Betadine Feminime Hygine Dukung Hari Kesehatan Menstruasi Untuk Wanita Indonesia



Pasti diantara kita sering mendengar, ketika lagi mens gak boleh mencuci rambut, dilarang memotong kuku, dilarang beraktifitas yang berlebihan dan dilarang memakan daging dll yang banyak beredar di masyarakat. Padahal kita tahu dari sisi medis jelaslah mitos itu tidak tepat. Bahkan diantara kita pasti sebelum mens ada yang terkena PMS (Pre Menstrual syndrome) yaitu gejala yang dirasakan oleh tubuh perempuan sebelum mengalami menstruasi? sehingga berpengaruh terhadap mood atau emosi.

Tidak hanya itu, ada juga lho perempuan yang merasakan sakit di bagian berut bawah saat mengalami menstruasi setiap bulannya. Seperti saya dulu ketika masih ABG *uhuk. Yang merasakan sakit banget di bagian perut bawah saat menstruasi. Dan ternyata memang benar lho, kalau kita sedang menstruasi dan merasakan sakit maka harus segera memeriksakan diri ke dokter. Why? karena ada penyebab di balik sakit nyeri nya wanita yang sedang menstruasi itu. OMG Saya lumayan telat dong ya ๐Ÿ˜… periksanya ketika sudah menikah. Padahal sudah dari SD kelas 6 merasakan sakit ketika menstruasi bulanan.

Makanya itu, sebenarnya edukasi tentang menstruasi itu penting sekali deh bagi kaum hawa. Apalagi untuk generasi masa kini, yang serba gadget sehingga butuh cepat informasi yang terkait dengan dirinya. Dengan menstruasi setiap bulan yang dialami oleh setiap wanita termasuk anak perempuan menjelang usia ABG. Pasti butuh banyak informasi yang terkait dengan menstruasi. Bagaimana menjaga kebersihan di saat menstruasi dan bagaimana bahayanya jika kita mengabaikannya hiiii.


So, setuju banget nih sama program Betadine Feminime Hygine yang ikut serta mengedukasi para wanita dengan caranya menggandeng kementrian kesehatan untuk mendukung program Germas (Gerakan Masyarakat Sehat). Salah satunya dengan mendukung gerakan Hari Kesehatan Menstruasi yang berlangsung di Penang Bistro resto yang terletak di daerah Mega lingkar Kuningan Jakarta. Pada hari rabu tanggal 31 Mei 2017. Bergegas saya menyiapkan diri dengan memakai dress code pink xixi. Meskipun sempat nyasar dan muter-muter nyari alamat nih resto haha.

Well, ketika saya datang sekitar pukul 16.00 ternyata sudah dibuka oleh MC berambut cepak yang komunikatif dan lumayan kocak yang ternyata adalah penyiar salah satu radio swasta di Jakarta xixi. Dengan memperkenalkan narasumber pertama yaitu Ibu dr Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan RI. 


Nah, dalam kesempatan kali ini dr Eni berpesan bahwa " sebagai seorang wanita penting menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Karena banyaknya resiko infeksi area kewanitaan terutama saat menstruasi seperti ketidak seimbangan pH pada area kewanitaan " Oleh karena itu menjaga kebersihan area kewanitaan itu sangat penting lho. 

Belum lagi saya ternganga saat dr Eni menjelaskan tentang hasil riset yang dilakukan oleh Burnet Institute tahun 2015 pada 1.159 murid perempuan di Indonesia. Dari hasil riset itu ditemukan bahwa 67 % anak perempuan di kota dan 41% anak perempuan di desa mengganti pembalut setiap 4-8 jam sekali. Sisanya mengganti pembalut kurang dari 2x sehari. 



Kemudian hasil riset selanjutnya menjelaskan Hanya 1 dari 2 anak perempuan yang mencuci tangan sesudah dan sebelum mengganti pembalut. Selanjutnya hasil riset menjelaskan bahwa masih banyak terdapat kesalahpahaman tentang mitos menstruasi yang beredar di kaum perempuan yang menyebutkan tidak boleh ini dan itu saat menstruasi. Dan selebihnya hanya 63 % responden yang mengerti tentang menstrual hygiene management saat menstruasi pertama terjadi. 

Untuk itu, hari kebersihan dan kesehatan menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk mengingatkan kembali pada semua wanita pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan terutama saat menstruasi. 

Dan giliran narasumber kedua, ada dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER selaku dokter spesialis obstetri dan ginekologi Indonesia yang turut hadir memberikan sharing info tentang menstruasi. Nah kali ini dr Botefilia mengungkapkan bahwa "Di Indonesia banyak ditemukan kasus infeksi pada area kewanitaan seperti keputihan, gatal-gatal, perih dsb. Kebersihan area kewanitaan yang tidak dapat memicu ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan dan menyebabkan infeksi." 




Selain itu dr Bote juga menjelaskan banyak hal tentang infeksi pada area kewanitaan yang berulang dapat menyebabkan infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infertilitas, kanker serviks, kerusakan sistem imun tubuh, infeksi menyeluruh (sepsis). Faktanya ada juga 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya ๐Ÿ˜†. Aishh wanita tuh ya.

Nah, sudah pada tahu kan saat menstruasi, jumlah bakteri buruk di daerah kewanitaan itu bertambah dengan meningginya tingkat keasaman pH yang terkait dengan darah yang dikeluarkan.  Dengan kondisi ini, kemungkinana adanya bakteri dan jamur menjadi semakin tinggi dan dapat berakibat pada virginitas yang memiliki gejala seperti gatal, rasa terbakar, iritasi, bau tak sedap dan keputihan. 

Selain jumlah bakteri yang buruk bertambah, pada saat menstruasi lendir pembatas di leher rahim menghilang sehingga bakteri-bakteri yang berada di area vagina bawah dapat mengakses daerah leher rahim.  So, penting bagi wanita untuk membersihkan daerah kewanitaan dengan lebih seksama pada saat menstruasi. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan dan kelembapan di daerah kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan antiseptic khusus kewanitaan saat menstruasi. (Noted ya dok xixi, ini mah wajib buat saya kalau lagi mandi pagi dan sore)

Tapi ternyata kebiasaan saya menggunakan sabun kewanitaan tiap pagi dan sore itu berhasil dipatahkan oleh mas Adi Prabowo selaku Marketing Manager Consumer Mundipharma yang ikut hadir sore itu. 



Ngomong-ngomong pada tahu kan ya apa saja produk Mundipharma? itu loh perusahaan farmasi dengan brand nya yang sudah lama terkenal yaitu Betadine. Sudah lebih dari 50 tahun lho digunakan oleh rumah sakit dunia sebagai obat untuk mencegah dan mengatasi infeksi wow ๐Ÿ˜ Nah Betadine memiliki 4 kategori produk nih ada perawatan luka, perawatan kewanitaan, perawatan rongga mulut dan tenggorokan serta antiseptic skin cleanser atau pembersih kulit yang dapat digunakan untuk mencuci tangan dan mandi.

Nah, kali ini karena sedang ngobrolin area kewanitaan. So, ada produk Mundipharma yang memiliki bahan aktif utama Betadine yaitu Povidone-iodine. Yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai kuman. Termasuk mengatasi kuman yang tergolong bandel dan susah dimatikan. Sebagai pembersih antiseptik kewanitaan yang berkhasiat untuk mengatasi gejala infeksi seperti gatal, iritasi ringan, bau tak sedap dan keputihan, Betadine Feminime Hygine di bawah bendera Mundipharma ikut serta mengedukasi setiap wanita dalam menjaga kesehatan saat menstruasi. 




Mas Adi menjelaskan bahwa fokus Mundipharma saat ini adalah pada 4 hal yang disarankan kepada wanita saat menstruasi yaitu:
  1. Menyarankan setiap wanita untuk mengganti pembalut minimal 2x sehari
  2. Mengedukasi penggunaan yang tepat dan saat diperlukan saja terhadap penggunaan antiseptik kewanitaan. Seperti saat menstruasi, keputihan, infeksi. 
  3. Membasuh dari depan ke belakang jika kita menggunakan sabun kewanitaan.
  4. Dan tidak perlu menggunakan setiap hari ya ladies 
Lalu cara penggunaan antiseptik kewanitaan yang tepat seperti apa sih? ini dia penjelasan dari mas Adi. Pertama Tuangkan 1 tutup botol (sekitar 8 ml) Betadine Feminine Hygine dan campurkan dengan 1 liter air bersih. Basuhkan pada area kewanitaan, biarkan selama 1 menit kemudian bilas kembali dengan air bersih. 



Lalu ketika menstruasi pakailah saat mandi 2x sehari pagi dan sore yang bertujuan menurunkan resiko infeksi. Dan untuk tujuan pengobatan, gunakanlah 2x sehari selama 5 hari berturut-turut. 

Well ga berasa sharing dari ketiga narasumber pun berakhir kurang lebih 2 jam dengan sesi tanya jawab dari narasumber. Karena peserta yang hadir pun 95% adalah wanita maka tampak sekali antusias nya dengan datangnya berbagai macam pertanyaan. Banyak ilmu tentunya yang menarik dalam acara ini. Dan pertemuan malam itu ditutup dengan buka bersama dan foto bareng semua peserta dong dengan wajah bahagia haha.




Yukk ahh kita jaga bareng-bareng kebersihan saaat menstruasi dengan cara mengganti pembalut secara maksimal 3-4 jam sekali, mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut, membasuh area intim dari depan ke belakang dan mengeringkannya terlebih dahulu dengan baik. Terakhir jangan lupa ya teman-teman memakai untuk memakai antiseptik kewanitaan terutama pada bagain pubis (luar) daerah kewanitaan. 



Apalagi jika kita bertindak sebagai orangtua dan guru, sudah selayaknya dapat memberikan infomasi tentang menstruasi yang tepat kepada anak perempuan kita. Jangan sampai mereka cemas ya dalam menghadapi menstruasi. 





Sumber gambar : Dokumen Pribadi dan Channel Youtube Betadine Indonesia







Komentar

  1. Wihhh, aku paling takut pake yang kaya betadine gitu. Nice info kakak.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata Betadine sudah eksis selama 50 tahun ya. Lama banget itu. Sudah membantu para perempuan untuk menjaga kebersihan dan mengatasi segalah keluhan kesehatan kewanitaan juga. Kebetulan anakku baru menstruasi 1 kali, baca tulisan Febrianty ini aku jadi tambah ilmu. Jadi sebelum dan sesudah mengganti pembalut mesti cuci tangan ya dan mengganti pembalut 3-4 jam sekali, sip tq ya infonya bagus nih bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah teteh Refa sudah menstruasi ya? selamat sudah besar xixi. Bener banget tuh menjaga kebersihan emang penting banget apalagi di saat menstruasi begini

      Hapus
  3. Awalnya aku kira ini betadine yang obat luka warnanya kuning itu..hehe
    Ternyata ini khusus buat perempuan ya, Teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya satu merek kakak adek sama betadine luka xixi

      Hapus
  4. Aku jarang keputihan, dulu sih waktu muda sering. Make betadine jg :D skrg udah gak pernah pake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh bukannya sekarang juga masih muda mbak xixi. Iya bisa digunakan juga untuk mencegah keputihan nih

      Hapus
  5. Nahh ini niyyy ternyata di luar sana masih banyak yg tdk mengganti pembalut min 2x dlm sehari yahh Febb.
    Semoga melalui kegiatan dan informasi seperti ini banyak wanita di luar sana yg semakin aware dgn kebersihan sekitar area wanita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, semoga makin banyak ya yang peduli dengan kebersihannya terutama saat menstruasi

      Hapus
  6. Betadine makin banyak aja variant-nya ya. Sekarang ada untuk organ kewanitaan juga. Ganti pembalut mending tiap ke toilet aja lah. Biarin ngabisin duit buat beli pembalut, ketimbang kena penyakit.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk