Langsung ke konten utama

Apa Saja Sih Pencapaian 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK ? Ini Dia Yang Harus Kita Tahu (Bagian 1)



Well jujur, setelah tinggal di Tangerang, dan setiap tahun mengharuskan saya mudik ke Malang (rumah ortu) dan Pasuruan (mertua) baru di tahun 2017 ini lho saya bisa merasakan mudik nyaman dan menyenangkan. Pasalnya jalanan buat mudik pun lancar dan sudah banyak tol baru yang mensupport pemudik termasuk saya. 

Nah, ternyata jalan tol yang merupakan salah satu infrastruktur yang sedang digalakkan pembangunannya lho oleh pemerintahan kita saat ini bapak Presiden Jokowi dan JK. Nah saya pun tahu ternyata pencapaian kerja beliau tidak hanya sekarang. Namun tidak hanya infrastruktur saja lho yang menjadi pencapaian pemerintahan #kerja3bersama. 



Banyak bidang yang sudah dicapai oleh pemerintahan kita sekarang guys. Berikut nih saya rangkumkan setelah saya mendatangi diskusi dan jumpa press antara 5 mentri yang terkait dengan ekonomi. Acara ini dilaksanakan di gedung Binagraha tepatnya kantor staf presiden Jakarta Pusat tanggal 17 Oktober 2017 kemaren. 

Wah, baru ini saya bisa masuk ke tempat yang elit ini. Dengan penjagaan yang ketat dan harus meninggalkan identitas di pos penjagaan. Membuat saya berdecak kagum. Bahwa kantor yang berada di belakang istana presiden yang terletak di jalan Veteran ini tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang lho.  Harus jelas dan pasti apa tujuannya. 



NARASUMBER ACARA
Nah begitu saya masuk ke ruangan yang besar dan dingin. Disitulah saya bertemu dengan beberapa mentri dan juga beberapa kepala setingkat mentri. Ada 7 orang mentri di sesi 1 dan 3 orang mentri di sesi yang kedua. Selaku anak buah presiden ini, para tokoh hebat ini memberikan pemaparan kepada kami apa saja yang menjadi pencapaiannya selama 3 tahun kepemimpinannya berjalan ini. 

Nah, teman-teman pasti penasaran kan dengan pencapaian apa saja sih yang sudah dilakukan selama masa pemerintahan presiden Jokowi - JK ini. Yuk simak tulisanfebri berikut 😊 dengan narasumber yang sudah tidak asing lagi yaitu bapak Johan Budi di sesi pertama dan bapak Teten Masduki di sesi kedua. 



1. MENKO PEREKONOMIAN

Dalam hal ini disampaikan oleh menko perekonomian bapak Darmin Nasution, yang memberikan penjelasan nih kepada kami bahwa saat ini terdapat perbaikan ekonomi yang lebih menggairahkan. Seperti contohnya tingkat angka kemiskinan menurun, pertumbuhan ekonomi yang stabil,  jumlah pengangguran menurun dan juga perbedaan pendapatan masyarakat dapat ditekan. 

Tingkat inflasi pun dapat terkendali dengan baik, di bawah 3,5%. Dan harapan beliau sih pertumbuhan ekonomi bisa terjadi lebih cepat lagi dari tahun tahun sebelumnya dengan 5, 2 % tingkat pertumbuhannya. Dan yang paling dinanti yaitu pembangunan infrastruktur yang signifikan. Pembangunan infrastruktur itu seperti jalan raya, jalan tol, tol laut, jembatan, bendungan, perumahan hingga daerah perbatasan pun pembangunannya tetap diperhatikan.


2. MENTRI KEUANGAN 

Yuhuu, saatnya menyimak ulasan dari mentri keuangan yang diwakili oleh bapak wakil mentri keuangan yaitu bapak Mardiasmo. Disini beliau mengungkapkan bahwa saat ini tidak akan memangkas lagi anggaran belanja pemerintah hingga akhir tahun, dikarenakan defisit yang masih aman. 

Adanya transfer dana ke daerah, seperti yang dilakukan pemerintah di tahun 2016 yaitu sebesar 729,3 T juga merupakan pencapaian selanjutnya. Dan untuk penerimaan pendapatan dari bea dan cukai sendiri saat ini sudah berkisar di angka 108,32 T. 



Saya dan Bapak Wamenkeu Mardiasmo

3. MENTRI PERDAGANGAN 

Hadir pula di forum merdeka barat kali ini, mentri perdagangan. Bapak Eggartiasto Lukito. Beliau dengan gamblang nih, menjelaskan pencapaian kerja dalam bidang perdagangan. Seperti diusahakannya pedagang pasar tradisional mendapatkan alternatif sumber pendapatan serta akses yang mudah didapatkan.  

Saat ini pun, pemerintah sedang menggenjot revitalisasi pasar tradisional yang harus lebih meningkat dari sebelumnya. Beliau memberikan contoh seperti pasar Sindu di Denpasar. Dimana pasar tradisional sudah bisa dikelola dengan baik, bahkan pengunjungnya pun bisa duduk di lantai koridornya lho, saking bersih dan tidak baunya. 


4. MENTRI PARIWISATA 

Nah, dalam waktu yang sama mentri Pariwisata bapak Arief Yahya, juga memberikan report capaian prestasi kerja dari kepariwisataan. Menurut beliau nih, pariwisata pun sekarang bisa menjadi andalan dalam penerimaan negara. Hal ini, disebabkan karena perolehan devisa negara ini salah satunya disumbang dari para wisatawan domestik ataupun wisatawan asing. 

Begitu pula, dalam hal sisi ketenagakerjaan di bidang pariwisata. Terbukti bahwa lapangan pekerjaan di bidang pariwisata menjadi paling murah dan mudah. Terbukti perkembangan pariwisatapun 5% lebih cepat dari Malaysia. 


Sebelum menutup sesi sharingnya, beliau mengungkapkan bahwa saat ini yang masih menjadi 3 destinasi wisata adalah Bali, Jakarta dan Kepri (kepulauan Riau). So sekarang, pemerintah sedang mengembangkan 10 daerah Bali yang baru, yang akan dibagi menjadi 2 yaitu 4 dari pulau Jawa dan 6 dari pulau di luar Jawa. Nah beliau menutup dengan ungkapan presiden Jokowi yang menginginkan bidang pariwisata menjadi sektor unggulan yang tetap harus dikembangkan. 


5. MENTRI KOPERASI DAN UKM

Pencapaian kementrian ini diantaranya terus melakukan reformasi koperasi. Hal ini disampaikan oleh mentri Koperasi dan UKM yaitu bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang berasal dari Bali.  Oia beliau juga menjelaskan bahwa pemerintah saat ini telah membubarkan koperasi sebanyak 40.013 unit selama 3 tahun ini. Hal ini dikarenakan koperasi tersebut sudah tidak aktif lagi. 

Kenapa sih sampai ditutup? ternyata jawabnya adalah bahwa supaya tidak membebani database dari basedata yang sedang dibangun oleh kementrian pimpinan beliau ini. Lalu ini dia reformasi koperasi yang dilakukan oleh mentri Koperasi dan UKM ini. Simak yuk temans :

  • REORIENTASI :mengubah paradigma pembangunan koperasi dari kuantitas menjadi kualitas untuk mewujudkan koperasi modern yang berkualitas dong pastinya.
  • REHABILITASI : memperbaiki dan membangun sistem database secara online database agar akurat dan lebih baik.
  • PENGEMBANGAN : mengembangkan dan memperkuat koperasi sehingga menghasilkan koperasi yang berkualitas dan setara dengan badan usaha yang lainnya.
Well, segini dulu ya temans, di ulasan pertama ini. Selanjutnya kalau masih penasaran dengan capaian kinerja pemerintahan Jokowi JK berikutnya bisa klik disini.





Komentar

  1. Waaah.. seandainya bisa tercapai semua pasar tradisionan seperti pasar Sindu di Denpasar, enak banget ya. Belanja sehari2 jadi nyaman, krn dilantainya aja bisa duduk hahaha.. mak oegelan soalnya. Serasa belanja di supermarket kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pelan pelan bisa terwujud ya Ummi. Sehingga pasar tradisional bisa disejajarkan dengan pasar modern lainnya

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Main Ke Taman Potret Yuk

Berkecimpung di dunia blogger yang suka dengan dunia tulis menulis di rumah maya, kita harus dituntut untuk menguasai banyak hal dan keahlian yang gunanya bertujuan untuk memperbaiki konten tulisan kita. Adakalanya kita harus belajar jadi fotografer, harus berlagak seperti wartawan, tekadang harus lihai mengedit foto, menjadi programer yang seolah-olah paham SEO, bahkan ada yang harus menjadi koki dulu baru bisa mereview resep yang akan ditulis. Unik ya profesi blogger itu banyak bidang yang harus dikuasai xixi..makin cinta deh ^_^

Nah, sama seperti yang saya lakukan sekarang ini. Dimana pada suatu hari saya diharuskan menjadi ala-ala model (alahhhh...apa aja feb wakakaka). Lha bagaimana tidak? Saat itu saya masih ingat sekitar jam 10an harus melakukan pengambilan gambar diri saya yang ditujukan untuk mengikuti suatu lomba review sebuah buku inspiratif wanita yang mengharuskan adanya foto selfie diri dengan buku tersebut. Mau ga mau dong karena pingin menampilkan yang terbaik (walau pa…