Menikmati Es Podeng Legend Varia di Kisamaun Pasar Lama Tangerang

 Review Es Podeng Tangerang (tulisanfebri299)

Es podeng varia, Es podeng, Kuliner Tangerang

LANGGANAN ES PODENG VARIA

Perkenalan "kami" terjadi sekitar tahun 2007/2008 tepat belum lama setelah saya resmi menginjakkan kaki dan menjadi warga di kota Cisadane ini. Tahu tempat ini juga dari tetangga kontrakan dulu yang emang hobinya kulineran muter-muter. Saya masih ingat betul kala itu "Mbak, mau ikut ga makan es podeng yang enak di Tangerang" Cuss tanpa mikir lama saya pun bergerak masuk ke dalam mobilnya demi bisa jalan bareng. 

Sejak itu hingga sekarang, setiap saya ke daerah sini pasti ga lupa buat mampir beli dan nongkong sekejap meski di tempat sederhana. Ga tahu deh rasanya beda aja lebih enak ketika makan di tempat dibandingkan dengan dibungkus memakai cup mika bertutup rapat. Ini bukan mitos ya, tapi emang dikarenakan es podeng akan cepat meleleh jika tidak segera dikonsumsi. 

Es podeng varia, Es podeng, Kuliner Tangerang

Perjalanan rumah saya dengan lokasi sekitar 5 km dan harus ditempuh selama 15 menitan membuat kurang efektif dan akan merubah tekstur dari es podeng legend kota Tangerang ini. Es podeng ini selalu mampu menghipnotis saya jika saya berkelana ke daerah Pasar Lama Tangerang tempat cece dan koko jualan atau berlalu lalang mencari kebutuhan. Bahkan mayoritas para pedangan di sepanjang jalan ini baik di sisi kiri atau kanan berasal dari etnis Tionghoa yang telah bermukim lama di Tangerang. 

Dari namanya kita pasti tahu lah ya, apa itu es podeng. Well buat yang penasaran saya spill ya. Es Podeng itu berasal dari bahasa Madura yang berarti puter. Es podeng ini berbahan santan dimana dalam proses pembuatannya memang diputer puter ke dalam alat pembuat es sehingga berbentuk kristal dan bisa dikatakan serupa dengan es krim. Biasanya jika di dalam sebuah perhelatan acara, es podeng ini dihadirkan sebagai menu tambahan dessert sebagai pencuci mulut. 

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang
lokasinya tepat berada di depan Varia Store Kosmetik

Coba deh kalau kalian datang ke acara yang makanan dan minumannya lengkap, pasti ada ya. Terlebih jika di seputaran Jabodetabek banyak banget kita jumpai di sini. Karena memang menurut sejarah awalnya es podeng ini dibawa oleh orang Garut ke Jakarta. Kalau di tempat kelahiran saya kota Malang es podeng ini biasa disebut es puter dan bisa kita temui di alun alun Malang yang penuh kesan. 

REVIEW ES PODENG VARIA 

Stop, banyak banget ya intronya. Mari kita kembali ke si dingin yang selalu menawan lidah ini. Es podengnya berada persis di depan toko Varia Kosmetik ya. Jangan dibayangkan tempatnya besar dan bersih. No ini bukan tempat makan, melainkan hanya gerobak kecil yang mangkal di pinggir jalan. Ownernya tahu banget bagaimana menempatkan dan mencari posisi usaha di keramaian (ilmu mahal yang harus kita ambil jika berbisnis ya)

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang

Bener banget, tempat ini ramai dilalui banyak orang karena sepanjang jalan emang berjajar toko yang menjual berbagai kebutuhan mulai dari depot makan, bank, kantor, toko aksesoris komputer, fashion, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sekolah dan kantor dll yang memang berada di area Pasar Lama sehingga menarik banyak trafic pengunjung. 

Nah, karena lokasinya persis berada di depan toko Varia disebutlah es podeng Varia sesuai yang terdapat pada tulisan gerobaknya Es Podeng dpn Varia Terima Pesanan. Toko Varia yang jadi tempat mangkalnya ini emang gedhe dan selalu ramai dengan pengunjung yang mayoritas perempuan ya. Nah, jangan salah ya dengan sebutan Varia, karena toko ini memiliki 2 unit divisi usaha ada Toko Varia kosmetik yang jadi mangkal si mamang es podeng langganan, ada pula di sebelah selatannya toko Varia Baby. 

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang

Kali ini selepas menyelesaikan urusan ke toko komputer langganan kami untuk menambah RAM laptopnya supaya tidak lemot lagi, kami mampir untuk menikmati es podeng ini sebelum pulang. Kebetulan juga saya membeli kosmetik sebelumnya di toko Varia yang jualannya cukup lengkap dengan berbagai brand wanita ini. 

Bersama mas Gavino dan juga adek Jovano. Dua lelaki ini nurut saja saat tahu bundanya yang suka kelayapan ini mengajak duduk di dekat gerobaknya. Tanpa lama kami pun langsung menikmati enaknya es podeng yang teksturnya lembut ini. Meskipun hanya bermodalkan gerobak, ownernya berhasil mempekerjakan hingga 5 karyawan yang semuanya laki-laki (keren kan!). Jadi dari mereka sudah memiliki job desk masing-masing. 

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang
Wajah lelah dan kenyang menikmati es podeng varia

Ada pengawai yang bertugas mengeruk es dari drum stainlessnya, ada yang bertugas memberi topping, ada yang kebagian packing, ada yang harus memberikan isian untuk stok dll. Sehingga penyajian es ini tak perlu menunggu lama. Semua mangkok ataupun cup mika itu sudah terisi topping lengkap sehingga ketika ada pembeli bisa langsung disajikan dengan sat set. Hemm ga ngebayangin sih berapa omset seharinya. 

Toping es podengnya juga banyak mulai dari mutiara, kacang ijo, roti, meses, kelapa hingga SKM kental coklat. Rasanya enak banget, pasti bikin kalian ketagihan. Es nya ditaruh wadah mangkok kecil yang pas dengan porsinya. Buat cek alamatnya kalian bisa klik di google Es Krim Varia. 

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang
Penampilan es podeng yang selalu menggiurkan

Oia untuk harganya sendiri Rp 10.000 ya tapi masih woth it lah buat ngilangin dahaga dan bikin kenyang karena emang bahan dasarnya santan ya gaess. Buat kalian yang ingin mampir bisa ke sini ya, buka dari  jam 08.00-18.00 WIB.  Alamatnya ada di Pasar Lama Jl Kisamaun No 32 (Depan Varia Store).

Cuma yang saya kurang suka duduk di sini itu, banyak banget pengamen atau orang minta-minta yang cukup mengganggu. Secara Pasar Lama emang cukup terkenal juga sih  keramaian sekaligus pengemis dan pengamennya huhu. Tak hanya sekali atau dua kali, mereka datang silih berganti. Sudah semacam profesi saja jadinya. Bukannya saya ga mau memberi, tapi kehadiran mereka yang sering dengan durasi waktu yang pendek-pendek membuat saya cukup terganggu. Meski sudah merogoh kocek untuk si A, tetap akan datang lagi pengamen si B dst atau pengemis yang memang seharusnya ditertibkan huhu. 

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang

Well puas menikmati semangkok es podeng lengkap, tiga porsi ini harus saya tebus dengan harga 30.000. Lihat tuh mangkoknya sampai bersih tak bersisa karena emang seenak itu lho es podeng yang sudah legendaris di Tangerang ini. Rata-rata warga kota Akhlakul Karimah  yang suka kulineran akan tahu dan paham dengan es podeng Varia milik orang Garut yang ada di depan toko Kosmetik terbesar dan terlengkap di Tangerang ini. 

Gimana gaes, lagi-lagi emang kulineran kaki lima penuh pesona ya. Ga hanya harganya yang terjangkau, tapi juga rasanya yang bikin rindu dan rindu untuk datang kembali menikmati semangkok es podeng dengan rasa yang tak pernah bikin bosan. Rasanya pun masih sama persis seperti yang saya nikmati sekitar 15 tahun lalu. Keren ya, ahh jadi pengen ikutan jadi pengusaha juga kalau dagannya ramai begini. 

Es podeng varia pasar lama, Es podeng, Kuliner Tangerang

Buat kalian yang penasaran! yuk ikutan coba mampir ke gerobak sederhana yang berada persis depan toko Varia ini. Tenang aja kalau lapar, di sebelahnya masih ada siomay, mie ayam, bakso, soto dll kog. See u di tulisanfebri lainnya. 

***

Artikel ke 23 setoran minggu keempat bulan Maret 2023 WAG Blogger Indonesia Traveller Batch 2