Skinproof Bantu Meningkatkan Kredibilitas Produk Kosmetik Indonesia

 Skinproof Bantu Kredibitas Produk Kosmetik (tulisanfebri296)

KONSUMEN DAN KOSMETIK

Pernah lho saat datang ke toko kosmetik di Malang, lalu bingung mau pilih mana. Terlebih saat mbak SPGnya menawarkan sesuatu produk yang bahkan namanya pun baru saya kenal pada saat itu dari tangannya yang menyodorkan pelembab dagangannya pada saya."Maaf mbak, ga dulu ya" ucap saya sambil melambaikan tangan tanda tidak setuju akan penawarannya. Dalam hati saya bergumam, "hemm merk apa ini, tahu dan kenal pun baru sekarang. Gak ahh daripada ntar kenapa-napa malah ngeri dong". Mbak nya pun tersenyum dan berusaha memahami penolakan saya. 

Sebegitu pentingnya lho kredibilitas suatu produk kosmetik

Yess bener banget, dengan kredibilitas produk yang baik akan menambah kepercayaan seorang konsumen untuk melakukan closing dan mengambil keputusan untuk membeli akan produk tersebut.  

Sebagai konsumen, pasti terkadang ada rasa khawatir atau banyak pertanyaan dalam diri  bagaimana sih kualitas suatu produk yang akan kita gunakan? bagus ga sih? cocok ga sih? apakah sudah teruji? bagaimana bahannya? kredibilitasnya bagaimana? kualitasnya oke ngga? dan banyak lagi pertanyaan lain yang pastinya menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli. 

Eits, hal tersebut adalah hal yang sangat wajar mengingat kita akan bersentuhan langsung dengan skincare, bodycare atau haircare yang akan kita gunakan dalam menemani aktivitas keseharian. Terlebih ada 3 kategori yang saat ini memiliki pertumbuhan yang meningkat pesat nilai penjualannya hingga 20% di dalamnya seperti skincare, hair care dan bath&shower

Jangan sampai nih, kesalahan kita dalam memilih suatu produk akan berimbas fatal dan merugikan diri sendiri. "Gak mau kan kejadian buruk menimpa?" sebagai konsumen kita tetap harus aware pada diri sendiri dan selalu mengutamakan kredibilitas suatu produk terutama untuk skincare lho. 

PERKENALAN DENGAN SKINPROOF

Skinproof, satu kata yang membuat saya merasa tenang akan keresahan selama ini. Perkenalan saya dengan si logo biru abu-abu Skinproof ini mampu mengurai rasa penasaran saya seputar skincare yang ternyata melalui proses panjang untuk mendapatkan suatu kredibilitas dari masyarakat. 

Yapp, pada hari Selasa tanggal 14 Maret 2023. Bertempat di kantor pusat Arya Noble, Treasury Tower, SCDB Jakarta District 8 bersama 21 teman lainnya, saya hadir menyimak dan mengikuti workshop yang memang membuka dan menambah info baru seputar skincare ini. Mengangkat tema The Importance of Product Credibility acara dikemas menarik dan sangat informatif dengan narasumber hebat yang berkompeten di bidangnya. 

Mau tahu informasinya? simak terus yuk dan baca sampai habis cerita saya pada acara yang identik dengan warna putih mix biru laut ini. Acara ini di awali oleh narsum pertama yaitu  Bapak Alfons Sindupranata selaku CEO of Arya Noble menyambut kami dengan ramah dan bercerita bagaimana awal mula berdirinya Skinproof ini.

Menurut bapak Alfons, menyampaikan bahwa Arya Noble adalah perusahaan yang bergerak di bidang Bisnis Innovation Studio, Investment dan holding company. Beberapa perusahaan besar di bidang kecantikan, perawatan pribadi dan juga kuliner berhasil dibentuk selama kurang lebih 20 tahun. Jangan salah, perusahaan dengan nama besar seperti ERHA, Marco, Genero,  DermaXp, Dermies dan juga Skinproof berada dalam naungan perusahaan yang memiliki banyak prestasi di dalamnya. 

Dengan banyak pengalaman dan pengetahuan mendalam, perusahaan ini terus menerus mencari tahu tentang apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu juga hadir dengan memberikan solusinya, salah satunya adalah menghadirkan anak perusahaan yang bernama Skinproof. 

SKINPROOF BANTU MENINGKATKAN KREDIBILITAS PRODUK

"Lalu apa hubungannya dengan Skinproof Feb?"  Nah, Skinproof  ini adalah anak perusahaan Arya Noble dengan akun instagramnya @aryanoblelife yang bergerak di bidang riset konsumen dan pengembangan produk yang kredibel di pasar skincare yang terus berkembang. 

Masih menurut bapak Alfons, Skinproof hadir untuk menyiapkan produk terbaik, kemanan dan keefektifannya, memberi edukasi pada masyarakat untuk memilih yang terbaik bukan hanya sekedar tren semata, namun harus aman dan dapat memberikan hasil yang bermanfaat kepada konsumen. 

Namun meskipun Skinproof berada di bawah naungan Arya Noble, perusahaan ini bersifat netral dan independen kog. Sehingga integritasnya tak perlu diragukan lagi. Skinproof dihadirkan untuk menjadi partner bagi industri skincare yang beredar di masyarakat. 

Nah, menyambung ulasan Bapak Alfons. Di sesi pemaparan selanjutnya ada Apt. Theresia Sinandang S.Farm, Head of Skinproof yang menjelaskan pentingnya kredibilitas suatu produk skincare. Perempuan berambut pendek yang akrab disapa ibu Iis ini hadir dengan balutan busana putih ini memberikan pendapat bahwa klaim pada produk adalah alat marketing yang sangat powerful namun harus dapat dipertanggung jawabkan. 

Beragam sekali klaim produk suatu skincare yang ditawarkan kepada masyarakat seperti :

  1. Membersihkan
  2. Menghilangkan 
  3. Menyamarkan 
  4. Mengencangkan 
  5. Melembabkan / menutrisi
  6. Mencerahkan
  7. Hypoallergenic
  8. dll

Nah, karena itu klaim suatu produk akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat selaku konsumen dalam memutuskan untuk memilih produk tertentu. Untuk itu, perlu banget deh jika pada suatu produk diberikan klaim supaya produknya dianggap akurat dan tidak menyesatkan konsumen. Semakin banyak klaim dan informasi yang diberikan seperti nama produk, ingredients, tanggal expired, produksinya maka akan semakin membantu seseorang untuk  membeli produk berdasarkan pengetahuan yang telah didapatkan sebelumnya. 

Jadi semakin banyak informasi maka akan semakin membantu orang berasumsi positif untuk menentukan pilihan hingga akhirnya memilih dan melakukan pembelian. Kredibel itu sendiri sangat lekat dengan suatu produk sehingga membantu konsumen untuk memilih. 

Selanjutnya ada narasumber ketiga yaitu wanita cantik Apt. Ike Indrawanti, S. Farm selaku Cosmetic Scientist ini juga memberikan insight seputar kandungan aktif untuk berbagai kondisi kulit.  Nah, kandungan yang baik kini semakin diminati dan naik daun di kalangan masyarakat. Beliau menjelaskan ada beberapa bahan kandungan seputar trend 4 bahan aktif yang lagi tren yaitu :

  1. Ad resyl digunakan untuk mencegah tanda-tanda klinis dari kondisi atopic dermatitis
  2. Algaktiv Genofix Nite untuk mengoptimalkan pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit pada malam hari
  3. Bel Event digunakan untuk meredakan efek stres pada kulit
  4. Adeplump digunakan untuk menghasilkan tampilan plumping pada kulit dan bibir
So, usai sudah saya menuliskan point penting yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidang per skincare dan kosmetik an kali ini. Akhirnya dari obrolan padat insight seputar dunia industri skincare ini saya bisa menyimpulkan bahwa Skinproof memiliki peran yang berat dan besar. Baik itu bagi para pelaku usaha dengan berbagai klaim produk mereka ataupun masyarakat yang haus akan informasi, terlebih di era digital yang semakin tak terbendung ini. 

Nah, beberapa hal di bawah ini adalah keunggulan pengujian produk dan evaluasi konsumen yang menjadi concern sekaligus servis Skinproof yang biasa dilakukan kepada beberapa brand supaya semakin kredibel adalah : 

  1. Servis Claim Support (Untuk menyiapkan data riset yang digunakan dalam menyempurnakan kredibel suatu brand dalam pengujian dan riset yang benar, ISO dll)
  2. Consumer Research (menyiapkan data yang diperlukan oleh klien terkait kebutuhan dalam memahami preferensi konsumen terkait kosmetik dan skincare)
  3. Sensory Research (Penelitian sensorik untuk pembuatan produk kosmetik yang maksimal sesuai standart BPOM)
  4. Regulatory Consultancy (Membantu klien untuk tetap mengikuti dan mengetahui aturan  atau batasan yang berlaku dalam menjalankan bisnisnya)
Nah, untuk mewujudkan produk yang semakin kredibel maka ada kerja keras Skinproof ada di baliknya. Selama 5 tahun dari 2017 hingga saat ini, Skinproof berhasil menggandeng banyak industri skincare dan kosmetik lainnya. Baik untuk skala UMKM hingga skala nasional. 
Brand skincare dan kosmetik tersebut sangatlah terbantu dengan kehadiran Skinproof yang mampu melakukan uji riset yang benar dan terpercaya sehingga kredibilitas suatu produk yang menjadi kliennya semakin terpercaya dan dapat diterima dengan baik di masyarakat. Sehingga berpengaruh terhadap angka penjualan pastinya yang lebih meningkat.  

Oia, di acara menarik ini saya juga mendapati alat uji skin test yang modern dalam mendeteksi permasalahan wajah. Alat yang diletakkan di salah satu sudut ruangan ini cukup menyita perhatian saya dan teman-teman lainnya. Yapp Mark UV namanya. Alat ini dihadirkan karena mampu mendeteksi dan menganalisis permasalahan kulit wajah secara real time dengan hasil akurat dan cepat. 

Makin nambah dong, insight saya pada dunia perskincare an dan kosmetik ini. Secara kita emang harus aware dan peduli dengan kesehatan kulit yang memang menjadi aset penting untuk diri kita lho. 

Nah, happynya lagi sebelum pulang. Kami semua undangan yang hadir, mendapatkan bonus oleh-oleh skincare yang menjadi klien dari Skinproof ini. Yapp, 4 brand besar ini ternyata juga mempercayakan riset dan pengujian produknya lewat Skinproof lho. Ada Wardah Perfect Bright, Erha Sunscreen, Somethinc Omega Butter dan YOU Dazzling Glow Up Facial Foam. Meskipun masih banyak produk brand ternama lainnya yang berjejer menjadi background dengan tatanan rapi pada acara pagi ini.  

Wahh good job Skinproof, sebagai konsumen semakin terbantu pastinya dengan adanya kerja nyata disertai pengalaman yang tak biasa dari perusahaan yang sangat mengedukasi melalui akun instagramnya ini. Karena dengan semakin meningkatnya kredibilitas produk semakin membuat kami tertarik dan percaya untuk memilihnya sebagai partner dalam merawat kulit yang menjadi anugrah Ilahi ini. 

PENUTUP
Wah dari workshop 2 jam lebih ini  saya mendapatkan banyak ilmu perihal perjalalan panjang sebuah kosmetik sampai berada di hadapan mata. Dimulai dari pemilihan bahan, pembuatan di pabrik, uji kelayakan, riset produk hingga pemasaran dan masih berjuang untuk pencapaian kredibilitas yang baik supaya dapat dikenal, diterima hingga digunakan oleh masyarakat. 

Jadi, mulai sekarang  sebelum memilih atau memutuskan menggunakan suatu produk yaitu beauty & personal care ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya ya. Supaya kalian tidak salah dalam memilih produk dan pastinya mendapatkan kualitas produk disertai kredibilitas yang baik dari brand tersebut. Untuk keseruan acara bisa diintip di video reels instagram  berikut ini ya. Yuk cintai dirimu, karena  kulit yang cantik adalah kulit yang sehat.

***
#yourcosmetictestingpartner