Langsung ke konten utama

ENAM ALASAN SELALU KANGEN KOTA MALANG


tulisanfebri.com
Kawasan Tugu,  Salah Satu Ikon Kota Malang (Sumber : wongcrewchild)
Saya bangga lahir di kota Malang, bangga Malang punya klub sepakbola Arema juga xixi. Siapa sih yang tidak kenal dengan kota ini. Kota yang berada di dataran tinggi dan merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah ibukota propinsinya Surabaya. Kota yang kini menjadi tujuan para pelajar dan mahasiswa dari kota-kota kecil di seputaran Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Madura, Bali bahkan Papua.

Hemm sampai sebegitunya ya, mereka ngebelain jauh-jauh belajar di kota Malang. Ada apanya sih? Bahkan saya masih ingat lho, ketika masih berstatus sebagai mahasiswi di Universitas Brawijaya Malang. Universitas negeri yang banyak diincar oleh banyak pelajar untuk menjembatani cita-citanya.

Sebagai aremania (Arek Malang) saya merasa bersyukur bisa dilahirkan di kota yang progressive ini, kota yang sekarang menjadi kampung halaman untuk tujuan mudik setahun sekali. Jadi ingat pertanyaan mas Gavino di setiap memasuki bulan ramadhan selalu bertanya. "Bunda...kapan kita mudik ke rumah Yangti (Malang)” atau pertanyaan si kecil Jovano seperti ini “Bunda...berapa hari lagi kita pulang kampungnya?”

Ahh tidak hanya saya saja ternyata, anak-anak pun ketagihan sama kota Malang tempat kampung halaman emaknya xixi. 'Kampung' halaman yang sebenarnya bukan kampung 😃. Karena saya tinggal di kota lho. 

Banyak keseruan yang membuat saya dan keluarga kecil Imam Nurhadi, selalu merindukan kota Malang. Tidak hanya saya, mungkin mantan pelajar dan mahasiswa atau siapapun orang yang pernah menginjakkan kaki di Malang juga akan merasakan hal yang sama pastinya.

HAL YANG SERU DAN BIKIN KANGEN SAMA KOTA MALANG

1. Keluarga Besar
Mungkin inilah alasan pertama bagi saya untuk selalu kangen sama keseruan kampung halaman kota Malang. Karena ada orangtua, kakak, nenek, pakdhe, paman dan keluarga suami yang tinggal di kabupaten Pasuruan yang tidak jauh dari kota Malang. Kangen canda tawa dengan merekalah yang membuat saya tidak akan bisa melupakan kota Malang.

Selain itu kumpul-kumpul dengan teman sekolah atau teman bermain dulu, juga membuat saya kangen lho seseruan sama mereka. Hal ini karena saya lahir, belajar di tingkat SD, SMP, SMA hingga kuliah pun masih setia dengan kota Malang ini
😀. Apalagi sekarang saya tinggal di luar kota, sehingga ketika reuni alumni sekolah, berasa bak seleb yang ditanya sana sini #eeeeaaaa. (Padahal itu karena kesempatan bertemunya yang sangat jarang haha)
tulisanfebri.com
Ini Rekan Semasa SMP Saya, Reuni Pertama Setelah 18 Tahun Lulus haha

2. Makanan
Jelas, yang terbayang di dalam benak saya ketika akan mudik ke kampung halaman adalah makanan khasnya kota Malang. Apa coba tebak hayoo? 😍 yapp kamu benar, BAKSO malang. Bakso yang sudah melegenda, ngehits banget dan wajib disantap oleh para seleb yang singgah di kota ini. Karena rasanya tetap akan berbeda ketimbang bakso dari daerah lainnya. 

Banyak  varian isinya sehingga kita bisa pilih sesuai selera.Ada goreng bulat, mekar, panjang. Terus ada bakso halus, bakso kasar, mau polos atau isi juga ada. Masih ada juga tahu putih, tahu coklat. Siomay, Mie bihun atau mie kuning, juga lontong. Nah loo..bingung makannya kan 😵 masih ditambah sayur cesin dan kol yang diiris tipis (berdasarkan selera saja), untuk sayuran yang dicampurkannya.
tulisanfebri.com
Makanan Andalan Kota Malang (Sumber : malangcity.com)

Selain itu, ada banyak makanan populer juga yang dilahirkan dari kampung halamanku ini. Selain bakso Malang ada bakso bakar,  tahu campur, rujak cingur, mie pangsit, tempe menjes favorit, tempe kacang, nasi pecel, nasi empok atau nasi jagung, kupang, es dawet, kripik tempe, minuman sari apel, kripik buah dalam aneka rasa (cocok untuk oleh-oleh) dll. Sayur-sayuran yang harganya masih murah namun enak lagi 😝 (#emakirit). Membeli masakan  matang pun  harganya bisa jauh lebih murah ketimbang masakan matang di kota domisili saya sekarang Tangerang.

Oia, kalau lagi main ke kota Malang dan ingin membeli oleh-oleh datang saja ke daerah Sanan, semua orang juga tahu kog kalau kita tanya dimana letak pastinya. Di daerah Sanan adalah pusat oleh-oleh makanan dan minuman khas kota Malang. Mau cari apa saja, disini tersedia tinggal pilih sesuai selera saja. Setiap lebaran, pasti saya menyempatkan kesini deh, untuk berburu oleh-oleh. Dan jangan heran, kalau daerah sini selalu ramai pengunjung. Karena di sepanjang jalan banyak berjejer toko yang menjual makanan dan minuman khas kota Malang.
tulisanfebri.com
Salah Satu Toko Pusat Oleh-Oleh (Sumber: hubpages.com)

3. Tujuan Wisata
Dulu ketika saya masih menjadi warga Malang, tempat rekreasi masih terbatas dan hanya itu-itu saja. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya lifestyle masyarakat Malang, maka sudah banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi dalam menghabiskan waktu bersama keluarga.
tulisanfebri.com
Ini Juga Ikon Kota Malang Lainnya, Murah Meriah (Sumber :malangkota.go.id)
Seperti kampung warna warni 3D Jodipan, Taman Slamet, Alun-alun, Kawasan bundaran tugu, Jalan Ijen, Pasar minggu pagi, Pasar Burung, Brawijaya Edu Park,  Taman rekreasi Tlogomas, Hawaii waterpark, Museum Malang Tempo Doeloe, Museum Brawijaya, Masjid agung Jami', Taman Rekreasi Kota, Hutan Malabar dll. 

Wah itu masih belum semua ya, daftar tempat wisata yang ada di kota Malang. Belum tempat wisata lainnya yang ada di sekitaran kota Malang. Seperti daerah Batu, Lawang, Pujon, Kepanjen dll. Intinya adalah, berwisata disini tidak akan menyesal deh, tinggal kitanya saja menyesuaikan budget dengan kebutuhan batin. Mau pilih sensasi alam atau hanya sekedar jalan-jalan biasa bersama keluarga? semua  ada #eeeaaa.
tulisanfebri.com
Kalau Ini Jalan Ijen, Rapi Kan wkwkkw (Sumber :malangonline.com)

4. Suasana
Akan selalu kangen juga dengan suasana kota Malang yang memberikan kehangatan tersediri. Harga makanan murah dan terjangkau, warga penduduknya yang ramah, suasana kekerabatan warga yang tinggi, tepo seliro yang patut dicontoh. 

Keseharian yang erat dalam budaya Jawa Timur, lingkungan dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Bahasa khas Malang yang khas, dengan bahasa kiwalannya (Walikan, Baca : bahasa yang dibalik). Meskipun sekarang kampung halaman saya ini mulai padat dan sering macet. Namun, saya tetap kangen dan akan selalu kangen dengan kota Malang. Apalagi makin kesini, kampung halaman saya ini semakin berbenah dengan kebersihannya dan kerapian tatanan kotanya.

5. Hawa   
Hawanya memang relatif dingin dan sejuk disini, saya melihat sangat jarang dan mungkin bisa dihitung dengan jari ya rumah yang menggunakan AC untuk menemani penghuninya tidur. Apalagi ketika hujan turun, jangankan hujan turun deras, baru masih turun gerimis saja saya sudah merasakan hawa dingin di sini. 

Kalau begini, saya pasti butuh kekuatan yang besar untuk mandi sore
😰. Udaranya pun saat ini masih terbilang cukup bersih lho, meskipun sudah banyak terpapar asap knalpot kendaraan yang jumlahnya semakin bertambah. Karena masih banyak pepohonan hijau besar yang tumbuh rapi di sepanjang jalannya.

6. Transportasi

Di kampung halaman saya ini, transportasinya cukup mudah ya. Ada angkutan umum yang berwarna biru untuk semua rute yang menjangkau area kota Malang. Bahkan untuk daerah yang nyempil sekalipun, tetap ada lho rutenya, keren kan 😜 (#banggasamamalang). Dan tanda nya pun memakai huruf yang merupakan singkatan dari antar terminal/daerah yang dilaluinya, sehingga memudahkan pendatang baru untuk cepat mengenalinya.
tulisanfebri.com
Barisan Si Biru Yang Siap Mengantar Kita Kepelosok Kota (Sumber: google)
Dan untuk angkutan umum berwarna selain biru, menandakan angkot tersebut akan menghubungkan kota Malang dengan Kabupaten Malang. Ada warna hijau untuk Malang-Lawang. Ada warna putih untuk Malang-Tumpang. Angkot merah untuk Karangploso-Arjosari. Hemm warna apalagi ya 😊 lupa saking lamanya udah ga pernah naik angkot kalo pulang ke sini. Meskipun sudah banyak juga kenangan saya bersama si biru ini hiks hiks. Si biru yang mengantarkan kemanapun saat saya masih duduk di bangku SD sampai menjadi Mahasiswi.

Udahan ahh, ngomongin kota Malang tempat yang kini menjadi kampung halaman tercinta untuk tujuan mudik bagi saya sekeluarga, dan ke 3 saudara kandung lainnya yang saat ini juga berada di luar kota. Kami sama-sama kangen dan penuh harap selalu bisa bertemu dengan Ibu Bapak yang menikmati masa-masa happy nya di salah satu sudut kampung halaman saya itu. 

tulisanfebri.com
 Stasiun Kota Malang Mulai Ngehits Juga (Sumber :machmudjunus.wordpress.com)
Tidak jarang, adanya chat di grup WA teman alumni SMP atau SMA di Malang membuat saya baper dengan makanan dan suasananya yang sedang dipamerkan. Bahkan teman-teman di grup alumni SMA sengaja menshare gambar makanan khas Malang untuk menggoda saya dengan captionnya begini "Maaf ya Feb, bukan bermaksud bikin kamu baper 😩" huaaaa sebel deh kalo sudah begitu.

Malang...meskipun namamu menyedihkan, semoga hanyalah kebahagiaan dan keseruan yang selalu kamu tularkan kepada penghunimu. Jadilah kampung halaman yang tetap menyenangkan dan membuat kesan tersendiri bagi penikmatmu meski hanya sesaat. Tetap jadilah, kota Malang yang ada di hati, meski kini tak dekat di mata. Pembangunanmu yang begitu pesat, janganlah menghalangimu untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Malang. Selamat menikmati kota Malang guys, kampung halaman saya tercinta dan selalu bikin kangen setiap orang 😉 Kalau sudah jangan lupa tulis di blog juga ya xixi salam satu jiwa (FR)
 
#1minggu1cerita
















Komentar

  1. Aku janji ama suami, bawa doi ke Malang satu hari nanti ..ya karena kota ini emang juara..makanannya, hawanya.semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya banget setuju deh, Malang juara segalanya (tetep bangganya ga ilang-ilang ahaiii). Iya semoga bisa dikabulkan ya mbak bawa suami ke sini pasti betah deh bulan madu lagi wkwkwkwk

      Hapus
  2. wah itulah sebabnya aku mau kembali ke malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silahkan ditunggu lho sama Malang nya xixi ngangenin emang xixi

      Hapus
  3. jadi pengen ke malang :D penasaran sama makanan dan wisata disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya main main dong mbak ngicipin Malang ahahaha dijamin orangnya welcome2 semua kayak aku wkwkwkw

      Hapus
  4. Makanan dan theme park nya selalu membuat saya kangen Malang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu Malang emang ngangenin ya mbak, dan akan selalu saja ada alasan datng ke Malang

      Hapus
  5. Waaahhh mbaknya orang Malang ya? Hihihi *toss. Salam kenal Mbak. Ini di Malang lagi hujan deras, konsisten pagi-malam, hawanya tidur-able dan males mandi-able banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha sesama kera ngalam, cocok banget deh sama hawanya yang bikin mager apalagi kalau hujan terus huaaa. Salam kenal ya mbak, akan selalu kangen sama Malang hikshiks

      Hapus
  6. tahun 2011 aku ke Malang hawanya n makanannya emang juara pengen si kesana lagi semoga bisa ajak suami n anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sudah 6 tahunan yang lalu dong mbak, masih ingat dong pastinya sama suasana Malang xixi, aamiin semoga nameera dan ayah bundanya bisa liburan ke Malang ya

      Hapus
  7. Belum banyak wisata kuliner ke Malang. Tapi baksonya selalu bikin kangen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak, bener banget baksonya Malang itu ga bisa tergantikan rasanya meskipun kita cuma beli di gerobak yang lewat ahahahaha

      Hapus
  8. Kota Malang indah, semoga suatu hari nanti bisa ke Malang, baksonya bikin galfok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin indah kan kotaku hahaha(tetep bangganya gak ilang-ilang wkwkkwkwk)baksonya janga dilihat mbak ketimbang pengen terbang kesana

      Hapus
  9. Duh Mba. Saya aja yang baru sekali ke sana bawaannya pengen balik lagi dan lagi. Karena banyak tempat kece yang menarik untuk dikunjungi.
    Dan saya baru tau kalau Mba orang Malang asli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah pernah mampir to ternyata, yess emang kota Malang unik dan selalu bikin kangen pelancongnya hahahaha semoga bisa mampir lagi ya mbak, salam dari arek Malang xixi

      Hapus
  10. Dija juga suka ke malang !!!
    makan bakso bakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat makan bakso sayang, biar cepat gedhe dan tambah pinter ya

      Hapus
  11. malang adalah salah satu kota yang gak pernah boseni, selalu menarik dan merindukan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap betul dan sepakat sekali hihi. Malang memang tiada duanya.

      Hapus
  12. aku ngutang jalan2 ke Malang sama temen, menurut cerita kebun binatangnya di Malang apikk banget ya Feb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixi di Malang secara spesifik ga ada kebun binatang seperti pada umunya mbak, hanya mungkin semacam park yang ada hewan-hewan yang dilindungi kali ya, tapi jumlahnya tidak sebanyak seperti kebun binatang xixi

      Hapus
  13. Malang itu yang ngetop untuk yang bukan orang Malang... daerahnya sejuk dan ada Museum Angkut, haha... Oh iya, baso Malang juga yang enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahah tetep ya, makanan yang diincar oleh spesialis food blogger satu ini wkwkkwkwk..iyes sejuknya juga bikin kangen nih

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…