Langsung ke konten utama

Danone Dukung Tumbuh Kembang Anak Dengan Parental Policy Cuti Enam Bulan


[Reportase Event] "Selamat ya, atas kelahiran putri keduanya. Ngomong-ngomong kamu dapat cuti berapa hari" dan teman lama saya pun menjawab dengan singkat "dua hari doang, belum puas lihat putri kecilku. Padahal masih kepengen juga nemenin istriku yang lagi babyblues sudah harus masuk kerja lagi" Welll itu lah contoh kasus singkat yang terjadi di sekitar kita.  

Pasti banyak juga kasus serupa yang terjadi pada karyawan suatu perusahaan yang istrinya baru saja melahirkan. Ataupun karyawati yang baru saja melahirkan, tetapi sudah harus bekerja kembali sementara anaknya masih butuh banget belaian dan kasih sayang ibu nya.

Saya sendiri pun suka kasihan, kalau lihat teman yang baru saja melahirkan tetapi sudah harus masuk kerja lagi. Doi suka galau hehe. Nah makanya pas ada acara bareng Danone di hotel Double Tree daerah Cikini Jakarta, tepatnya tanggal 29 Agustus 2017. Saya pun langsung tercerahkan, karena surprise dengan isi materi yang disampaikan oleh narasumber yang hadir. 


Ada 4 narasumber nih yang hadir di acara ini, yang pastinya erat dengan dunia anak-anak dong. Adapun narasumber yang hadir adalah : 
  1. Ibu Rohika Kurniadi Sari, selaku asisten Deputi pemenuhan hak atas pengasuhan keluarga dan lingkungan kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI.
  2. Dr. dr Rini Sekartini SpA (K), selaku dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang anak.
  3. Bapak Luhur Budijarso selaku ketua umum asosiasi perusahaan sahabat anak (APSAI).
  4. Bapak Evan Indrawijaya, selaku HR Director Danone ELN Indonesia.
Teman-teman pastinya tahu dong ya Danone? tanpa saya harus menyebutkan xixi. Itu loh produsen minuman air mineral terbesar di Indonesia AQUA, bahkan orang beli di warung pun menyebut merk AQUA untuk menanyakan air mineral yang akan dibeli 😆.


Eits tapi bukan cuma air minum AQUA saja lho yang diproduksi melainkan ada makanan dan minuman lainnya yang juga sudah dikenal oleh masyarakat luas. Ada tiga nih kategori utama yang diproduksi perusahaan ini, air minum dalam kemasan, air minum non karbonasi dan nutrisi untuk awal kehidupan. 

Nah, selanjutnya nih saya rangkum hasil pertemuan pagi itu. Semoga infonya bermanfaat ya temans. Karena saya pun juga dapat info yang mencerahkan sekali nih terutama untuk teman-teman yang baru saja melahirkan. 



INFO NARASUMBER ACARA 

Yess, ada narasumber pertama nih yang menjadi pembuka sharing ngobrol pagi ini. Yaitu Ibu Rohika dari kementrian pemberdayaan anak dan perempuan. Yang menyebutkan bahwa cuti hamil dan melahirkan, merupakan salah satu point yang ada di deklarasi universal HAM PBB. 

Nah pemerintah sendiri melalui UU ketenagakerjaan memberikan kebijakan yang tertuang dalam UU nomer 13 tahun 2003 pasal 82 yang mengatur cuti hamil dan melahirkan selama 3 bulan. Untuk itu Ibu Rohika mengapresiasi dengan adanya Policy Parental yang diberikan Danone kepada cuti karyawannya. 

Nah menurut Dr. Rini selaku spesialis tumbuh kembang anak mengungkapkan 1000 hari pertama kehidupan itu sangat menunjang kualitas anak secara optimal lho. Karena tumbuh dan kembang diperlukan anak, apalagi di 1000 hari pertama yang merupakan kombinasi dari nutrisi dan stimulasi. 




Karena ASI merupakan hak anak, maka sepatutnya diberikan secara optimal oleh ibu. Dengan ASI ekslusif selama 6 bulan yang didukung penuh oleh keluarga, sehingga menjadikan aturan cuti selama 6 bulan menjadi langkah baik untuk kualitas anak Indonesia yang sempurna.

Selanjutnya ada narasumber berikutnya yaitu bapak Luhur, selaku Ketua Asoiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI). Jadi beliau bertugas sebagai koordinir 150 perusahaan yang sama-sama memiliki visi menjadi perusahaan yang ramah terhadap anak. Karena sejatinya anak itu juga merupakan stakeholder atau pemangku kepentingan yang sangat penting bagi dunia usaha. Untuk itu salah satu komitmen APSAI adalah untuk membantu pemerintah mewujudkan perlindungan atas hak anak dan mendampingi perusahaan-perusahaan untuk lebih ramah anak. 


Hal ini dengan menerapkan kebijakan manajemen, program maupun produk yang layak anak. Kebijakan pemberian cuti hamil dan melahirkan yang dimiliki grup Danone di Indonesia merupakan salah satu contoh perusahaan ramah anak dan mendukung tumbuh kembang anak dari sisi manajemen. 

Bapak Luhur juga menambahkan, Danone menjadi perusahaan pertama diantara anggota APSAI yang menerapkan peraturan cuti 6 bulan kepada karyawatinya. Dan cuti 10 hari untuk karyawan yang istrinya melahirkan. Untuk itu bapak Luhur berharap, semoga peraturan ini juga akan menular kepada perusahaan anggota APSAI yang lainnya.

Yuhuu, sekarang saatnya ada narasumber terakhir nih yang berikan pemaparan, bapak Evan selaku perwakilan dari Danone menyebutkan bahwa perlunya Danone mendukung 1000 hari pertama kehidupan karena penting untuk membantu tumbuh kembang kehidupannya di masa yang akan datang. Selain alasan-alasan yang dikemukakan sebelumnya oleh narasumber terdahulu. 


Perusahaan yang telah memiliki 23 pabrik dengan karyawannya sekitar 15.000 orang telah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah keluarga. Untuk itu Danone menerapkan kebijakan mendukung tumbuh kembang anak di 1000 hari pertama awal kehidupan mulai dari kandungan. 

Nah, untuk membuktikan komitmennya ini. Danone memberikan kebijakan Parental Policy yang sejalan pastinya dengan visi dari Danone. Cuti hamil dan melahirkan selama 6 (enam) bulan bagi karyawatinya , serta cuti 10 hari bagi karyawannya, merupakan terobosan baru dalam dunia kerja di Indonesia. 


Nah untuk mensupport Parental Policy ini Danone memiliki beberapa terobosan dan kebijakan seperti :
  1. Danone menyediakan RUANG LAKTASI di setiap kantor dan pabrik yang dimilikinya. Tentunya dengan fasilitas ruang laktasi yang memadai.
  2. Adanya pemilihan dan pendelegasian kepada karyawan yang menjadi DUTA GIZI yang memiliki tugas memastikan sang ibu dapat memberikan nutrisi yang sesuai bagi anaknya sejak dalam kandungan. Jadi Duta Gizi ini akan mensupport teman-temannya sesama karyawan saat melahirkan atau hamil, di dalam sebuah grup whatsapp 😍
  3. Dibentuknya fasilitas sementara penitipan anak selama satu bulan pasca lebaran, untuk memfasilitasi karyawan atau karyawati menitipkan anaknya saat para asisten rumah tangga mereka belum datang kembali.
  4. Hak dan insentif tetap diberikan 100% untuk karyawan yang istrinya melahirkan atau karyawati yang cuti hamil dan melahirkan. Sesuai dengan ketentuan yang diatur perusahaan. 

Eits, saya pun terpana lho mendengar penjelasan dari bapak Evan, saya sudah bisa membayangkan betapa bahagianya jadi karyawati Danone yang porsinya 50% di perusahaan itu ahahaha. Pak Evan melanjutkan sharingnya bahwa perusahaan pun merasakan dampak positif yang luar biasa dengan adanya Parental Policy ini. 

Perusahaan merasakan bahwa karyawan atau karyawati menjadi semakin loyal dalam pekerjaannya. Bonding nya pun semakin terasa antara pekerja dan perusahaan. Karena para karyawan karyawati ini merasa dihargai hak nya sebagai keluarga besar perusahaan Danone.

Well saking antusiasnya dengan info di acara ini, saya pun antusias menjadi penanya di acara ini. Dan akhirnya di akhir acara nama saya terpilih menjadi salah satu pemenang live tweet berhadiah voucher belanja, yeayyy. Terimakasih Danone, semoga karyawan dan karyawatinya makin sejahtera ya dengan adanya Parental Policy ini. 


















Komentar

  1. Waah keren ya kalau semua perusahaan seperti Danone. Jadi inget waktu masih ngajar. Kalau sekolah tmp ade ngajar dulu bukan cuti full tapi masuk setengah hari. Jadi kalaupun stock susu ga banyak2. Dan kita bisa cepat pulang. Ga jauh beda lah sama policy perusahaan Danone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh itu masih keren juga kebijakannya ya mbak masih berikan keleluasan juga buat busui. Salut juga aku sama Danone xixi

      Hapus
  2. Masih mending ya mba temannya mba itu dikasih cuti 2 hari, kalo perusahaan lain malah ga ngasih sama sekali, paling jg dikasih ijjn tp dgn konsekwensi dipotong gaji. Hhmmm..... Teganya. Eh ko malah curhat. Tapi aku kaget juga ya dgn kebijakan Danone ini yg ngasih cuti 10 hari untuk suami. Hebat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ya. Akupun juga sempat surprise lho dengernya. Karena perusahaan ini bisa kasih ijin cuti yg lumayan lama ya buat pegawainya

      Hapus
  3. Danone rasanya ada biskuitnya juga deh. Keren ini udah kayak di luar negeri, bisa ngasih cuti 6 bulan untuk para ibu, dan 10 hari buat bapakeh. Bisa bantu2 urus ompol anak kan selama 10 hari maknya si bayi masih belum fit. Selebihnya tetap dibantu, biar maknya bayi tetap eksis di socmed.

    Moga perekonomian di Indonesia makin terus maju ya, biar perusahaan lain pun bisa menerapkan yg sama dan moga hak cuti ini dipergunakan dg bijak oleh para ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, keren ya akupun terhenyak saat tahu 6 bulan cutinya xixi. Wakakaka eksis sambil bawa bayi sekarang dong xixi. Aamiin semoga ya makin banyak perusahaan yang mempertimbangkan hak karyawan hehe

      Hapus
  4. Wah, hebat deh salut sama Danone yang menjadi pelopor cuti ini. Bagi karyawan yang isterinya melahirkan dapat cuti 10 hari. Sang ibu cutinya dapat 6 bulan. Subhanallah. Moga perusahaannya makin barokah ya peduli dengan keluarga gini Feb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak, aamiin YRA semoga ya dengan menyejahterakan karyawannya dengan cuti 6 bulan ini. Dibukakan kemudahan di pintu yang lainnya ya

      Hapus
  5. Keren euy, ada duta gizi, makin sehatlah karyawan dan karyawatinya. Selain memberikan asupan bergizi kepada keluarga, bisa jadi support untuk teman-teman di kantor ya, supaya mereka juga bisa memberikan makanan yang bergizi juga kpd keluarganya. Euy, mupeng pula dengan hak cuti karyawati melahirkan dan menyusui, kenyang dech bayinya diASi sampai 6 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener mbak 6 bulan ya, jadi terobosan perusahaan dalam menyejahterakan karyawannya wkwkwk. Salut deh pokoknya sama Danone ini hehe

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Main Ke Taman Potret Yuk

Berkecimpung di dunia blogger yang suka dengan dunia tulis menulis di rumah maya, kita harus dituntut untuk menguasai banyak hal dan keahlian yang gunanya bertujuan untuk memperbaiki konten tulisan kita. Adakalanya kita harus belajar jadi fotografer, harus berlagak seperti wartawan, tekadang harus lihai mengedit foto, menjadi programer yang seolah-olah paham SEO, bahkan ada yang harus menjadi koki dulu baru bisa mereview resep yang akan ditulis. Unik ya profesi blogger itu banyak bidang yang harus dikuasai xixi..makin cinta deh ^_^

Nah, sama seperti yang saya lakukan sekarang ini. Dimana pada suatu hari saya diharuskan menjadi ala-ala model (alahhhh...apa aja feb wakakaka). Lha bagaimana tidak? Saat itu saya masih ingat sekitar jam 10an harus melakukan pengambilan gambar diri saya yang ditujukan untuk mengikuti suatu lomba review sebuah buku inspiratif wanita yang mengharuskan adanya foto selfie diri dengan buku tersebut. Mau ga mau dong karena pingin menampilkan yang terbaik (walau pa…