Ternyata Seru Juga Pertama Kali Nonton Konser (Pengalaman Nonton Happy Asmara dan Denny Caknan)

Pengalaman Nonton Konser Pertama Kali (tulisanfebri 286) 

"Te, ono' Denny Caknan dan Happy Asmara lho kate konser nang Malang" ucap kakak ipar dengan logat bahasa Malang nya, sesaat setelah tiba dan lesehan di ruang tamunya yang dingin. Auto hati saya bergembira, secara selama ini cuma dengar via youtube saja lagu lagunya yang enerjik dan mudah diingat.  

Dalam hati mumpung masih di Malang dan ada kesempatan, kenapa tidak dimanfaatkan momen hiburan yang pastinya rame itu.  Apalagi saya belum pernah nonton konser seumur hidup. Akhirnya hunting tiket berdasarkan link yang disebar pada grup alumni itupun terlaksana. 
Peraturan nonton konser 
Ada 4 golongan tiket yaitu VVIP, VIPtiket standing, Festifal dan Tribun.  Well akhirnya kelas festival pun saya pilih, terlebih bila kita membeli paket sejoli (Beli 2 tiket sekaligus) jatuh harganya akan lebih murah pastinya.  Saya membelinya seharga 250.000 untuk 2 tiket sekaligus. 

HAL YANG DILAKUKAN SEBELUM NONTON KONSER
Tepat hari Jumat tanggal 10 Februari 2023 sesuai jadwal tampil 2 bintang lagu bergenre dangdut Jawa koplo itu. Saya pun segera mempersiapkan diri dengan baik dari rumah, memakai pakaian yang nyaman dan sepatu supaya lebih leluasa dalam bergerak saat konser nanti. 

Saat saya datang bersama salah seorang sahabat, ternyata di sana sudah banyak pengunjung yang didominasi anak muda dengan berbagai macam outfit yang menarik. Dan siap menyaksikan konser dengan suka cita.  "Belum dapat tiket?" jangan khawatir, banyak bapak calo yang juga menjual tiket secara langsung karena tiketnya sudah dipegang tangannya sembari tak lelah untuk menawarkan kepada setiap pengunjung. 


Banyak tenant bazaar yang ada di sana, mereka diberikan stand dengan berkewajiban membayar sewa pastinya. Ada stand makanan berat, camilan, minuman, oleh-oleh Malang, hijab, kartu perdana, aksesoris fashion dll. 

Pintu dibuka dari pukul 13.00 WIB. Ada 2 artis pendukung lokal lainnya yang tampil sebagai opening (tapi bagian ini saya ga nyimak ya karena sengaja datang di jam bintangnya saja). Sehingga saya bersama salah satu teman sengaja datang pukul 17.30 wib. 

Begitu tiba di gedung Cakrawala UM Malang, saya pun mencari tempat penukaran tiket. Saat beli online memang hanya mendapatkan barcode yang hanya bisa di akses pada hari H sebelum acara berlangsung.  

Nah ini dia urutan hal yang saya lakukan sebelum nonton konser #orasidosatru edisi Malang kali ini. 

1. Makan Bakso
Supaya tidak kelaparan saat nyanyi nyanyi di dalam, pastikan perut kenyang sebelum nonton konser. Udah pasti nikmat ya, bakso Malang mah jangan ditanya rasanya. 
Supaya tidak lapar sebelum nonton
Di area tempat kami makan bakso, terdapat 1unit mobil pemadan kebakaran yang bersiaga. Ada pula 2 mobil truck yang dimanfaatkan sebagai pengangkut diesel terparkir di samping sisi gedung. Hal ini untuk membantu sound system yang memang membutuhkan tenaga listrik ribuan watt.

2. Sholat Magrib
Karena waktu sudah mendekati sholat magrib kami sholat dahulu di Musholla yang terletak di basement. Alhamdulilah masih banyak pengunjung yang juga meramaikan musholla sebelum nonton konser. Akhirnya setelah menunaikan kewajiban 3 rokaat itu, kami pun segera memasuki gedung. Dikarenakan hingar bingar dan keramaiannya sudah terdengar sampai basement tempat sholat yang membuat rasa penasaran semakin menggebu. 

3. Antri Masuk dan Pemeriksaan Barang
Waktu kami datang, antriannya tidak terlalu panjang karena sudah menjelang malam sih, tidak seperti sore sebelumnya yang teramat sangat panjang perjuangan masuknya. 

Sebelum masuk, kita akan diarahkan ke pintu pagar sesuai dengan jenis tiket yang kita beli. Setelahnya akan diperiksa jenis gelang tiket ini. 

Selanjutnya, di deretan pintu besi itu akan dilakukan pemeriksaan terhadap barang yang kita bawa. Security cowok untuk pengunjung cowok dan sebaliknya security cewek memeriksa tas cewek. 

Ada peraturan atas barang yang dilarang ya, seperti : rokok, korek, minuman atau parfum.  Sedikit bete saat parfum dan minuman berhasil say goodbye pada akhirnya. "Plung" langsung masuk kantong sampah hitam besar. Kena' deh dengan kalimat "mbak, ini ga boleh dibawa masuk" 

Emang namanya nonton konser pertama jadi belum kebayang medan yang akan dilalui, coba kalau udah tahu dari rumah seperti apa, pasti ga akan saya bawa itu parfum dan ga ribet beli air minum dahulu pastinya.

4.  Masuk hall konser 
Begitu selesai pemeriksaan, cuss masuk ke gedung yang tidak terasa dingin karena banyaknya manusia. Jangan lupa menunjukkan gelang sesuai dengan warna tiket yang kita beli. Saat pertama kali masuk, kami sudah digiring sesuai dengan jenis tiket yang kami beli. Kelas festival adanya di depan panggung ya tepatnya di belakang VVIP dan VIP Standing yang terbatas oleh pagar besi. 

SUASANA KONSER
Saat kami datang, mata saya tidak tertuju pada artis mr.Jono Joni yang menjadi pelengkap, tetapi melihat keadaan sekitar dalam cahaya temaram. 
Banyak pengunjung berjoget, sukaria dan ikut menyanyikan lagu lagu hits yang dibawakan dengan sangat energik. Suara  kompak ikut bernyanyi, teriak dan gerakan badan dengan berjoget saya temukan dalam suasana kebahagiaan malam itu. 

Happy Asmara pun tampil tepat pukul 19.00 dengan sambutan teriakan antusias pastinya semakin menyemarakkan acara konser itu. Dengan jarak sekitar 30 meterean saya bisa melihat artis yang semakin melambung setelah sempat sebelumnya berpacaran dengan Denny Caknan. 
Penampilan sopan Happy asmara
Berpakaian sopan mengenakan celana jeans hitam, dengan atasan bolero berbahan rajut warna putih garis biru dengan tangan panjang ini memang tampak cantik. Terlebih make up tidak berlebihan dan rambut panjangnya dikuncir tengah. 

Ada beberapa lagu hits yang dibawakannya dalam durasi 60 menit ini. Yang paling heboh saat Happy Asmara menyanyikan lagu Rungkad, serasa terbawa sekali dalam perasaannya. 

Selanjutnya disambung oleh artis utamanya yaitu Denny Caknan yang datang mengenakan jaket kulit hitam ini. Suasana makin riuh terlebih artis asal Ngawi ini juga membuat baper pengunjung dengan sapaan atau perkataan yang bikin cewek-cewek meleleh dan berteriak tanda kesenagan.
Membawakan beberapa lagu yang tidak saya ingat dan catat jumlahnya saking asyiknya menikmati keramaian di malam itu. Terutama dengan lagu Ojo dibandingke, Ngawi Nagih Janji, Kartonyono Medot Janji juga Loss Dol yang bikin kami semua euforia karena bahagia bisa nyanyi joget mengiringi artis sekaligus penyanyi aslinya ini. 

Saya pun ikut menyanyi, bergoyang dan bersorak jika mendengar artis yang harus diiringi band sendiri ini melontarkan beberapa kalimat yang bikin ketawa.  Seseru itu lho nonton konser ternyata. Pengalaman yang "mahal" bagi saya anak rumahan di jaman remaja dulu, hemm kan jadi kepengen nonton konser artis yang lainnya. Berkesan banget rasanya, meski ga terlalu suka sama AC nya yang tak bersahabat.

Well ga berasa sudah pukul 22.00 WIB waktunya pun berakhir, para pengunjung sangat tertib keluar satu per satu sehingga sangat aman dan kebahagiaan pun masih terasa di momen bubaran itu.  

Jadi buat kalian yang akan nonton konser, atau pertama kali belum punya pengalaman nonton, jangan khawatir seseru itu lho rasanya nonton konser, bisa teriak ikutan nyanyi dan joget dengan mengikuti alunan musik. Kalau saya cukup bergerak ringan saja ya, ga nyaman juga sama diri sendiri kalau terlalu heboh. See u gaes, selamat nonton konser juga ya. 
***
Artikel ke-13 setoran minggu ketiga bulan Februari 2023 WAG Blogger Indonesia Traveller Batch 2