Meriahnya Peringatan Hari Kartini di Kementrian Kominfo 2019


Gaung 21 April tahun ini sepertinya sedikit berasa berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini menurut saya sih ya, secara hari Kartini yang banyak diperingati anak sekolah di tahun ini jatuh pada hari Minggu dan bertepatan dengan euforia pilpres yang baru saja terselenggara. 

Tapi tidak begitu, dengan Kominfo yang telah mengemas apik dan terencana dengan baik untuk peringatan hari Kartini ini. Kementrian di bawah kepemimpinan bapak Rudiantara ini membuat suasana peringatan Hari Kartini sedikit berbeda dan nampak totalitas. 

Bagaimana tidak, pertama kali menginjakkan kaki saat turun dari ojol saya sudah disambut oleh lapangan yang bertemakan pink. Tahu kan ya warna pink itu identik dengan dunia wanita. 



Di lapangan yang lumayan luas berada di antara 2 gedung kantor Kominfo yang kerap disebut gedung depan dan gedung belakang ini, saya melihat ada tenda yang berjejer rapi disertai kursi lipat merahnya. Dengan menjadikan peserta berbagai acaranya ini dari lintas kementrian, membuat suasana semakin semarak dan menghibur para penontonnya. 

Di sepanjang koridor saya menemukan banyak sekali stand para pedagang yang berjualan. Semacam bazaar lah ya. Mulai dari makanan, minuman, kebutuhan fashion hingga buku pun tersedia. 

Oke, lanjut ke acara inti. Naik ke lantai 8 (ups lift nya hanya sampai lantai 7 ya, selanjutnya saya harus berjalan naik tangga) saya melihat ada satu ruangan yang sudah didesain rapi dan siap menyambut para pesertanya dengan tema nasional yang jadi agenda tahunan ini. 

Peserta datang dengan memakai busana kebaya, berkain batik atau bersongket dan ada juga yang menggunakan baju adat daerah di Indonesia dengan nampak anggun dan berasal dari berbagai macam propinsi. Wahh semakin menambah rasa nasionalis pastinya, belum lagi saat kami harus berdiri bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, bergetarrr rasanya dada ini akan kebanggaan dan kecintaan menjadi warga negara Indonesia.

Acara pun sedikit mundur dari jadwal seharusnya karena harus menunggu tamu VIP datang. Yapp mereka adalah Ibu Triana Rudiantara (Istri Bapak Mentri Kominfo)  dan juga Sekjend Kominfo Ibu Niken yang diundang sebagai tamu kehormatan acara "Puncak Peringatan Hari Kartini 2019" ini. 

Sebelum acara di mulai, kami disuguhkan dengan penampilan mas Didik Nini Thowok yang membuka acara pagi itu dengan tarian dwi muka tradisionalnya. Karena ada gerakan yang unik dan bikin ketawa alhasil suasana pun terlihat semakin semarak dan menyenangkan. 


Selanjutnya ada penampilan mbak Bertha yang juga diundang untuk memberikan suaranya yang merdu dalam satu lagu baratnya. Setelah itu satu persatu narsum pun diminta hadir ke atas panggung menempati kursi putih yang telah dipersiapkan. 

Selanjutnya, ada beberapa narasumber yang diundang  hadir membagikan ilmu dan pengalamannya di sini. Ada 4 narsum yang berbicara dan sharing singkat di depan. Seperti : mbak Indah, Mbak Mira Sahid selaku founder dari Kumpulan Emak Blogger, Mbak Joice selaku penulis dan penggiat tentang literasi keuangan dan juga ada perwakilan dari Sisternet XL yang aktif menjadi partner kemenkominfo. 
                                    "KARTINI di ERA DIGITAL"

Begitulah kesimpulan yang bisa saya ambil dari acara hari ini. Dimana dalam hal keuangan wanita sebagai mentri keuangan dalam rumah tangga harus cerdas dalam mengaturnya. "Berinvestasi lah sedari dini" itulah yang disampaikan mbak Joice" membeli saham atau reksadana bisa kog hanya dengan 10.000 saja. 

Mbak Mira Sahid Yang Menyampaikan Seputar Penggunaan Sosial Media 
Apalagi di era digital semua urusan akan semakin mudah, kita tinggal melakukan semuanya hanya dari rumah dan benda mungil yang dinamakan smartphone. Mulai dari akun olshop langganan, hunting tiket liburan bahkan barisan platform sosial media yang menjadi barang wajib untuk dibuka setiap harinya. 

Jangan menyebarkan hoax, dan kebencian. Yuk kita pergunakan akun sosmed kita secara bijak dan dipakai untuk hal yang sifatnya positif-positif saja, hal tersebut akan lebih baik pastinya. Apalagi mampu memberikan energi kebaikan bagi siapapun yang melihat konten dari sosmed yang kita punya.Itulah yang saya bisa ambil dari ilmu yang disampaikan oleh mbak Mira, seorang ibu 2 anak yang akrab disapa Makpon oleh ribuan member nya ini.

Sumber Gambar : Materi Mira Sahid
Mariiiii... kita lanjutkan perjuangan Kartini. Kita jadikan bangsa dan negara ini menjadi lebih baik, dimulai dari hal kecil yaitu "kehadiran" seorang Ibu di rumah. Ibu cerdas yang melek dalam menggunakan tekhnologi dari rumah secara positif. Mendidik anak dengan baik dalam hal agama, akhlak dan sosial juga bijak dalam mengelola keuangan, sehingga bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

Setuju banget nih dengan Kemenkominfo yang mengadakan acara positif ini, acaranya jadi berlangsung dengan meriah, hangat juga berkesan. Karena setelah narsum turun dari panggung masih ada games untuk 4 orang peserta yang hadir dan saya salah satunya. Dilanjutkan dengan pemilihan baju daerah terbaik dari seluruh peserta yang hadir di ruangan dan juga make up class dari Viva cosmetik. Majulah terus kartini Indonesia masa kini, dengan segala kemampuan yang dimiliki. 

Semua Kartini Hebat Yang Hadir Di Acara Ini







Komentar

Grandys mengatakan…
Kereeen banget makpon ini deh. So love. Trus kebaya nya lucuuu nih, unyu unyu. Selamat hari kartini ya
Helena mengatakan…
Loh Ada Didik Nini Towok? Tariannya itu kondang banget Dan luweeees menarinya. Kalau Mbak Berta yg dulu juri acara adu bakat?
@mirasahid mengatakan…
Awww... Tulisan cantik dari salah satu Kartini digital nih. Terima kasih sudah turut hadir Mak. Terus, kenapa kita nggak ada foto berdua ya? :(
Febrianty mengatakan…
Selamat hari Kartini, So Love ya lihat style nya Makpon wkwkkw...semoga kita makin bisa berkiprah di bidang digital ya
Febrianty mengatakan…
Iyap bener banget, juri adu bakat nyanyi dan juga Didik Nini Thowok yang kocak menghibur kami dengan tariannya
Febrianty mengatakan…
Awhhh senangnya ditengok langsung sama narsumnya ahahaha. Iyaaaa saking senengnya sampai lupa foto bareng huhuhu
Ade UFi mengatakan…
Oalaah yg baju kebaya ungu tuh mak mira ya. Pantes, awalnya mikir.. kok febri beda yaa. Hahaha.. sama2 cantik sih. Bener yaa sebagai mak2 jaman now, kita harus melek digital kalau tidak mau ketinggalan rombongan.
www.grandysofia.com mengatakan…
so happy liat mba Feb makin produktif dan kece, apalagi di hari Kartini ini semangat untuk makin memberdayakan perempuan di berbagai bidang demi keberlangsungan ekonomi dan juga ketahanan keluarga
Febrianty mengatakan…
Ahahhaa iya bener Umi, melek digital dan jangan kalah sm kaum Adam haha
Febrianty mengatakan…
Hooh bener banget, semangat diawali dr kita kaum perempuan di dalam rumah ya