Platinum Kids Olympics, Persembahan Morinaga Untuk Anak Alergi Meraih Prestasi (Bagian 2)

Platinum Kids Olympics dan Prestasi Anak Yang Alergi 
Yuhuuu, melanjutkan pembahasan selanjutnya tentang Platinum Kids Olympics yang sengaja diadakan setiap tahunnya untuk membangkitkan sportifitas si kecil di usia 5-10 tahun. 

Dimana hal ini bertujuan untuk mengasah kecerdasan multitalenta (Brain Care), memberikan pertahanan tubuh ganda (Body Defense) mendukung tumbuh jembang optimal (Body Growth). Apa saja sih itu? dan apa hubungannya dengan Platinum Kids Olympics. Yukk ahhh duduk manis mendengarkan pakarnya. 



Setelah sebelumnya (di bagian1) menyimak seluk beluk tentang alergi pada anak dari dr Zaki, sekarang saatnya pakar psikologi kenamaan yang berbicara. Dan pastinya sudah tidak diragukan lagi dong dengan keilmuannya. Apalagi beliau dalam kesehariannya juga menjadi dosen di fakultas Psikologi UI dan sudah banyak malang melintang menangani langsung kecerdasan pada anak. Beliau adalah Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku psikolog dan Konsultan Multiple Intelligence. 

Menurut wanita yang akrab disapa bunda Rose ini mengungkapkan bahwa "semakin majunya perkembangan informasi dan penanganan, kecerdasan tidak hanya mencakup 1 dimensi saja" Ada beberapa pembagian kecerdasan majemuk yang dibentuk ke dalam Multiple Intelligence.


Dalam konsep multiple intelegence, indikator kecerdasan tidak hanya terdiri dari 1 aspek saja, melainkan mencakup banyak bidang dalam kehidupan. Ada 8 bidang kemajemukan yang telah dibagi oleh Dr. Howard Gardner. Diantaranya sebagai berikut :


Nah, dari setiap anak, memiliki kecerdasan yang pastinya berbeda-beda ya. Hal itu diakibatkan karena adanya faktor yang melatarbelakangi nya. Seperti apa itu? yukk simak terus penjelasan dari bunda Rose yang mengatakan bahwa Aspek yang menunjang kecerdasan anak ada 2 yaitu :
  1. Nature yaitu faktor kecerdasan pemberian dari Tuhan yang sulit untuk diubah. Seperti : intelektual, usia, kondisi, fisik dsb.
  2. Nuture yaitu faktor yang merupakan pengaruh / bentukan dari lingkungan. Seperti : Stimulasi ortu dan guru, gizi/ nutrisi juga bisa merupakan motivasi dari ortu dan guru lingkungan rumah, sekolah dsb
Sementara itu, ada beberapa sikap yang kerap ditampilkan ortu pada anaknya yang alergi seperti : Lebih dari 60% ortu dari anak alergi cenderung menunjukkan sikap otoriter dan terlalu membatasi anak. Pada anak yang alergi stimulasi jadi terbatas, sehingga potensi anak menjadi kurang teraktualisasi secara optimal. 

Lalu, dampak apa sajakah yang kerap muncul pada anak yang terkena alergi? berikut tambahan dari Bunda Rose, yaitu :
  1. Aktivitas bermain dan belajar terganggu
  2. Kualitas tidur menurun 
  3. Konsentrasi belajar terganggu 
  4. Mood anak jadi menurun 
  5. Prestasi belajar jadi terhambat
So, jangan bersedih hati ya untuk menangani anak kita yang terkena dampak alergi. Karena masih banyak kog cara atau langkah mudah yang bisa kita ambil sebagai orangtua dan pastinya bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti :
  1. Sesuaikan pola pengasuhan yang tepat untuk anak
  2. Sesuaikan bentuk stimulasi yang tepat, seperti : aktivitas bermain
  3. Bermain yang tepat untuk anak yang mengalami alergi seperti mengikuti kegiatan Platinum Kids Olympics
Oia, menurut bunda Rose ketika anak kita yang sedang terkena alergi bermain dan beraktivitas dalam arena permainan yang ada di Platinum Kids Olympics. Maka banyak hal positif yang bisa didapatkan lho seperti:
  1. Permainan jaring laba-laba, mampu melatih kecerdasan kinestetik, interpersonal, logika, intrapersonal dan moral
  2. Permainan rintangan ban mampu melatih kecerdasan kinestetik, visual, spasial, intrapersonal dan moral
  3. Permainan balok keseimbangan, mampu melatih kecerdasan kinestik, intrapersonal dan moral
  4. Permainan merangkak dan memanjat tali, melatih kecerdasan kinestetik, intrapersonal dan moral. 
Dan sebelum menutup bincang pagi itu, bunda Rose menyebutkan kegunaan dari ke 4 permainan yang ada di Platinum Kids Olympics yaitu Menstimulasi kecerdasan majemuk pada anak baik secara fisik, sosial, emosi, kemampuan berpikir, menumbuhkan jiwa kompetisi dalam suatu pertandingan.


Wahh banyak juga ya ilmu yang saya dapatkan di acara ini. Belajar tentang alergi pada anak, belajar juga tentang kecerdasan yang ada pada anak meskipun anak itu memiliki alergi. Ilmu nya dapat banget deh. Eits, belum selesai sampai disini ternyata. Berikutnya ada artis cantik yang sekaligus didapuk menjadi brand ambassador Morinaga Specialties Astrid Tiar.

Gadis cantik 30 tahun yang telah membintangi film, bintang iklan, model sekaligus presenter ini adalah ibu dari Annabel putri pertamanya yang memiliki riwayat alergi pada susu. Astrid mengatakan bahwa "Dalam mengasuh Anabel yang alergi terhadap susu sapi, banyak menimbulkan kebingungan tersendiri baginya dan suami. Karena biar bagaimanapun 1000 hari pertama anak sangat membutuhkan asupan nutrisi dalam kandungan susu untuk tumbuh membantu tumbuh kembangnya" Hal, ini sempat membuatnya resah dan berusaha mencari solusi kesana kemari. 


Namun, perkenalannya dengan Morinaga lewat internet untuk pertama kalinya membuat dia mendapat banyak sekali wawasan tentang nutrisi dan penanganan alergi. Maka si cantik yang ogah memanjakan putrinya ini berharap kepada semua ortu di luar sana untuk tetap memberikan dukungan kepada si kecil yang juga terkena alergi supaya tetap berprestasi dan alerginya sama sekali bukan menjadi penghambat tumbuh kembang optimal si kecil. Bahkan sekarang Astrid pun memasukkan Annabel pada kelas balet untuk melatih fisik dan mensupport tumbuh kembang putri 4 tahunnya itu.

Well bener-bener menginpirasi deh, denger cerita artis cantik yang ramah banget dan pernah tinggal di negri ratu Elizabeth ini. Sabar juga lho doi menghadapi Annabel, bahkan annabel pun sangat menikmati permainan yang ada di Platinum Kids Olympics di pagi harinya sampai berkali-kali. 

Dan untuk menutup pertemuan di siang hari itu, saya teringat sharing dari ibu Dewi Angraeni selaku Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals. Dimana beliau memaparkan sedikit tentang perkenalan kepada khalayak ramai perihal dijadikannya Astrid Tiar dan Annabel sebagai Brand Ambassador untuk Morinaga Specialities. 

Beliau juga berharap, kesadaran mengenai pemahaman akan alergi terhadap si kecil bisa lebih terdengar lagi. Sehingga Morinaga secara tidak langsung diharapkan dapat mengedukasi para bunda di luar supaya anak #AlergiTetapBerprestasi 

Yukk ahh jaga dan tetap semangati anak-anak kita yang terkena alergi. Karena pada dasarnya alergi itu tetap dapat diatasi dengan adanya pemahaman dan edukasi tentang pencegahan alergi dan solusinya. Apalagi sekarang ada varian dari Morinaga Allergy Total Solution yang terdiri dari 3 keunggulan yang siap menemani tumbuh kembang buah hati kita. 



Inovasi kandungan MoriCare+Prodiges pada produk Morinaga Allergy Total Solution yang satu-satunya mengandung probiotik yang baik dengan manfaat membantu menurunkan timbulnya gejala alergi dan membantu penyerapan di saluran pencernaan yang sehat. Karena jika pencernaannya sehat, maka akan memudahkan si kecil menyerap kandungan-kandungan nutrisi, untuk mendukung daya tahan tubuhnya yang menjadikan tumbuh kembangnya bisa optimal. 



Untuk lebih jelasnya silahkan kepoin akunnya disini ya. Dan setelah mengikuti serangkaian bincang santai ini, pemahaman saya terhadap susahnya menjaga dan menemani tumbuh kembang anak yang mengalami alergi ternyata musnah sudah. Karena sejatinya anak-anak alergi bukanlah anak yang rewel atau susah dengan ga bisa ini itu nya atau ga boleh begini begitunya, namun justru anak alergi adalah anak yang unik dan pastinya kita sebagai orangtua harus menjadikan #AlergiTetapBerprestasi.


*Sumber gambar dan referensi : dokumen pribadi dan web www.cekalergi.com





Komentar

  1. Itu 8 bagian kecerdasan sudah diterapkan ke murid2 ade dulu dr tahun 2009. Memang bagus sih buat tau apa bakat anaknkedepan nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener mbak tahu bakat dari awal ya

      Hapus
  2. Aku ikutan grup parenting, isinya banyak orang2 yg peduli dengan kemampuan majemuk anak. Terutama anak2 di keluarga yang ortunya sering berantem juga berkata dan bertindak kasar. Ngenes banget kalo liat anak2 dibentak, dipukul. Banyak ortu keknya enggak paham tentang syaraf2 penting di otak anak-anak. Efeknya jangka panjang cuma karena satu kali bentakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, samaan kita suka sedih lihat ortu yang ngebentak-bentak anak padahal itu ga bagus ya buat tumbuh kembangnya

      Hapus
  3. Dulu anakku sempat alergi susu sapi.. makanan pun mesti dipilih2. Tapi pas TK ke sini sih alhamdulillaah udah bisa makan dan minum susu sapi..seperti Morinaga Platinum ini bagus banget buat perkembangan si kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy alhamdulilah dong ya, makin besar anak kan daya tahan tubuh nya juga makin nambah makanya lama-lama bisa menyesuaikan hehe. Hehe iya mbak

      Hapus
  4. Anak alergi ternyata juga berpengaruh dengan konsentrasi tidur dan belajar juga ya. Kasihan juga sih kalau memang ga cepat2 dicek pengaruh alerginya, entah dari makanan atau lingkungan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk