Langsung ke konten utama

Gangguan Masalah Pencernaan Pada Anak Itu berbeda Lho Dengan Alergi Susu


Hai teman-teman. Apa kabarnya nih? Sepakat dong kalau kita sebagai orangtua, terkadang kita was-was  dengan kondisi si kecil. Misalnya si kecil tiba-tiba suka kembung, buang gas, sakit perut, mual/muntah , BAB tidak lancar, atau rewel tanpa sebab. Belum lagi gejala ini muncul saat anak kita juga berbarengan mengkonsumsi susu sapi. 

Ehh tapi ternyata semua gejala yang muncul diatas belum tentu anak kita mengalami alergi susu sapi lho? nah loe. Terus kenapa dong? ternyata gejala yang saya sebutkan di atas timbul karena anak-anak memiliki gangguan saluran pencernaan yang bisa berakibat jangka panjang lho. Lalu apa efeknya jika anak mengalami gangguan pencernaan? Terus apa hubungannya dengan alergi dan bagaimana mengetahui anak kita memiliki alergi pada susu sapi? 

Simak terus yuk, rangkuman ilmu yang saya dapat saat saya menghadiri obrolan seru bersama Enfagrow di Tanamera Cuissine Jakarta pada hari Sabtu 17 Juni 2017. Dengan mengangkat tema "Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi" Enfaclub yang digawangi oleh susu Enfagrow menghadirkan 3 narasumber nih. 

Narasumber pertama yang hadir adalah DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp A(K) yang merupakan dokter klinik tumbuh kembang anak. Dokter cantik yang pernah menjadi dokter umum UI di tahun 2009 ini berbicara mengenai gangguan saluran pencernaan pada anak dan alergi susu sapi yang sering dikait-kaitkan dengan gangguan tersebut. 

Seperti yang kita tahu sebagian bayi mengalami masalah pencernaan pada usia dini. Sekitar 50 % bayi mengalami ketidaknyamanan selama setahun pertama. Sehingga hal ini membawa resiko gangguan mental di kemudian hari seperti agresi, hiperaktif, cemas, gangguan tidur, migren dan alergi.

Nah, jika anak sudah memiliki gejala-gejala yang sering disalah artikan sebagai "alergi susu sapi" maka sebagai orangtua kita perlu memahami apa sih yang menjadi alasan masalah pencernaan sering disalah artikan dengan alergi? Ternyata jawabannya adalah karena adanya gejala alergi timbul pada 3 bagian berikut seperti : Kulit 50-70%, Saluran cerna 50-60%, Pernafasan 20-30 %. Hal ini wajar sih mengingat saluran pencernaan anak belum matang dan akan terus berkembang sesuai dengan usia anak. 

Lalu? hal apa sajakah yang bisa kita lakukan di rumah untuk membantu anak mengalami Colic In Babies. Mandi air hangat, kompress air hangat, pijat menggunakan baby oil, latihan mendorong lutut dan melatih bersendawa. 

Yuhuu, sebagai orangtua, pastinya harus tetap belajar dan belajar ya. Apalagi kalau belajar tentang tumbuh kembang anak, pasti tidak akan ada habisnya. Belum lagi jika berkaitan dengan kekhawatiran atas alergi pada anak. Lalu? jika anak kita memiliki gejala-gejala yang mirip dengan alergi pada anak. Bagaimana nih mengetahui dengan pasti? jawabannya diuraikan oleh narasumber kedua di acara sore hari ini. 

Ada Bapak M. Nuh Nasution selaku team ahli Mead Johnson mengajak saya dan teman-teman yang hadir untuk mengikuti arahan beliau dengan mengajak tes alergi pada anak. Dengan suasana hangat dan akrab kami pun diajak untuk mengikuti simulasi test alergi pada anak dengan gadget masing-masing. 

Pertama, saya dan teman-teman yang semuanya adalah mahmud dan pahmud diajak berselancar di www.enfaclub.com/tesalergi-sususapi.com untuk menguji dan menganalisa apakah anak kita memiliki alergi terhadap susu sapi. Di dalam situs tersebut, saya pun diminta menjawab setiap kuisioner yang masuk supaya di akhir nanti muncul jawaban bagaimanakah kondisi si kecil. 

Tidak sulit kog mengikuti alurnya. Kita hanya diminta memilih jawaban yang sesuai dengan kondisi si kecil. Iseng karena penasaran, saya pun mengikutinya. Ada kuisioner yang harus saya isi sesuai dengan data dan kondisi terkini adek Jo. Langkah demi langkah pun saya ikuti, dan jumlah point nya adalah 5 yang berarti bahwa adek Jo bebas dari alergi susu sapi yeayyyy. 



Yess, setelah belajar dan mengetahui bagaimana perkembangan gangguan saluran pencernaan pada anak yang sering diartikan sebagai alergi susu sapi. Saatnya kita ikutin sesi ilmu yang terkait dengan SEO. Dimana ada bapak Parjono Sudiono selaku Head Of Digital Zenith Optimedia and Performics Indonesia. Beliau menjelaskan kepada saya dan teman-teman tentang bagaimana cara memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization).

Pasti teman-teman akrab dong ya dengan yang namanya SEO yaitu Optimalisasi yang bisa kita lakukan sehingga dapat menampilkan website kita dalam peringkat teratas pencarian organic (bukan iklan). Apa sih point dari pilar SEO itu? ini nih penjelasan bapak Parjono. Index (memberikan informasi yang tepat kepada pencari), Content (membuat konsumen mendapatkan konten yang menarik dan relevan) , Authority (Menjadi blog yang terpercaya) dan Experience (engament dan interaksi yang tinggi).



Nah, berikut ini adalah tips bagaimana cara mudah untuk meningkatkan SEO pada blog kita. 
  1. Lakukanlah indeks dari sekarang juga
  2. Buatlah peta dan situs dengan sederhanan
  3. Cobalah mengerti bagaimana karakter pembaca kita dan fokuskanlah kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian yang tinggi
  4. Update konten blog secara berkala dan konsisten
  5. Buatlah artikel yang shareable , menarik, bermanfaat dan original
  6. Tingkatkan interaksi pembaca dengan speed yang cepat, muah diakses oleh HP
  7. Hindari animasi yang memberatkan website
  8. Selalu monitor bounce rate dan peringkat blog pada mesin pencari
Well, lengkap sudah ilmu hari ini. Yang banyak memberikan saya pencerahan tentang gangguan pencernaan yang ternyata bukanlah berkaitan dengan alergi pada anak. Yukk ahh kita sayangi si kecil dengan belajar menjadi orangtua yang baik dan selalu menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Dan jika anak kita memiliki gejala-gejala diatas. Bukan berarti si kecil mengalami alergi pada susu sapi ya. 















Komentar

  1. Yup.. Soal kolik ngga diajarin di sekolah ya, Feb. Kecuali sekolah perawat. Banyak orangtua masih banyak yang salah makanya perlu belajar terus. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener banget, ortu harus terus belajr demi kepentingan anaknya ya

      Hapus
  2. Hiks baru dapat ilmunya setelah anakku umur 7tahun padahal dari umur seminggu sdh divonis dokter alergi susu sapi,mknya minumnya ASI dibantu susu kedelai. Padahal blm tentu juga alergi susu sapi kali yak. Bisa saja anakku itu sbnrnya mengalami gangguan pencernaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener juga jai dengan belajar ortu bisa tahu dan bisa membedakan ya mana alergi dan yang mana gangguan pencernaan hehe

      Hapus
  3. Terbantu bgt yaa tes alergi susu sapi enfaclub ini. Bisa mengurangi kepanikan para ibu saat pencernaan anak terganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoiii bener banget sangat membantu jadi ortu bisa tidak panik dan menyiapkan diri lebih baik

      Hapus
  4. Ilmu tentang SEOnya aku noted.

    Alhamdulillah sekarang anak alergi udah ada solusi ya dan bisa tumbuh sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener banget, sudah ketemu solusi jadi bikin kita tenang ya

      Hapus
  5. Ooohhh ternyata untuk mengatasi Colic pada anak2 sesusia ini bisa dengan dikompress, mandi air hangat, bantu disendawakan, pijat lutut, pakai baby oil dll ya Feb. Wah zaman sekarang canggih ya yang alergi susu sapi ga pake pusing..bersama Enfaclub semua teratasi dengan baik

    BalasHapus
  6. Penting bngt mngetahui apakah anak kita alergi susu sapi atau tidak biar kitabisa mngetahui jenis susu apa yg cocok sbg asupan tambahan untuk perkembangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya bener banget mbak makanya ortu harus belajar dari banyak hal xixi

      Hapus
  7. Repot ya kalau anak alergi susu sapi khusunya bagi ibu bekerja. Penting g sekali info ini bruk para bunda termasuk saya.

    BalasHapus
  8. Yess, lengkap ya Febb acaranya. Selain kita dapet ilmu tentang masalah pencernaan anak, kita juga dapet bonus materi tentang dunia ngeblog.. Assik dech ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …