Langsung ke konten utama

Coban Jahe, Surga Tersembunyi Dari Sebelah Timur Kabupaten Malang



Saya memang tinggal di Tangerang dan sudah hampir 10 tahun pindah domisili dari kota Malang ke kota Tangerang. Hal ini disebabkan saya mengikuti jejak suami yang dinas di kota ini. Nah setahun sekali pasti kami mudik ke Malang dan Pasuruan (Tempat tinggal Mertua) Jawa Timur. 

Jadi sudah bolak balik ketinggalan informasi seputar reuni dengan teman sekolah lama. Nah pas tahun ini 2017 kebetulan karena saya balik belakangan sendiri bareng adek Jo, jadi masih bisa ikutan reuni dengan teman SMP dulu, dan adek Jo dititip sama Yangti dan Yangkung 😅 sebentar karena emaknya mau menempuh perjalanan yang lumayan jauh.


Senang bisa kumpul-kumpul dengan teman lama, yang dulu jadi tidak kenal. Sekarang jadi kenal dan akrab. Bahkan sudah menjadi seperti saudara satu sama lain. Dan lokasi reuni tahun ini terletak di daerah Jabung kabupaten Malang. Lumayan jauh dari rumah saya yang ada di kabupaten Malang sebelah barat, tapi masih terletak dalam satu kabupaten Malang yang sama. Elok teman satu kelas dulu, bersedia menjadi tuan rumah dalam pertemuan reuni kali ini.

Selepas berhaha hihi, kamipun tidak menyia-nyiakan sedikit waktu untuk bisa seseruan bareng di alam yang terbuka. Yapp COBAN JAHE namanya, nama air terjun, yang terletak sekitar setengah jam dari rumah Elok teman saya. Untuk menjangkaunya kami pun membutuhkan waktu sekitar setengah jam. 

Segala medan pun kami tempuh dengan bersuka cita, mulai dari jalan beraspal rapi, jalan berkerikil, jalan berbatu, jalan bertanah sampai jalan yang meliak liuk dengan tekstur tanah yang tidak rata dengan naik turunnya. Sepanjang perjalanan tak henti saya memandang takjub alam sekitar ciptaan Tuhan yang terhampar luas dengan warna hijaunya.
  

Sawah menghampar di sisi kanan dan kiri jalan yang kami lewati, gunung pun menjadi latar belakangnya, hawa dan udaranya pun segar bahkan mata saya pun bisa tercerahkan dengan pemandangan yang tidak akan mungkin saya temui di kota Tangerang. 

COBAN JAHE, SURGA INDAH YANG TERSEMBUNYI DARI KABUPATEN JABUNG

Tidak lama menempuh perjalanan, rombongan kami pun sempat berhenti sejenak di tengah perjalanan. Ternyata di desa kecil ini terdapat makam pahlawan desa tersebut dengan sederhana. Nah tidak lama dari makam pahlawan ini, sampailah kami di sebuah jalan yang terdapat semacam pos kecil penjagaan yang ternyata adalah pemberhentian untuk pembelian tiket masuk bagi pengunjung. 

Sederhana memang, gubuk tempat penjualannya. Dengan dijaga sekitar 3 orang maka saya dan Elok pun mengurus administrasi untuk teman-teman rombongan kami. Harga parkir motor, mobil berbeda ya dengan harga masuk pengunjung. 



Satu orang dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 sementara untuk parkir motor Rp 5000 dan parkir mobil Rp 15.000. Oke, setelah menyelesaikan proses pembayaran yang hampir 200.000an (karena kami rombongan ya guys) kami pun harus pelan-pelan menempuh perjalanan dengan hati-hati. Karena jalan masuk ke air terjun ini lumayan menguji nyali. 

Makanya dari awal berangkat, kami pun sudah mengatur rombongan dengan perjalanan untuk keamanannya. Jadi pengemudinya haruslah kaum lelaki sementara penumpangnya adalah alumni perempuan. Hal ini disebabkan medan yang belum mumpuni bagi kita para wanita. 

Dan perjalanan melelahkan ini pun terbayar sudah dengan pemandangan yang masih asri dan alami sekali. Hawanya pun segar seolah mengingatkan saya pada memori kecil yang masih bisa bebas bermain di tengah sawah dan bermain di kali. Dan kami pun langsung tanpa dikomando mengatur barisan untuk foto bersama di spot foto yang sudah disiapkan ini. Iya dong harus mengabadikan keseruan bareng yang pastinya tidak terulang kembali.



Disini kita bisa menyewa kuda secara terpisah dengan harga Rp 10.000, kita juga bisa menikmati makanan yang dijajakan oleh penduduk sekitar yang menjadikannya sumber mata penghasilan. Dan pastinya kita bisa puas bermain air dan mandi dengan mendengarkan gemericik air yang tidak ada habisnya turun dari ketinggian sekitar 25 meter dari atas permukaan tanah. 

Ketika kami datang, sudah banyak pengunjung sekitar yang juga ingin menikmati minggu nya dengan memanfaatkan air terjun Coban Jahe ini sebagai sarana wisata keluarga. Batu-batu besar, pun ikut menjadi background foto OOTD saya. 

Teman -teman pun dengan sigap mengambil kamera masing-masing untuk berfoto. Ada yang bersama keluarga ataupun bersama teman genk sekolah dulu xixi. Dan mereka cuma bisa geleng kepala melihat saya yang sangat narsis dan jepret-jepret tiada henti malu ini ahahaha 😁.



Me time, itulah yang saya rasakan saat menikmati alam ciptaan Tuhan yang maha kuasa ini. Semburan air terjun yang pastinya akan selalu menyeruak di tengah hingar bingar pengunjung. Sehingga tidak sedikit yang ikut mengabadikan keistimewaan air terjun ini dengan kamera ponsel masing-masing. Ada yang datang bersama keluarga, teman  ataupun kekasih. 

Saya memang bukan pecinta alam sejati, karena tempat tinggal sekarang yang tidak memungkinkan. Tapi, dari kampung halaman saya ini, pastinya boleh berbangga hati bahwa masih ada surga yang tersembunyi dari balik desa Jabung yang sangat jauh dari pusat kota. 

Konon menurut cerita, disebutkan namanya sebagai Coban Jahe karena ketika air terjun ini ditemukan dahulu banyak ditemukan tumbuhan Jahe di sekitarnya. Sehingga oleh masyarakat sekitar air terjun istimewa ini dijuluki Coban Jahe. 
Dari pertama ditemukan, sampai sekarang Coban Jahe ini sudah memiliki banyak perubahan dari sisi fasilitasnya. Yang semuanya ditujukan untuk kenyamanan pengunjung dong pastinya 😅. Semoga coban coban yang lain segera terkespos ya, karena menurut Elok teman saya yang menjadi tour guide kami saat itu menjelaskan bahwa masih ada 2 atau 3 air terjun lagi yang belum sempat terjamah pengelolaannya. 

Oia Coban Jahe ini, dikelola oleh pemuda sekitar ternyata. Jadi dana yang didapat dari penjualan tiket dikelola oleh pemuda sekitar yang menjadikannya sebagai mata pencaharian. Semoga Coban Jahe bisa semakin dikenal ya oleh masyarakat, tidak hanya masyarakat sekitar desa Jabung saja, tapi juga masyarakat luar yang berniat mengeksplorasi alam tepatnya berkunjung ke wahana wisata Coban Jahe Desa Begawan Pandansari Kecamatan Jabung. 


Well, sebenarnya gampang kog jika teman-teman penasaran ingin mencobanya. Dari arah pintu keluar bandara Abdul Rahman Saleh Malang, teman-teman bisa ambil arah kiri pasar Pakis lurus lagi sampai ketemu arah Tumpang. Setelah bertemu gapura besar yang menunjukkan masuk kabupaten Tumpang, sekitar 500 meter akan ada pangkalan ojek sebelah kiri jalan dengan nama desanya Kenongo. Dan didesa itulah Coban Jahe berada, yang pasti gampang nyarinya kog, bahkan penduduk sekitar sudah akrab dengan mobil atau motor asing yang lewat masuk daerahnya untuk berkunjung ke Coban Jahe ini. 

PERSIAPAN TRAVELLING

Yukk ahh, kita cintai alam sekitar dengan selalu menjaga kebersihan saat kita menjadi pengunjung suatu tempat wisata ya guys, jangan lupa kalau kalian ke Malang, mampirlah ke Coban Jahe yang masih alami sekali ini. Nah sedikit tips nih dari saya. Supaya murah jika kalian ingin berkunjung ke destinasi yang ada di kota Malang, maka supaya bisa bebas menjelajah keindahan alamnya sebaiknya berangkat di saat yang tepat ya, jangan saat high session karena mempengaruhi harga tiket pastinya. 

Kalau saya suka mempersiapkan suatu travelling jauh hari sebelumnya supaya bisa mendapatkan harga tiket yang murah. Tidak ada salahnya kalian membandingkan harga dari satu maskapai ke maskapai yang lain. Selamat berwisata teman-teman. Selamat menemukan surga yang tersembunyi dari daerah kalian ya, dan jangan lupa untuk tetap sharing ya 😊.












Komentar

  1. cakep banget y mb masih termasuk murah dg harga 10rb parkir 15 rb bwt mobil 👍 bnr2 surga tersembunyi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehe, bener banget mbak murmer ya wkwk

      Hapus
  2. Weh untuk naik ke atasnya itu mesti hati2 juga, tapi emang cakep banget sih air terjunnya. Malang kayaknya emang terkenal dengan coban2 yang cakep2 gini ya, sering baca paket wisata Malang yang destinasinya ke coban2 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Miss bener banget, Malang emang sudah hits dengan banyaknya wisata alam ya menarik seperti ini hehe

      Hapus
  3. Awal baca judulnya ada jahe2nya. Mikir. Wah febri nulis masakanan.. hahaha.. begitu baca.. waaah ternyata air terjun toh. Itu keren banget ya. Htmnya juga murah. Jangan high session.. iya lah dimana2 klo HS mah pasti rame. Cuus aah mke malang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, karena banyaknya Jahe dulunya mbak jadi disebutnya Coban Jahe hehe. Cuss ahh jangan HS ke Malang nya wkwk

      Hapus
  4. Feb, aku pernah ke Coban Rondo di Malang. Itu ada hubungannya ga dengan Coban jahe? Aku dulu belum cobain tuh hehehe..Inget deh waktu itu ke air terjunnya cuma lupa naro foto2nya di mana hiks. Murce juhg ya HTM nya per orang hanya 10 ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coban Rondo kan jauh mbak dari Coban Jahe hehe. Beda arah juga kalo Coban Jahe ke arah Timurnya Malang kalao Coban rondo arah baratnya Malang. Iya murmer hehe bisa menikmati alam dengan begitu senangnya

      Hapus
  5. Ane kirain restoran atau cafe atau warung makanan. Soalnya Ada nama jahe. Keren banget Ye Dan indah banget tuh air terkini Nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Hai hai teman teman. Sepakat kan kita semua bahwa sebenrnya semua wanita itu cantik dan menarik dengan versinya masing-masing. Bedanya kenapa sih kita melihat ada wanita yang terlihat selalu fresh dan cantik? Ada juga wanita yang terlihat biasa saja tapi nampak awet muda. Atau ada juga wanita yang kulitnya sehat dengan penampilan yang bersahaja.


Well itulah pilihan masing - masing diri ya. Tergantung kita mau dan siap meluangkan waktu tidak untuk membersihkan muka secara rutin, berolahraga teratur, memakai skin care yang mendukung kulit kita, minum air putih yang cukup, atau memiliki pola makan dan hidup sehat. Yeesss...itulah beberapa tips untuk tampil cantik dan percaya diri ala dr Tri Asih Budi Utami. Seorang dokter yang menjadi pakar kecantikan, yang diundang hadir untuk sharing seputar kesehatan kulit dan bagaimana merawat wajah supaya kita tetap tampil cantik. 


Wanita yang tampil cantik dan modis dengan balutan busana hitam mix putih ini menjadi salah satu narasumber di acara Beau…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat

Pagi hari sekitar tanggal 22 Otober 2017, ketika matahari masih malu-malu untuk bersinar. Saya pun segera bergegas menuju stasiun KRL terdekat. Bukan apa-apa sih, karena saya harus mengejar jadwal keberangkatan KRL Tangerang ke Duri Jakarta tepat pukul 05.30 WIB. "Sesekali saya harus ikutan Car Free Day" gumam hati saat diajakin temen-temen buat seseruan berolahraga pagi di bundaran HI ini. Secara...saya pun belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang jadi pusat keramaian warga DKI ini di Minggu hari. Dengan memakai dress code berwarna merah, saya pun siap membelah Jakarta di pagi hari.

Oke sampai sana pun, saya mencari teman-teman yang ternyata sudah berkumpul dan sedang mengikuti senam bareng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Well, ternyata di hari itu, BPOM membuka stand yang dipenuhi oleh masyarakat sekitar guys. Sebelum saya mendekatkan diri ke panggung utama yang nampak rame itu. Saya pun sempat melihat mobil BPOM yang nampak rame dikerumuni pengunjung Car Free …