Lima Makanan yang Wajib Dicoba Saat Liburan Ke Malang

 Makanan khas kota Malang (tulisanfebri357)

MALANG KOTA PENUH PESONA

Hayoo, siapa nih yang lagi rindu main-main ke Malang. Atau memang sedang pengen main ke Malang untuk menjadikan referensi saat liburan bersama teman, keluarga atau pasangan? Yapp, Malang memang indah dan selalu ngangenin. Saya bangga menjadi orang yang lahir dan dibesarkan di bumi Arema ini. 

Banyak hal menarik yang membuat siapa saja pasti jatuh cinta dengan penuh pesona yang disuguhkan kota Malang. Mulai dari kondisi geografis yang menunjang dengan hawa dinginnya, transportasi yang mudah, fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap, banyak tempat wisata mulai dari bernuansa alam hingga modern. Bahkan keramahan para warga Malang yang sangat welcome terhadap para wisatawan. 

Berbagai macam hal itulah yang menjadi sedikit dari banyak alasan Malang menjadi tujuan wisata favorit para pelancong. Nah...kalau sudah sampai Malang, jangan lupa untuk  menikmati makanan khas kota pelajar ini ya ke dalam daftar kulineran kalian. 

Berikut 5 rekomendasi makanan yang wajib dicoba saat liburan ke Malang berdasarkan pengalaman saya sebagai warga asli yang  kini berdomisili di Tangerang. Jadi setiap ke Malang, saya pasti menikmati makanan-makanan yang menjadi ciri khas dari kota yang bertetangga dengan  Batu ini. 

MAKANAN WAJIB SAAT KE MALANG 

1. Bakso Malang dan Bakso Bakar 

Kalau ini kalian mesti banget wajib coba ya. Jangan sampai untuk ga nyobain bakso yang emang jadi ciri khas dan andalan kuliner di kota Malang. Ada bakso Malang (yang menjadi ciri khas) dan juga bakso bakar Malang (mesti sekarang harga satu biji kecilnya sudah Rp 3.000 tetap rindu). 

Untuk bakso Malang sendiri sekarang harganya paling murah sudah di range Rp 10.000 ya. Tapi saya pernah beli sengaja Rp 5.000 aja buat suapin si adek ehh ternyata boleh lho dan masih dilayani. Coba deh makan, kalian pasti akan merasakan perbedaannya dengan kota-kota yang lain. 

Rata-rata bakso Malang itu cuma ada 2 penilaian sih di lidah saya. Antara enak dan enak banget. Bahkan abang gerobak yang jualan di depan rumah yang lewat pun sudah pasti enak dengan kuah segar dan berbumbu. Belum lagi saos tomatnya yang beda dengan tempat lainnya.

Isinya banyak dan komplit ya, mulai dari pentol (bakso) dengan 2 type yaitu halus dan kasar, gorengan dengan 3 jenis yaitu mekar, bulat dan panjang, tahu putih, tahu coklat, siomay, mie putih, mie kuning jangan lupa masih ada lontong sebagai pemberat dalam mengisi perut. Tak lupa ada kol dan sawi yang juga disajikan untuk menemani makan bakso Malang yang pasti endeeus banget. 

2. Nasi Jagung 

Nasi jagung ini juga menjadi makanan khas Malang. Biasanya dinikmati dan menjadi pilihan sebagai sarapan pagi. Porsinya lumayan banyak dengan beragam sayur dan lauk yang dicampur jadi satu bungkus berdaun pisang ini. Mulai dari ikan asin, mendol, sayur labu, sayur pedas, tahu tempe pedas, ayam bakar (bebas pilih lauk) hingga peyek sebagai makanan pendamping. 

Harganya berkisar antara 12.000 an ya. Dengan porsi yang bikin kenyang dari pagi hingga siang. Saya selalu deh, mewajibkan sarapan ini di hari terakhir sebelum meninggalkan Malang dan makan di awal- awal kedatangan karena memang seenak itu lho. 

3. Gorengan petis khas Malang 

4. Angsle

5. Sempol 

Kalau ini makanan khas asal kabupaten Malang ya. Namanya diambil sesuai dengan nama tempat dimana makanan ini ditemukan, yaitu desa Sempol kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Dinikmati panas-panas dengan cocolan saos tomat atau saus pedes yang disajikan berbarengan, pasti membuat kamu ga cukup menikmati 1. Harganya murah Rp 500 an saja. 

Hemm, gimana menarik kan semua makanan khas Malang ini. Meskipun sebenarnya ada beberapa yang masih bisa kita temuin  di kota lain juga, tapi percayalah..rasanya memang akan berbeda ya dengan rasa yang bisa kalian dapatkan di daerah selain Malang.

Selamat mencoba dan selamat berkeliling menikmati Malang dengan berbagai pesona yang disajikan. Jangan lupa untuk menyicipi makanan enak lainnya yang bisa jadi rekomendasi kalian saat main ke kota yang menjadi tujuan mahasiswa ini. 

***
Setoran artikel ke 53 minggu keempat bulan Juli 2023, WAG Blogger Traveller Batch 2