Serba Serbi Tiket Bus Mudik Lebaran dan Cara Mendapatkannya

Tiket Bus Mudik Lebaran (tulisanfebri301)

Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang

TRADISI MUDIK LEBARAN

Ramadan memang identik dengan penuh suka cita dan kebahagiaan. Terlebih tradisi mudik yang erat kaitannya dong dengan lebaran. Bener banget, secara tersirat mudik akan menjadi sesuatu penutup dan puncak kegembiraan kita sebagai umat Islam yang tinggal di Indonesia dengan tradisi mudiknya yang memang unik dan menjadi ciri khas negeri ini. 

Mudik emang menjadi pelepas kerinduan kita akan kampung halaman. Rindu kumpul bersama keluarga, rindu dengan suasana dan segala hal yang melekat di dalamnya termasuk dengan hawanya, kekeluargaan hingg makanannya.

Itulah mengapa mudik selalu diperjuangkan oleh orang-orang perantau seperti saya. Yapp, dengan merayakan hari raya di tempat kelahiran. Hal ini akan membuat kita bahagia secara psikologis. Selain itu dapat menjalin silaturahmi antar keluarga, sahabat, tetangga dan handai taulan di kampung halaman. Selain dapat membawa manfaat secara ekonomi pastinya seperti para pemudik yang akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan lebaran di kampung halaman

PERJUANGAN UNTUK MUDIK

Dimulai dari sini, saat saya akan mencari tiket untuk mudik lebih awal mengingat jadwal kepulangan mas Gavino anak pertama dari sekolah yang menjadi tambatan dalam mencari ilmu. Sehingga saya dengan mudah dapat membuat jadwal di awal untuk menentukan kepulangan hari ini. 

Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang

Wokey, karena tanggal 9 April 2023 anak yang tingginya sudah melebihi saya ini harus dijemput sesuai dengan jadwal kepulangan santri membuat saya harus pulang di tanggal 8 April. "Hemm, mumpung belum puasa. Cuss ah cari tiket mudik duluan ke agent yang ada di terminal". Kebetulan rumah saya dengan terminal relatif dekat, hanya sekitar 7 menitan saja dengan kecepatan kendaraan normal sudah sampai pastinya. 

Tepat H-4 sebelum puasa, saya segera berbegas ke terminal Poris Plawad Tangerang yang sudah ramai pengunjung ini. Tapi ternyata sampai lokasi, suasana pun terlihat lumayan sibuk dan cukup padat dari biasanya. Di terminal andalan para pemudik warga kota Tangerang ini, suasana lumayan ramai . Banyak orang menunggu di depan loket keberangkatan bus masing-masing. Juga beberapa terlihat memburu tiket lebaran seperti saya. 

Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang

Alhamdulilah seat sleeper yang jadi andalan setiap pulang ke Malang milik PO bus Rosalia Indah masih tersedia 1 kosong. Secara saya bawa Devina anak 3 tahun yang pastinya ga nyaman kalau ga pakai sleeper. Dan untungnya karena masih 2 minggu sebelum lebaran dan belum musim liburan, harganya masih normal ya gaess di harga Rp 560.000. 

Niatnya cuma beli tiket pulang untuk saya yang berangkat duluan, sambil nyari info seputar harga tiket mudik untuk suami dan mas Jo (anak kedua). Tetapi niat nanya aja harus gugur karena dari agen saya tahu bahwa tiket untuk tanggal 19 April (H-4) sisa separuh saja. 

Padahal belum puasa lho gaes, namun tiket sudah sold out separuh untuk seat double decker. "iya deh Bund, dari pada ga dapat tiket dan kehabisan malah bingung" kata suami melalui telpon ketika saya info bahwa tiket mudik ke Malang termurah ada di double decker Rosalia Indah. Deal, akhirnya gercep saya booking dulu dan payment begitu sampai rumah. Mengingat saya ga niat beli tiket mudik suami selain survey saja. Tetapi dari pada kita bingung kehabisan, so langsung beli aja lah ya. 

Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang

Wokey, berikut beberapa hal yang saya lakukan hingga akhirnya berhasil mendapatkan tiket lebaran tahun 2023 yang masih jatuh bulan depan (April). Mungkin cara ini bisa diterapkan untuk kalian yang menginginkan tiket lebaran di tahun-tahun yang akan datang. 

TIPS/ CARA MENDAPATKAN TIKET LEBARAN ALA SAYA

  1. Cari info sebanyak-banyaknya sebelum membeli tiket lebaran. Hal ini penting mengingat kita harus tahu kapan penjualan tiket mudik mulai dijual.
  2. Pastikan tanggal keberangkatan tanpa ragu. Supaya kita tidak bingung untuk cancel atau refund tiket. Suami request berangkat tanggal 19 April 2023 (H-4 lebaran)
  3. Datang ke agen tiket bus tujuan, banyak kita temui di terminal dengan barisan loket (tanya harga untuk membandingkan). Ini yang saya lakukan. Efisien banget untuk mengetahui harga yang ditawarkan dari masing-masing PO Tangerang Poris Plawad ke Malang. Ada 3 PO yang saya survei. Pertama Rosalia Indah dengan harga normal seat double decker dari harga 380.000 menjadi Rp 725.00 Selanjutnya ada bus Trans 27 dari harga normal seat president class dari harga Rp 550.000 naik menjadi Rp 950.000 wowh kan. Next ada PO Gunung Harta dengan harga normal Rp 580.000an (lupa gaess nominal pastinya) menjadi Rp 1.000.000. Jrenggg gimana? kaget dong. Tanpa mikir panjang, setelah telponan dengan suami yang akan melakukan perjalanan ini kami pun sepakat membeli tiket bus Rosalia Indah yang memang harganya selisih dari 2 PO lain yang saya survey sebelumnya. Jelas beda kelas seat yang ditawarkan pastinya. Tetapi sangat membantu bagi pemudik yang memang harus membagi-bagi dana nya untuk berbagai macam kebutuhan lebaran.
  4. Langsung beli jika ada tanggal yang sesuai dengan budget dan tanggal yang diinginkan. Sudah jelas ya, hal ini saya untuk menghindari kehabisan tiket mudik. Well saat saya melakukan payment tiket untuk perjalanan mudik suami dan Jovano anak kedua kami posisi tiket sudah terjual separuh lho. Sementara bulan Ramadan saja belum mulai. Jadi, memang banyak orang sudah menyiapkan tiket jauh hari sebelumnya dari pada kecewa tidak mendapatkan tiket mudik untuk bertemu keluarga tersayang. 
  5. Pilih yang termurah, mengingat pelayanan yang diberikan oleh semua PO hampir sama dan tentunya dengan harga yang selisih lebih jauh. Setelah saya tahu selisih harga yang ditawarkan dari ketiga PO dengan tujuan yang sama Tangerang Malang. Maka saya pilih yang harganya terjangkau meskipun sudah mengalami kenaikan harga lebaran. Dua tiket tersebut harus saya tebus dengan harga Rp 1.450.000. 
  6. Langsung cetak tiket dan tanyakan kepastian teknis untuk keberangkatan hari H. Mengingat hari H keberangkatan, agen loket pasti akan penuh pengunjung dengan banyak kesibukan. Sehingga membuat cetak tiket akan semakin lama.
Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang

SERBA-SERBI TIKET MUDIK LEBARAN
Wokey, akhirnya tiket mudik sudah di tangan. Simpan dengan baik dan jangan sampai hilang ya gaess hingga akhirnya hari yang dinanti pun tiba untuk melakukan perjalanan. Dan berikut adalah serba - serbi yang harus kita tahu sebelum membeli tiket mudik lebaran.
  1. Tiket akan jauh berbeda harganya dari harga normal pada umumnya dikarenakan  adanya harga tuslah .
  2. Semakin mendekati hari H, maka harga yang dikenakan kepada penumpang pun akan semakin mahal.
  3. Semua PO akan menerapkan harga tuslah yang besarnya bisa mengalami peningkatan 100% dari harga perjalanan normal.
  4. Jika ada PO bus yang meminta DP terlebih dahulu sebaiknya kalian hindari ya gaess, (bukan takut tertipu alias uangnya dibawa kabur. No, bukan itu alasannya, tetapi karena adanya harga yang masih belum jelas sehingga membuat kita sebagai penumpang bisa terjebak dengan harga akhir yang ditawarkan. Secara DP yang sudah masuk tidak dapat dikembalikan dan akan hangus jika kita tidak jadi melunasi tiket. Pengalaman buruk saat naik bus XXXXna jurusan Tangerang Malang. Di mana saya diminta memberikan DP hanya 200 ribu sebagai tanda jadi saja untuk boking tanggal tiketnya. Namun, begitu menjelang H-1 keberangkatan, saat saya konfirmasi kembali  betapa kagetnya saya, karena angka yang disampaikan senilai 800 ribu untuk 1 orang penumpangnya. Jika kita tidak jadi ambil, maka DP hangus dan pastinya akan kesulitan mendapatkan tiket lebaran di suasana mudik ini mengingat semua penumpang sudah menyiapkan tiket mudik jauh hari sebelumnya.
  5. Simpan nomor agen tiket untuk titik keberangkatan (biasanya para agen tiket bus akan memiliki jiwa solidaritas yang tinggi dengan menyampaikan kepada customer, sebaiknya membeli tiket menyesuaikan lokasi titik keberangkatan). Misalkan, posisi saya saat ini di Tangerang dan akan menuju Malang. Maka, saya akan membeli tiket berangkat di agen Tangerang dan membeli tiket balik dari agen Malang untuk keberangkatan kembali ke Tangerang. 
  6. Membeli tiket mudik lebaran melalui agen akan lebih mudah dan jelas jika datang langsung ke lokasi agen ketimbang membeli secara OTA (Online Travel Agent) seperti Traveloka, Tiket.com, red bus dll. Hal ini disebabkan para agen mendapatkan jatah kuota lebih banyak ketimbang pihak OTA.
  7. Pastikan hari H sampai terminal atau titik keberangkatan sesuai jadwal ya. Mengingat tiket lebaran akan sulit kita dapatkan jika kita sudah tertinggal oleh bus yang telah kita booking sebelumnya. Dan kalaupun tiketnya ada, harganya pun pasti tidak masuk akal.
Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang
Well selesai sudah sharing bagaimana cara saya mendapatkan tiket lebaran. Dulu masih ingat banget setiap mudik setahun sekali, saya selalu menggunakan kendaraan pribadi ataupun kereta api jika ingin melakukan tradisi perjalanan lebaran dari Tangerang ke Malang. Sekarang, karena adanya infrastruktur yang sudah oke banget. Pastinya sangat membantu para pemudik seperti saya. Mengingat naik bus lebih praktis dan juga  dapat ditempuh dengan durasi perjalanan yang sama dengan kereta api yaitu 13an jam. 

Transjawa tol membantu banget penghuni untuk melakukan perjalanan mudik dengan nyaman. Dari tol lingkar dalam Jakarta bus akan melaju dan berhenti di pintu keluar tol Malang. Well keluar pintu tol tinggal naik kendaraan online ga sampai 20 menit sudah sampai deh di rumah orang tua saya yang ada di Karangploso Malang. 
Tiket bus mudik lebaran, Tiket bus tangerang malang

Faktor-faktor di atas adalah alasan yang membuat saya saat ini lebih nyaman memilih menggunakan moda transportasi bus ketimbang naik kereta api executive dari stasiun Gambir. Selain sudah mendapatkan jatah makan yang sudah include ke dalam pembelian tiket bus. 
 ***
Artikel ke 24 setoran minggu keempat bulan Maret 2023 WAG Blogger Indonesia Traveller Batch 2