Tiga Hal Yang Menjadikan Tidur Berkualitas



'Duhh, semalam ga bisa tidur enak nih pinggang aku sakit' atau 'Kamu semalam tidur berapa jam sih? Kog kelihatan capek banget'

Begitulah kira-kira kurang lebih beberapa kasus yang pastinya kita jumpai pada orang di sekeliling kita. Lagi-lagi bermula dari tidur alias istirahat yang tepat. Teman-teman pasti tahu dong, kalau kualitas tidur itu berpengaruh pada kehidupan seseorang dalam kesehariannya. Karena semakin berkualitas tidur seseorang, maka semakin baik pula kehidupan orang itu dalam beraktivitas. 

'Emang pentingnya tidur berkualitas itu apa Feb' Nah, ini dia jawabannya temans :
  • Sebagai sarana untuk istirahat otak dan meningkatkan kreativitas
  • Tidur yang nyenyak bisa mengurangi stress yang menimpa keseharian kita
  • Istirahat fisik untuk otot, sendi dan tulang
  • Penting untuk istirahat organ (akan menjadi detox alami bagi tubuh)
  • Bisa meningkatkan hormon di dalam tubuh 
  • Dapat meremajakan sel-sel yang ada di dalam tubuh 
  • Membuat badan dan pikiran rileks
Nah, setelah tahu tentang pentingnya tidur berkualitas, lalu kepengen dong ya merasakan manfaat langsung dari tidur berkualitas. Bagaimana sih tidur berkualitas itu? dan apa saja sih hal yang mempengaruhi tidur berkualitas? Yukk mari simak tulisanfebri kali ini. 

1. OLAH RAGA TERATUR
'Hayooo siapa yang malas berolahraga, ngacung?' eits, padahal olahraga teratur ini adalah salah satu cara untuk tidur dengan mudah. Menurut nutrisionist Alvin Hartanto yang juga penulis buku Bukan Buku Diet yang saya temui beberapa hari lalu di Living Soul Jakarta. 
Alvin Hartanto , Nutritionist
Menurut pria bertubuh tinggi ini mengemukakan, bahwa dengan berolahraga teratur maka akan membuat kita tidur dengan enak. Pernah tahu kan, ada sosok wanita di beberapa bulan lalu netizen dihebohkan dengan viralnya perayaan ultah Puspa Dewi. Wanita berusia 50 an tahun tapi nampak seperti gadis masih remaja berumur 20 an tahun. Karena ternyata, wanita mungil itu. Hobi berolahraga sejak muda. Dan imbasnya dirasakan beberapa tahun setelahnya. 
Dan, fakta yang ada memang menyebutkan bahwa dengan berolahraga teratur paling tidak 2 sampai 3 x dalam seminggu. Maka bisa membuat sel-sel tubuh bisa regenerasi. Dengan berolahraga sel-sel yang mati akan hilang dan digantikan dengan sel-sel baru. Sehingga wajah nampak fresh, awet muda dan kerutan akan tersamarkan karena elastisitas kulit pun dipengaruhi oleh hasil olahraga yang kita lakukan. Tentunya semua tidak bisa instan ya hasilnya, jadi jangan menunda nunda deh untuk berolahraga teratur. 

2. RILEKS SEBELUM TIDUR
Satu lagi nih, yang bisa menjadikan tidur berkualitas. Salah satunya adalah rileks sebelum tidur. Temans pasti tahu kan ya, durasi waktu tidur seseorang adalah 7-9 jam sehari. Nah..dengan waktu tidur yang ideal itu, paling tidak, kita memiliki cukup waktu untuk istirahat setelah beraktivitas seharian. 
Tapi, dengan catatan sebelum tidur kita harus merasakan rileks terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan melepaskan semua beban yang ada dalam pikiran kita, termasuk dengan memaafkan orang lain yang memiliki kesalahan pada diri kita sebelum tidur. Lakukanlah hal ini setiap kali kita akan tidur setiap harinya. 

Hal ini diaminkan oleh mbak Diana Elsa Vonie selaku penggiat yoga dan juga seorang Hypnoteraphy di acara ini. Menurut mbak Diana, yang sudah berpengalaman dalam hal membuat orang lain 'tertidur nyenyak' sempat mengajak saya dan teman-teman yang hadir untuk ikut mencoba cara mudah rileks sebelum tidur.
Mbak Diana Elsa, Hypnoterapy dan Pengajar Yoga
Dengan mengajarkan cara rileksasi dengan otot, pikiran dan nafas. Dengan menarik nafas yang tepat dengan membucitkan perut dan membuang nafas dengan menarik perut ke dalam. Maka tekhnik ini, akan otomatis memberikan rileks pada otot - otot kita yang tegang. 

Di sore hari itu, mbak Diana juga mengajarkan rileks dengan cara menggunakan sarana  pendulum. Jadi, kami diberikan sebuah pendulum yang bisa bergerak ke kanan, kiri, maju, mundur sesuai dengan alam bawah sadar. Dengan berkonsentrasi penuh, maka secara tidak langsung akan membawa alam bawah sadar kita untuk menggoyangkan arah pendulum sesuai dengan titik fokus apa yang kita pikirkan. 

Mbak Diana Elsa (Kiri) Saat Memberikan Demo Hypnoterapy Supaya Mudah Tidur
Misalkan nih, saat kita bingung mau membeli suatu barang atau tidak. Maka kita bisa berkonsentrasi dan menanyakan dalam diri 'apakah saya perlu membeli barang ini atau tidak' maka arah pendulum akan memberikan jawaban yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan. 

Wihh, saya dan teman-teman pun sempat tercengang saat arah pendulum bisa mengikuti pikiran kita untuk memintanya bergoyang ke kanan atau kiri.  

3. PEMILIHAN MATRASS YANG TEPAT

Point ini, juga penting dan mempengaruhi tidur kita yang berkualitas lho. Karena dengan matrass yang tepat, akan membuat tidur kita nyenyak dan nyaman sehingga istirahat pun bisa terjaga dengan baik. 

Mungkin banyak matrass yang beredar di luaran, tapi kita harus tahu nih bagaimana memilih matrass yang baik dilihat dari bahan yang berkualitas dan kenyamanan yang akan membuat kita tidur dengan berkualitas. 
Bapak Mukti Argo
Salah satunya, adalah matrass SERTA yang merupakan produk buatan USA yang memiliki kualitas terjamin dengan bahan pembuat berkualitas tinggi. Hal ini disampaikan oleh Bapak Mukti Argo yang memberikan pencerahan kepada kami saat acara ini berlangsung. 

Menurut Bapak Mukti Argo. Ada beberapa kelebihan yang bisa dibandingkan dengan brand lain seperti : 
  1. 7-Zone Pocket Spring, yang bisa mengikuti lekuk tubuh secara sempurna dan menopang tulang belakang dengan baik, sehingga kenyamanan pun akan maksimal.
  2. Adanya fitur Adaptive, Dynamic Cooling System yang mampu menjaga suhu permukaan matras tetap dingin dan nyaman. Sehingga membuat kita tetap dalam zona nyaman saat tidur lebih lama.
  3. Permukaan matrass, yang dilapisi bahan yang mampu menyerap keringat sehingga suhu tubuh kita tetap dalam zona nyaman walaupun sedang tidur.
  4. Desain yang elegant dan disupport dengan Knit dan Latex Layer serta disupport dengan excellent Foam yang berkualitas.
Bahan yang berkualitas itu didapatkan dari Mattress Fabric, Wool, Latex, Memory Foam yang dibenamkan pada setiap produknya. Sehingga terbukti kenyamanan dan kualitas yang mampu menjamin kualitas tidur kita. 
Oia, kelebihan matrass SERTA lainnya adalah prestasinya dalam meraih Matress Manufacturer No 1 di dunia sejak tahun 2011 - 2017. Selain itu Matrass SERTA juga memperoleh penghargaan sebagai Matrass Nomor 1 Pilihan Recomended Wanita untuk Matrass, Box Spring dan Bantal di tahun 2014-2017. 

Saya pun penasaran dengan matrass SERTA yang bisa kita temui di galery khusus seluruh Indonesia. Dengan ikonnya Domba, Matras SERTA bisa menemani tidur kita dengan nyaman. Akhirnya, saya pun mencobanya dan memang menjajal kenyamanan matrass yang sudah banyak digunakan sebagai brand matrass untuk hotel ataupun rumah sakit ini. 

Untuk info lebih lengkap, silahkan kepoin disini ya temans:
http://www.serta.co.id/
Instagram : @sertamattressid
atau mengunjungi galery yang ada di seluruh Indonesia dengan cek tempatnya disini ya http://www.serta.co.id/serta-galleries

Oke, sekian dulu tulisanfebri kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat tidur kita semakin berkualitas dari hari sebelumnya, sehingga hidup kita pun akan lebih baik. 



Komentar

Ade UFi mengatakan…
Iiih tertarik sama hypnoteraphinya. Ajarin dong. Itu bisa ga ya kita pakai untuk anak2 supaya tidur nggak malam2. Xixixi.. soalnya manfaat tidur nyaman itu kan bukan buat org dewasa saja ya. Kalau anak ga cukup tidur bisa stress dan badannya ga rileks. Yg ada ngeselin nangis dan marah-marah mulu.
rizal hidayat mengatakan…
waduuuuh.....
saya ini team males olahraga hehehe
Evi Fadliah mengatakan…
Baru pertama kali mencoba hypnoterapi diri sendiri dengan menggunakan pendulum, siapa sangka ternyata pendulum tersebut bergerak sesuai dengan instruksi alam bawah sadar kitaa.

Nah, kalau tidurnya di atas matrass Serta ini dijamin tidurnya nyenyak dan berkualitas ya Febb.
Wichan mengatakan…
Pake pendulum buat milih jodoh, eh, kasur. Hihihi.

Iya, kita harus tidur minimal 8 jam sehari, gak harus 8 jam malam, sih memang, yg penting dalam sehari tidur berkualitas 8 jam.
Sie-thi nurjanah mengatakan…
Itu yg paragraf awal Saya banget, sering banget dpt pertanyaan serupa, emang bener bgt tidur berkualitas sangat diperluin bgt. Salah satu pengaruhnya wadah atau matras tempat tidurnya, saya ga nolak lho kakak klo di beliin :D
Mporatne mengatakan…
Asiknya bisa bobo nyenyak. Kalau pak bisa. Hem bawaan bisa ngomel ngomel seharian. Kantung mata menghitam.