Langsung ke konten utama

Yuk Jadi Konsumen Cerdas Dengan Cek KLIK ala BPOM



"Awas mbak, ini sudah expired lho" kata adek saya saat melihat beberapa bumbu instan di dapur saat lagi main ke rumah tempo hari. Saya sendiri pun juga pernah memergoki minuman kemasan yang dijual lemari display pendingin di counter HP saat saya membeli pulsa beberapa minggu lalu. 

Apalagi saat ini mendekati hari raya Idul Fitri. Pastinya sebagai konsumen kita kudu jeli melihat produk yang akan kita beli atau kita konsumsi. 

Bapak Sumartono (Kiri) dan Bapak Adhi (Kanan)
Hal ini, senada seperti yang disampaikan oleh Bapak Adhi S Lukman selaku Ketua GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) pada tanggal 5 Juni 2018 di Atrium Pejaten Mall Village Jakarta Selatan tempo hari . GAPMMI pun, memberikan penjelasan terkait bagaimana pelaku usaha memastikan dan menjamin keamanan, mutu dan gizi dari suatu produk yang beredar di masyarakat. 

Selain itu hadir pula Bapak Drs Suratmono MP selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM yang sempat bertemu dengan saya dan beberapa teman blogger lainnya.  Menurut bapak Suratmono yang berkacamata ini banyak memberikan sharing seputar bagaimana cara menjadi konsumen yang cerdas. 

Menurut beliau nih, mengemukakan bahwa masyarakat sebagai konsumen akhir. Sudah selayaknya memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap produk pangan. Minimal kesadaran untuk dirinya sendiri. "Hemmm iya juga sih ada benernya ya, karena kalau bukan diri kita yang memonitor dengan benar. Lalu siapa lagi?"

Cara ini pula, yang harus dilakukan oleh masyarakat supaya tetap memiliki rasa aman saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuhnya.

Ibu Penny K Lukito (Kepala BPOM)
KENALAN DENGAN Cek KLIK Yuk !
Adalah salah satu hal yang bisa dilakukan dalam menjadi konsumen yang cerdas. Cek KLIK merupakan kepanjangan dari :
  1. Cek KEMASAN : dengan memastikan kemasan tidak rusak, penyok atau sobek maka kita bisa pastikan makanan atau minuman itu aman untuk dikonsumsi.
  2. Cek LABEL : Jangan lupa, untuk memeriksa sebaik mungkin setiap label dari yang akan kita konsumsi. Label sendiri, menurut UU No 18 tahun 2002 harus memuat nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, atau isi bersih, nama atau alamat pihak yang memproduksi, halal, tanggal produksi, tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa, nomor izin edar bagi pangan olahan, dan asal usul pangan tertentu. 
  3. Cek Izin Edar : Harus kita pastikan juga bahwa makanan atau minuman yang akan kita konsumsi memiliki izin edar yang resmi dari BPOM atau instansi terkait lainnya.
  4. Cek Kadaluarsa : Penting ini, supaya kita tahu apakah makanan atau minuman itu masih layak untuk dikonsumsi atau tidak.
Nah, saat itu pula. Selesai talk show pun di akhir acara, diadakan sebuah games menarik untuk 5 orang blogger terpilih dalam menerapkan Cek KLIK dalam sebuah parcel yang berisi beberapa item produk. 

Di dalam sebuah kemasan parcel itu, ada beberapa produk yang sudah esxpired, produk yang tidak layak konsumsi karena kemasannya yang penyok, ada juga produk yang tidak memiliki izin edar dan ada juga produk yang tidak menyebutkan informasi labelnya dalam bahasa Indonesia (Produk Impor). 
Salah Satu Produk Yang Tidka Memiliki Ijin Edar Dalam Bahasa Indonesia
Acara pun semakin seru dengan ditambah sesi tanya jawab berhadiah, seputar informasi dan pengetahuan tentang memilih makanan aman dan sehat. Apalagi menjelang hari raya seperti ini. 

Oia beberapa waktu sebelum kami, menunggu adzan magrib berkumandang. Maka diajaklah saya dan teman-teman lainnya melakukan kunjungan ke sebuah gerai pusat perbelanjaan retail besar yang ada di lantai bawah Mall Pejaten Village ini. Ada ibu Penny K Lukito, selaku Kepala BPOM RI yang ditemani oleh Bapak Suratmono dan Bapak Adhi dari GAPMMI dan juga bapak Roy Mandey dari ketua umum APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia). 

Secara kita tahu bahwa kedua asosiasi ini yaitu GAPMMI dan juga APRINDO merupakan rekan dari BPOM dalam menyiapkan pangan sehat dan aman dikonsumsi untuk masyarakat. Sehingga pemerintah melalui BPOM dapat bersinergi dan bekerjasama dengan kedua pihak swasta tersebut dalam menciptakan pasar yang nyaman dan aman dikonsumsi dalam urusan pangan.



Setelah melakukan sidak di beberapa rak tertentu yang menjadi pajangan dalam men display makanan dan minuman yang siap konsumsi, dipastikan bahwa semuanya aman sehingga layak dikonsumsi oleh masyarakat. So, jangan khawatir ya temans, dengan peredaran produk makan dan minum yang ada di pasaran. 

Selama kita menerapkan Cek KLIK ala BPOM dengan benar dalam memeriksa makanan dan minuman yang kita konsumsi. Maka bisa dipastikan kita akan menjadi masyarakat yang cerdas dan sehat karena memperhatikan dengan detil apa yang kita konsumsi. 

Wah, saya pun jadi paham dan nambah ilmu nih seputar bagaimana cara menjadi masyarakat sekaligus konsumen yang cerdas dalam memilih makanan da minuman yang akan dikonsumsi. Pastinya dengan Cek KLIK yang kudhu diterapkan dong dalam kehidupan sehari-hari. Oia jangan lupa ikutan lomba blognya ya, yang berhadiah jutaan rupiah dari BPOM. 

Selamat merayakan hari raya Idul Fitri ya temans, jangan lupa selalu melakukan Cek KLIK pada makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Sampai ketemu lagi di tulisanfebri berikutnya. 
Bersama Ibu Penny Lukito, Dicandid sama teman 













Komentar

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Hai hai teman teman. Sepakat kan kita semua bahwa sebenrnya semua wanita itu cantik dan menarik dengan versinya masing-masing. Bedanya kenapa sih kita melihat ada wanita yang terlihat selalu fresh dan cantik? Ada juga wanita yang terlihat biasa saja tapi nampak awet muda. Atau ada juga wanita yang kulitnya sehat dengan penampilan yang bersahaja.


Well itulah pilihan masing - masing diri ya. Tergantung kita mau dan siap meluangkan waktu tidak untuk membersihkan muka secara rutin, berolahraga teratur, memakai skin care yang mendukung kulit kita, minum air putih yang cukup, atau memiliki pola makan dan hidup sehat. Yeesss...itulah beberapa tips untuk tampil cantik dan percaya diri ala dr Tri Asih Budi Utami. Seorang dokter yang menjadi pakar kecantikan, yang diundang hadir untuk sharing seputar kesehatan kulit dan bagaimana merawat wajah supaya kita tetap tampil cantik. 


Wanita yang tampil cantik dan modis dengan balutan busana hitam mix putih ini menjadi salah satu narasumber di acara Beau…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…