Langsung ke konten utama

Menstimulasi Si Kecil Agar Pintarnya Beda

Hai teman-teman semua, para ibu para ayah atau calon ibu dan calon ayah wakakka(tumben Feb agak seriusan nih 😁) Secara ya saya akan sharing tentang yang seriusan dikit kali ini. Mau pamer ilmu karena kemaren habis dapat oleh-oleh banyak nih seputar parenting di acara yang diselenggarakan oleh Clozzete gathering with parenting Club Wyeth.

Oia, sudah pada tahu kan ya apa itu Clozzete? Saya bocorkan sedikit ya, bahwa Clozzete adalah platform jejaring sosial online yang banyak mengulas tentang fashion, kecantikan, style berasal dari Singapura. Hingga saat ini penggunanya sekitar 300.000 (wow). Makanya saya langsung narsis begini dan minta tolong mbak Leyla Hana motoinnya wkwk makasih. 



Nah kali ini Clozzete kerja bareng Parenting Club ID dari Wyeth Nutrition yang mengajak saya dan sekitar 29 moms lainnya nyimak ilmu bareng - bareng di kafe Gastromaquia yang terletak di Jalan Cinuru Senopati Jakarta Selatan pada tanggal 24 Mei 2017. Pastilah ga akan saya tolak kalau waktunya cocok hehe, secara jadi orangtua kan ga ada sekolahnya. Jadi kita harus ngakalin sendiri salah satunya dengan datang ke acara parenting kayak gini.

Dan syaratnya untuk bergabung dalam bincang yang sarat ilmu ini kami harus melakukan registrasi dulu ya pada https://www.parentingclub.co.id/ ga salah sih memang, karena di portal asuhan Wyeth Nutrition itu saya mendapatkan banyak artikel dan panduan dalam mengasuh anak berdasarkan rentan usia anak kita 😁😁.


Pertama menginjakkan kaki di kafe yang instagramable ini mata saya langsung tertuju pada sebuah kursi klasik yang diberi sentuhan white with touch Of Gold persis seperti dress code kami siang menjelang sore hari itu. Banyak bunga artificial yang digantung dan dijejer menarik di lokasi photoboth itu. Dan banyak property foto yang sudah disiapkan untuk kami yang siap ngilmu dan ngobrol santai tentang pola asuh untuk anak kali ini.

Nah, setelah registrasi dan puas foto-foto di lantai satu, saya pun naik ke lantai 2 kafe ini. Satu meja berisi 6 orang dan di masing-masing meja sudah tersedia nama pemilik kursinya hehe. Taraaaa ada papan nama dari kertas bertuliskan Febrianty Rachma nangkring di meja paling belakang tengah.

Cake yang terhidang di atas meja dan juga gelas serta alas makan cantik ala Clozzete di siang hari itu. Kursinya juga didominasi warna putih dan gold ya. Bahkan bunga hiasan meja dan aplikasi taplak minimalisnya pun berwarna gold, keren kan 😍


Sudah banyak moms yang datang ternyata, ada yang bawa anak bayi dan juga balita. Setelah acara dibuka sekitar pukul 14.30 dihadirkanlah 2 orang narasumber. Yaitu Ibu Rosdiana Setyaningrum seorang psikolog yang dalam kesehariannya bergelut dengan dunia anak. Dan juga ada narasumber kedua, seorang wanita muda yang menjadi public figure istri dari aktor ganteng Ricky Harun yaitu Herfiza Novianti atau yang akrab disapa Moya.

Saya masih ingat bagaimana Ibu Rosdiana mengawali bincang siang itu, karena tema yang diambil adalah "Peran Orangtua Dalam Mengasah Si Kecil Agar Pintarnya Beda" maka kami pun menyimak dengan khusuk. Ibu Rosdiana sendiri mengungkapkan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melatih anak menjadi #pintarnyabeda.



Ada beberapa hal nih, yang bisa kita terapkan dalam pola asuh keseharian bersama si kecil dalam memberikan stimulasi untuk membantu tumbuh kembangnya. Seperti :
  1. Memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia anak (Misal nih, anak kita usia 3 tahun, ya berikanlah stimulasi sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya. Jangan diberikan stimulasi seperti usia TK atau stimulasi seperti pada bayi yang baru belajar jalan hehe. Kalau ini kita harus rajin browsing ya, jenis stimulasi apakah yang cocok untuk anak seumuran kita)
  2. Memberikan stimulasi tersebut secara konsisten dan berulang-ulang (Kalau ini usahakan memberikan stimulasi sejak dini ya, karena dengan stimulasi yang diberikan sejak dini anak akan terbiasa dan hal ini bagus untuk membantu tumbuh kembangnya)
  3. Memberikan stimulasi yang sesuai dengan kemampuan anak (nah, ini sudah jelas lah ya, kalau kita harus memberikan sesuai dengan porsi kemampuannya jangan terlalu memaksakan juga ya moms)
  4. Menyesuaikan juga dengan minat anak (setuju banget nih, sama hal ini karena sesuatu yang dilakukan dengan minat anak, maka akan berdampak positif sekali. Seperti contoh gampangnya nih, tetangga saya yang memberikan les tambahan mewarna pada anak keduanya dengan memanggil guru privat karena jeli melihat anaknya senang mewarna, so dari hasilnya itu anaknya mendapatkan banyak piala dan menjadi juara dimana-mana sejak anaknya usia 4 tahun)
  5. Mengembangkan semua area perkembangan anak seperti fisik, kognitif (akal) dan sosial (kalau di area ini kita tahu dong bahwa mengembangkan motorik kasar ditandai dengan aktifnya anak bergerak, melompat dan berlari untuk Fisiknya. Sementara untuk kognitifnya anak juga harus kita kembangkan dalam hal proses berpikirnya atas suatu kejadian atau peristiwa. Dan untuk perkembangan sosial anak juga harus bisa kita kembangkan dalam kemampuannya berinteraksi dan bersosialisasi pada lingkungan sekitar.

Nah tidak hanya berbicara soal stimulasi untuk membantu tumbuh kembang anak nih, di acara ini Ibu Rosdiana juga menuturkan banyak hal tentang Perkembangan Kognitif anak. Beliau berujar "anak-anak itu aktif dan senang belajar hal baru untuk itu sebagai orangtua peran aktif kita sangat dibutuhkan". 

Apalagi ketika anak kita menginjak usia 2-6 tahun yang disebut masa Pre Optional. Karena keterbatasan pada aktivitas mentalnya atas pengalaman yang dialaminya. Dalam hal ini anak akan mengalami perkembangan seperti menggunakan simbol, sebab akibat, penggolongan, angka, empati, fokus pada 1 hal, tidak mengerti proses terbalik, egosentris, animisme dan konservasi. 
Lalu, untuk mengembangkan stimulasi otak dengan pola asuh yang tepat ada 3 hal besar nih yang bisa dilakukan oleh kita sebagai orangtua dalam pola asuh yang tepat seperti :


Nah, selain beberapa hal diatas ibu Rosdiana juga menjabarkan tentang Stimulating Brain Power (merangsang kekuatan otak) maka perlu diajarkan budaya dan seni pada anak seperti menggambar, bermain musik, mengunjungi museum dll. Hal ini berkaitan untuk menghasilkan pencapaian nilai akademik yang baik, meningkatkan kemampuan problem solving, menyeimbangkan otak dan membuat anak kita melatih fokusnya. 

Wahh sudah puas dengan penjelasan Ibu Rosdiana, maka sekarang giliran kita nih sebagai orangtua harus memperhatikan hal apa saja sih yang bisa kita lakukan dalam mendukung pemberian stimulasi pada anak :
  1. Orangtua harus memainkan peranan yang sama besar, nah disini orangtua harus memiliki peran yang sama baik ayah atau ibu dalam mengasuh anak di rumah, sehingga anak merasakan kasih sayang ayah dan ibunya sama besar dan dapat perhatian seutuhnya baik dari ayah atau ibunya. 
  2. Jalankan hobi masing-masing dan tunjukkan pada anak, maksudnya anak akan mendapatkan contoh langsung dari ayah dan ibu nya perihal hobi orangtuanya. Hal ini akan mendorong anak supaya melakukan hobi yang dia sukai. Bukan tidak mungkin kan kelak anaknya akan menjadi atlet renang, karena dari kecil terbiasa diajak ke kolam renang oleh ayahnya yang hobi renang hehe. 
  3. Satu visi dan misi, sepakat saya dalam hal ini mengingat peran orangtua dalam satu visi dan misi yang sama dalam menemani tumbuh kembang anak sangat berpengaruh dan berperan penting.
  4. Akur, hal ini wajar harus kita lakukan bersama pasangan ya karena dengan kita akur dan rukun selalu apalagi menghindari cekcok di depan anak itu penting. Karena anak akan melihat sosok orangtua dalam rumahnya yang penuh dengan kehangatan dan kasih sayang satu sama lain.  
  5. Hindari Good Cop dan Bad Cop, maksudnya disini adalah hindari menjadi orangtua yang diposisikan sebagai sosok pihak yang membela anak. Misal ketika ayah melarang untuk bermain, maka ibu pun juga harus ikut melarang. Atau jika ibu harus memarahi anak karena anaknya melakukan kesalahan yang membahayakan dirinya, maka ayah pun harus diam dan tidak membela anak. 
Yuhhuuuu puas mendengar sharing yang positif banget dari ibu Rosdiana, maka saatnya mendengarkan sesi dari artis cantik Herfiza Novianti. Mahmud yang memutuskan menikah di usia 25 tahun ini telah memiliki 2 anak perempuan yang lucu-lucunya. Mikaila Akyza Pratama  (3 tahun) dan  Athaya Akyza Pratama (1 tahun). 


Herfiza dan Ricky Harun sengaja mengasuh kedua putrinya tanpa bantuan baby sitter dengan alasan  ingin menjadi orang yang pertama menikmati tumbuh kembang anaknya. Bahkan eduanya dinobatkan sebagai pasangan paling romantis di infotainment award ini sangat kompak dalam πŸ˜€anak.

Herfiza juga ogah memanjakan anak lho guys, karena efek ke depannya yang tidak diinginkan. Dan dia mulai mengajarkan anak disiplin sedini mungkin seperti "jika anak menginginkan main youtube tidak pada waktunya maka aku akan tegas melarangnya meskipun dia menangis" Noted ya Moya. Harus dipraktekkin nih, ga ada salahnya belajar sama yang lebih yunior umurnya xixi. Karena ilmu bisa kita dapatkan dari siapapun dan dimanapun kan?


Pict By Mbak Adriana Dian (Langsung Pengen Narsis Sama Spagheti Nyummy)
Well ga berasa sudah hampir satu setengah jam nih, dengerin serunya "sekolah" buat orangtua ini. Saatnya makan, saya memesan spagheti ala Gastromaquia. Ada semburan udang dan es teh manis yang siap disantap. Kamipun makan santai sembari menunggu pemenang live instagram POTD (Photo Of The Day)hingga pukul 16.00 WIB. Tak lupa foto bareng di akhir acara dong pastinya.

Pertama kali nih, ikutan ngobrol santai bareng Clozzete ID dan Parenting Club ID terimakasih ya. Seneng banget bisa pulang bawa banyak ilmu dan pastinya harus terus belajar dong ya jadi orangtua demi memiliki anak yang ditemani oleh stimulasi yang benar agar #PINTARNYABEDA πŸ˜. 


Seneng juga bisa kopdar silaturahmi bareng momblogger lainnya dan yang pasti saya bisa ketemu Ibu Rosdiana yang memberikan banyak ilmu dan foto bareng dong sama si cantik Herfiza yeayyy. Cuss ahh pulang, segera mikir nih stimulasi apa yang bisa dipraktekkan buat 2 jagoan di rumah yang kini berusia 8 dan 5 tahun. Juga harus makin sepaket dan kompak nih sama suami buat pola asuh mereka. Selamat menstimulasi anak ya dears. 



Komentar

  1. Ini ilmunya bener-bener useful banget buat kita para orangtua. Baca ini jadi ngerasa belum sepenuhnya ngertiin anak, hiks. Jadi banyak peer juga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget mbak, akupun juga langsung makjleb dan perlu memperbaiki diri lagi dalam segala hal

      Hapus
  2. wah asyik ya bisa ikutan acara dapat ilmu juga

    BalasHapus
  3. Siap mnjlnkn ilmunya anak sebenarnya adlh guru orang tua yang sesungguhnya,, dan tdk ada prnh kt lulus sblm smuanya berakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah,iya bener banget mbak. Terkadang ortu juga harus mau ikutan belajar pada anak

      Hapus
  4. Untuk menghidar dari 'Good Cop dan Bad Cop' kadang susah nih. Soalnya kalau aku nggak memperbolehkan, anakku nyamperin bapaknya. Hihiii. Datang ke acara ini benar-benar mendapat nilai positif ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener, itu mbak, hahaha kadang kita sebagai emak suka ga tega ya wkwkwk

      Hapus
  5. saya juga pernah review parenting tanpa sepengetahuan admin webnya, meskipun kemudian tak komentar di websitenya, tapi rupanya admin parenting sangat sibuk hingga anti respon.
    pokoknya pengen anak pinternya beda dengan anak lainnya mah geus lah ka Parenting keun weh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener banget, harus sering ikutan acara parenting emang. Wkwkwk gpp lah yang pentig kita niatkan nulis dan memberikan sharing info saja ya buat pembaca xixi. Soal rejeki itu mah sudah ada yang atur dan pasti ngikut dengan usaha kita wkkwkw

      Hapus
  6. Jadi orangtua setiap hari harus belajar dan belajar dan memang tidak ada sekolah nya. Kesempatan menimba ilmu di acara seperti yang diadakan Clozette ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya bener kak harus belajar dimanapun dan bagaimanapun ya

      Hapus
  7. Mbaa aku nunggu fotomu sama si moya hihiii
    Selalu bljr terus yaa jadi ortu 😁 acaranya bgs bgt, aku jd tau lebih bnyk.
    Oia mba Feb di Tangerang jg yaaa?
    Kpn2​ foto bareng yaaa hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahha ada di Instagram mbak wkwk pasti disimpen lah itu wakakaka, Hooh acara yang sarat ilmu banget. Aamiin semoga next daku bisa ketemu sama fotografer kece kayak dirimu ya

      Hapus
  8. Orang tua sekarang ini harus bisa belajar banyak untuk bisa mendidik dan mengerti anak

    BalasHapus
  9. Ini acara yang banyak manfaatnya ya. Apalagi menstimulasi anak itu penting ya.

    BalasHapus
  10. Oooohhh usia 2-6 tahun itu termasuk Pre Optional ya buat anak? Hmm...ternyata tiap anak itu perlu distimulasi mengingat karakter anak2 juga berbeda, jadi pintarnya pun beda. memang kita jadi orangtua ga ada sekolahnya. Learning by doing dan mencontoh perilaku positif aja nih... Seru ya acaranya, dress code nya elegan gitu Feb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener mbak, setuju sama yang satu itu. Learning by doing karena jadi ortu ga ada sekolahnya itu bener banget hehe

      Hapus
  11. Tulisan2 ttg stimulasi anak, Mami Grace banyak ini. Kalau ortu sekarang sih, ditambah lagi keuangan ada, memang makin banyak yg mendukung bakat anak. Murid eykeh pun les panahan. Coba kalau mak bapaknya cuma fokus di akademik, buat ape les gituan, ga masuk nilai raport, hahah... Masalah disiplin memang mesti sedini mungkin. Anak yang sama mak bapaknya diajar disiplin, enak ngajarnya, hahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kerennya les panahan, duh duh emang bener itu orangtua berperan banget untuk kemajuan si kecil ya

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya πŸ˜ƒ membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …