Pengalaman Berburu Tiket Balik Lebaran Bus Trans 27 Malang Tangerang

 Berburu tiket balik lebaran bus Trans 27 (tulisanfebri308)

Lebaran, lebaran lagi. Alhamdulilah sedikit lagi lebaran yang artinya kita akan meninggalkan bulan mulia penuh rahmat ini. Pastinya bagi para perantau tak dapat meninggalkan tradisi mudik bertemu dengan orang terkasih di kampung halaman. Nah, banyak banget printilan yang harus disiapkan termasuk tiket perjalanan yang menjadi salah satu hal penting yang ada di dalamnya. 

BERBURU TIKET MUDIK

Salah satu ritual wajib yang dilakukan pemudik jika memakai kendaraan  umum. Salah satunya saya yang sudah mengabdikan diri menjadi warga kota Tangerang sejak tahun 2007 lalu. Nah mau tidak mau harus berburu tiket transportasi untuk membawa kami ke Malang. 

Sempat beberapa tahun mudik dengan kendaraan sendiri, tetapi kalau unitnya kosong ya sayang aja karena sekali jalan saya harus menyiapkan budget untuk membayar biaya tol, supir, bbm dan makan di rest area sepanjang jalur Trans Jawa. Bahkan pernah juga merasakan emosi jiwa raga saat hunting tiket kereta api yang harus didapatkan dengan perjuangan karena harus berebut dengan ratusan ribu penumpang lainnya. 

Tapi, setelah adanya tol Transjawa. Banyak PO bus berlomba lomba memberikan fasilitas yang baik untuk servis kepada para penumpang. Durasi perjalanan pun hampir sama dengan kereta api lho. Malang Tangerang atau sebaliknya saya tempuh dalam waktu 14 jam an, tidak jauh dengan kereta api eksekutif Gambir Malang. 

Makanya, udah happy banget deh ketemu armada yang servisnya bikin nyaman penumpang. Salah satunya adalah bus Trans 27 yang memiliki ciri khas hitam dan orange. Selain bus Rosalia Indah yang menjadi andalan bagi kami. Untuk harga tiket keduanya lumayan ya selisihnya. 

Tiket bus Rosalia Indah dibandrol dengan harga Rp 725.000 untuk sekali jalan di moment lebaran. Itupun bukan seat sleeper tetapi seat double decker yang letaknya di lantai 2. Bus asal Solo ini fix menjadi sarana transportasi dari Tangerang ke Malang untuk lebaran tahun ini (2023). 

Nah, Kalau saya sendiri sudah mudik duluan karena harus menjemput Gavino anak mbarep di pesantren. Tetapi suami dan Jovano anak kedua akan menyusul kemudian hari setelah kantor cuti bersama.

Tiket berangkat mudik aman, karena sudah bisa saya dapatkan beberapa hari sebelum puasa pertama. Jadi, puasa saja belum tapi tiket mudiknya sudah harus di amankan supaya tidak kehabisan. 

Nah, saat yang sama saya ingin sekaligus membeli tiket arah balik ke Tangerang, tetapi agent loket belum bisa membelikan harga karena belum muncul harganya di system. Satu nih PR, kala suami yang PNS Pemkot Tangerang harus membeli tiket untuk memastikan bahwa doi tidak terlambat untuk masuk kembali ke kantor. 

Oke, tak berasa 14 hari Ramadan pun berjalan. So, gercep saya pesan melalui agen tiket online yang menjadi langganan karena saya juga bolak balik beranglat dari Malang ke Tangerang sejak tahun 2020. "Bu, full seat ya untuk keberangkatan tanggal 30 April ini" kata mbak Yunita Staf agen bus Rosali Indah yang merupakan agen cabang Terminal Arjosari melalui chat WhatsApp. Mulai deh keresahan terjadi setelah membaca chat tersebut. 

BERBURU TIKET BALIK TRANS 27 

Akhirnya saya harus ambil keputusan secara cepat nih, jangan sampai suami ga bisa masuk kantor karena kehabisan tiket balik ke Tangerang. "Udah Bund, apa aja asalkan bisa pulang lagi ke Tangerang. Biar tenang nih, kalau udah dapat tiket baliknya" 

Pikiran saya pun langsung teringat akan bus Trans 27 yang menjadi pesaing Rosalia Indah karena memiliki segmen konsumen dan rute yang sama. Yess, tanpa diminta saya pun langsung cek ketersediaan di online melalui Traveloka. Aplikasi si biru ini dapat menjadi andalan dalam membantu mendapatkan tiket di arus balik nanti. 

Seneng banget saat cek aplikasi bergambar burung terbang ini. Masih ada seat untuk tanggal 30 meskipun beberapa ada yang sudah terbooking. Eits, buat kalian yang bingung dengan seat President Class Malang Tangerang. Ini dia denahnya. 

Karena suami dan Jovano harus diduk dengan bersebelahan. Jadi saya harus mencari tahu dengan benar - benar dan seksama.  Mengingat konfigurasi seat dari armada yang terbilang baru ini adalah 2-1, tentunya dengan jarak yang lumayan lebar di antara kursinya. 

Taraaa, ketemu nih ada beberapa seat lagi untuk keberangkatan tanggal 30. Akhirnya tanpa mikir panjang. Saya pun segera menyiapkan biodata dan juga mengisi data base yang ditanyakan oleh aplikasi pecinta travelling ini. Jrenggg saat melihat harganya betapa syok saat tahu satu kursinya dihargai Rp 900.000 ini. Jadi untuk 2 tiket balik saya harus membayar 1.8 juta lho. "Mahal Feb?"iya dong, karena masih masuk harga tuslah."

Setelah melakukan booking  online, saya pun melakukan pembayaran. Tak lama e tiket akan masuk ke dalam email aktif yang kita daftarkan pada aplikasi ini. Untuk waktu booking hingga terbit ga bisa lama ya gaess, estimasi hanya 1.6 jam saja. Jadi jika kita terlewat dalam melakukan pembayaran, maka akan dianggap hangus dan gugur oleh system. Sehingga kita harus melakukan booking kembali dan menyesuaikan sisa seat yang tersedia. 

Akhirnya, berburu tiket balik pun usai. Setelah sempat resah karena bus Rosalia Indah langganan telah habis terjual. Trans 27 pun bisa menjadi pilihan untuk melakukan perjalanan mudik. Karena bus ini juga memiliki seat legrest yang nyaman dengan type Prsedient Class. Selain itu penumpang juga akan mendapatkan : 

  1. Snack box awal masuk bus
  2. Servis makan box 1x di dalam bus
  3. Servis makan saat istirahat turun 1x 
  4. Minuman dengan dispenser air hangat di area servis bagian belakang
  5. Selain minuman juga bisa mengambil cemilan dan pop mie ataupun mie gelas
  6. Selimut 
  7. Bantal 
Mau ga mau sebagai pemudik tidak ada pilihan lain selain nurut apa kata PO bus yang menjual jasa bagi kami pemudik yang butuh pulang untuk merayakan hari lebaran di kampung halaman bersama keluarga tercinta. So, siapkan budget lebih ya gaess untuk lebaran karena memang saat hari raya Idul Fitri semua harga transportasi baik darat, laut ataupun udara akan mengalami kenaikan. 

Selamat berburu tiket buat kalian yang belum dapat tiket kereta, bisa nyoba tiket bus lho sebagai alternatif teman mudik. Kalau belum ngerasain emang kayak ga nyaman deh, ehh begitu ngerasain naik bus sendiri tahu tahu sampai aja di tempat tujuan. Saat ini bus berlomba-lomba lho memberikan servis oke atas pelayanan yang baik kepada para penumpangnya. 

***
Artikel ke 32 setoran minggu kedua bulan April 2023 WAG Blogger Indonesia Traveller Batch 2