Langsung ke konten utama

Tiga Hal Yang Menjadikan Tidur Berkualitas



'Duhh, semalam ga bisa tidur enak nih pinggang aku sakit' atau 'Kamu semalam tidur berapa jam sih? Kog kelihatan capek banget'

Begitulah kira-kira kurang lebih beberapa kasus yang pastinya kita jumpai pada orang di sekeliling kita. Lagi-lagi bermula dari tidur alias istirahat yang tepat. Teman-teman pasti tahu dong, kalau kualitas tidur itu berpengaruh pada kehidupan seseorang dalam kesehariannya. Karena semakin berkualitas tidur seseorang, maka semakin baik pula kehidupan orang itu dalam beraktivitas. 

'Emang pentingnya tidur berkualitas itu apa Feb' Nah, ini dia jawabannya temans :
  • Sebagai sarana untuk istirahat otak dan meningkatkan kreativitas
  • Tidur yang nyenyak bisa mengurangi stress yang menimpa keseharian kita
  • Istirahat fisik untuk otot, sendi dan tulang
  • Penting untuk istirahat organ (akan menjadi detox alami bagi tubuh)
  • Bisa meningkatkan hormon di dalam tubuh 
  • Dapat meremajakan sel-sel yang ada di dalam tubuh 
  • Membuat badan dan pikiran rileks
Nah, setelah tahu tentang pentingnya tidur berkualitas, lalu kepengen dong ya merasakan manfaat langsung dari tidur berkualitas. Bagaimana sih tidur berkualitas itu? dan apa saja sih hal yang mempengaruhi tidur berkualitas? Yukk mari simak tulisanfebri kali ini. 

1. OLAH RAGA TERATUR
'Hayooo siapa yang malas berolahraga, ngacung?' eits, padahal olahraga teratur ini adalah salah satu cara untuk tidur dengan mudah. Menurut nutrisionist Alvin Hartanto yang juga penulis buku Bukan Buku Diet yang saya temui beberapa hari lalu di Living Soul Jakarta. 
Alvin Hartanto , Nutritionist
Menurut pria bertubuh tinggi ini mengemukakan, bahwa dengan berolahraga teratur maka akan membuat kita tidur dengan enak. Pernah tahu kan, ada sosok wanita di beberapa bulan lalu netizen dihebohkan dengan viralnya perayaan ultah Puspa Dewi. Wanita berusia 50 an tahun tapi nampak seperti gadis masih remaja berumur 20 an tahun. Karena ternyata, wanita mungil itu. Hobi berolahraga sejak muda. Dan imbasnya dirasakan beberapa tahun setelahnya. 
Dan, fakta yang ada memang menyebutkan bahwa dengan berolahraga teratur paling tidak 2 sampai 3 x dalam seminggu. Maka bisa membuat sel-sel tubuh bisa regenerasi. Dengan berolahraga sel-sel yang mati akan hilang dan digantikan dengan sel-sel baru. Sehingga wajah nampak fresh, awet muda dan kerutan akan tersamarkan karena elastisitas kulit pun dipengaruhi oleh hasil olahraga yang kita lakukan. Tentunya semua tidak bisa instan ya hasilnya, jadi jangan menunda nunda deh untuk berolahraga teratur. 

2. RILEKS SEBELUM TIDUR
Satu lagi nih, yang bisa menjadikan tidur berkualitas. Salah satunya adalah rileks sebelum tidur. Temans pasti tahu kan ya, durasi waktu tidur seseorang adalah 7-9 jam sehari. Nah..dengan waktu tidur yang ideal itu, paling tidak, kita memiliki cukup waktu untuk istirahat setelah beraktivitas seharian. 
Tapi, dengan catatan sebelum tidur kita harus merasakan rileks terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan melepaskan semua beban yang ada dalam pikiran kita, termasuk dengan memaafkan orang lain yang memiliki kesalahan pada diri kita sebelum tidur. Lakukanlah hal ini setiap kali kita akan tidur setiap harinya. 

Hal ini diaminkan oleh mbak Diana Elsa Vonie selaku penggiat yoga dan juga seorang Hypnoteraphy di acara ini. Menurut mbak Diana, yang sudah berpengalaman dalam hal membuat orang lain 'tertidur nyenyak' sempat mengajak saya dan teman-teman yang hadir untuk ikut mencoba cara mudah rileks sebelum tidur.
Mbak Diana Elsa, Hypnoterapy dan Pengajar Yoga
Dengan mengajarkan cara rileksasi dengan otot, pikiran dan nafas. Dengan menarik nafas yang tepat dengan membucitkan perut dan membuang nafas dengan menarik perut ke dalam. Maka tekhnik ini, akan otomatis memberikan rileks pada otot - otot kita yang tegang. 

Di sore hari itu, mbak Diana juga mengajarkan rileks dengan cara menggunakan sarana  pendulum. Jadi, kami diberikan sebuah pendulum yang bisa bergerak ke kanan, kiri, maju, mundur sesuai dengan alam bawah sadar. Dengan berkonsentrasi penuh, maka secara tidak langsung akan membawa alam bawah sadar kita untuk menggoyangkan arah pendulum sesuai dengan titik fokus apa yang kita pikirkan. 

Mbak Diana Elsa (Kiri) Saat Memberikan Demo Hypnoterapy Supaya Mudah Tidur
Misalkan nih, saat kita bingung mau membeli suatu barang atau tidak. Maka kita bisa berkonsentrasi dan menanyakan dalam diri 'apakah saya perlu membeli barang ini atau tidak' maka arah pendulum akan memberikan jawaban yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan. 

Wihh, saya dan teman-teman pun sempat tercengang saat arah pendulum bisa mengikuti pikiran kita untuk memintanya bergoyang ke kanan atau kiri.  

3. PEMILIHAN MATRASS YANG TEPAT

Point ini, juga penting dan mempengaruhi tidur kita yang berkualitas lho. Karena dengan matrass yang tepat, akan membuat tidur kita nyenyak dan nyaman sehingga istirahat pun bisa terjaga dengan baik. 

Mungkin banyak matrass yang beredar di luaran, tapi kita harus tahu nih bagaimana memilih matrass yang baik dilihat dari bahan yang berkualitas dan kenyamanan yang akan membuat kita tidur dengan berkualitas. 
Bapak Mukti Argo
Salah satunya, adalah matrass SERTA yang merupakan produk buatan USA yang memiliki kualitas terjamin dengan bahan pembuat berkualitas tinggi. Hal ini disampaikan oleh Bapak Mukti Argo yang memberikan pencerahan kepada kami saat acara ini berlangsung. 

Menurut Bapak Mukti Argo. Ada beberapa kelebihan yang bisa dibandingkan dengan brand lain seperti : 
  1. 7-Zone Pocket Spring, yang bisa mengikuti lekuk tubuh secara sempurna dan menopang tulang belakang dengan baik, sehingga kenyamanan pun akan maksimal.
  2. Adanya fitur Adaptive, Dynamic Cooling System yang mampu menjaga suhu permukaan matras tetap dingin dan nyaman. Sehingga membuat kita tetap dalam zona nyaman saat tidur lebih lama.
  3. Permukaan matrass, yang dilapisi bahan yang mampu menyerap keringat sehingga suhu tubuh kita tetap dalam zona nyaman walaupun sedang tidur.
  4. Desain yang elegant dan disupport dengan Knit dan Latex Layer serta disupport dengan excellent Foam yang berkualitas.
Bahan yang berkualitas itu didapatkan dari Mattress Fabric, Wool, Latex, Memory Foam yang dibenamkan pada setiap produknya. Sehingga terbukti kenyamanan dan kualitas yang mampu menjamin kualitas tidur kita. 
Oia, kelebihan matrass SERTA lainnya adalah prestasinya dalam meraih Matress Manufacturer No 1 di dunia sejak tahun 2011 - 2017. Selain itu Matrass SERTA juga memperoleh penghargaan sebagai Matrass Nomor 1 Pilihan Recomended Wanita untuk Matrass, Box Spring dan Bantal di tahun 2014-2017. 

Saya pun penasaran dengan matrass SERTA yang bisa kita temui di galery khusus seluruh Indonesia. Dengan ikonnya Domba, Matras SERTA bisa menemani tidur kita dengan nyaman. Akhirnya, saya pun mencobanya dan memang menjajal kenyamanan matrass yang sudah banyak digunakan sebagai brand matrass untuk hotel ataupun rumah sakit ini. 

Untuk info lebih lengkap, silahkan kepoin disini ya temans:
http://www.serta.co.id/
Instagram : @sertamattressid
atau mengunjungi galery yang ada di seluruh Indonesia dengan cek tempatnya disini ya http://www.serta.co.id/serta-galleries

Oke, sekian dulu tulisanfebri kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat tidur kita semakin berkualitas dari hari sebelumnya, sehingga hidup kita pun akan lebih baik. 



Komentar

  1. Iiih tertarik sama hypnoteraphinya. Ajarin dong. Itu bisa ga ya kita pakai untuk anak2 supaya tidur nggak malam2. Xixixi.. soalnya manfaat tidur nyaman itu kan bukan buat org dewasa saja ya. Kalau anak ga cukup tidur bisa stress dan badannya ga rileks. Yg ada ngeselin nangis dan marah-marah mulu.

    BalasHapus
  2. waduuuuh.....
    saya ini team males olahraga hehehe

    BalasHapus
  3. Baru pertama kali mencoba hypnoterapi diri sendiri dengan menggunakan pendulum, siapa sangka ternyata pendulum tersebut bergerak sesuai dengan instruksi alam bawah sadar kitaa.

    Nah, kalau tidurnya di atas matrass Serta ini dijamin tidurnya nyenyak dan berkualitas ya Febb.

    BalasHapus
  4. Pake pendulum buat milih jodoh, eh, kasur. Hihihi.

    Iya, kita harus tidur minimal 8 jam sehari, gak harus 8 jam malam, sih memang, yg penting dalam sehari tidur berkualitas 8 jam.

    BalasHapus
  5. Itu yg paragraf awal Saya banget, sering banget dpt pertanyaan serupa, emang bener bgt tidur berkualitas sangat diperluin bgt. Salah satu pengaruhnya wadah atau matras tempat tidurnya, saya ga nolak lho kakak klo di beliin :D

    BalasHapus
  6. Asiknya bisa bobo nyenyak. Kalau pak bisa. Hem bawaan bisa ngomel ngomel seharian. Kantung mata menghitam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Hai hai teman teman. Sepakat kan kita semua bahwa sebenrnya semua wanita itu cantik dan menarik dengan versinya masing-masing. Bedanya kenapa sih kita melihat ada wanita yang terlihat selalu fresh dan cantik? Ada juga wanita yang terlihat biasa saja tapi nampak awet muda. Atau ada juga wanita yang kulitnya sehat dengan penampilan yang bersahaja.


Well itulah pilihan masing - masing diri ya. Tergantung kita mau dan siap meluangkan waktu tidak untuk membersihkan muka secara rutin, berolahraga teratur, memakai skin care yang mendukung kulit kita, minum air putih yang cukup, atau memiliki pola makan dan hidup sehat. Yeesss...itulah beberapa tips untuk tampil cantik dan percaya diri ala dr Tri Asih Budi Utami. Seorang dokter yang menjadi pakar kecantikan, yang diundang hadir untuk sharing seputar kesehatan kulit dan bagaimana merawat wajah supaya kita tetap tampil cantik. 


Wanita yang tampil cantik dan modis dengan balutan busana hitam mix putih ini menjadi salah satu narasumber di acara Beau…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat

Pagi hari sekitar tanggal 22 Otober 2017, ketika matahari masih malu-malu untuk bersinar. Saya pun segera bergegas menuju stasiun KRL terdekat. Bukan apa-apa sih, karena saya harus mengejar jadwal keberangkatan KRL Tangerang ke Duri Jakarta tepat pukul 05.30 WIB. "Sesekali saya harus ikutan Car Free Day" gumam hati saat diajakin temen-temen buat seseruan berolahraga pagi di bundaran HI ini. Secara...saya pun belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang jadi pusat keramaian warga DKI ini di Minggu hari. Dengan memakai dress code berwarna merah, saya pun siap membelah Jakarta di pagi hari.

Oke sampai sana pun, saya mencari teman-teman yang ternyata sudah berkumpul dan sedang mengikuti senam bareng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Well, ternyata di hari itu, BPOM membuka stand yang dipenuhi oleh masyarakat sekitar guys. Sebelum saya mendekatkan diri ke panggung utama yang nampak rame itu. Saya pun sempat melihat mobil BPOM yang nampak rame dikerumuni pengunjung Car Free …