya hahahahaha. Iyes sekolah swasta lebih fleksible ya mba ketimbang sekolah negri

      Hapus
  5. Ih jadi inget upacara jaman sd smp sma. Hihihihihii. Dulu jaman smp sempet apel pagi tiap hari jam set7. Hueheheheee. Paling seru kalo pengibarnya "gagal" ngibarin benderanya. Salah-salahnya mereka malah jadi hiburan untuk kitaaa. Hihihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha tadinya mau serius hormat sama bendera malah ngakak sendiri sama segenk kali kalo smpai salah ngibarinnya mbak wkwkwkwk

      Hapus
  6. keinget saat jaman sekolah dulu, paling males kalo ada upacara...lama dan capek :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, untung cuma seminggu sekali dan berhasil terlewati ya mbak wkwkwkwk

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…