Langsung ke konten utama

Belajar Wakaf Yukk, Amalan Yang Tidak Akan Hilang Sampai Kapanpun



Assalamualaikum, 

Apa kabar teman-teman semua? semoga semua selalu sehat ya. Karena dengan kesehatan itu penting banget. Kita bisa melakukan apapun dan kapanpun dengan nyaman tanpa hambatan dan bisa lebih semagat dalam menjalaninya.

Nah, beberapa hari yang lalu, bertempat di gedung megah Jakarta. Saya sempat ketemuan sama beberapa teman yang lain untuk sharing dan belajar tentang Islam. Bersama bapak Ah Azharuddin Lathif M.Ag., MH yang sangat gamblang dalam menyampaikan ilmu siang hari itu dan pastinya dengan suara yang lantang disertai gaya yang asyik. 

Sebagai seorang muslim, pasti kita semua tahu lah ya bahwa jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah semuanya, kecuali 3 hal yaitu :
  1. Sedekah jariyah (Wakaf)
  2. Ilmu Yang Bermanfaat 
  3. Doa Anak yang sholeh / sholehah
Dari ketiga point itu, pastilah semua menarik untuk dibahas ya. Tetapi yang paling mengusik pikiran saya adalah di point pertama, dimana kita harus bersedakah jariyah atau bahasa nya Wakaf. Seperti yang kita tahu, bahwa keistimewaan wakaf adalah terus menerusnya manfaat hingga generasi yang akan datang tanpa mengurangi hak atau merugikan generasi sebelumnya. 

Diskusi Ringan Kami Seputar Wakaf Bersama Bapak Azzaruddin Lathif (Berdiri)
Demikian pula wakif akan mendapatkan pahala yang terus menerus dan berlipat lipat. Duhh jadi kepengen ikutan wakaf juga nih, lalu apa dong Feb yang bisa kamu wakaf? mimpi dulu ya bisa wakaf yang bermanfaat buat orang lain. Memang sih wakaf ini menarik banget, mengingat pahalanya yang akan mengalir terus menerus meski si wakif sudah meninggal dunia. 

Oia beberapa akhir-akhir ini pasti sering kita mengetahui kan banyaknya pembangunan masjid yang bersifat wakaf. Selain itu mulai banyak sekolah, panti asuhan, pondok pesantren bahkan rumah sakit pun yang didirikan dengan bantuan wakaf masyarakat. Masyaallah ya 😅 kagum saya dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran luar biasa atas bekal kehidupan akhiratnya kelak. 

Sebelum ngobrol lebih lanjut tentang wakaf, pasti tahu dong apa yang dimaksud dengan Wakaf itu? Jadi, menurut Ulama dari Syafiiyah pengertian wakaf adalah menahan harta yang dapat diambil manfaatnya dengan tetap utuhnya barang dan barang itu lepas dari penguasaan si wakif (pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) serta dimanfaatkan pada sesuatu kebaikan yang diperbolehkan oleh agama.

Setiap perbuatan pasti akan ada tujuan dan fungsinya dong? lalu bagaimana dengan wakaf ini? Nah, menurut bapak berkacamata yang selalu tersenyum dalam menyampaikan materi kepada kami ini menjelaskan bahwa : Wakaf itu sendiri bertujuan untuk memanfaatkan benda wakaf sesuai dengan fungsinya. Adapun fungsinya adalah mewujudkan potensi ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum pastinya. 

Nah, selanjutnya ini dia persyaratan yang harus dipenuhi oleh perseorangan yang menerima manfaat wakaf (nadzir) :
  1. WNI 
  2. Beragama islam
  3. Dewasa
  4. Amanah
  5. Mampu secara jasmani dan rohani 
  6. Tidak terhalang dalam melakukan perbuatan hukum 
Selain perseorangan, organisasi pun dapat juga lho menjadi nadzir bila memenuhi persyaratan : 
  1. Pengurus organisasi yang bersangkutan dapat memenuhi persyaratan nadzir perseorangan
  2. Organisasi yang bergerak di bidang sosial, kemasyarakatan, pendidikan dan keagamaan
Bagaimana dengan persyaratan jika diperuntukkan untuk berbadan hukum? Ini dia persyaratan yang harus dipenuhi : 
  1. Pengurus badan hukum yang bersangkutan dapat memenuhi nadzir perseorangan 
  2. Badan hukum Indonesia yang dibentuk berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Badan hukum yang bersangkutan bergerak di dalam bidang sosial, pendidikan, kemasyarakatan dan keagamaan
Terus apa saja dong yang bisa dijadikan obyek wakaf ? jawabannya yaitu benda yang tidak bergerak (tanah, bangunan, rumah) dan yang tidak bergerak (uang, logam mulia, surat berharga, kendaraan, hak sewa dll menurut perundangan yang berlaku)

BERWAKAF SAMBIL BERASURANSI 
Sebenarnya sudah banyak sih ya pengelolaan wakaf di luar negeri ataupun di pengelolaan di negara kita sendiri yang telah sukses dan bisa menghasilkan pundi pundi uang yang jumlahnya tidak sedikit kemudian diputar lagi untuk kebutuhan umat, sehingga memberikan banyak manfaat dong kepada orang lain. 

Tim Kami pun ga mau kalah pengen kepoin Wakaf asuransi 
Wakaf sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak hal, mulai dari yang besar hingga memberikan wakaf yang kita merasa mampu untuk memberikannya. Termasuk dengan polish asuransi? why not . Selama polish yang digunakan adalah polish asuransi syariah tentunya lebih nyaman dan membuat kita yakin dong ya. 

Ada beberapa hal yang membuat ketenangan dalam asuransi syariah seperti adanya :
  1. adanya dewan pengawas syariah yang berfungsi untuk mengawasi operasional perusahaan agar sesuai dengan standart syariah
  2. adanya akad Tabarru' (hibah) dan akad Tijarry (Mudharabah, Musyarakah, Wakalah bil ujrah dan Mudharabah Musytarakah)
  3. adanya sistem saling menanggung antar peserta
  4.  investasi yang harus dilakukan sesuai dengan UU dan juga prinsip syariah dong pastinya
  5. dana adalah milik bersama peserta, perusahaan hanya memegang amanah mengelola dana 
Sumber : Bapak ust Ah Azharuddin Lathif
Hemm saya sendiri baru tahu lho, jika keberadaan polish itu bisa diwakafkan. Emang ada ya Feb? nah justru itu saya pun sebenarnya sudah penasaran dan ga sabar nih, pengen tahu lebih lanjut tentang adanya polish yang bisa diwakaf kan. Konon katanya Prudential syariah akan mengeluarkan produk wakaf polishnya lho. Wahh ga sabar nih 😍 

Apalagi, kebetulan juga suami saya ikut asuransinya juga prudential syariah yang alhamdulilah belum pernah klaim dari sekarang (berarti sehat terus dong ya) Makanya pengen tahu nih lebih lanjut tentang asuransi sejuta umat itu. Bagaimana bisa sebuah polish diwakaf kan? hemmm nantikan lanjutannya di tulisanfebri ya. Karena memang wakaf ini adalah amalan yang tak kan hilang sampai kapanpun, makanya tidak akan habis untuk dibahas ya genks.

Selamat berlomba dalam kebaikan teman-teman, selamat mencari bekal untuk dunia dan juga akhirat yang harus berimbang. Jika kita melakukan segala seuatu dengan jalan yang diridhoi Allah dalam segala hal, semoga berkah ya buat langkah kehidupan kita selanjutnya.  

Pict by Adriana Dian













Komentar

  1. Aku pun penasaran mbak, sepertinya program asuransi syariah sambil berwakaf ini menarik, apalagi pahala berwakaf itu luar biasa banget ya. Masyaallah.. pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, jadi double double. Udah berpahala trus bisa memberikan jaminan pula sama diri kita jika amit-amit ya terjadi sesuatu ke depannya

      Hapus
  2. Ayo memulai investasi sekaligus perlindungan diri sehingga kita bisa melindungi diri di dunia dan akhirat.

    Memberikan wakaf bukan kepada sembarang orang dan ada aturan yang harus di taati oleh badan penerima wakaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget Mpo. Mudah2an penerima dan pemberi wakafnya pun bisa menerima manfaatnya ya

      Hapus
  3. Kita nggak akan pernah menjamin yaa, apakah nantinya anak2 kita menjadi anak yg soleh dan soleha, namun dengan berwakaf ini paling tidak ada pahala yg terus mengalir sampai kita meninggal dunia ya Kaa.. Jadi mau wakaf apa niy Feb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya bener banget Ev. Mudah2an anak2 jadi anak sholeh sholehah. Trus kita pun masih dapat pahala dari wakaf ini ya

      Hapus
  4. Menarik juga asuransi bisa diwakafkan. Biasanya dalam asuransi, pemegang hak warislah yang mendapatkan total jumlah nilai polis bila ingin dicairkan suatu saat.

    BalasHapus
  5. Nah, inilah uniknya ya mbak. Jadi polish nya nanti bisa diwakafkan yang pahalanya bisa mengalir sampai kapanpun

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Hai hai teman teman. Sepakat kan kita semua bahwa sebenrnya semua wanita itu cantik dan menarik dengan versinya masing-masing. Bedanya kenapa sih kita melihat ada wanita yang terlihat selalu fresh dan cantik? Ada juga wanita yang terlihat biasa saja tapi nampak awet muda. Atau ada juga wanita yang kulitnya sehat dengan penampilan yang bersahaja.


Well itulah pilihan masing - masing diri ya. Tergantung kita mau dan siap meluangkan waktu tidak untuk membersihkan muka secara rutin, berolahraga teratur, memakai skin care yang mendukung kulit kita, minum air putih yang cukup, atau memiliki pola makan dan hidup sehat. Yeesss...itulah beberapa tips untuk tampil cantik dan percaya diri ala dr Tri Asih Budi Utami. Seorang dokter yang menjadi pakar kecantikan, yang diundang hadir untuk sharing seputar kesehatan kulit dan bagaimana merawat wajah supaya kita tetap tampil cantik. 


Wanita yang tampil cantik dan modis dengan balutan busana hitam mix putih ini menjadi salah satu narasumber di acara Beau…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat

Pagi hari sekitar tanggal 22 Otober 2017, ketika matahari masih malu-malu untuk bersinar. Saya pun segera bergegas menuju stasiun KRL terdekat. Bukan apa-apa sih, karena saya harus mengejar jadwal keberangkatan KRL Tangerang ke Duri Jakarta tepat pukul 05.30 WIB. "Sesekali saya harus ikutan Car Free Day" gumam hati saat diajakin temen-temen buat seseruan berolahraga pagi di bundaran HI ini. Secara...saya pun belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang jadi pusat keramaian warga DKI ini di Minggu hari. Dengan memakai dress code berwarna merah, saya pun siap membelah Jakarta di pagi hari.

Oke sampai sana pun, saya mencari teman-teman yang ternyata sudah berkumpul dan sedang mengikuti senam bareng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Well, ternyata di hari itu, BPOM membuka stand yang dipenuhi oleh masyarakat sekitar guys. Sebelum saya mendekatkan diri ke panggung utama yang nampak rame itu. Saya pun sempat melihat mobil BPOM yang nampak rame dikerumuni pengunjung Car Free …