Langsung ke konten utama

Cegah Hipertensi Yuk, Dengan Inovasi Smartphone Terbaru dari Omron



Assalamualaikum teman-teman? semoga semua sehat ya

Menjaga kesehatan itu harus banget lho, apalagi kita harus tahu kondisi kesehatan kita. Suka sedih deh akhir-akhir ini banyak kasus orang meninggal karena berbagai macam penyakit, termasuk kakek saya dan juga paman suami hikshiks. Mulai dari serangan jantung, kanker, stroke, diabetes melitus, komplikasi juga hipertensi. Terutama untuk hipertensi ya ini penyakit yang bisa disebut "Sillent killer" yang artinya bisa juga dimaksud dengan penyakit yang timbul hampir tanpa adanya gejala awal namun dapat menyebabkan kematian. 

Untuk itu, penting lho bagi kita untuk mengetahui kondisi kesehatan sendiri dengan rajin memeriksanya ya. Termasuk juga dengan tekanan darah yang seharusnya kita ketahui sendiri kondisinya. Karena banyak fakta yang menyebutkan banyak orang terkena penyakit Hipertensi tanpa mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit itu. Sayang kan 😥 kalau bisa mencegah sedini mungkin kenapa harus sampai sakit. 

Nah, untuk mengurangi tingginya jumlah penderita Hipertensi maka PT Omron Healthcare dan Indonesian Society Of Hypertension (InaSH) mengadakan program mengukur tekanan darah jutaan orang di dunia selama program May Measurement Month 2017 (Bulan Pengukuran Mei 2017). Sekaligus menyumbangkan 500 alat pengukur tekanan darah digital sebagai bagian dari partisi untuk mendukung kampanyenya tersebut. Hal ini sekaligus mendorong kaum muda agar lebih meningkatkan kesadaran akan bahaya penyakit hipertensi. 


Tepatnya tanggal 22 Mei 2017, bertempat di salah satu ruangan lantai 3 hotel Fairmount Jakarta. Saya mengikuti talkshow yang terkait dengan Hipertensi. Duh langsung makjleb gitu denger penjelasan para ahlinya di bidang penyakit yang telah banyak memakan korban ini. 

Sebelum ngobrolin panjang lebar tentang hipertensi. Pasti sudah pada tahu kan ya apakah hipertensi itu? Yapp Hipertensi atau tekanan darah tinggi mengacu pada kondisi dimana tekanan darah melebihi batas normal dari waktu ke waktu. Dan supaya kinerja tubuh maksimal, kita harus memiliki tekanan darah normal. Hal ini biasanya dicatat sebagai dua angka, angka atas (tekanan sistolik-dibawah 135 mmHG) dan angka bawah (tekanan diastolik-dibawah 85 mmHG).




Nah, sekarang yukk ngobrolin segala macam yang terkait dengan hipertensi sama ahlinya. Di acara ini ada Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S selaku Ketua umum himpunan Hipertensi Indonesia (InaSH). Dan juga ada Dr. Tunggul D. Situmorang, Sp. PD.KGH selaku wakil ketua umum (InaSH) tak ketinggalan ada Mr Yoshiaki Nishiyabu yang merupakan Marketing Manager PT Omron Helathcare Indonesia ikut hadir siang hari itu. 

Nah sesi pertama ada Dr. dr Yuda Turana, Sp.S nih yang memberikan pencerahan pada saya bahwa "Setiap 10 juta orang meninggal di seluruh dunia karena hipertensi (wow 10 juta guys banyak bingit ya) Pengidap hipertensi akan mengalami stroke, serangan jantung atau meninggal karena komplikasi kardiovaskular lainnya."


Masih bersama dr Yuda yang mengatakan bahwa pada bulan Mei ini telah dilakukan pengukuran masal di masyarakat. Ada 1 juta orang yang mengikuti program pengukuran ini di Indonesia, dan hasilnya adalah adanya fakta bahwa banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa dia mengalami hipertensi, kedua fakta bahwa masyarakat yang tahu bahwa dia hipertensi tapi tidak merasakan sakit atau gejala hipertensi. 

Padahal setiap orang harus tahu tekanan darahnya, untuk itu InaSH menyambut antusias program PT Omron untuk memeriksa tekanan darah masyarakat yang ikut meramaikan bulan May Measurement Month 2017.

Selanjutnya ada penjelasan dari Dr. Tunggul D. Situmorang, Sp. PD.KGH selaku wakil ketua umum (InaSH) yang mengatakan bahwa "manfaat mengendalikan tekanan darah pada uji coba klinis pengobatan hipertensi dapat menurunkan kejadian stroke 35%-40%, gagal jantung lebih dari 50%"



Untuk hipertensi sendiri ada 2 ya, hipertensi primer karena tidak diketahui penyebabnya biasanya merupakan kombinasi antara berbagai faktor genetik dan lingkungan. Dan hipertensi sekunder yaitu, terjadi akibat suatu penyakit tertentu, misalnya penyakit ginjal, hormonal, obat-obatan dll.

Hipertensi sendiri merupakan penyakit yang menjadi penyebab terbesar terhadap gagal ginjal di Indonesia. Dan hipertensi sendiri dengan penyakit ginjal kronik bisa beresiko tinggi pada serangan jantung.  Sebenarnya, banyak pilihan obat-obatan tapi tetap perlu pilihan yang tepat dan pilihan obat-obat kombinasi.

Adapun faktor resiko yang menjadi pemicu hipertensi adalah gula, kegemukan dan juga perokok. 

Hiii serem ya guys, sama penyakit satu ini. Apalagi ada fakta yang menyebutkan bahwa  1 dari 4 orang dewasa memiliki resiko hipertensi, hipertensi menyebabkan kematian 13% di seluruh dunia dan sekitar 50% hipertensi merupakan faktor resiko penyakit jantung dan stroke.

Yukk ahh kita jaga kondisi tubuh, selama kita bisa mencegah dan melakukan tindakan preventif kenapa nggak. Secara mencegah itu kan lebih gampang ketika mengobati. Salah satunya ya dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat, sehingga jantung kita pun akan ikut sehat. Berikut nih tipsnya : 

Ketiga hal itu perlu banget lho dilakukan, supaya kita tetap memiliki jantung yang sehat. Karena dengan memonitor kesehatan jantung kita secara rutin, dan diikuti pola makan yang sehat juga teratur maka penyakit hipertensi akan jauh dari dalam diri aamiin 😇.

Nah, terkait dengan pengukuran tekanan darah yang dilakukan di rumah. PT Omron Healthcare punya solusinya nih. Hal ini disampaikan oleh Mr Yoshiaki Nishiyabu, marketing manager PT Omron Healthcare Indonesia di acara siang hari itu. Masih terkait dengan kampanye memperingati May Measurement Month, Mr Yoshiaki mengatakan bahwa "PT Omron Healthcare Indonesia, baru saja meluncurkan alat pengukur tekanan darah digital seri HEM-7280T yang memungkinkan pengguna memonitor data tekanan darah mereka melalui aplikasi Omron Connect dengan cara melakukan sinkronisasi nirkabel dengan ponsel"

Untuk aplikasinya sendiri sudah dapat diinstal pada ponsel berbasis android ataupun iPhone juga ada di http://www.omronconnect.com/id/en_gb/setup/ hal ini dijelaskan Mr Yoshiaki dalam bahas Jepang yang ditranslate oleh rekannya dalam bahasa Indonesia. Karena beliau baru satu tahun tinggal di Indonesia dan mengelola operasional perusahaan secara keseluruhan di Indonesia. 



Adapun latar belakang dimunculkan inovasi baru ini karena Omron ingin mengajak masyarakat Indonesia yang kini merupakan generasi milenial, bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri. Hal ini termasuk dengan mencegahnya dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri di rumah.

Karena penasaran, maka saya pun mencobanya ya guys hari itu juga pada mbak petugas yang berjaga. Seperti apa sih kecanggihan inovasi terbaru dari Omron ini. Masa iya sih bisa langsung terhubung di HP kita dan pastinya akan memudahkan kita ketika kontrol dan konsultasi dengan dokter dong pastinya. 


Ternyata memang benar ya guys, hasil angka tekanan darah saya saat itu 111/73, langsung terhubung sama HP petugas dari Omron yang berjaga untuk kami. Dengan nilai dan jumlah yang sama persis tertera pada alat tekanan darah seri terbaru keluaran Omron itu. Saya sampai geleng-geleng dibuatnya haha*kudetnya diriku 😎

Dan begitu saya coba, jadi begini nih cara kerjanya : 


Jadi, dengan tampilan biru putih bercirikan Omron menjadi background dalam aplikasi Omron Connect yang sudah diunduh sekitar 10.000 ini (wow) padahal baru saja diluncurkan di tahun 2016. Setelah itu kita cara penggunaanya pun mudah.  Kita tinggal mengunduh terlebih dahulu aplikasinya, dan mensinkronkan dengan apm nya untuk kemudian memudahkan dilakukannya penyimpanan data.

Dengan 5 pabrik yang ada di seluruh dunia seperti 2 pabrik di China, Vietnam, Brazil dan Jepang. Dan telah digunakan di lebih dari 110 negara di seluruh dunia ini Omron tetap ingin bersinergi dengan para distributornya untuk memberikan yang terbaik bagi para pemakainya dalam waktu sehari 2x pagi dan sore. 

Keunggulan inovasi Omron HEM-7280T ini sudah tidak perlu diragukan lagi dong pastinya, dengan teknologi Jepang, sensor yang baik, sudah diakui dari mancanegara, dan adanya after sales yang siap membantu kapan saja untuk merepair dan mengkalibrasi satu tahun sekali (bisa lebih kalau jarang digunakan).


Well Ilmu banget nih, hari itu pemahaman saya tentang kesehatan dan perlunya menjaga kesehatan jantung makin tercerahkan hehe. Yukk ahh kita bareng-bareng menjaga kesehatan jantung yang akan berimbas pada tekanan darah dan kesehatan tubuh kita. Oia untuk info lebih lanjut silahkan hubungi akun ini ya teman-teman. Dan selamat bergaya hidup sehat demi jantung kita.
Facebook  : Omron Indonesia
web   : www.omron.asia
Telpon : 021-739 9928

Saya dan teman-teman pun menutup sore itu dengan diskusi kecil perihal kesehatan jantung, hayooo jangan suka ngejar deadline wkwkwkkw biar jantungnya tidak mengalami kerja yang berat sehingga mempengaruhi tekanan darah kita menjadi buruk 😂. Makasih juga Omron atas oleh-oleh menariknya, saya jadi bisa ngukur tekanan darah saya di rumah sekalipun hehe.




Komentar

  1. wah saya sudah lama tidak cek darah :(. apakah itu tidak apa"?

    BalasHapus
  2. wah keren ini, hipertensi kadang bikin takut ya, apalagi dampaknay yang begitu besar

    BalasHapus
  3. Wah sudah bisa terhubung langsung ke Hp ya Mbak. Keren nih. Tapi ngomong-ngomong aku ndak pernah ngecek nih.. 😂😂

    BalasHapus
  4. Dulu nenek meninggal juga karena jantung yang berimbas ke ginjal. Eykeh jugak belom pernah cek kesehatan jantung. Baiknya memang periksa sih, disamping pola hidup sehat, Menjaga berat badan memang lebih ke untuk kesehatan jantung juga, bukan sekedar enak dilihat pas upload foto di ige, hahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener itu Miss, menjaga pola hidup sehat itu penting dan harus diperhatikan kandungannya setiap makanan kita ya

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat

Pagi hari sekitar tanggal 22 Otober 2017, ketika matahari masih malu-malu untuk bersinar. Saya pun segera bergegas menuju stasiun KRL terdekat. Bukan apa-apa sih, karena saya harus mengejar jadwal keberangkatan KRL Tangerang ke Duri Jakarta tepat pukul 05.30 WIB. "Sesekali saya harus ikutan Car Free Day" gumam hati saat diajakin temen-temen buat seseruan berolahraga pagi di bundaran HI ini. Secara...saya pun belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang jadi pusat keramaian warga DKI ini di Minggu hari. Dengan memakai dress code berwarna merah, saya pun siap membelah Jakarta di pagi hari.

Oke sampai sana pun, saya mencari teman-teman yang ternyata sudah berkumpul dan sedang mengikuti senam bareng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Well, ternyata di hari itu, BPOM membuka stand yang dipenuhi oleh masyarakat sekitar guys. Sebelum saya mendekatkan diri ke panggung utama yang nampak rame itu. Saya pun sempat melihat mobil BPOM yang nampak rame dikerumuni pengunjung Car Free …