Cara Menabung Mudah dan Aman Dengan SOBATKU (review)



"Bang Bing Bung Yukk Kita Nabung"
"Tang Ting Tung Heyy Jangan Dihitung, Tahu - tahu Kita Nanti Dapat Untung"

Begitulah kira-kira potongan lagu ciptaan Titik Puspa yang cukup populer di era 90an saat saya masih duduk di bangku SD (duhh jadi ketahuan deh umurnya😃😃). Lagu yang mampu menyemangati anak-anak supaya hobi nabung demi masa depan *asyik.

Memang bener sih, menabung sedari dini itu harus diterapkan supaya menjadi kebiasaan. Jika anak-anak sudah terbiasa menabung, maka kelak saat mereka dewasa akan lebih mudah dalam menghargai yang namanya uang. Dengan belajar menabung, anak akan belajar untuk mengatur uang mereka secara bertanggung jawab dan mandiri dalam mengambil keputusan. 

GAVINO DAN CELENGAN KALENG

Misalnya nih ya, seperti yang saya terapkan pada 2 lelaki kecil di rumah. Saat pergi ke sekolah mas Gav jarang banget saya bekali uang, mengingat setiap pagi saya menyiapkan makan siang dan juga bekal snack yang saya bawakan dari rumah. Sehingga mas Gav sudha terbiasa untuk tidak jajan di sekolah, nah saat ada pelajaran tambahan otomatis waktu pulangnya akan lebih siang dari biasanya. So, saya memberinya uang jajan yang jumlahnya hanya Rp 5000. 

Nah, sepulang sekolah pun di sore hari terkadang mas Gav dan juga adek Jo minta uang untuk jajan di sore hari. Masa iya, saya ga kasih 😆. Ehh ternyata tanpa saya sadari, mas Gav sepulang sekolah membawa pulang uangnya utuh dan langsung dimasukin di dalam celengan kaleng yang saya bedakan gambar super hero nya diantara kedua kakak beradik ini. 

Hal ini berlangsung terus menerus meski tanpa saya tahu. Meskipun sama dengan adek Jo, namun semangat si kakak ini bener-bener membuat saya bangga sekaligus terharu. Dalam hati, moso iya temannya makan dia malah ga kepengen karena katanya sudah kenyang dengan bekal yang saya bawakan. Dalam hati sebenarnya bangga juga sih, dia yang memang sejak balita sudah akrab dengan celengan kaleng atau celengan ayam yang berbahan plastik bisa memiliki niat yang tinggi buat nabung.

Pernah waktu saya "mas, kalau uangnya sudah banyak kepengen buat apa?" ehh jawaban dia di luar dugaan saya "mas Vino pengen ke Mekkah bun, pengen lihat Ka'bah"  (Duhhh..lagi ngetik begini pun saya merinding lho temans, sambil mengaminkan keinginan dia supaya suatu saat bisa terkabul. Lalu beberapa hari lalu dia sempat bertanya pada saya "Bun, celengan mas Vino sudah banyak nih mau dipindahin kemana? sudah ga muat diisi uang lagi"

Saya yang ditanya pun langsung diam memikirkan jenis tabungan yang tepat buat si kecil 9 tahun ini. Walaupun banyak sih di luar sana yang menawarkan program tabungan anak. Tetapi saya pengennya yang gampang dan mudah aja tanpa ribet harus menyiapkan waktu khusus untuk mengurusnya yang membuat harus keluar rumah. "Nanti ya mas, kita fikirkan lagi mau dipindah kemana. Pakai saja dulu celengannya"

KENALAN DENGAN SOBATKU


Sebenarnya kalau dalam hal menabung, semua orang pasti setuju dong bahwa ingin yang praktis, mudah dan aman pastinya. Apalagi di jaman dan era tekhnologi seperti sekarang. Itulah sebabnya saya belum menemukan produk yang cocok untuk lelaki kecil penggemar air putih itu. 

Namun, pada tanggal 19 Januari 2018 bertempat di lobby Sampoerna Strategic Square Jakarta saya berkenalan dengan SOBATKU untuk pertama kalinya. Saya pun sebenarnya bertanya, apa sih SOBATKU? Nama yang simple dan mudah diingat. 

Usut punya usut, ternyata SOBATKU itu adalah simpanan online dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati berbasis aplikasi yang memungkinkan kita menabung dan bertransaksi menggunakan nomor handphone sebagai rekening dengan mudah, praktis , gratis kapanpun dan dimanapun kita berada.

Lho kog Koperasi? Tenang guys, meskipun, simpanan koperasi namun jangan khawatir karena SOBATKU sudah beroperasi sejak tahun 2009 dan bersinergi dengan Bank Sahabat Sampoerna. Bahkan SOBATKU jadi Koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).  Dan kabar baiknya lagi SOBATKU berada langsung di bawah pengawasan Kementrian Koperasi dan UKM. Kantor cabangnya pun sudah berjumlah 120 yang tersebar di seluruh Indonesia. 


KELEBIHAN NABUNG DI SOBATKU
Saya sendiri pun langsung penasaran dengan SOBATKU ini karena ternyata memiliki banyak sekali keunggulan dan kemudahan yang menguntungkan kita jika menjadi nasabah lho. Dan berikut nih keunggulan / kelebihan jika kita menabung di SOBATKU yang berbeda seperti bank konvensional pada umumnya, seperti :
  1. No HP = Nomor Rekening (mudah dihafal dan ga perlu ribet bawa buku tabungan)
  2. Bebas setoran awal dan tidak ada saldo yang ditahan (mengendap)
  3. Bisa setor dan tarik tunai di jaringan waralaba Alfamart dan Alfamidi seluruh Indonesia
  4. Waktu transaksi lebih panjang dari pukul 07.00-21.00 (wah ini nih yang harus dicoba)
  5. Melayani banyak trasaksi pembayaran seperti bisa membeli pulsa telpon, membayar TV berlangganan,  membayar PLN yang pastinya dengan biaya admin lebih murah.
  6. Transaksi terjadwal.
  7. Tarif murah transfer bank lain hanya Rp 4000 sajo (arrrgghhh, selisihnya nyata banget nih jika dibandingkan dengan bank lainnya)
  8. Bebas biaya bulanan →Duhh hari gini, masih ada yang kasih gratisan ya :)
  9. Adanya Referral Code, dimana kita bisa mendapatkan passive income dengan mudah hanya mendaftarkan kode referral yang diinginkan.
  10. Makin banyak transaksi akan makin banyak point yang kita dapatkan.
RAJIN NABUNG, DAPAT 100 JUTA DARI SOBATKU
Hemmm banyak juga ya kelebihan dari SOBATKU yang pastinya membantu banget. Makanya saya setuju saat acara berlangsung pun dihadiri oleh banyak pihak terkait seperti sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM, Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia, jajaran pengurus dan pengawas KSB Sahabat Mitra Sejati, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Kementrian Sosial RI, Polsek Setiabudi, Notaris, Undangan serta anggota dan calon anggota KSP Sahabat Mitra Sejati.


Ternyata semua yang undangan yang hadir akan menyaksikan acara pengundian Grand Prize SOBATKU yang kedua kalinya ini. Karena pengundian tahap pertama sudah dilakukan di bulan Oktober 2017 silam. Dan saatnya dilakukan pengundian tahap kedua dengan total hadiah senilai Rp 159.000.000 yang terbagi dalam undian berhadiah Rp 100.000, Rp 500.000, Rp 1.000.000, Rp 5.000.000, Rp 10.000.000 dan Rp 100.000.000 😍.  Wowh 100 juta cinn siapa yang bisa nolak duh duh.

Hadir di acara ini bapak Ceppy Y Mulyana selaku ketua KSP Sahabat Mitra Sejati. Beliau menyampaikan bahwa Semua Bisa Nabung, Semua Bisa Menang inilah yang diungkapkan bapak Ceppy pertama kali. Dengan batasan tabungan maksimal hanya Rp 20.000.000 dalam satu akun, maka peluang setiap orang memenangkan grand prize 100 Juta akan makin besar. Belum lagi masih ada kesempatan menang di undian bulanan dan grandprize per 3 bulanan sampai Desember 2018.

Sayapun masih ingat betul betapa wajah Radot Kornelius tersenyum bahagia dan senang tak terkira di saat detik-detik namanya terpilih menjadi pemenang di sore hari itu. Pria berkacamata berusia 27 tahun yang menjadi karyawan swasta ini, bagai mendapati durian runtuh saat namanya tercantum di layar besar berisikan nomor HP yang menjadi noreknya itu. Menurut rencananya, uang 100 juta yang diperolehnya itu akan dipakai untuk biaya kuliah S2 yang bisa mendukung pekerjaannya.

NABUNG MUDAH DAN AMAN DENGAN SOBATKU (Share Pengalaman)


Sumber Gambar :www.sobatku.co.id

Oke, setelah acara berlangsung saya dan teman-temanpun foto bersama dan undur diri. Nahhh dalam perjalanan pulang itulah saya terinspirasi untuk memindahkan tabungan mas Gav dari celengan kaleng bergambar spidermannya itu ke tabungan SOBATKU yang pastinya akan memakai akun saya dong mengingat masih di bawah umur.

Yapp, pas banget deh keesokan harinya di sore hari itu saya lihat mas Gav sedang memasukkan lembaran uang 2000 nya yang seharusnya dipakai untuk jajan. Melihat dia memasukkan dengan agak kesusahan mengingat celengannya sudah peuh, maka kesempatan itu tidak saya sia-siakan untuk berbicara dengannya tentang keinginan saya untuk memindahkan celengannya ke dalam tabungan SOBATKU. 

Ternyata mas Gav pun menyambut baik dan setuju sekali dengan usulan Bunda nya ini. So, langsung deh kami berdua membuka celengan kaleng yang ternyata berisi uang sebesar Rp 269.400 yang terdiri dari berbagai macam pecahan uang kertas sampai uang logam. Alamak uang 100 perak pun ditabungnya 😆😆 bikin rempong mak nya ini ikut ngitung. Banyak juga dalam hati saya saat bantu membuka celengannya.

Nah, karena membuka tabungan di Sobatku harus berkelipatan Rp 50.000 so uang yang kami tabungkan pertama pun sebesar Rp 250.000 dan sisanya?? "buat jajan es krim saja bun" kata dia 😅 So berdua kami pergi ke Alfamidi terdekat untuk buktikan kemudahan dari SOBATKU. 

Dan berhasil dengan gampang lho saat bilang ke si mbak kasir akan setor tunai di SOBATKU. Saya cukup menyebutkan nomor HP dan menemani mas Gav setor uang recehannya itu 😂 dan taraaaa ga lama nomor rekening saya pun terisi dengan nominal Rp 250.000 punya mas Gav yeayyy. 


Cara Menabung Di SOBATKU
Oia ini dia cara mudah nabung di SOBATKU. Sebelumnya jangan lupa juga untuk mendownload aplikasinya yang bernama SOBATKU terlebih dahulu pada Playstore dan mengisi data diri yang dibutuhkan dengan baik dan benar dong, caranya pun gampang kog. Teman-teman tinggal memasukkan foto KTP, foto selfie dengan KTP sesuai dengan petunjuk. Setelah akun kita jadi dengan nomor rekening adalah nomor HP kita sendiri, so data diri kita pun sudah masuk menjadi daftar nasabah dari SOBATKU ini. 

Mau tarik atau ambil uang tunai di alfamidi atau alfamart terdekat juga gampang lho. Tinggal sebutkan kode yang kita dapat pada sms untuk diinput di komputer kasir saat melakukan pengambilan uang. Sementara untuk setoran tunai biasa, kita cukup memberitahukan nomor HP yang sekaligus berfungsi sebagai norek saat akan melakukan transaksi. Simple dan gampang deh,apalagi jaringan alfamart alfamidi bisa kita temui di sepanjang jalan di manapun kita berada xixi.  



Lebih lengkapnya bagaimana cara nabung di SOBATKU dengan mudah. Semuanya terangkum di vlog ala saya dan mas Gav berikut ya. Semoga bermanfaat juga buat teman-teman yang kepengen tahu bagaimana cara menabung di SOBATKU. Apalagi di jaman yang serba digital begini ya, menabung berbasis aplikasi pastinya membantu banget dong.

Untuk info lebih jelas silahkan kunjungi www.sobatku.co.id atau bisa di Kontak SOBATKU di 1500 218. Kalau saya sih sudah langsung membuktikan ya kemudahan nabung di SOBATKU. Tanpa buang waktu untuk registrasi isi data ini itu, tanpa terbatas pada waktu setor dan pastinya bebas biaya bulanan dong. Lalu bagaimana dengan teman-teman? siapa tahu semakin banyak point yang kita kumpulkan, semakin banyak kesempatan memenangkan hadiah undian dari SOBATKU. See u di tulisanfebri berikutnya.





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat