ASYIKNYA BELAJAR NGEBLOG DI PERPUSTAKAAN GANDARIA


tulisanfebri.com
"Feb, ayo kita ke perpust pusat? Nyari bahan data untuk Skripsi nih" ujar salah satu sahabat saya sekitar 10/11 an tahun lalu, ketika mengajak saya pergi berkunjung ke salah satu perpustakaan pusat kampus. 

Karena ada perpustakaan fakultas juga yang sama-sama menjadi fasilitas bagi para mahasiswanya. Sudah lama memang kalau ingat itu saya jadi sedih 😔 Padahal perpustakaan itu gudangnya ilmu lho, banyak banget yang bisa kita gali dari tempat yang sangat positif itu.

Kadang kangen juga jalan-jalan ke perpustakaan, karena saya yakin pasti banyak perpustakaan yang kini berbeda dengan perpustakaan jaman dulu. Perpustakaan yang pastinya akan lebih inovatif dan lebih berkembang dalam segala hal termasuk dari koleksi buku, fasilitas dan modelnya. 

Supaya orang-orang yang berkunjung ke sana bisa betah sebetah-betahnya dalam membaca buku, ataupun beraktivitas lain di dalam perpustakaan umum yang memang disediakan untuk masyarakat luas ini. Dan menjadi ruang publik yang wajib ada di setiap daerah.

tulisanfebri.com
Berfoto Di Halaman Perpustakaan

Seperti inilah yang saya rasakan ketika berkunjung dan menginjakkan kaki di Perpustakaan umum daerah Gandaria yang beralamat di Jl. Gandaria Tengah V no 3 Rt 2 Rw 1. Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada hari Sabtu lalu tanggal 11 Februari 2017 untuk mengikuti acara belajar bareng teman-teman dari KUBBU (Komunitas Buku dan Blogger). 


Komunitas yang didominasi anak muda para pecinta buku dan traveller juga ada blogger berbaur menjadi satu. Komunitas KUBBU ini baru saya kenal, dan ternyata anggotanya sudah puluhan lho jumlahnya 😁. Hehe maafkan, telat tahunya.

Untuk menuju ke tempat ini lumayan gampang dan terjangkau kog. Terlebih bagi saya yang tinggal di Tangerang yang notabene luar Jakarta. Cukup naik KRL dan turun di stasiun terdekatnya yaitu Kebayoran, dan sambung deh dengan naik ojek online dengan tarifnya 1 KM saja, murmer kan hehe. 


Meskipun hari itu turun hujan dengan deras sekali sehingga membuat KRL yang saya naiki mengalami gangguan dan harus menunggu hujan agak reda terlebih dahulu untuk bisa berjalan kembali. 

Hemm sempat dag dig dug, karena hujan tidak juga reda. Kalau tidak niatin untuk mencari ilmu di hari itu, sudah pengen balik saja rasanya mengingat hujannya yang tidak kunjung reda. Well tapi begitu sampai TKP belajar hari itu, huaaa senang rasanya. Apalagi belajarnya di perpustakaan. Tempat yang sudah lama sekali tidak saya pijak 😀.

JELAJAH PERPUSTAKAAN GANDARIA 
Eits, tapi saya yakin tidak hanya saya nih yang udah lama ga main ke perpustakaan wkwkkwk. Hayoo, pada ngaku juga deh kapan terakhir masuk ke perpustakaan umum xixi. Iya sih, sekarang jamannya udah canggih kalau butuh info tinggal nanya si mbah google cukup dari rumah dan tidak perlu keluar deh hehe. 

Tapi sesekali ajak si kecil boleh juga tuh, untuk menambah wawasan mereka akan pentingnya tempat publik dan manfaatnya. Makanya saya setuju banget tuh, makin banyak program sekolah TK atau SD yang melakukan kegiatan outing ke perpustakaan. 
tulisanfebri.com
Fasilitas Perpustakaan Lantai Satu Bagian Dalam, Ada Ruang Aula, Ruang Baca Anak Dan Panggung
Lalu? bagaimana dengan si perpustakaan Gandaria ini? Perpustakaan yang terletak strategis dan mudah untuk dapat dijangkau ini suasananya tenang lho. Berasa adem deh ketika kita masuk kesini. Pohon-pohonnya banyak dan lumayan rindang sehingga membuat suasana makin asri. 

Begitu masuk di pintu pagarnya kita akan disambut oleh taman yang tertata apik di depan pintu masuk perpustakaan. Ada 2 alat sensor yang siap menjadi barang pertama yang menyambut kita. Diresmikan pada tahun 2007 oleh Walikota Jakarta Selatan saat itu H. Syahrul Effendi SH. MM 😎 sudah berumur 10 tahun ya, lumayan lama juga xixi.

tulisanfebri.com
Kawasan Pengunjung Untuk Buku Umum Ya, Letaknya Di Lantai 2
Perpustakaan ini cukup lebar dan bersih ya pemirsa 😊. Ada 2 lantai yang bisa kita jelajah disini. Lantai pertama, adalah lantai yang didominasi oleh nuansa dan koleksi buku anak-anak. Selain ruangan aula dan tempat baca khusus untuk anak, Panggung anak, rak boneka dan permainan untuk anak, juga ada 2 toilet. Satu untuk karyawan (letaknya terpisah ya, dari pengunjung yang lain) yang satu lagi untuk pengunjung yang terletak berdekatan dengan tangga yang lumayan besar.

Dan untuk menuju lantai 2 nya, kita harus naik tangga dan tetep ya bisa foto-foto disini juga kakak xixi. Nah di lantai 2 ini kita bisa melihat ada ruang baca yang ditata dengan berbagai macam desain menarik. 


Ada deratan sofa empuk, ada bale betawi, ada kursi meja berasa duduk di cafe, ada meja yang bisa digunakan beramai-ramai. Atau mau membaca secara privat dan menyendiri juga tersedia lho, tinggal pilih saja sesuai selera kalian 😜.


Well, yang penasaran, kenapa saya bisa betah disini. Akan terjawab dalam gambar-gambar di bawah ini yang juga merupakan fasilitas untuk pengunjung , dari ruangan itu sendiri.
tulisanfebri.com
Tuh, Saya Saja Happy Melihat Fasilitasnya Begini, apalagi Anak-anak xixi
Tuh, keren- keren kan fasilitasnya. Baik yang ada di lantai 1 ataupun lantai 2. masih ditambah lagi sama suasana yang tenang dan hening cocok untuk membaca buku. Selain bisa baca buku, bisa juga internetan gratis, bisa sholat di musholla yang nyaman, ehh masih ditambah bisa foto di tempat yang instagramable xixi di ruangan ber AC pula.  

Oia dalam sehari, perpustakaan ini dikunjungi sekitar 50 orang lho dan tentunya didominasi oleh pelajar dong yang ingin membaca. Puncak pengunjung terbanyaknya ya, kalau ada event-event kunjungan seperti hari itu, dimana saya dan teman-teman komunitas KUBBU belajar bareng. 

tulisanfebri.com
Penampakan Perpustakaan Lantai Satu, Dan Saya Terpana Dengan Quote Yang Tertempel Di Salah Satu Sudut Dindingnya
Cara menjadi membernya pun mudah dan serba gratis pula 😍 cukup mengisi slip formulir pendaftaran, bawa KTP asli dan fotokopinya. Kalau sudah.. boleh bebas deh meminjam 2 buku saja ya maksimal untuk durasi waktunya 2 minggu. 

Tapi khusus hanya warga Jakarta saja ya, seperti saya warga Tengerang hanya bisa baca dan berkunjung disitu tapi tidak bisa bawa pulang bukunya untuk dipinjam ya. Oia jangan lupa ya, menyimpan tas kita pada loker-loker yang telah disediakan untuk pengunjung.

Dan kalau kalian mau berkunjung kesini membawa rombongan atau ingin meminjam ruang aula nya untuk acara meeting atau workshop pun bisa banget. Caranya tinggal kirim surat permohonan kunjungan atau surat permohonan peminjaman aula. Kemudian ditujukan kepada kepala kantor perpustakaan dan tunggu proses jawaban kurang lebih selama 3 hari ya.
tulisanfebri.com
Kalau Ini Penampakan Lantai 2 Ada Musholla, Rak Buku Umum dan Ruang Baca Yang Didesain Secara Apik
Ada 30 orang total pegawai termasuk THL (Tenaga Harian Lepas) yang disiagakan di perpustakaan Gandaria ini dibawah kepemimpinan Bp Drs. Ajeng Pinem MPKP. Jadi, kalau ingin mampir juga kesini jangan khawatir ya dengan jam bukanya, sekalipun hari libur. Dengan jam buka dimulai dari pukul 08.00 - 16.30 WIB setiap harinya. Lumayan lama kan ya, bisa milih-milih buku mana yang mau dibaca-baca dan dipinjam untuk dibawa pulang 😊.

NGEBLOG ASYIK DENGAN KONTEN BLOG MENARIK
Kalau tempatnya udah oke begini, sayang dong kalau dilewatkan begitu saja, tentunya saya pasti narsis di sana sini di setiap sudutnya hehe. Dan bersiap ikutan bincang-bincang dengan narasumber di hari itu yaitu teteh Ani Berta yang merupakan sosok perempuan berprestasi di bidang tulis menulis. (Saya bisanya cuma mupeng hikshiks). 

Hingga hasil karya menulisnyalah yang menghantarkan beliau menjadi seorang content writer di Australian Aid dan seorang content writer di KPPA (Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak). Karir diawali dari pertama kali ngeblog di tahun 2008, kemudian serius menggeluti blognya di tahun 2010. 


tulisanfebri.com
Teteh Ani Berta Narasumber Acara, Didampingi Oleh Admin KUBBU
Karena sebenarnya, menjadi seorang blogger adalah suatu passion yang jika digeluti secara serius akan menghasilkan suatu keuntungan bagi kita. Entah itu dari segi financial, selain itu dari segi bertambahnya pertemanan dan jaringan yang menunjang keseharian kita sebagai seorang blogger. 

Menurut teh Ani "banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang blogger yaitu menjadi seorang blog review, content writer, editor, menjadi seorang buzzer, sebagai event organizer ataupun sebagai guru di sekolah yang mengajarkan asyiknya dunia tulis menulis" Tuh kan, blogger bisa eksis juga ternyata. Makanya akhir-akhir ini banyak yang menjadikan blogger sebagai profesi untuk dirinya. Karena akun sosmednya pun bisa mendatangkan isi tabungan 😁.



Nah, bagaimana caranya membuat konten blog supaya menarik dan diminati oleh pembaca? Lalu bagaimana kita memanfaatkan sosial media dalam mengembangkan diri sebagai seorang blogger? Berikut rangkuman tips atau cara menghasilkan bagaimana menghasilkan konten blog yang menarik untuk pembaca.




Nah, sudah dibaca kan slide di atas (ssttt ngomong-ngomong ini baru ke 2 kalinya saya belajar 😀 google slide, saking pengen prakteknya ilmu di acara ini yaitu point yang menjelaskan bahwa tampilan di blog bisa ditambahkan dengan infografis selain foto dan juga video) supaya konten blog kita semakin menarik untuk dibaca. 


Slide diatas, berisikan rangkuman ilmu yang saya dapatkan di acara ini berkaitan dengan membuat artikel untuk blog yang menarik dibaca sehingga pembaca akan betah dan akan selalu kangen dengan artikel terbaru yang ada di blog kita. Tentunya harus dengan ide-ide yang selalu segar dan menarik untuk dibaca ya, jangan khawatir dalam menentukan ide tulisan, karena sebenarnya ide itu bisa datang dari mana saja dan kapan saja yang ada di depan mata 😅.


Selamat mencoba dan menghasilkan artikel yang baik guys. Nah setelah kita selesai belajar, saatnya mengumumkan pembagian hadiah kepada para peserta dari KUBBU yang menjadi pemenang live IG di hari itu. Dan ini dia para pemenangnya. Taraaa wajah-wajah bahagia siang itu.


tulisanfebri.com
Para Pemenang Live IG dari Komunitas KUBBU
Kesimpulan belajar saya di hari itu adalah :
  1. Senang mendapat ilmu di dunia ngeblog yang pastinya akan bermanfaat untuk saya dalam memperbaiki konten blog dari teh Ani sebagai narasumber acara.
  2. Senang juga bisa bertemu teman-teman baru dari komunitas baru. 
  3. Senang karena bisa belajar di perpustakaan, suatu tempat umum  yang sudah lama sekali tidak saya kunjungi lagi selepas  saya lulus dari bangku perkuliahan.
tulisanfebri.com
Antusiasnya Peserta Di Acara Yang Sarat Ilmu Untuk Kami Para Blogger
Yuk ahh, ikutan main juga ke perpustakaan 😉 yang bisa juga dijadikan pilihan lho dalam refernsi hangout bareng teman. Serunya rame-rame dapat dan ilmunya juga dong. Karena banyak buku yang bisa kita baca atau kita pinjam untuk dibawa pulang (Note: untuk perpustakaan Gandaria ini, hanya untuk kalian yang ada di area Jakarta ya)

Apalagi aulanya bisa digunakan untuk belajar bareng, seperti saya kemaren yang belajar ngeblog bersama teman-teman dari KUBBU. Makin asyik deh, nambah ilmu dan nambah teman. 


See U, semoga cara menciptakan konten blog menarik diatas bermanfaat ya 😃. Jangan lupa dipraktekkan ya, supaya kualitas konten blog kita semakin baik dan lebih baik dari sebelumnya. Bagaimana? tertarik kan untuk mencoba? Selamat brekreasi kawan, salam

tulisanfebri.com



 

Komentar

Oline mengatakan…
Wahh aku blm pernah tuh ngeblog di perpus .. kayaknya seru.. jd pengalaman baru ya.
Febrianty mengatakan…
Hehe iya kak, sekalian main sama si kecil juga bisa lho
Tira Soekardi mengatakan…
asyiknya perpustakaannya bagus, kalau dicrb kayak kuburan, sepid an kesannay kumuh
agugus.com mengatakan…
dikota besar enak ya belajar ngeblognya asyik, kumpul gathering, perpustakaannya bagus, kalau saya didesa belajar ngeblognya dari google doang ga pernah ikut kumpul he....
Febrianty mengatakan…
Wah ikut sedih bun, semoga di Cirebon segera diperbaiki ya fasilitas umumnya terlebih lagi untuk tempat membaca buku yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar
Febrianty mengatakan…
Hehe nah saatnya bikin kumpulan blogger tuh, supaya belajar ngeblognya bisa lebih variatif dan nambah teman pastinya
Andik Taufiq mengatakan…
Joss.. kunjungan pertama di blog ini. Salam kenal.
Febrianty mengatakan…
Iyap, salam kenal balik juga. Terimakasih sudah berkunjung, dan salam buat si kecil
Mporatne mengatakan…
Sudah berubah perpustakan, bikin betah di perpustakan.
Ria Bilqis mengatakan…
Seru ya acaranya, ngeblog sekalian bisa baca-baca di perpustakaan.
Windhu mengatakan…
Perpustakaan sarana bagus buat tambah ilmu sekaligus cari data pelengkap buat tulisan blog.
Azzura Lhi mengatakan…
Aduh.. Saya termasuk yang udah lama gak ke perpustakaan.
Btw itu perpustakaannya kyanya nyaman banget yak? Pasti betah berlama-lama di sana.
Feriyana Sari mengatakan…
Perpus sekarang emang udah nyaman banget.gak khawatir bawa anak,karna ada banyak mainannya. Saya pernah tuh ke perpus tapi yg di jakbar.
evrinasp mengatakan…
itu ada yang ala-ala cinta dan rangga *eh, aku seringnya membuat konten hardselling banget, soalnya takut ada pembaca yang kecele kalo aku buat soft
ria buchari mengatakan…
seru banget perpusnya..boleh tuh kpn2 barengan kesana psti seru tp gak pake berisik ya hehe
CatatanRia mengatakan…
saya udah lupa kapan ya terakhir kali ke perpus umum kayaknya udah puluhan taun deh, terakhir kayaknya masih berseragam putih abu2 hehe
Febrianty mengatakan…
Iya berubah lebih rapi bersih dan apik ya bikin betah jadinya
Febrianty mengatakan…
Iya mbak hehe, belajar ngeblog dimanapun dan kapanpun wkwk
Febrianty mengatakan…
Iya bener mbak, Perpustakaan memang gudangnya ilmu
Febrianty mengatakan…
Iya, perpustakaannya besar dan adem pula bikin betah deh
Febrianty mengatakan…
Wewh perpus Jakbar sama dong ya tampilannya dengan peprust Jaksel. Secara kan sama-sama perpusda DKI xixi bawa anak aman dan nyaman dong pastinya
Febrianty mengatakan…
Iya mbak setuju, saya juga terbiasa bikin hard selling biar langsung tepat sasaran dan bikin orang ga kecele itu bener banget xixi
Febrianty mengatakan…
Hahahaha bareng-barengnya oke tapi berisiknya ini yang entah bisa ditahan apa nggak. Eits kalau berisik di perpust awas dilempar bulpen lho wkwkkw
Febrianty mengatakan…
Wah, sudah lama banget dong ya mbak hehehe. Cepat sekali ya waktu berlalu
Serba Ter mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Nita Lana Faera mengatakan…
Wuihhh ini keren banget perpusnya. Dulu biasa ke PerPusNas karena paling lengkap, walau kudu cari buku ke lantai sekian yg tinggi2 amat, haha...
Febrianty mengatakan…
Salam kenal kembali blog kece serba ter yang postingannya unik dan langka xixi
Febrianty mengatakan…
haha pengalaman dong ya, sampai naik pe perpust yang tinggi
Tasya mengatakan…
Kak mau nanya, kan untuk jadi member kita disuruh bawa ktp dan fotocopy, kalau yang tidak punya ktp ktau dibawa 17 gmn kak? Terimah kasih
Tasya mengatakan…
Maaf kak mau nanya, kan untuk jadi member harus bawa ktp dan fotocopy annya, kalau gk punya ktp atau dibawah 17 gmn kak?, Terimah kasih
Febrianty mengatakan…
Coba langsung hubungi kontak perpustakaannya ya, mungkin bisa dibantu dengan kartu pelajar yang masih berlaku ^-^