Apa Saja Sih Pencapaian 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK ? Ini Dia Yang Harus Kita Tahu (Bagian 1)



Well jujur, setelah tinggal di Tangerang, dan setiap tahun mengharuskan saya mudik ke Malang (rumah ortu) dan Pasuruan (mertua) baru di tahun 2017 ini lho saya bisa merasakan mudik nyaman dan menyenangkan. Pasalnya jalanan buat mudik pun lancar dan sudah banyak tol baru yang mensupport pemudik termasuk saya. 

Nah, ternyata jalan tol yang merupakan salah satu infrastruktur yang sedang digalakkan pembangunannya lho oleh pemerintahan kita saat ini bapak Presiden Jokowi dan JK. Nah saya pun tahu ternyata pencapaian kerja beliau tidak hanya sekarang. Namun tidak hanya infrastruktur saja lho yang menjadi pencapaian pemerintahan #kerja3bersama. 



Banyak bidang yang sudah dicapai oleh pemerintahan kita sekarang guys. Berikut nih saya rangkumkan setelah saya mendatangi diskusi dan jumpa press antara 5 mentri yang terkait dengan ekonomi. Acara ini dilaksanakan di gedung Binagraha tepatnya kantor staf presiden Jakarta Pusat tanggal 17 Oktober 2017 kemaren. 

Wah, baru ini saya bisa masuk ke tempat yang elit ini. Dengan penjagaan yang ketat dan harus meninggalkan identitas di pos penjagaan. Membuat saya berdecak kagum. Bahwa kantor yang berada di belakang istana presiden yang terletak di jalan Veteran ini tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang lho.  Harus jelas dan pasti apa tujuannya. 



NARASUMBER ACARA
Nah begitu saya masuk ke ruangan yang besar dan dingin. Disitulah saya bertemu dengan beberapa mentri dan juga beberapa kepala setingkat mentri. Ada 7 orang mentri di sesi 1 dan 3 orang mentri di sesi yang kedua. Selaku anak buah presiden ini, para tokoh hebat ini memberikan pemaparan kepada kami apa saja yang menjadi pencapaiannya selama 3 tahun kepemimpinannya berjalan ini. 

Nah, teman-teman pasti penasaran kan dengan pencapaian apa saja sih yang sudah dilakukan selama masa pemerintahan presiden Jokowi - JK ini. Yuk simak tulisanfebri berikut 😊 dengan narasumber yang sudah tidak asing lagi yaitu bapak Johan Budi di sesi pertama dan bapak Teten Masduki di sesi kedua. 



1. MENKO PEREKONOMIAN

Dalam hal ini disampaikan oleh menko perekonomian bapak Darmin Nasution, yang memberikan penjelasan nih kepada kami bahwa saat ini terdapat perbaikan ekonomi yang lebih menggairahkan. Seperti contohnya tingkat angka kemiskinan menurun, pertumbuhan ekonomi yang stabil,  jumlah pengangguran menurun dan juga perbedaan pendapatan masyarakat dapat ditekan. 

Tingkat inflasi pun dapat terkendali dengan baik, di bawah 3,5%. Dan harapan beliau sih pertumbuhan ekonomi bisa terjadi lebih cepat lagi dari tahun tahun sebelumnya dengan 5, 2 % tingkat pertumbuhannya. Dan yang paling dinanti yaitu pembangunan infrastruktur yang signifikan. Pembangunan infrastruktur itu seperti jalan raya, jalan tol, tol laut, jembatan, bendungan, perumahan hingga daerah perbatasan pun pembangunannya tetap diperhatikan.


2. MENTRI KEUANGAN 

Yuhuu, saatnya menyimak ulasan dari mentri keuangan yang diwakili oleh bapak wakil mentri keuangan yaitu bapak Mardiasmo. Disini beliau mengungkapkan bahwa saat ini tidak akan memangkas lagi anggaran belanja pemerintah hingga akhir tahun, dikarenakan defisit yang masih aman. 

Adanya transfer dana ke daerah, seperti yang dilakukan pemerintah di tahun 2016 yaitu sebesar 729,3 T juga merupakan pencapaian selanjutnya. Dan untuk penerimaan pendapatan dari bea dan cukai sendiri saat ini sudah berkisar di angka 108,32 T. 



Saya dan Bapak Wamenkeu Mardiasmo

3. MENTRI PERDAGANGAN 

Hadir pula di forum merdeka barat kali ini, mentri perdagangan. Bapak Eggartiasto Lukito. Beliau dengan gamblang nih, menjelaskan pencapaian kerja dalam bidang perdagangan. Seperti diusahakannya pedagang pasar tradisional mendapatkan alternatif sumber pendapatan serta akses yang mudah didapatkan.  

Saat ini pun, pemerintah sedang menggenjot revitalisasi pasar tradisional yang harus lebih meningkat dari sebelumnya. Beliau memberikan contoh seperti pasar Sindu di Denpasar. Dimana pasar tradisional sudah bisa dikelola dengan baik, bahkan pengunjungnya pun bisa duduk di lantai koridornya lho, saking bersih dan tidak baunya. 


4. MENTRI PARIWISATA 

Nah, dalam waktu yang sama mentri Pariwisata bapak Arief Yahya, juga memberikan report capaian prestasi kerja dari kepariwisataan. Menurut beliau nih, pariwisata pun sekarang bisa menjadi andalan dalam penerimaan negara. Hal ini, disebabkan karena perolehan devisa negara ini salah satunya disumbang dari para wisatawan domestik ataupun wisatawan asing. 

Begitu pula, dalam hal sisi ketenagakerjaan di bidang pariwisata. Terbukti bahwa lapangan pekerjaan di bidang pariwisata menjadi paling murah dan mudah. Terbukti perkembangan pariwisatapun 5% lebih cepat dari Malaysia. 


Sebelum menutup sesi sharingnya, beliau mengungkapkan bahwa saat ini yang masih menjadi 3 destinasi wisata adalah Bali, Jakarta dan Kepri (kepulauan Riau). So sekarang, pemerintah sedang mengembangkan 10 daerah Bali yang baru, yang akan dibagi menjadi 2 yaitu 4 dari pulau Jawa dan 6 dari pulau di luar Jawa. Nah beliau menutup dengan ungkapan presiden Jokowi yang menginginkan bidang pariwisata menjadi sektor unggulan yang tetap harus dikembangkan. 


5. MENTRI KOPERASI DAN UKM

Pencapaian kementrian ini diantaranya terus melakukan reformasi koperasi. Hal ini disampaikan oleh mentri Koperasi dan UKM yaitu bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang berasal dari Bali.  Oia beliau juga menjelaskan bahwa pemerintah saat ini telah membubarkan koperasi sebanyak 40.013 unit selama 3 tahun ini. Hal ini dikarenakan koperasi tersebut sudah tidak aktif lagi. 

Kenapa sih sampai ditutup? ternyata jawabnya adalah bahwa supaya tidak membebani database dari basedata yang sedang dibangun oleh kementrian pimpinan beliau ini. Lalu ini dia reformasi koperasi yang dilakukan oleh mentri Koperasi dan UKM ini. Simak yuk temans :

  • REORIENTASI :mengubah paradigma pembangunan koperasi dari kuantitas menjadi kualitas untuk mewujudkan koperasi modern yang berkualitas dong pastinya.
  • REHABILITASI : memperbaiki dan membangun sistem database secara online database agar akurat dan lebih baik.
  • PENGEMBANGAN : mengembangkan dan memperkuat koperasi sehingga menghasilkan koperasi yang berkualitas dan setara dengan badan usaha yang lainnya.
Well, segini dulu ya temans, di ulasan pertama ini. Selanjutnya kalau masih penasaran dengan capaian kinerja pemerintahan Jokowi JK berikutnya bisa klik disini.





Komentar

  1. Waaah.. seandainya bisa tercapai semua pasar tradisionan seperti pasar Sindu di Denpasar, enak banget ya. Belanja sehari2 jadi nyaman, krn dilantainya aja bisa duduk hahaha.. mak oegelan soalnya. Serasa belanja di supermarket kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pelan pelan bisa terwujud ya Ummi. Sehingga pasar tradisional bisa disejajarkan dengan pasar modern lainnya

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk