Langsung ke konten utama

BAYAR PAJAK KENDARAAN SENDIRI YUK, MUDAH DAN CEPAT


Tanda bukti pembayaran pajak yang baru (selalu cek tanggal berlakunya ya)
Tulisan ini saya buat karena permintaan salah satu rekan yang bingung dan bertanya "Bun, bagaimana sih caranya bayar pajak motor di kantor Samsat itu? mau bayar pajak nih. Tapi bingung gimana caranya". Nah karena beberapa bulan yang lalu saya sudah memiliki pengalaman bayar membayar sendiri di kantor Samsat kota Tangerang. Well punya ide untuk menulisakannya disini, supaya  bisa  bermanfaat juga buat orang lain hehe. Show Time : Memiliki suatu kendaraan saat ini adalah salah satu alat transportasi wajib dan pasti kita miliki untuk aktivitas kehidupan sehari-hari. Dan setiap kendaraan yang kita miliki pasti akan memiliki masa tenggang kewajiban bayar pajaknya hehe. Entah itu kendaraan roda 2 atau roda 4. Setiap kendaraan bermotor pasti dikenakan jumlah pajak untuk setiap unitnya yang jumlahnya berbeda-beda satu sama lainnya.

Setiap kendaraan memiliki waktu untuk jatuh tempo pembayaran pajaknya. Nah, kalo sudah jatuh tempo dan habis masa pajaknya otomatis harus diperpanjang lagi dong. Hal itu merupakan bukti bahwa kita warga bijak karena taat pajak xixixiixi. Sendiri saya mengurus pembayaran pajak motor yang juga atas nama saya sendiri. Sampai depan gerbang langsung disambut petugas yang memberi tahu bahwa persyaratan mengurus perpanjangan stnk yaitu dengan memfoto copy terlebih dahulu KTP a/n pemilik, stnk dan melampirkan stnk asli yang akan diperpanjang. Semua berkas tersebut disusun rapi dan diberi klip kemudian ditaruh di dalam stopmap yang sudah disediakan oleh beberapa tempat Fotocopy yang tersebar di beberapa titik yang menempati kios yang berada di dekat situ dengan harga yang harus kita bayar sebesar 5000 rupiah saja.



Yap selesai sudah fotocopy, urusan selanjutnya adalah kita mulai "berperang" dengan banyaknya orang yang sudah menanti di keramaian para pembayar pajak. Apa saja urutan yang harus kita jalankan supaya bisa merubah STNK yang tanggalnya sudah hampir habis masa aktif pajaknya. Yuk simak urutan pembayarannya ya :
  1. Pertama langsung menuju ke TKP ya, kebetulan di kantor Samsat kota Tangerang ada di lantai 2 jadi saya langsung cuss naik dan ternyata wow pemandangan yang berkesan untuk saya yang pertama kali bayar pajak kendaraan bermotor. Ternyata dan ternyata lantainya sudah penuh manusia wkwkkwkw. Kita ambil nomer antrian dari tangan pak satpam. 
  2. Setelah itu kita menunggu sampai nomer kita dipanggil untuk menyerahkan berkas yang tadi telah kita siapkan dan kita taruh di dalam map yang sudah kita siapkan tadi.
  3. Setelah nomor dipanggil untuk menyerahkan berkas, saatnya kita antri dan pindah ke kursi yang mendekati kasir (loket pembayaran). Jangan khawatir walaupun banyak juga yang antri senasib seperti kita, karena di kantor Samsat Tangerang dipanggilnya adalah 10 nomor urutan sesuai dengan nomor antrian kita masih-masing. Jadi nomor urut saya saat itu adalah 384, maka akan dipanggil dari nomor 374-384 begitu seterusnya. Setelah kita membayar maka nomor urut antrian tadi akan distempel tanda Lunas oleh petugas. 
  4. Setelah kita menuju ke kasir dan melalui proses bayar membayar selesai, maka saatnya menunggu STNK  kita jadi. Tenang pemirsa...tidak sampai 10 menit kita akan dipanggil lagi untuk proses pengambilannya kog. Sama seperti pemanggilan pertama, oleh petugas kita akan dipanggil langsung 10 nomor antrian jadi serba cepat pokoknya. 
  5. Di tahap terkahir ini, Kalo di loket-loket sebelumnya kita dipanggil berdasarkan nomor urut, maka di loket terakhir ini kita dipanggil sesuai dengan nama kepemilikan kendaraannya. Dannnn bagitu nama saya dipanggil dengan keras oleh petugas. "Febrianty Rachma Suryaningtyas" well girangnya pajak baru saya telah terbayar dan sudah leluasa berpetualang dengan motor kesayangan tanpa ada rasa was-was dan resah lagi. ^_^ 
So, tidak ada alasan menunda bayar pajak kendaraan masing-masing ya. Dan jangan sampai lewat tanggalnya hehe. Tips dari saya ketika anda akan membayar pajak adalah : 
  1. Lihat dan ingat selalu kapan jatuh tempo pembayaran kendaraan anda.
  2. Sebaiknya datanglah pada pagi hari, ketika kita niatkan meluangkan waktu dan tenaga untuk membayar pajak kendaraan bermotor yang cuma satu tahun sekali itu.
  3. Jangan lupa membawa KTP asli dan STNK asli kendaraan yang habis masa tenggangnya.
  4. Kertas antrian yang diberikan kepada kita di awal kedatangan jangan sampai hilang, supaya tidak menyulitkan diri kita sendiri hehe mengingat antrian yang lumayan banyak wkwkwk.
Selesai sudah informasi dari saya tentang cara membayar pajak, tetap semangat bayar pajak kendaraan yuk ? Untuk informasi lebih lanjut silahkan langsung ke TKP dengan alamat Jl. Perintis Kemerdekaan No 2 Cikokol Tangerang. Oia kantor Samsat ini buka sampai pukul 16.00 lho. Membayar pajak demi kemajuan dan kenyamanan kita sendiri sebagai warga Indonesia, why not? karena warga bijak taat pajak #asyik..... Jadi, langsung cek masing-masing STNK ya, supaya tidak terlewat dari waktu yang ditentukan. Oia tiap kota bisa berbeda-beda versi ya, tapi saya yakin tidak akan meleset jauh. Salam hangat dari saya, Febri orang yang baru punya sekali pengalaman membayar pajak motor sendiri hehe.
Adapun Urutan fotonya seperti ini ya :
.
Pemandangan pertama kali yang tercipta di pagi hari begitu saya datang
Datang pukul 09:47 dapat nomer antrian sudah nomer 384 wow

Mari antri dengan tertib ^_^
Menuju loket pembayaran begitu nomor antrian dipanggil

Lunas dan distempel oleh petugas pembayarannya

Just Info

Disinilah perjuangan terakhir saya 



Komentar

  1. Bermanfaat. Makasih, Mbak.. 😊
    Www.fitrirestiana.web.id

    BalasHapus
  2. Bermanfaat. Makasih, Mbak.. 😊
    Www.fitrirestiana.web.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak fifi..terimakasih sudh mampir 😊

      Hapus
    2. Sama2 mbak fifi..terimakasih sudh mampir 😊

      Hapus
  3. aku juga dua thn ini ngurus sendiri bayar pajak motor, lebih cepat dan mudah, mmg kelengkapan berkas hrs lengkap dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oia mbak, hehe setuju wanita harus mandiri dan siap dimanapun kapanpun. Salam kenal ya mbak terimakasih sudah meninggalkan jejak

      Hapus
  4. pas banget mbak, pajak motor ku mati...thanks infonyaa :)

    BalasHapus
  5. sama2 mbak, terimaksih sudah mampir

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …