Yuk #Sikat Gigi Sekarang! Gerakan Yang Wajib Kita Dukung


MENGENALKAN ANAK SUPAYA TERBIASA MENYIKAT GIGI

Akhir Akhir ini bocil bayi yang menjelang balita ini mulai sadar akan sikat gigi. Gimana tidak? Devina Anindya Renata yang kini menginjak usia 14 bulan meskipun belum bisa berbicara selain menggunakan bahasa jari dan baru sebatas bahasa "ah eh ah eh" untuk berkomunikasi.  

Setiap mandi, secara otomatis jari telunjuknya akan menunjuk ke arah rak putih stainless tempat saya meletakkan semua perlengkapan mandi, sembari menggerak-gerakkan ke kanan dan ke kiri kepalan tangannya di depan mulutnya persis menirukan gerakan orang dewasa saat menyikat gigi . 

Kalau sudah begitu, saya paham dan langsung mengambilkan sikat gigi berukuran kecil yang sengaja saya beli untuknya.  Yapp dia sudah cinta dengan aktivitas menyikat gigi meskipun baru memiliki 2 gigi atas dan akan tumbuh 2 gigi di bagian bawah. 

Kebiasaan seperti ini, baru berjalan sekitar 1 bulanan ini setelah dia mulai tumbuh gigi dan melihat saya ataupun penghuni rumah lainnya seperti 2 kakak ataupun Ayahnya melakukan aktivitas menyikat gigi setiap mandi atau sebelum tidur pada malam hari.  

Tidak ada paksaan dari saya untuknya, namun karena dia juga suka bermain air dan mulai meniru orang dewasa di sekitarnya maka mengenalkan aktivitas menyikat gigi tentulah bukan hal yang sulit. Karena anak akan menirukan setiap apa yang dilakukan oleh orang dewasa di sekelilingnya. Jadi penting banget untuk mengenalkan aktivitas simple yang suka dilupakan oleh para orangtua jaman kini. Menyepelekan menyikat gigi yang sebenarnya sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut. 

Jangan sampai anak kita malas menyikat gigi dan terbawa hingga ia dewasa nanti seperti fenomena malas sikat gigi seperti sekarang. "Emang ada ya Feb orang dewasa yang malas menyikat gigi?" Hemm ada dong. Ga percaya? SAMAAA saya pun juga terbelalak saat tahu fakta ini terjadi di 8 negara yang dilaksanakan pada saat pandemi ini.

PEPSODENT DAN GERAKAN #SIKATGIGISEKARANG!

Jadi, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut 2021 Pepsodent menyelenggarakan survey yang menunjukkan fakta mengejutkan bahwa :

1. Ada sekitar 30% orang Indonesia mengaku malas menyikat gigi seharian penuh.  

2.  Sementara ada 13 % mengaku tidak menyikat gigi sehari 2x

3. Ada pula fakta yang menyebutkan bahwa 25% orang dewasa berangkat kerja tanpa menyikat gigi terlebih dahulu 

4. Sementara sisanya menyebutkan malas menjadi alasan tidak menyikat gigi

Hiii saya pun sedikit ngeri gimana gitu mendengarnya saat jumpa pers secara virtual pada hari Jumat tanggal 19 Maret 2021 sekitar pukul 13.30 wib yang dihadiri oleh beberapa rekan media dan juga teman blogger seprofesi *uhuk*. 

Gimana ya, rasanya jika gigi dan mulut kita tidak tersentuh sikat gigi seharian huhuhu. Bagaimana itu kuman dan juga BM (bau mulut) bisa menyebabkan penyakit baru. Apalagi di musim pandemi ini, kita tahu menjaga kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting karena merupakan sumber masuknya virus yang mengkhawatirkan banyak negara ini.  

Iya sih, mencuci tangannya jadi lebih rajin dibanding menyikat gigi. Memakai hand sanitizer juga lebih banyak jika dibandingkan memakai obat kumur. Padahal sesungguhnya tidak hanya kesehatan fisik dan mental saja yang harus diperhatikan secara ekstra, namun melakukan perawatan gigi dan mulut juga harus dilakukan lebih serius lagi untuk menghindari penyakit lain yang bersumber dari mulut dan gigi pastinya. 

Tentunya, fakta dari hasil survey yang sangat menyedihkan ini langsung disikapi positif oleh Pepsodent. Untuk itulah tepat di acara virtual ini Pepsodent mengkampanyekan gerakan #SikatGigiSekarang!  dengan mengundang beberapa narsum yang hadir dan pastinya berkompeten di bidang mulut dan gigi yang berkaitan dengan permasalahan ini. 

Adapun narsum yang ikut menyemarakkan event virtual ini adalah : 

1. Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia

2. Dr. Gerhard Seebergers selaku Presiden FDI World Dental Federation 

3. drg Oscar Primadi, MPH selaku Sekjend Kementrian Kesehatan RI 

4. drg Ratu Mirah Afifah, GCClintDent., MDSc selaku Head of Suistainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation

5. Dr. dr. R. M. Sri Hananto Seno, S. BM (K). MM (Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) 

6. Duma Riris selaku celebrity mom dan ibu dua anak yang memberikan contoh lifestyle sehat dalam keluarganya dengan menggosok gigi rutin dan memberikan contoh baik kepada kedua anaknya dalam menjaga kesehatan giginya. 

Dimana benang merah dari obrolan online itu adalah tahun ini Pepsodent secara istimewa menggandeng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), mahasiswa kedokteran gigi dan jutaan masyarakat luas melalui gerakan Yuk  #SikatGigiSekarang! lebih sadar menjaga kesehatan gigi dan mulut nya dengan mengajak  jutaan keluarga Indonesia secara virtual menyikat gigi. 

Nah, selain itu menurut drs Ratu Mirah juga mengingatkan kepada semua orangtua untuk menjadikan sikat gigi menjadi kebiasaan baik pada anak-anak.  Jangan sampai keluarga kita terkena masalah kesehatan gigi dan mulut seperti mulut kering, bau mulut, gusi dan gigi berdarah saat menyikat gigi, nyeri pada gigi dan gusi atau mulut dan yang terakhir bisa menyebabkan munculnya karies baru pada gigi. 

DUKUNG "SIKAT GIGI SEKARANG!" 

Oia, sebaiknya melakukan sikat gigi sehari minimal dilakukan dua kali ya supaya terhindar dari kelima kesehatan gigi dan mulut diatas. Karena memang lebih baik mencegah daripada mengobati kan. 

Peran Pepsodent Pada Masyarakat : 

1. Turut serta mendukung gerakan pemerintah supaya Indonesia bebas karies di tahun 2030. 

2. Telah memberikan perawatan gigi dan gusi gratis kepada 50.000 orang. 

3. Donasi yang bernilai ratusan juta melalui kitabisa.com untuk membantu kesehatan gigi dan mulut banyak jiwa penduduk Indonesia. 

4. Memberikan bantuan kepada 2300 tenaga medis untuk tetap kuat dan menjaga kesehatan di musim pandemi ini dalam melayani pasien yang terpapar covid. 

Nah, kalau Pepsodent saja peduli pada kesehatan gigi dan mulut banyak orang. Apalagi kita sebagai masyarakat yang disupport dengan baik maka sudah wajib ikutan mendukung setiap kampanye yang digalakkan oleh perusahaan yang selalu mendapat hati di masyarakat ini. 

Yuk kita dukung #SikatGigiSekarang! karena tanpa dukungan kita dari masyarakat luas dan  banyak pihak,  gerakan positif ini tidak akan terselenggara dengan baik. Terimakasih juga kepada Pepsodent yang senantiasa memberikan energi positif untuk seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sedari kecil. 

Apalagi setiap orangtua akan menjadi role model bagi anaknya, jika orangtua malas dan melewatkan waktu menyikat gigi maka anak akan berpotensi melewatkan waktu menyikat giginya lebih banyak ketimbang dari orangtuanya. Jadi mulai sekarang, jangan malas menyikat gigi ya temans.  

Biarkan saja hanya para responden itu saja yang tercyduk malas sikat gigi, kita dan keluarga di rumah jangan sampai ikut bermalas ria dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang menjadi aset kesehatan berharga di masa depan. Karena memang seperti yang digaungkan oleh Pepsodent yaitu senyum sehat untuk kehidupan yang lebih sehat memang sebaiknya dibantu diwujudkan oleh banyak pihak demi Indonesia sehat.  

Jadi, mulai sekarang jangan malas menyikat gigi minal 2x sehari ya. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum berangkat rebahan tidur. Terimakasih telah membaca tulisan febri kali ini. Semoga bermanfaat dan ketemu lagi di tema kesehatan lainnya ya Genks.  








Komentar

  1. Banyak ternyata yaaa yg males sikat gigi. Ade termasuk yang malas sikat gigi malam. Bukan malas sih lebih ke lupa. Tapi banyakan lupanya drpd nyadarnya.. Hahaha.. Cuma itu kalau sampe ga sikat gigi seharian.. Diih.. Ampun deh. Kan ga enak. Apalagi berangkat kerja ga sikat gigi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA, Iya nih jangan sampai ya berangkat kerja ga sikat gigi. Ga ngebayangin kuman dibawa seharian di rongga mulutnya xixi

      Hapus
  2. Duh, jangankan anak2...kadang orang dewasa juga suka malas atau lupa menggosok gigi terutama malam memjelang tidur 😁 Btw aku sekeluarga setia pakai Pepsodent loh untuk urusan membersihkan gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah samaan kita ya mbak, Nah kan emang malas sikat gigi ini tidak menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak karena mengikuti pola orangtuanya wkwk

      Hapus
  3. Bicara sikat gigi dengan anak anak memang gampang - gampang susaaah ya mba. Ya ampun mereka tuh males banget kalau ngga disuruh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mbak betul. Jadi harus kita yang selalu ingatin buat sikat gigi

      Hapus
  4. buat gigi geraham di belakang susah ya kalo ada yang nyempil kayak daging gitu, kalo sikat gigi bisa sih ilang tapi gak sepenuhnya, makanya dibantu alat kayak disemprot air gitu jadi daging-daging yang nyempil bisa ke luar semua, bisa sampai gigi geraham yang diujung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya betul, makanya menjaga gigi harus ekstra ya

      Hapus
  5. Tahun 2019, saya bedah gigi geraham bungsu yang ga bisa tumbuh. Sekarang, jd ada sedikit rongga di gusi antara geraham belakang dengan bekas bedah. dan sering jadi sarang sisa makanan yang ga bisa disikat gituu...huhuhu.
    eh lha...malah curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu udah ikutan ngebayangin nih gimana ngilu dan sakitnya menjelang bedah gigi ya Mbak. Semoga kini sehat selalu

      Hapus
  6. Ahsiyaap, menyikat gigi 2x sehari setelah sarapan dan malam sebelom rebahan. (kadang aku lupaaa kalo pas malam, bgadang makan indomie,langsung nyemil sambil onlen, bobo deh)
    Tapi salut dan mendukung sama program gerakan sikat gigi sekarang, semoga masyrakat (aku) pun diberikan kessadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.
    Makasih remindernya Maak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga Mbak, telah mampir ya. Semoga kita semua senantiasa ingat pentingnya menjaga kesehatan gigi ya Mbak

      Hapus
  7. Dukung banget gerakan ini... Anak-anak..remaja, dewasa, lansia, semua wajib ya gosok gigi 2 kali sehari dengan cara yang tepat juga... Biar bisa senyum indah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice, betul banget mbak karena mnejaga kesehatan gigi tidak memandang siapa dan bagaimana diri kita ya

      Hapus
  8. Kesempatan bagus mbak, kalo dah minta sendiri gini gampang banget buat nerusin, kayak anakku yan pertama, giginya bagusss.. eh yang kedua susahnyaa diajak gosok gigi, padahal masnya selalu ngasih contoh. demi gigi sehat dan kebiasan baik ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah, iya mbak bener. Anak emang harus dibiasakan juga dari kecil ya demi kebiasaan baik. Semangat buat si dedek ikutin rajinnya Mas menyikat gigi ya

      Hapus
  9. Hihihi...bunda karena minum herbal harus keadaan perut kosong di pagi hari jd kebablasan deh pagi2 gak sikat gigi, gimana msu ngarahin cucu spy gosok gigi. Lha! Bangun tidur kumur2 blm mandi trus sarapan. Tp mau solat alhamdulillah sikat gigi lbo.

    BalasHapus
  10. Nah agak susah-susah gampang mengajak anak supaya mau sikat gigi secara rutin. Tetapi, memang harus dilakukan. Jangan sampai gigi anak menjadi bermasalah. Apalagi di masa pandemi begini

    BalasHapus
  11. menggosok gigi secara rutin memang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi ya mbak
    makanya sedini mungkin harus mengajak anak anak rajin ikut gigi dua kali sehari, supaya mereka punya gigi yg sehat dan kuat

    BalasHapus
  12. Menjaga kebersihan gigi dan mulut memang penting banget. Selain menyikat gigi juga menjaga makanan dan minuman yan bisa merusak gigi. Tapi aku paling deg-degan kalo check up gigi hahaha. Jadi ke dokter giginya kalo udah ada masalah.

    BalasHapus
  13. Memang ortu kudu jadi contoh/ role model untuk anak2 ya mbaaa
    supaya anak2 mau jaga kesehatan gigi dan mulut, ortu juga kudu menjadi teladan.

    BalasHapus
  14. Wah gemes banget dek sudah rajin menyikat gigi sejak dini, semoga kebiasaan baik ini terbawa hingga dewasa ya biar mulut dan giginya sehat selalu..

    BalasHapus
  15. Devina udah gede lagi hihi gumush btw di rumah kalau aku mager wes pasukan bocil juga ikutan mager gosok giginya wkwk jd memang ortu harus jasi contoh

    BalasHapus
  16. Hah! Aku juga shock, masa ada orang yg tahan nggak sika gigi seharian? Kan nggak enak tuh mulutnya. Untungnya ibuku dulu ngajarin rutin sikat gigi,pagi, sore dan sebelum tidur jadi udah kebiasa. Malah kalau nggak sikat gigi rasanya aneh.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah meski masa pandemi ini di rumah aja tapi rutinitas sikat gigi nggak berubah, Mbak. Termasuk anak-anak juga, meski harus terus menerus diingetin.

    BalasHapus
  18. Sikat gigi itu kalau anak anak masih kecil, diwajibkan!
    Nah kalo udah gede kayak sekarang, mereka sendiri yang risih kalo belum sikat gigi sebelum tidur ...

    BalasHapus
  19. waktu anak2 kecil, aku pilihin sikat gigi yag lucuk2 biar semangat menyikat gigi. mulai dari yang aa dinosaurus sampe pegangan aneka warna :D

    BalasHapus
  20. Kesehatan gigi dan mulit perlu banget dijaga sejak dini ya, mulai dikenalkan & dibiasakan tapi ortunya juga pasti harus taat & kasih contoh juga ya. Alhamdulillah gak ada masalah sama gigi di rumah, pakai pasta gigi Pepsodent yang udah sejak aku kecil ada nih

    BalasHapus
  21. Iyes penting banget mengajari anak2 bagaimana menyikat gigi dengan benar sejak kecil supaya terbawa kebiasaan baik ini sampai dewasa ya?
    Aku biasanya anakku ku suruh pilih sikat gigi sendiri saat beli, supaya semangat gosok giginya

    BalasHapus
  22. Bagus sekali sosialisasi dari Pepsodent untuk membiasakan sedari dini sikat gigi dengan tertaur.
    Agar gigi tumbuh kuat dan sehat.

    BalasHapus
  23. Ihh...pinter bangettt udah sadar sikat gigi sejak dini. Aku baca faktu orang yang mau kerja ngga gosok gigi kok rasanya gimanaa, gitu. Hihihi. Kami sekeluarga pakai pasta gigi ini juga, mbakk.

    BalasHapus
  24. Bener banget ini Mbak untuk rajin sikat gigi harus dilakukan sejak dini dan orangtua adalah contoh terbaik bagi anak-anak, untuk investasi sampai masa tua nanti

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^