Langsung ke konten utama

Lindungi Hutan Indonesia Dengan HCS Approach Toolkit Versi 2.0



Hai teman-teman lagi sibuk apa nih? kalau saya lagi sedih deh baca berita yang isinya menceritakan kondisi hutan Indonesia yang menjadi paru-paru dunia mulai banyak kehilangan fungsi aslinya. Padahal hutan kita juga merupakan kendali dalam menjaga kestabilan iklim dunia dengan proses fotosintesis tumbuh-tumbuhannya. Karena itulah, saya setuju sekali ketika tahu bahwa HCS Approach Meluncurkan HCS Approach Toolkit Versi 2.0 di Bali pada tanggal 3 Mei 2017. Apa sih HCS Approach itu? dan apa hubungannya dengan hutan Indonesia? baca terus yuk 😀


Yuhuuu, karena adanya deforestasi hutan atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi non hutan bisa diakibatkan oleh kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu ilegal dan tidak memiliki ijin dari pihak yang berwenang sudah sangat meresahkan dan mengganggu. Maka hal inilah yang sangat disadari oleh HCS Approach Steering Group untuk ikut serta bertanggung jawab menjaga kelangsungan serta melindungi hutan supaya tetap lestari dan berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satunya dengan mengeluarkan Toolkit Versi 2.0

KENALAN YUK DENGAN HCS APPROACH STEERING GROUP & TOOLKIT VERSI 2.0

Sedari tadi ngomongin HCSA Approach. Pasti teman-teman penasaran kan apa itu xixi. Nih saya bocorin, Jadi HCS Approach Steering Group adalah kepanjangan dari High Carbon Stock Approach yaitu suatu organisasi yang berupa koalisi antara industri dan organisasi non pemerintah (LSM) dibentuk tahun 2014 yang konsen terhadap perlindungan hutan alam sekunder yang telah mengalami regenerasi (pemulihan setelah sebelumnya mengalami kerusakan ekologis yang cukup berat seperti pembalakan liar, kebakaran hutan dan bencana alam). Yang menyediakan cadangan karbon yang sangat penting.



Padahal kita tahu kan ya, kalau hutan menyimpan sejumlah besar karbon itu sangat berkontribusi pada perubahan iklim, tapi ketika hutan dihancurkan. Karbon ini dilepas ke atmosfer sehingga akan berdampak pada keberlangsungan kehidupan. So, ketika HCS Approach Toolkit diluncurkan pada 3 Mei 2017 lalu di Bali adalah suatu terobosan baru yang merupakan metodologi gabungan baru yang berlaku secara global untuk melindungi hutan alam dan mengidentifikasi lahan-lahan yang dapat diolah sebagai areal komoditas secara bertanggung jawab. 

Mr. Grant Rosoman selaku Co Chair dari HCSA Steering Group yang memiliki harapan untuk dapat mengawasi pengembangan dari metodologi ini. Menyatakan bahwa "Membiarkan deforestasi atau pembabatan hutan alam demi perkebunan sudah merupakan suatu hal di masa lalu. Hari ini kami meluncurkan sebuah toolkit dengan metodologi yang memberikan panduan teknis yang praktis dan terbukti secara ilmiah untuk mengidentifikasi dan melindungi hutan alam tropis"


Mr Grant Rosoman juga menambahkan bahwa "selama 2 tahun para pihak terkait yang berkepentingan telah menyatukan berbagai upaya untuk menyepakati satu-satunya pendekatan global untuk menerapkan praktek Non Deforestasi. Adapun metodologi yang dihasilkan telah memperluas persyaratan sosialnya, pengenalan dan penerapan terhadap data cadangan karbon yang mencakup teknologi baru untuk mengoptimalisasi konservasi dan hasil produksi serta diadaptasi bagi petani-petani kecil"

Koalisi yang unik ini telah bersatu, dalam menanggapi kekhawatiran akan dampak pembabatan hutan alam tropis terhadap iklim, satwa dan hak=hak masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada hutan. 

Versi pertama dari HCS Approach Toolkit sebelumnya telah dikeluarkan pada April 2015. Nah versi barunya telah dikeluarkan pada 3 Mei 2017 di Bali. Tentunya telah dilakukan penelitian ilmiah terbaru, evaluasi dari percobaan lapangan, serta topik-topik baru dan atas masukan dari berbagai kelompok kerja HCS Approach Steering Group.

TOOLKIT VERSI 2.0

Lalu, apa saja sih isi Toolkit Versi 2 pengembangan dari metodologi terdahulu? ini dia jawabannya yang bisa dilihat di HCS Approach Toolkit 2 yang sudah ditulis dengan rinci dan gamblang. 



Toolkit baru ini juga menyajikan penyempurnaan, penambahan dan perubahan -perubahan penting pada metodologinya sebagai hasil dari 'Kesepakatan Konvergensi' antara HCS Approach dan HCS Study pada November 2016. Dengan telah dilengkapinya HCS Approach Toolkit Versi 2.0 HCS Steering Group saat ini dapat fokus pada uji coba metodologinya, agar dapat disesuaikan bagi petani kecil. 

Dalam skala luas, metodologi ini dapat mendukung hak-hak dan mata pencaharian masyarakat lokal, menjaga karbon hutan dan tentunya keaneka ragaman hayati serta kegiatan pengembangan terhadap lahan-lahan olahan secara bertanggung jawab pastinya. 


HCS Approach Steering Group, bisa dilihat disini ya :
Twitter  :  @Highcarbonstock

Oia kalau uraian diatas adalah hal positif yang dibuat oleh HCS Approach Steering Group untuk melindungi dan dalam usaha melestarikan hutan. Lalu apa nih  yang bisa kita lakukan secara pribadi untuk turut serta melestarikan lingkungan sekitar? Banyak lho hal yang bisa kita ambil seperti menaman pohon 1 rumah paling tidak memiliki 1 pohon, menggunakan kertas atau buku sebaik dan sehemat mungkin, menggunakan tissu dengan bijak, mematikan kran air yang menetes, tidak membuang air sembarangan, menghemat energi,  dan tidak membuang sampah sembarangan pastinya. 



Sumber Gambar : Twitter @Highcarbonstock
Sumber Youtube : High Carbon Stock Approach











Komentar

  1. Hal kecil kalau dikerjakan oleh sekian banyak penduduk bumi pasti akan maksimal hasilnya :) ayu ah dukung metodologi ini. Paling tidak untuk anak cucu kita nanti hasilnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener Teh, Yukk kalau bukan kita siapa lagi ya kan....demi masa depan

      Hapus
  2. Ngeri ya kalau dibiarkan hutan-hutan rusak. Nanti gimana nasibnya generasi berikutnya coba, oksigen tipis, air bersih susah. Semoga HCSA ini bisa diterapkan dengan baik agar masih ada masa depan untuk bumi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget, semua bergantung pada kondisi hutan yang jika tidak segera ditangani bisa berakibat buruk di masa depan ya

      Hapus
  3. Jaman sekarang hutan banyak sekali dibakar secara paksa guna industri, semoga dengan metode pelestarian HCSA hutan akan terjaga agar tetap alami. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya suka sedih ya kalo lihat berita macam gitu

      Hapus
  4. Mematikan keran air yang menetes, tidak membuang sampah sembarangan adalah contoh kecil yang mungkin sering kita lewatkan atau sepelekan. Padahal tanpa disadari hal - hal tersebut berdampak buruk bagi lingkungan kita. Semoga banyak diantara kita yg semakin sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan alam hutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget mas,semoga langkah kecil yang berdampak besa ya terhadap lingkungan sekitar kita

      Hapus
  5. Dari semua tulisan dirimu, ini yang paling keren tekhnik nulisnya. Materi berat kayak gini, penyampaiannya bisa dibikin santai.

    Masalah hutan ini kagak ada habisnya emang. Pembakaran hutan aja terkadang beritanya rame lagi. Ya mudah2an setelah ini ga ada lagi lah kabut asap atau apapun itu akibat dari ga bisa jaga hutan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …