Kenalan Yuk Dengan Ragam Kuliner Indonesia Yang Merupakan Takdir Kejayaan Masa Lalu

Ga berasa ya sudah ramadhan lagi aja, ga berasa tinggal menunggu hitungan jari saja untuk menyambut bulan besar yang banjir pahala dan berkah ini. Pasti yang namanya Ramadhan banyak disambut oleh pedagang ta'jil yang membanjir. Banyak kebiasaan yang tidak ada di bulan Ramadhan tapi berlangsung hanya di bulan Ramadhan. Bukan saja terjadi di negara kita lho, tapi dari negara lain pun akan semangat dan antusias menyambut Ramadhan. 

RAMADHAN DI AMERIKA SERIKAT
Seperti yang terjadi di negara maju Amerika Serikat. Meskipun, negaranya bukanlah mayoritas muslim namun toleransi beragamanya cukup tinggi lho. Apalagi saya mendengarnya beberapa hari lalu di AMUZ resto daerah Sudirman Jakarta tanggal 9 Mei 2018 langsung dari warga negara Amerika Serikat yang sekarang sedang berada di Indonesia dan fasih berbahasa Indonesia ini.
Yapp, dari beliaulah Mr Christopher P Rittgers selaku Concelour Agricultural Service dari United States Departement Agriculture untuk Jakarta. Sayapun jadi tahu bahwa di negara Amerika Serikat itu banyak kebahagiaan yang didapatkan oleh warga muslim yang menjalani ibadah wajib itu. 

Ternyata nih di Amerika Serikat sana, banyak lho kebiasaan yang dijalankan oleh umat non muslim untuk menghormati teman atau rekannya yang sedang menjalani puasa Ramadhan. Seperti, yang terjadi saat buka puasa bareng di antara mereka, pastinya akan sangat mengeratkan hubungan satu dan yang lainnya. 

Selain adanya buka bersama, ada pula gotong royong atau kebersamaan yang juga berlaku di AS saat Ramadhan datang. Masih juga ada pasar Ramadhan yang diramaikan oleh penjual warga asli Amerika dengan pembelinya adalah warga muslim dari berbagai negara. 

Ada juga sholat Ied berjamaah yang digelar di lapangan atau masjid masjid yang masih terbatas jumlahnya, seluruh umat muslim muslimah yang ada di Amerika tumplek blek jadi satu di tempat yang telah dipilihnya. Semua berkumpul dari berbagai macam negara yang pelaksanaan sholatnya dilindungi oleh pemerintah setempat.  

Wah, ternyata ga nyangka ya jika keramaian Ramadhan bukan hanya terjadi di negara kita saja.  Nampaknya, berkesannya Ramadhan di Amerika Serikat pun dirasakan oleh Ulfah, salah satu jebolah siswa yang pernah bersekolah di Amerika dan kini menjadi mahasiswa fakultas hukum UI (Tosss sama lah mbak, seperti saya sesama Hukum wkwkw)

Nah, dari wanita muda berjilbab yang membagikan keseruannya saat tinggal di Amerika beberapa bulan. Saya mendapatkan banyak cerita menarik seputar Ramadhan di Amerika. Seperti:Toleransi beragama yang tinggi antar teman, begitupun saat dia mengajarkan temannya yang asli warga AS menu berbuka puasa seperti di Indonesia, bahkan sebaliknya. Temannya pun akan senantiasa mengajarkan beberapa resep masakan asli Amerika kepadanya selaku pendatang. 

Karena sudah banyak resto atau tempat makan yang menjual khusus makanan halal di Amerika, maka membuat muslim muslimah yang stay di sana pun merasakan ketenangan. Termasuk dengan Ulfah yang ramah ini. Dengan durasi waktu berpuasa selama 19 jam, Ulfah dan muslim yang lainnya pun harus mengawali berbuka puasa tepat di jam 20.00 WIB (welehhhh, kita sudah terawih dan si mbak baru berbuka ya πŸ˜…kerennn)

KULINER ASLI INDONESIA, TAKDIR KEJAYAAN MASA LALU
Belum puas ya rasanya setiap mendengar kisah seputar Islam di negara lainnya. Saya pun dikejutkan oleh info yang disampaikan oleh Bapak Kaffi Kurnia selaku owner sekaligus pendiri dari Sembutopia. 
Sembutopia sendiri sebenarnya adalah salah satu unit bisnis dari Peka Konsultan yang sangat memperhatikan masalah kesehatan. Salah satu hal yang menjadi servisnya adalah memberikan jasa layanan konsultasi pengobatan keluar negri dan informasi rujukan pengobatan ke RS yang ada di luar negri. 

'Lalu Peka Konsultan sendiri apa dong Feb?' yuhuu nih bocorannya ya gengks. jadiiiiii Peka Konsultan sendiri adalah konsultan bisnis dan marketing yang ada di Jakarta. Produk berkualitas seperti Apel Washington, Kurma Medjool yang terkenal dengan manisnya yang pas dan tanpa biji, Buah Pear Amerika juga Sunmaid adalah produk yang didistribusikan jalur masuknya ke Indonesia melalui Peka konsultan ini. Wahhh 😍😍 keren buat Peka Konsultan ya. 
Ssssttt mumpung ketemu produk Amerika Serika yang berkualitas, mari kita icip icip semua produknya. Termasuk dengan kurma Medjool yang patut dijadikan referensi saat berbuka puasa sebentar lagi. Karena rasanya yang pas dan tidak lengket pastinya. Belum lagi jeruk sunkist nya yang seger saat dijadikan minuman sehat dingin, jeruk tanpa biji yang diproses secara alami. 

Nah, kalau apelnya sendiri. Saya coba makan dan gigit langsung kreshhh. Apelnya pun seger dan pastinya termasuk kedalam jenis makanan sehat dong. Cocok lah buat teman-teman yang ingin diet. 

Okelah lanjut, menurut Bapak Kaffi Kurnia sendiri menjelaskan bahwa sebenarnya Indonesia ini kaya akan sumber alam melimpah yang diinginkan oleh bangsa lain yaitu rempah-rempah. Pantaslah, jika negara kita dulu sempat dijajah oleh Belanda karena rempah-rempahnya yang menggoda karena tidak dimiliki di berbagai negara lainnya. 

Nah, dengan beragam rempah-rempah yang dimiliki. Maka, makanan Indonesia merupakan makanan yang enak, khas dengan beragam aneka cita rasanya. Apalagi makanan Indonesia identik dengan kedaerahan tertentu yang dibawa untuk menambah citarasa makanan. Maka muncullah rumah makan Padang, Aceh, Jawa, Sunda, Makassar, Betawi dll. 

Nah, ternyata nih selain rempah-rempah. Ada juga yang menjadikan Indonesia kaya dan mengalami kejayaan kuliner lho  di masa lalu seperti Makan Kenduri atau makan bersama yang sudah menjadi tradisi di masa lalu. 

Dahulu orang-orang makan bersama dengan menu yang beragam dan masing-masing orang mendapatkan jatah makanan dengan porsi dan menu yang sama jika ada suatu acara besar berlangsung. Bahkan di salah satu relief prasasti Borobudur terdapat salah satu sudut yang menggambarkan bahwa makan besar bersama di Indonesia sudah ada sejak jaman dulu. 


Konon, jejak kejayaan ini bukan saja dalam 'makan besar' tapi juga dalam ungkapan  'makan enak'. Nah, dari Bapak Kaffi inilah saya mendengar bahwa sampai sekarang makan enak, tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing lainnya lho. Karena akan beda arti dan pemahaman, pun dengan nasi goreng yang sekarang sudah dipopulerkan dengan nama aslinya meski disajikan di luar negri. 



TEMPE, juga merupakan salah satu bentuk jejak kejayaan dari cara mengolah makanannya lho. Bahkan dalam waktu dekat, tempe akan dicatatkan dalam buku dunia menjadi makanan khas asli Indonesia ke dalam buku catatan makanan dunia. Wahhh harus bangga dong ya dengan tempe, si barang wajib banyak keluarga di Indonesia termasuk di rumah saya untuk ke3 lelaki xixi πŸ˜€

Eits, masih ada lho ternyata yang menjadi salah satu bentuk takdir kejayaan kuliner masa lalu seperti : 
  1. KECAP MANIS : Yess, si hitam yang disuka banyak orang ini adalah salah satu item yang harus ada untuk berbagai macam makanan khas Indonesia. Seperti sate, semur, siomay, bakso, mie, soto (karena saya makan soto wajib pakai kecap), ayam kecap dll. Kecap manis ini merupakan inovasi kuliner jaman dulu yang sangat unik karena diperkaya rempah-rempah dari Indonesia. 
  2. SAMBAL : Paling bisa dihitung dengan jari ya, jika ada satu keluarga yang tidak suka dengan sambal. (Selain anak-anak dong pastinya) sambal Indonesia terkenal kaya dengan keberagaman jenisnya. Hayoo coba hitung ada berapa sambal di Indonesia? pasti akan susah menebak karena itu berkenaan dengan selera yang bisa dipadu padankan dengan berbagai macam rempah-rempah lainnya. Mulai dari sambal terasi, sambal kecombrang, sambal mangga, sambal kecap, sambal dadak dan masih banyak sambal lainnya. Bahkan ada beberapa rumah makan yang menjual ayam spesial karena memiliki varian sambal sampai puluhan (wuihhhhh)
  3. KRUPUK  : Kalau ini, barang wajib buat banyak keluarga di Indonesia. Setiap orang pasti suka krupuk dengan berbagai macam varian dan rasanya. Kerupuk dan sambal muncul di Abad 10 dimana berbagai literatur dan prasasti menyebutkan bahwa keduanya merupakan keunikan yang tidak bisa dijumpai dalam makanan yang lainnya. 
Sekarang ya, coba deh lihat. Ketiga jenis makanan di atas kecap, sambal dan kerupuk itu harus ada di berbagai macam makanan lho. Ketiganya, termasuk ke dalam makanan yang menjadi andalan untuk berbagai macam jenis masakan ini merupakan salah satu bukti takdir kejayaan. 
Harus bangga deh ya dengan Indonesia yang kaya akan beragam cita rasa makanan yang dipadu dengan rempah rempah aslinya yang tidak banyak dimiliki oleh negara lain. Yukk kita jaga bersama kualitas cita rasa khas Nusantara dengan mencintai cita rasa masakan asli Indonesia. 

Bahkan nih, ada seorang Turis Indonesia yang bercerita diam - diam suka datang ke Indonesia hanya untuk 'makan enak' dengan petualangannya selama bertahun-tahun. Doi mengungkapkan bahwa kuliner favoritnya adalah Mie. Karena di Jakarta banyak bertebaran Mie yang beraneka ragam dan rasa bersifat kedaerahan pastinya seperti Mie Aceh, Mie Bangka, Mie Jambi, Mie Jawa, Mie Pontianak dll. 

Mie Aceh

Mie Jawa
Namun, selain mie ternyata martabak pun menjadi makanan yang berpotensi mendunia. Baik martabak manis yang memiliki banyak inovasi dengan beragam toping dan bahannya, ada juga martabak asin yang menjadi makanan favorit para bule.
Udahan dulu ahh ngomongin makanannya, jadi lapar kan huhuhu. Yukk saatnya saya menikmati sajian makan siang yang bahannya merupakan perpaduan dari Amerika dan juga Indonesia dong di acara ini. Ssttt, udah keburu baper mikirin makanan nih.

Terimakasih sudah mampir ya, sampai ketemu di tulisanfebri berikutnya ya. Oia selamat berpuasa buat teman-teman yang menjalankan, semoga ibadahnya dilancarkan ya aamiin. Makasih juga buat Peka Konsultan, saya jadi nambah ilmu seputar Ramadhan di Amerika dan juga seputar kejayaan kuliner di masa lampau kan πŸ˜…




















Komentar

  1. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget Mbak 😍😍tetep enak kan ya xixi

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk