Apa Saja Sih Pencapaian 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK ? Ini Dia Yang Harus Kita Tahu (Bagian 2)


Saking banyaknya ulasan yang harus saya bagikan ke teman, teman. So, liputan acara ini saya bagi ke dalam 2 tulisan ya temans maafkan xixi. Demi mata saya aman membacanya berulang ulang *ehh 😆

Yuk setelah menyimak penjelasan capaian 5 mentri sebelumnya. So kita lanjutkan yuk kepoin. Apa saja sih yang menjadi pencapaian pemerintahan Jokowi JK selanjutnya di bidang yang lain pastinya di bawah kementrian yang lainnya juga.

6. KEPALA BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif)

Selanjutnya nih, ada Kepala Bekraf bapak Triawan Munaf. Beliau menjelaskan kepada saya dan teman-teman yang hadir terkait pencapaian dan perkembangan ekonomi kreatif di negara ini dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.  

Tahu tidak temans, kalau ekonomi kreatif itu saat ini mampu menghasilkan kontribusi kepada negara sebesar 7,38% dengan nominal Rp 852,24 Triliun. Wow T guys banyak juga ya penikmat dan pangsa pasar di bidang ekonomi kreatif ini seperti sub sektor kuliner, (41,69%) kriya (15,70%) dan juga fashion (18,15%). 

Nah, selanjutnya beliau menambahkan bahwa ada sekitar 4 sub sektor yang juga sangat potensial nih yang bisa menjadi kekuatan ekonomi baru yaitu fillm menyumbang sebesar 10,28%, musik 7,26%, art/arsitektur menyumbang 6,62% dan game (animasi) yang tumbuh sebanyak 6,68%.

Oia sebelum menutup sesi sharingnya, Bapak kepala Bekraf juga menjelaskan bahwa jika selama 30 tahun ini, investasi di bidang perfilman tertutup untuk investor asing. Maka, sekarang sudah terbuka lebar dan membuka kesempatan untuk kerjasama dalam membuat film nasional. Dan yang paling menggembirakan, saat ini banyak para pemuda tertarik dengan ekonomi kreatif.

7. KEPALA BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)


Nah, disini saya sempat berfoto ria dengan kepala BKPM bapak Thomas Lembong xixi, secara kapan lagi saya bisa ketemu beliau orang nomor satu yang mengurusi penanaman modal dan inevstasi untuk Indonesia.  Beliau membuka dengan target investasi di 2017 sebsar 678 Triliun. Dan pastinya mengalami kenaikan dong dengan tahun sebelumnya di 2016. sebesar 12,9 %.

Beliau menjelaskan di awal pertemuan, bahwa banyak sekali saat ini investor yang ingin bergabung di bidang infrastruktur. Investasi pun dari 2015, 2016 dan 2017 sudah bisa membuka banyak lapangan kerja dari 75.000 proyek yang ada. Lapangan pekerjaan pun dibuka sebanyak 3,7 juta lapangan pekerjaan.


Well, menutup pembicaraannya beliau memberikan point penting dalam pencapaian BKPM, seperti : 
  • 3 Jam ESDM, proses berinvestasi dilakukan dalam 3 jam saja. Yang merupakan terobosan mental baru dan membuat decak kagum banyak orang.
  • Digital Siganture, yaitu  dimana 1 orang pejabat dapat menandatangi puluhan berkas dalam 1 waktu yang sama. 
  • Data Sharing, hal ini dilakukan yaitu bekerjasama dengan instansi lain pastinya seperti kemenhub, ditjen pajak dan ditjen bea cukai.
Sementara untuk investasi asing sendiri, sebenarnya sudah bareng dilakukan di semua sektor. Termasuk dalam investasi di bidang ketenagalistrikan dimana 20% nya sudah dimiliki oleh Jepang. Dan menutup sesi sharingnya, bapak Thomas menyebutkan bahwa negara kita sudah mendapatkan penilaian dalam 3 lembaga. Dimana menunjukkan prestasi LAYAK INVESTASI yang terakhir diperoleh dalam kurun waktu 20 tahun lalu. Wewh selamat pak 👏👏 saatnya investasi di negara kita berkembang dan tumbuh kembali dong.

8. MENTRI PERHUBUNGAN
Nah, selanjutnya saatnya mendengarkan pemaparan dari mentri perhubungan nih atas pencapaiannya selama 3 tahun ini. Hadir dalam sesi jumpa press ini mentri perhubungan, bapak Budi Karya Sumadi yang menjelaskan tentang pemerataan pembangunan yang sudah berjalan selama era pemerintahan Jokowi - JK ini. 


Saat ini, sedang dilakukan pembangunan Indonesia sentris, bukan lagi Jawa Sentris. yaitu dengan melakukan peningkatan konektivitas di daerah terdepan, terluar dan juga tertinggal (3T). Saat ini. juga telah dibangun 5 kapal ternak tambahan, untuk digunakan sebagai persediaan daging potong ke wilayah Jawa, NTT dan juga NTB. 

Selain itu, pembangunan tol laut pun terbukti mengurangi disparitas harga lho temans hingga 40%, karena mampu. Dengan 13 lintasan yang sudah dikerjakan oleh BUMN dan juga swasta dalam pengembangannya. Pemerintah melalui kemenhub, juga akan menyediakan bandara di setiap pulau lho guys. Bahkan di Flores saja, sudah ada 3 atau 4 bandara yang akan memudahkan aksebilitas di NTT berjalan dengan lebih baik pastinya 😍.

9. MENTRI KOMINFO 
Berbicara masalah infrastruktur, memang tidak bisa dilepaskan dari infrastruktur telekomunikasi.  Dan saatnya mendengarkan nih, sesi sharing dari bapak mentri kominfo yaitu Bapak Rudiantara. 

Ini dia temans, pencapaian 3 tahun kominfo. Yuk terusin bacanya: 
  • Berdasarkan data kominfo, jaringan 4G sudah tercatat sebanyak 297 kabupaten atau kota hingga tahun 2017. Meningkat banyak dari tahun 2016 yang hanya 58 kota kabupaten.
  • Membangun menara BTS di 180 kecamatan dalam 12 Propinsi di Indonesia. Seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Barat dan juga NTT.
  • Adanya gap jaringan telekomunikasi antara Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan daerah luar pastinya akan tetep terus diupayakan maksimal, supaya terdapat pemerataan jaringan telekomunikasi secara perlahan tapi pasti dapat memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Indonesia.


10. MENTRI PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)
Well, sekarang giliran dari mentri PUPR nih yang diwakili oleh kepala Balitbang kementrian PUPR, Bapak Danis H. Sumadilaga. Nah, beliau menjelaskan nih kepada saya dan teman - teman yang hadir yaitu :
  • Terkait konektivitas, ada capaian 2.623 km jalan yang kebanyakan berada di perbatasan di Kalimantan, Papua, Jalan perbatasan NTT di Pulau Timor.
  • Ada 39 bendungan yang rencananya akan dibangun, selesai sebanyak 9, sisanya sedang dibangun dan ditargetkan rampung di tahun 2019.
  • Saat ini terdapat tambahan 16.000 liter air perdetik, sanitasi dan masalah persampahan juga tetap akan diperhatikan. Karena targetanya dari 12 juta KK sudah menjadi 77 juta KK.
  • Penyediaan rumah dan pembiayaan rumah, tetap akan diusahakan demi memenuhi kebutuhan, dan saat ini pembangunan sudah mencapai 1 juta rumah setahun usai dibangun, dan dikembangkan di daerah Jayapura dan Kalimantan Timur. 


Nah selesai sudah mendengarkan pemaparan para narasumber yang hebat di bidang nya masing-masing ini. Salut buat tim kerja bapak presiden Jokowi. Karena baru 3 tahun sudah terlihat bagaimana kinerjanya bisa diterima oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Saya pun juga ikut langsung merasakan imbas pembangunan infrastruktur yang berjalan cepat dengan berkurangnya kemacetan saat mudik.

Yuk ahh, kita dukung program pemerintah yang lainnya ya. Dengan ikutan menjaga dan memelihara juga mensupport setiap pembangunan untuk kemajuan negri ini. Apalagi dalam kurun waktu 2 tahun kedepan di dalam sisa pemerintahan presiden Jokowi - JK. Meskipun pro dan kontra akan selalu muncul. Namun saya sebagai warga negara yang baik harus tetap mensupport dong.


#kerja3ersama
#3tahunJokowiJK


Komentar

  1. Wah drastis juga ya meningkat pemasangan jaringan 4G sampai 130an kota. Dr yg cuma 58 sampe 297 kota. Mantaaab.. makin banyaj deh profesi blogger disudut2 kota. Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, blogger baru makin muncul sehingga akan semakin banyak informasi yang bisa didapatkan untuk pembaca ya Ummi. So mau traveling kemana aja di segala ruang di Indonesia g khawatir lagi dengan sinyal dong ya

      Hapus
  2. Penting banget itu konektivitas. Supaya seluruh informasi dari kota ke desa, dari desa ke kota dan sebagainya bisa diketahui oleh rakyatr Indonesia. Sebanyak 2.623 km jalan yang kebanyakan ada di Kalimantan, Papua dan Timor, mesti ditingkatkan lagi sarana dan prasarananya. Semoga 3 tahun kerja keras Presiden Jokowi ini benar2 terpampang nyata dan berkesinambungan ga hanya sampai di sini aamiin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk