SERBA SERBI UPACARA BENDERA, YANG PATUT KITA TAHU

Mengapa sih tiba-tiba kepikiran nulis tentang upacara bendera, ya paling tidak menambah kecintaan akan tanah air, memupuk rasa nasionalisme dan pastinya mengingatkan saya beberapa tahun lalu ketika masih duduk di bangku sekolah dulu berebut kelengkapannya dengan 2 adek perempuan saya, (jlebbb tidak untuk ditiru ya) Dimana setiap hari Senin sibuk melengkapi diri dengan dasi, topi, ikat pinggang, kaos kaki dan sepatu hitam lengkap dengan badge dan lokasi sekolah. Karena ketika upacara bendera pasti akan diperiksa keliling oleh salah satu atau lebih dari guru yang bertugas saat itu. Dan untuk murid cowok jangan sampai ketahuan berambut gondrong ya.


Kalau saat itu, ada murid yang ketahuan tidak menggunakan atribut lengkap dan berambut gondrong bagi murid lelaki, seperti ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah, maka akan dikeluarkan dari barisan dan diminta pindah membentuk barisan sendiri (biasanya sih di sudut yang terlihat oleh guru dan semua siswa. Huaaaa di depan pojokan dekat dengan barisan guru. Dan pastinya akan mendapat sanksi setelah upacara bendera bubar. Saya pernah bahkan sering lho huhuhuhuhu bandelnya saya). Kalau sudah begitu pasti yang ada adalah rasa malu dan penyesalan, kenapa masih ada saja yang tertinggal persiapannya ketika upacara bendera hari senen.


Upacara bendera? kenapa sih dilakukan hari senin? Mengapa sih harus ada upacara bendera?Ada apa saja sih di upacara bendera? Serba serbi upacara bendera, akan saya ringkas di ulasan saya berikut ini ^_^
  1. Upacara bendera di hari Senin? Yap, pertanyaan inilah yang muncul di benak saya, ketika saya masih menjadi pelajar di jamannya #eeeaaa . Ternyata jawabannya adalah karena hari senin adalah hari pertama masuk setelah para murid mengalami libur di hari minggu bahkan ada yang sudah libur hari sabtunya. Jadi diharapkan dengan upacara pada hari senin merupakan awal yang baru dan semangat baru bagi para peserta upacara untuk memulai aktivitasnya kembali. Coba bayangkan kalo seandainya upacara bendera dilaksanakan hari Jumat, selain hari sekolah yang jam pulangnya paling cepet juga merupakan hari terakhir sekolah dalam satu minggu, bisa dipastikan para pelajar dan ibu bapak guru akan merasakan lelah yang sangat setelah seminggu menempuh banyak aktivitas yang menyita pikiran dan tenaga pastinya.
  2. Upacara bendera perlu dilaksanakan karena, untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan nyawa, harta, jiwa bahkan keluarga lho demi kita sekarang bisa menikmati kemerdekaan dan kebahagiaan sampai saat ini, seperti yang kita rasakan.  
  3. Dan yang paling penting upacara bendera memiliki nilai historis perjuangan sejarah bangsa ini lho. Dari dulu awal kemerdekaan bangsa dari penjajah Belanda sampai saat ini bisa memberikan kita kebahagiaan dan ketenangan dalam bergadget ria.
  4. Lalu....ada apalagi di upacara bendera?hal-hal apa saja sih yang ada di upacara bendera?susunan acaranya seperti apa? Tata upacara benderanya bagaimana? Simak terus ya.
TATA UPACARA BENDERA:
Acara PERSIAPAN
1.  Masing-masing pemimpin barisan menyiapkan barisannya
2. Pemimpin upacara mengambil tempat yang telah ditentukan
3. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara

ACARA PENDAHULUAN
4. Laporan masing-masing pemimpin barisan kepada pemimpin upacara bahwa siap untuk mengikuti upacara

ACARA POKOK
5. Pembina upacara tiba di tempat upacara
6. Penghormatan peserta upacara kepada pembina upacara
7. Laporan pemimpin upacara kepada pemimpin upacara
8. Pengibaran sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya
9. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara 
10. Pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara, diikuti oleh peserta upacara
11. Pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
12. Pembacaan janji siswa
13. Amanat pembina upacara, pasukan diistirahatkan
14. Menyanyikan lagu wajib nasional oleh seluruh peserta upacara
15. Pembacaan doa
16. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara selesai
17. Penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara 
18. PembinaTupacara dan staff dewan guru meninggalkan lapangan upacara

ACARA PENUTUP
19. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara
20. Pemimpin upacara meninggalkan tempat upacara
21. Upacara selesai, semua pemimpin barisan membubarkan barisannya masing-masing


Semua khusuk mengikuti upacara bendera
Tuh kan, terbayang tidak? dan pasti masih teringat pada diri kita. Itulah sebabnya kenapa upacara bendera bisa berdurasi sekitar 30-45 menitan bisa lebih tergantung dari isi panjang-pendeknya pidato pembina upacara. Dan lagi setelah dirunut dari isi susunan upacara itu, terlihat bahwa ada waktu dimana kita mengheningkan cipta untuk para pahlawan. 

Menurut saya hal ini bagus, karena tanpa "dipaksa" dengan upacara maka masyarakat Indonesia pasti akan lupa untuk mendoakan mereka yang telah gugur mendahului kita.Dan sebagai bentuk terimakasih atas perjuangan yang telah mereka lakukan yang saat ini kita nikmati. Kemerdekaan dan kebahagiaan yang bisa kita nikmati secara bebas, tenang, damai dan bahagia seperti apa yang kita terima saat ini.

Dan lagi,selama upacara berlangsung kita diminta menyaksikan dengan menghormati pengibaran bendera merah putih yang berlangsung. Bendera yang hasus diperjuangkan keberadaannya. Selama proses pengibaran kita diminta untuk tetap pada posisi tangan menghormati diiringi lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya. Kalo dulu, di sekolah saya ada satu kompi barisan yang dipilih bertugas menyanyikan lagu Indonesia Raya. Biasanya digilir dengan sistem piket ya.

Merinding pasti, mendengarkan lagu kebanggan negara kita dinyanyikan sembari mendampingi pengibaran sang saka merah putih sampai di ujung atas tiang bendera. Jujur..saya yakin kog kalau tidak ada upacara bendera, kita pasti tidak akan iseng menyanyi lagu yang bisa menggetarkan jiwa ini. Berbanggalah masih memiliki rasa nasionalisme terhadap Indonesia tercinta dengan cara sederhana walaupun dengan hal sederhana yaitu mengikuti upacara bendera dengan perasaan senang dan tanpa paksaan.

Bangga menjadi warga negara Indonesia, senang di hari senin dan bangga bisa mendapati moment upacara bendera. Oia satu yang pasti, upacara bendera akan melibatkan seluruh siswa siswi satu sekolah. Nah dengan upacara bendera, udah pasti gebetan atau sasaran pdkt bisa sekaligus kita perhatikan dengan jelas dan seksama karena beda kelas atau beda angkatan hehehe. (Dan saya yakin, kalau yang sedang membaca ini juga pernah pasti merasakan indahnya di jaman itu wakakakaka)

Kalau dulu, saya masih ingat ketika duduk di bangku SD menjadi petugas upacara dengan tugas yang berbeda-beda terkadang menjadi petugas pemimpin barisan, pengibar sang saka merah putih, terkadang juga menjadi petugas pembaca Undang-undang dasar 1945 tanpa pengeras suara, jadi bisa harus terdengar keras dan jelas seantero barisan lapangan hehe. Kalian masih ingat dengan moment upacara bendera? share ya pengalaman apa saja yang bisa dibagikan. Terimakasih dan salam hangat untuk terus menikmati setiap upacara bendera dengan bangga dan rasa senang.


Foto&Sumber : Dok pribadi SDN Keboncandi Kec Gondangwetan Kab Pasuruan Jawa Timur 

1 minggu 1 cerita 



***


Komentar

  1. Wiihh.... aku blogwalking nya random, dan baru blog ini yg support banget upacara di hari senin... *nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak, kalo bukan kita sebagai WNI siapa lagi yang akan memiliki rasa nasionalisme terhadap tanah air yang kaya raya ini hehehe

      Hapus
  2. Baca ini jadi kembali ingat pas zaman SD sering banget jadi petugas pembawa baki bendera. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa pembawa baki bendera biasanya paling disorot dan jadi pusat perhatian deh hehe

      Hapus
  3. sayangnya upacara bendera enggak wajib di sekolah swasta ... aku sulung 6 bersaudara, dan cuma aku yg ngalamin upacara bendera hari senin karena aku sekolahnya selalu negeri + l 5 adikku sekolah fullday school

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk tapi kalo udah g lagi upacara kayak kita sekarng ini yang sudah mak-mak rasanya lihat orang upacara bisa tertib rapi pengen nimbrung aja. Soalnya dulu juga aku upacaranya banyakan nyengirnya hahahahaha. Iyes sekolah swasta lebih fleksible ya mba ketimbang sekolah negri

      Hapus
  4. Ih jadi inget upacara jaman sd smp sma. Hihihihihii. Dulu jaman smp sempet apel pagi tiap hari jam set7. Hueheheheee. Paling seru kalo pengibarnya "gagal" ngibarin benderanya. Salah-salahnya mereka malah jadi hiburan untuk kitaaa. Hihihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha tadinya mau serius hormat sama bendera malah ngakak sendiri sama segenk kali kalo smpai salah ngibarinnya mbak wkwkwkwk

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, untung cuma seminggu sekali dan berhasil terlewati ya mbak wkwkwkwk

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat