Antara Saya, Keluarga dan HIT Expert Bantu Basmi Nyamuk Bandel



Selain menjadi seorang fulltime blogger, istri, ibu dari 2 anak lelaki, saya pun menjalani kegiatan saya sebagai seorang kader posyandu. Karena dengan menjadi kader posyandu saya bisa mengabdikan diri untuk dekat dengan masyarakat, memiliki banyak teman, memiliki pengalaman dan ilmu yang banyak tentang keluarga. Nah, ketika menjadi kader posyandu disitulah saya banyak ilmu tentang bermasyarakat. Termasuk saat saya terjun langsung dalam menjalankan tugas. 

ANTARA SAYA DAN NYAMUK
Saya ingat banget, saat akhir tahun lalu saya harus turun langsung ke masyarakat untuk survey satu persatu rumah warga yang ada dalam wilayah RW tempat tinggal saya. 

Nah, karena gerakannya kali ini gerakan rumah bersih bebas nyamuk. Jadilah saya dan ber 4 teman kader lainnya turun ke masyarakat. Wow dan ga nyangka dari rumah yang kami kunjungi banyak banget yang memiliki jentik-jentik nyamuk. 

Oke, saya pun berangkat dari pagi pukul 8 dan mendatangi rumah warga yang tinggalnya paling jauh dari perbatasan antar RW. Oke, setelah menjelaskan siapa kami, dan apa maksud kedatangan kami. Maka kamipun dipersilahkan masuk ke bagian rumah mereka. 

Ada yang suka dikunjungi dan ada yang merasa risih juga saat kami masuk ke dalam rumah untuk mengecek satu persatu bagian rumahnya yang berpotensi memancing kehadiran nyamuk. 


Karena kami ber 5 maka tugas pun kami sebar. Dan langsung deh berpencar masing-masing sambil membawa senter tentunya. Karena sebelumnya sudah dibrief bagaimana mencari jentik-jentik nyamuk so kami pun sigap saat turun di lapangan. 

Caranya gampang lho temans menentukan jentik-jentik nyamuk yang pastinya akan cepat membesar itu. Dengan mengarahkan senter ke permukaan air saja, maka jika bak mandi itu mengandung jentik-jentik. Maka jentik-jentik itu langsung berenang ke arah datangnya senter dan bergerak-gerak meliuk-liukkan tubuh mungilnya.

Hiiiiii saya pun ngeri dilihatnya, sampai merinding ini bulu kudhuk, begitu melihat mereka yang jumlahnya lebih dari 10 di setiap tempatnya. Selama disorot dengan lampu senter, selama itu pula mereka akan otomatis berenang-renang cantik di situ. Duhh ga kebayang ya, bagaimana rasanya jika ada yang cebok, mandi atau gosok gigi dengan air bak mandi yang memiliki jentik-jentik nyamuk. Pastinya menjijikkan dan juga berbahaya dong. 


Ternyata hasil dari beberapa hari saya menjadi Jumantik (Juru Pemantau Jentik) itu membuahkan kesimpulan yang bener-bener bisa jadi pelajaran deh untuk saya menjaga keluarga dari nyamuk. Tahu ga temans, ternyata selama saya turun di lapangan ada beberapa tempat lho yang menjadi tempat favorit tuh bakal nyamuk.

Berdasarkan fakta di lapangan mereka ternyata bisa tumbuh dan hidup di tempat strategis seperti vas bunga, aquarium, barang bekas yang dibiarkan terbuka, tempat penampungan air seperti ember-ember kecil tertutup yang disiapkan di kamar mandi untuk stok, bagian penampungan air yang ada di Air Cooler (Semacam kipas angin, tapi terasa lebih sejuk mengingat ada penampungan air di body belakangnya), dan yang paling membuat kami ternganga adalah saat membuka tempat  penampungan tetesan air minum dalam dispenser air minum salah satu rumah warga. Wow ga nyangka banyak banget jentik-jentik  nyamuk itu bobo cantik di dalamnya. 

Bahkan saya lah orang pertama yang membuka gentong taman rumah salah satu anggota dewan yang terhormat, kebetulan rumah keduanya di dekat rumah saya. So, saya pun sempat kaget melihat banyak bakal nyamuk yang bersarang di gentong taman rumah megah itu. Selain itu juga di bak mandi nya pun adaaaaa guys duhhh syeremmm. 

Duhh, sepertinya masyarakat butuh banget deh diedukasi supaya jauh-jauh dari nyamuk yang bisa menjadi penyebab kematian jika tidak ditangani dengan serius. Apalagi kita tahu kan ya, jika nyamuk itu binatang yang mematikan dan tanpa pandang bulu baik jenis kelamin, umur, cuaca maupun kondisi si korban. 

KELUARGA DAN HIT 
Oke, sesampai di rumah kebayang dong ya apa yang harus saya lakukan. Saya pun bergegas bebenah sama ART kesayangan untuk memberantas nyamuk. Dan saya pun mengambil langkah instan untuk berantas nyamuk. Jadi, setelah semua dibersihkan, termasuk mengambil baju atau tas yang bergantungan di tembok belakang pintu. Saya pun menggunakan obat nyamuk saja supaya mudah dan praktis. 
HIT Expert Bantu Basmi Nyamuk Bandel
Kenapa sih, harus memakai obat nyamuk. Iyalah ya, secara saya sudah ga telaten lagi jika harus memukul nyamuk pelan-pelan ataupun menjadi petugas jaga malam dengan menggunakan raket nyamuk untuk melindungi 3 lelaki saat tidurnya. Kebayang dong betapa repotnya hayati jika tidak menggunakan obat nyamuk sebagai media pengusir nyamuk.

Nah, berhubung di luaran sana banyak merk obat nyamuk yang beredar. Maka pilihan saya langsung jatuh pada HIT. Kenapa? karena saya pertama kali nyoba memakai langsung sreg dengan aromanya. Bukan untuk dicium sih memang, namun aromanya yang khas membuat saya bisa bersahabat dengan obat nyamuk. 

Saya ingat banget saat akan tidur selalu mengganti HIT Mat dengan refillnya yang berbentuk pipih gepeng persegi panjang. Terbantu banget dan saya pun merasa cukup terhindar dari nyamuk dan bisa bobo dengan cantik deh. Apalagi listriknya hemat dan ga boros. 

Saya saat itu, masih belum kenal dan belum pengen pakai obat nyamuk aerosol. Karena yang saya tahu obat nyamuk ya dibakar, dicolokin listrik atau dipompa untuk ngusirnya.

Tapi, karena suami maunya yang praktis tanpa ini itu dan saya ga repot, maka menyarankanlah mengganti HIT Mat dengan  HIT Aerosol. Dan sebagai istri yang berusaha nurut, saya pun mengiyakan keinginan suami. 

Katanya "Ga perlu khawatir, karena HIT itu aman meski buat anak kecil" Yuhhuuuu berbulan-bulan sebelum bobo akhinya saya tenangggggg dan anak-anak pun bangun tidak perlu garuk-garuk karena digigit nyamuk.

Well, ternyata pilihan saya memilih HIT sebagai bagian dari kepedulian terhadap keluarga dalam melindungi diri dari nyamuk tidak salah lho. Apalagi saya sudah memakai HIT dan menjadikannya teman tidur sejak adek Jo masih bayi ehh keterusan deh sampai sekarang. 

Jujur awalnya ragu memakai obat nyamuk untuk teman tidur, tapi dengan penggunaan yang bijak bisalah ya kita tetap aman dari gigitan nyamuk tapi tetap merasa nyaman juga. 

Dan ternyata saya tahu kalau ada HIT aerosol varian baru saat saya menghadiri Blogger gathering bersama HIT Expert. Acara ini berlangsung tanggal 7 Desember 2017 hari Kamis kemaren bertempat di salah satu gedung Jakarta Pusat. 

Ada narasumbernya yang datang dan tidak asing lagi yaitu dr Lula Kamal yang menjadi brand ambassador HIT Expert. Nah, disitu dr Lula Kamal menjelaskan bahwa nyamuk itu binatang paling sadis dan menjadi binatang pembunuh nomor satu. 

FAKTA TENTANG NYAMUK
Berdasarkan fakta WHO sudah ada 725.000 orang meninggal setiap tahunnya karena nyamuk. Belum lagi di negara kita, ada sekitar 201.885 dari 34 propinsi yang terjangkit DBD. Sehingga mengakibatkan 1585 orang meninggal akibat hewan yang suaranya menggangu tidur kita ini. 

Ada yang menarik nih dari dr Lula. Menurut beliau, nyamuk itu makin hari makin menjadi. Bagaimana tidak, kan nyamuk suka iklim tropis Indonesia yang hangat dan lembab. Dan juga nyamuk sekarang itu doyan kawin dan ukurannya semakin kecil. 

So, untuk memenuhi persyaratan dalam berkembang biak, nyamuk harus lebih banyak menghisap darah untuk mengejar ukuran yang sesuangguhnya. Hiiiiiiiiii ogah banget deh, donor darah sama nyamuk, pahala kagak, malah penyakitnya yang datang.

Btw nyamuk itu juga suka dengan aroma badan kita, jadi dia tahu mana baju yang sudah dipakai dan mana yang belum. Yukkk rajin-rajin bersihkan gantungan baju ya, sebelum doi datang dan menjadikannya sarang nyamuk.


Duhh, saya banget nih. Saat dengar dr Lula bilang bahwa terkadang kita suka menggantungkan baju, celana, jaket, atau hijab yang baru dipakai sebentar dan sayang mau dicuci karena masih bersih. So ambil praktisnya cukup digantung saja di kamar dan gampang kalau mau dipakai lagi. 

Ternyata ituuu salah besar lho temans, apalagi nyamuk suka banget ikutan kita bepergian kemanapun, cukup nimbrung di dalam mobil dan akan berkembang biak jika ada di tempat baru. 

Oia menurut dr Lula Kamal gampang lho bagi nyamuk itu berkembang biak, dia cukup butuh 1CC air untuk bertelor, hingga akhirnya menjadi jentik-jentik, lalu kepompong dan akhirnya menjadi nyamuk yang siap menggigit si kecil saat tidur huaaaaaaa.
Tenpat Nyamuk Bersarang di Sekitar Kita

SAYA DAN HIT EXPERT
Dan solusi mudah dari dr Lula cukup menggunakan obat nyamuk aerosol untuk mencegah nyamuk menemani si kecil bobo cantik. Nah, dengan HIT Expert obat nyamuk semprot yang diproduksi oleh Godrej Indonesia ini cukup membantu menjauhkan nyamuk dari keluarganya. Dengan menyemprotkan HIT Expert ini satu jam sebelum anak-anak tidur dr Lula pun tidak memperbolehkan keluarganya masuk ruangan kamar sebelum diberi aba-aba masuk hehe. 

Well , saya pun pulang dari acara penasaran ingin menjajal juga tips dari dr Lula Kamal untuk menyemprotkan HIT Expert sebelum menjelang tidur. Berapa banyak Feb nyemprotnya? bebas aja ya ga ada patokan tergantung teman-teman seberapa butuh mengusir nyamuknya. Oke tata cara dalam pemakaian yaitu dengan menyemprotnya ke arah atas ya biarkan partikel halusnya (Micro Particle) bekerja dengan maksimal dan dapat bertahan lama di udara sehingga nyamuk bandel pun bisa dibasmi dengan lebih baik. 

Kemudian setelah disemprot dan dirasa cukup merata ke ruangan. So, pintu kamar pun saya tutup rapat-rapat dan melarang 3 lelaki masuk ke dalamnya. Dann hasilnya aromanya saya suka, nyamuk pun tewas di tempat haha.



Hit Expert Emang Lawannya Nyamuk Bandel 

Oia ngomong-ngomong ada 2 aroma nih yang bisa kita pilih dari HIT Expert. Yaitu aroma Sweet Flower dan Aroma Citrus. Tapi diantara keduanya sih saya suka aroma Sweet Floral ya berasa bukan lagi nyemprotin obat nyamuk deh, tapi bagaikan menyemprot pengharum ruangan 😅. Padahal biar bagaimanapun tetep bahaya lho temans karena HIT Expert ini adalah pestisida yang bisa juga digunakan untuk membunuh lalat dan kecoa selain tokcer pastinya untuk nyamuk bandel dong. 


Dan kelebihan lain yang saya suka dari HIT Expert ini adalah, kemasannya yang lebih Ergonomis nyaman digenggam dan membuat semprotannya lebih halus. Selain itu cocok juga lho untuk emak irit macam saya, dengan teknologi Double Nozzle nya mampu menghasilkan semprotan yang halus sehingga membuat kita tidak boros karena menyemprotkan secukupnya. Jangan lupa dikocok dulu ya sebelum menyemprotkannya. Btw jangan lupa pula untuk menjauhkan makanan dari tempat yang akan disemprot ya, dan selamat tinggal nyamuk bandel.



Komentar

nchie hanie mengatakan…
Haloo Ibu Kader Posyandu, seneng bisa ketemu yaa di acara Gathering Community KEB

Bu, bu..di rumah ku juga banyak banget nyamuk bandel ga pagi, siang dan malam. Trus praktekin tipsnya Dr Lula Kamal tentang nyemprot HIT Expert, ahh Blogwalking pun aman dari gigitan dan gangguan nyamuk bandel.
Febrianty mengatakan…
Tuh kan untung ada HIT expert yang membuat Blog Walking jadi enteng ya hehe. Seneng juga ya bisa ketemuan sama Teh Nchie. Semoga next ada lagi kesempatannya ya
Sary Melati mengatakan…
Dispenser pun gak luput jadi sarang nyamuk, padahal itu air minum kita huhuhu. Ngeselin bht nyamuk ini ya :(
Ria Bilqis mengatakan…
Di lingkungannya juga ada kader posyandu, setiap Jum'at keliling bawa senter. Mereka mendatangi rumah satu persatu untuk memeriksa ada jentik nyamuk di bak kamar mandi, di belakang lemari es, di kolam ikan. Tapi saya juga sebagai warga, jadi jumantik di keluarga sendiri agar nyamuk ga bisa bersarang dan berkembang biak. Saya juga gunakan HIT untuk usir nyamuk bandel di rumah. Alhamdulillah ampuh .
Ucig mengatakan…
Mbaa, aku jg pakai HIT karena aromanya nggak bikin pusing. Bersahabat. Masyarakat perlu banget edukasi ttg nyamuk Jaman now nih ya mba..
Lia Harahap mengatakan…
Ibu kader posyandu yang wajib ditiru nih aksinya.

Aku pakainya cuma beberapa kali semprot aja. Walaupun kadang gatel sih pengen nyemprot mulu, abis mulus sih semprotannya hahahaha :D
Lia Lathifa mengatakan…
Bu kader posyandu yg cantik-cantik, pasti pada mau dong dicek-cekin rumahnya haha.. Di rumah juga wkt itu muncul jentik (ncu) banyak, gara2 naro ember di saluran air hujan, untung ada ikan cupang, jadi makanan ikan deh. Memang nih sesekali rumah harus disemprot HIT biar tuntas
ayu anggarini mengatakan…
Waah dirimu ibu kader posyandu, pasti musim penghujan gini sibuk meriksain jentik yaa? Aku jg pakai Hit expert mbaa yg sweet flower
Febrianty mengatakan…
Iya sampai ada di dalam dispenser hiii, ngeselin banget emang kudhu bebersih ya kita
Febrianty mengatakan…
Wah samaan dong ya kita, pakai HIT juga. Nah setuju ga harus menunggu petugas datang ya untuk mengawasi kebersihan dan menjauhkan rumah dari nyamuk. Cukup dri sendiri untuk melindungi rumah dan keluarga dari nyamuk.
Febrianty mengatakan…
Ya bener banget mbak, karena nyamuk jaman Now makin canggih dan tambah bandel. Nah, setuju akupun suka pakai HIT ga bikin pusing hehe
Febrianty mengatakan…
hahaha, kalau ga ingat itu obat nyamuk kepengen deh dipakai terus ya hehe.
Retno Kusumawardani mengatakan…
toss mba... awal suka sama HIT ini karena aromanya, enggak menusuk... soal kualitas emang ga diragukan lagi sih...
Adriana Dian mengatakan…
kubarutau kalo jumantik itu singkatan dari juru pemantau jentik.. Hihihiii. Kader posyandu yang satu ini emang kece banget nih <3 Alhamdulillah sekarang udah ada HIT Expert ya, kita jadi nggak perlu khawatir dengan nyamuk bandel lagi kaaan
Ade Anita mengatakan…
putus hubungan ama nyamuk yuk..eh.. itu iklan lain ya
Febrianty mengatakan…
Hahahaha nah lho, harus berterimakasih ya sama ikan cupang yang makanin jentik2 nyamuknya wkwkkw. Cuss lah disimpen embernya biar ga jadi sarang nyamuk. Iya dong pakai HIT langsung mati tuh nyamuk xixi
Febrianty mengatakan…
Hehe iya mbak, untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar wkwk, wah sama dong ya HIT ers kita xixi
Febrianty mengatakan…
Nah bener, awal suka dan jatuh cinta sama HIT karena aromanya kan. Samaaa kita xixixi, pilih yang berkualitas untuk menjaga keluarga dari serangan nyamuk ya
Febrianty mengatakan…
Haha sering dengar ya padahal Jumantik itu wkwkwk. Nah iya bener banget untung ada HIT yang bisa ngelawan nyamuk bandel.
Istiadzah mengatakan…
Rajin amat mbaaak keliling. Bu kader di tempatku, rajin sih keliling, tapi cuma untuk minta tanda tangan doang, nggak ngecek2 bak mandi aku lagi, aneh ya. Jadi andalanku sekarang ya udah pake HIT Expert yang wangi baru aja. So far sih ampuh! :)))
Nurul Sufitri mengatakan…
Wiiiiihhh.....ada Jumantik cantik di Posyandu nih :D hahahaha keren bingits si ibu yang satu ini. Mamaku juga pernah menjadi kader selama bertahun2 malah sebagai ketuanya tuh. Memang butuh kesabaran memeriksa satu per satu rumah apakah ada jentik nyamuk dan semacamnya. Warga mesti bersyukur ada kader yg memperhatikan ya. Btw HIT Expert ini benar2 membantu ibu untuk membasmi nyamuk bandel lho. Sudah terbukti manfaatnyanya, nyamuk ogah nempel lagi deh. Ada 2 wangi baru ya tapi tetap harus kasih durasi 1-2 setelah disemprotkan di ruangan dan ditutup rapat pintunya.
Febrianty mengatakan…
Heheheh iya mbak, jadi kader untuk mengabdikan diri ke masyarakat aja sih xixi dan punya pengalaman lebih banyak. Wahh sama dong ya kayak mamanya. Btw HIT expert emang membantu bangt ya
Awan mengatakan…
Keren nih Mba Febri langsung terlibat dalam kegiatan masyarakat seperti itu, banyak pengalaman berharga ya Mba.

Dan saya baru tahu bagaimana mengecek jentik nyamuk, ternyata bisa dilihat dengan mengarahkan cahaya senter ya Mba. Makasiih Tipsnya hehehe
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Aku suka wangi fresh citrus. Makanya mulai sekarang kalau ada baju atau celana yang habis dipakai langsung aku masukin mesin cuci, nggak pake digantung lagi. Mengundang nyamuk pada bersarang
Febrianty mengatakan…
Hehe, iya untuk bersosialisasi ke masyarakat dengan cara gampang wkwkkw. Hooh pakai senter aja gampang, ntr jentik2nya muncul sendiri wkkwkw
Rani Yulianty mengatakan…
Dan saya pun pernah mengalami bak kamar mandi yang selalu penuh jentik dan diakali dengan dimasukkan ikan ke bak, bersih sih tapi geli juga mandi sama ikan
Dewi Nuryanti mengatakan…
Nyamuk itu ternyata bisa dimana mana ya.Bandelnya gak ketulungan. Terus elit lagi. Senang digenangan air bersih.Ditempat yg tak terduga.Sptnya populasi nyamuk ngga menurun yak malah merajalela. Untungnya Mak sdh pakai HIT Expert. Suka wanginya.
Ratna Dewi mengatakan…
Ibu ini sungguhlah teladan banget, selain aktif kegiatan blogger juga aktif di masyarakat. Salut banget lah. Bisa nggak ada fotocopy-an ibu-ibu kayak Mbak Feb ini? Kalo ada minta 1 ya, hihi biar lingkungan rumahku juga jadi bersih.
Tira Soekardi mengatakan…
HIT memang mantap deh, sy pengguna setianya
Febrianty mengatakan…
Wakakakaka emang ada jadwal khususnya sih mbak buat turun ke lapangan. Nah terbantu banget kan ya sama HIT Expert
Febrianty mengatakan…
Nah bener, setuju emang kadang suka sayang ya jika ada baju yang baru dipakai dan kayaknya masih bersih xixi. Harus diikutin nih
Febrianty mengatakan…
Huaaa biar jentiknya dimakan ikan ya mbak, tapi malah ga nyaman dong gosok gigi bekas ikan berenang2 wkwkkw.
Febrianty mengatakan…
Hahahahaha bisaaahhh aja kamu. Cuss awasin peredaran nyamuk ya
Febrianty mengatakan…
Horeee bener banget emak, HIT Expert wangi dan bikin populasi nyamuk turun apalagi nyamuk jaman now ya
fanny_dcatqueen mengatakan…
Omg, aku yg baca juga ikutan geli mba :o. Rumahku juga rutin sih pemeriksaan gini dr bu rt nya... Dan alhamdulillah bersih. Tapi aku jg pgn meriksain sendiri trutama yg mba bilang kyk bekas tampungan air dispenser.. Sepertinya blm prnh cek kesitu -_-
Febrianty mengatakan…
Xixixi sama dong ya mbak, akupun ikutan geli kalo nemu jentik jetik nyamuk . Yukk coba dicek
Melinda Niswantari mengatakan…
Assalamu'alaikum,
Selain nyonya fashion ternyata kamu juga kader posyandu juga too...Makin salut aku, jadi tau cara cek jentik-jentik nyamuk. Selama ini dipelototin aja ada uget-uget apa enggak haha. Sacara selama ini agak cuek, hehe. Tapi kalau dibiarin aja malah jadi makin ngeri bin serem ya, nyamuk makin bandel soale dan beranak pinaknya cepet :(

Untung udah ada HIT Expert ya, jadi praktis...aromanya juga enak nda bikin pusiiing hihihi
Nita Lana Faera mengatakan…
Tante juga ada yang ikutan Jumantik di RW-nya. Pernah pas ibu jumantik ke rumah, elalah ternyata air tergenang itu ada di belakang dispenser. Nggak ngeh untuk buang karena di belakang.

So far di rumah juga pakai Hit karena wanginya itu emang nggak bikin puyeng. Wanginya soft dan nyemprotnya juga nggak perlu banyak2.
Titis Ayuningsih mengatakan…
Saya paling risih kalau ada nyamuk di kamar, jadi gak bisa bobo. Untungnya ada hit expert, solusi biar bobo makin nyaman