Langsung ke konten utama

Tips Mudik Sehat Ala Kemenkes Dari Taman Kalijodo


Well, ga berasa sudah memasuki minggu ke dua ramadhan. Dan sebentar lagi, pasti saya *uhuk dan pastinya teman-teman yang notabene sebagai pendatang akan bersemangat kembali ke kampung halaman dong. Kalau saya, karena kebetulan hijrah dari kota kelahiran Malang untuk ikut suami yang dinas di Tangerang. Maka setiap tahun, kami mengusahakan untuk mudik dengan memakai kendaraan pribadi ajah 😁*jurusirit*. 

Kalau teman-teman mau mudik kemana nih? yang jelas mudik yang merupakan tradisi setiap tahunnya, dimana para pendatang kayak saya meninggalkan kota domisili untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar pastinya. Nah? teman-teman pasti yang terbiasa mudik punya cara tersendiri dong untuk menikmati mudiknya hehe. 


Kalau saya, dapat ilmu dan tips baru nih untuk mudik yang saya dapatkan dari ngobrol santai bareng Kementrian Kesehatan tanggal 2 Juni 2017 bertempat di sebuah taman yang menjadi RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Kalijodo. Taman Kalijodo yang baru saja diresmikan Desember 2016 lalu oleh Pemprov DKI, berdiri di lahan seluas 3 hektar (Hemm capek deh ya muter-muterinnya wkwkw). 

Jujur, baru pertama kali saya menginjakkan kaki di tempat ini. Untuk menjangkaunya pun sangat mudah.Teman-teman bisa naik KRL dan turun di stasium Angke, tinggal naik angkot sedikit yang jaraknya tidak jauh. Atau bisa juga seperti saya, dari Tangerang naik KRL turun stasiun Grogol lalu saya meneruskan dengan naik ojek online. Murah kog hanya sekitar 6000 sudah sampai lokasi hehe. 


Begitu sampai di tempat ini, saya terkejut dengan pemandangan dari tempat yang dulu menjadi (maaf) lokalisasi dan perjudian di Jakarta Utara. Namun kini, pemandangannya berubah 180 derajat, tempatnya disulap menjadi salah satu hiburan warga sekitar yang murah meriah dan gratis pula. 

Disini pengunjung bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada. Mulai dari taman bermain anak, tempat main skate board, sepeda, futsal,  jogging, selfie dengan tembok yang dihiasi oleh mural, sholat di mushola dengan atapnya yang berbentuk unik dan bersih, toilet dll.


Nah, di tempat yang anginnya semilir inilah saya duduk lesehan di tengah arena skate board bersama teman-teman. Tapi sebelumnya, saya menyempatkan diri berfoto bersama teman-teman karena memang acara masih beberapa menit lagi mengingat baru dimulai pukul 16.30. Dan ada dua orang narasumber dan tim yang hadir hari itu, menyambut kami dengan rasa kekeluargaan dan santai sembari menunggu adzan magrib untuk bukber yeayyyy. 

Oia di tempat ini Kemenkes, sengaja hadir untuk berbagi dan merasakan dekat dengan masyarakat sekitar dengan membagikan takjil sehat, games sehat, edukasi tentang mudik dan juga suguhan musik akustik yang sengaja dihadirkan untuk meramaikan sore hari itu. Masyarakat yang hadir tentunya sangat antusias dong mendapat kejutan dari Kemenkes sore itu. Mereka rapi antri lho untuk menunggu giliran mendapatkan takjil sehat dari Kemenkes. 


Dengan tajuk MUDIK SEHAT yang menjadi bahasan utama dalam bincang kali ini, saya mendapat oleh-oleh informasi nih buat mudik sebentar lagi. Hal ini disampaikan oleh Ibu drg Kartini Rustandi M.Kes selaku Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan mudik. 

Beliau menyampaikan bahwa "menjelang mudik, Kementrian Kesehatan telah berkoordinasi dengan 15 Propinsi yang menjadi jalur pemudik seperti Propinisi Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, NTB, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan"


Dan, di sepanjang jalur mudik yang terletak di 15 propinsi itu sudah ada 38.622 pos layanan kesehatan yang juga telah dipersiapkan oleh Koordinasi Kemenkes bersama Dinas Kesehatan setempat lho. Ada 913 pos kesehatan, 2228 puskesmas yang siap melayani pemudik, 374 Rumah Sakit dan ada 207 kantor kesehatan yang sudah disiapkan di pelabuhan.

Wah mantep banget ya persiapannya, secara jalur mudik akan mulai rame dalam beberapa hari kedepan hehe. Oia masih menurut ibu drg Kartini, menjelaskan bahwa nanti sepanjang jalur mudik, pemudik tetap akan diperiksa di H-7 sampai dengan H+7 lebaran. Dan sebelum mengakhiri sharing nya Ibu Kartini berpesan supaya para pemudik diharapkan melakukan peregangan otot di sela-sela pemberhentian perjalanannya. Hal ini bertujuan untuk membantu menghilangkan capek dan membuat rileks. 

Nah, setelah ada ibu drg Kartini memberikan sharing persiapan untuk mudik. Hadir juga nih dr H.R Deddy Kuswenda M.Kes selaku direktur promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarkat. Menjelaskan bahwa puasa masih beberapa hari lagi dan pastinya harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan banyak minum air putih juga banyak mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan lupa istirahat yang cukup ya, Tambahan dari Bpk Deddy.



Lalu untuk mudik Bapak Deddy berpesan supaya mudik tidak dilakukan dalam waktu mepet dengan hari raya. Hal ini menghindari kemacetan yang bertumpuk dan juga menjaga kenyamanan apalagi jika kita memiliki bayi. Selain itu Bapak Deddy juga menambahkan supaya, mudik dijalani dengan fisik yang sehat dan prima. Menyiapkan keberangkatan mudik sebaik mungkin. Dan diharapkan tidak menggunakan obat yang dapat menyebabkan kantuk dan juga meminum miras.

Dan berikut ini tips yang disampaikan ketika dalam perjalanan mudik: Ketika di tempat umum untuk pemudik jangan menerima makanan / minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal. Dan ingat ya guys, untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dari orang yang tidak kita kenal. Untuk sopir, diharapkan tidka mengemudi dalam keadaan mengantuk dan lelah. Istirahat itu penting lho, apalagi setiap 4 jam sekali di dalam perjalanan. 

Untuk kendaraannnya sendiri periksa sebelum berangkat ya, paling tidak rem, kopling, air kabulator, air whipper, juga ban dll.  Oia jangan mentang-mentang mudik semua barang dibawa ya guys 😁 nanti mobil kita bisa melebihi kapasitas muatan yang disarankan dan tidak menyalahi peruntukannya. Mengemudi sesuai dengan disiplin rambu lalu lintas dan pastinya kendalikan kendaraan dengan stabil terutama pada kondisi jalan rusak / bergelombang saat turun hujan dan cuaca yang buruk.



Dan jangan lupa menggunakan masker, kaos tangan dan jaket untuk emlindungi dari paparan asap, debu dan polusi. Terlebih lagi untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Belum sampai disini lho tipsnya, masih ditambah dengan konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan juga sehat (secara ya kalau mudik banyak banget tukang jualan haha, kalau saya sih selalu lihat-lihat dulu ya penjualnya bagaimana. Kalau penampilannya bersih dan kukunya pendek saya jadi selera makan wkwk) cuci tangan lah ya tetep pakai sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan. 

Dan yang menjadi tips terakhir sebelum menutup perbincangan sore itu, Bapak Deddy berpesan supaya pemudik bisa memanfaatkan pos kesehatan mudik yang telah disiapkan di sepanjang arus mudik. Yang tak boleh ketinggalan juga BPJS pemudik ya harus tetap terbawa. 



Huaaa, kalau dengar info seputar mudik begini saya jadi baper huhuhu udah ga sabar pengen cepet pulang ke Malang kota kelahiran saya dan Pasuruan Jawa Timur tempat mertua tersayang *uhuk. Sambil menerapkan tips yang saya dapatkan dari Kemenkes dong pastinya. 

Terimakasih buat info menariknya Kemenkes, terimakasih juga sudah ngajak nongkrong bukber asyik di Kalijodo dengan suasana berbeda dan mengesankan. Karena kini taman Kalijodo menjadi hiburan rakyat yang menyegarkan. Selamat mudik teman-teman dan selamat berlebaran dengan keluarga tersayang ya 😉. Jangan lupa siapkan kendaraan dan gunakan pos kesehatan yang tersedia dan telah siap siaga menemani di sepanjang jalur mudik kita. 

Komentar

  1. Wah, ga nyangka RPTRA Kalijodo ini baguuus, luaaaasss banget, mengingat sebelumnya dulu tempat ini gimanaaa gitu yach hehe... Tentang mudik, betul banget tuh tips2nya, terutama ga boleh ngantuk saat mengemudi, cek kendaraan dll daaaan jangan menerima makanan maupun minuman dari orang yang ga dikenal. Siiipp nice info, Febrianty :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget mbak, akupun surprise dibuatnya. Secara baru pertama kali kesini . Yapp mempersiapkan kondisi sebaikmungkin pokoknya

      Hapus
  2. kalau mau mudik memang harus istirahat yang cukup sebelumnya, karena perjalanannya melelahkan. tapi tahun ini aku enggak mudik ke tangerang hiks :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. LHooo dirimu asli Tangerang to mbak haha, kebalik ya sama diriku wkwk

      Hapus
  3. Fasilitas di kalijodo makin baik ya. Kemenkes sosialisasi mudik sehat dengan blogger merupakan cara yg tepat dan efisien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyya bener banget hehe, supaya pesannya sampai ke masyarakat ya mas xixi

      Hapus
  4. Kerennn informatif banget dan Photo-Photonya juga cantik-cantik 👍👍👍

    BalasHapus
  5. Jadi ga sabar ya pengen mudik, tips nya bermanfaat sekali nih mbak. Pengen mudik dengan aman, nyaman dan sehat ya musti di simak baik - baik dan di ikuti nib tips mudim sehat dari kemenkes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap sama mbak, akupun juga ga sabar pengen mudik juga hehe

      Hapus
  6. membantu sekali pasti bagi para pemudik dg program depart.kesehatan
    yg utama tetap priitaskan kesehatan agar aman dan nyaman selama perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya bener banget. Dengan memberikan priritas kesehatan kepada pemudik maka perjalanan mudiknya pun akan terasa menyenangkan

      Hapus
  7. Ngobrol bareng dengan lokasi outdoor seperti ini ternyata assik banged ya Feb, selain kita bisa melihat keadaan sekitar kita juga bisa lebih dekat dengan masyarakat yg ada di sekitar lokasi.

    Tips Mudiknya harus dipake niyy saat Mudik nanti. Semoga kita semua bisa mudik ke kampung halaman dengan aman dan nyaman yahhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh asyik banget, kita juga enak ngedengerinnya ya. Ammiin YRA, sudah ga sabar nih aku juga pengen mudik hehe

      Hapus
  8. Taman Kalijodo keren banget ya. Mau ke sana belum sempet2. Mudik apalagi pas mudik masal gini memang tingkat waspada harus makin ditingkatin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat

Pagi hari sekitar tanggal 22 Otober 2017, ketika matahari masih malu-malu untuk bersinar. Saya pun segera bergegas menuju stasiun KRL terdekat. Bukan apa-apa sih, karena saya harus mengejar jadwal keberangkatan KRL Tangerang ke Duri Jakarta tepat pukul 05.30 WIB. "Sesekali saya harus ikutan Car Free Day" gumam hati saat diajakin temen-temen buat seseruan berolahraga pagi di bundaran HI ini. Secara...saya pun belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang jadi pusat keramaian warga DKI ini di Minggu hari. Dengan memakai dress code berwarna merah, saya pun siap membelah Jakarta di pagi hari.

Oke sampai sana pun, saya mencari teman-teman yang ternyata sudah berkumpul dan sedang mengikuti senam bareng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Well, ternyata di hari itu, BPOM membuka stand yang dipenuhi oleh masyarakat sekitar guys. Sebelum saya mendekatkan diri ke panggung utama yang nampak rame itu. Saya pun sempat melihat mobil BPOM yang nampak rame dikerumuni pengunjung Car Free …