Langsung ke konten utama

Cara Mencegah Anyang-anyangan Dengan Mudah


Kalau lihat foto ini, saya jadi suka baper gimanaaa gitu ya. Secara sekarang adek saya ini sudah menjadi seorang istri dalam beberapa tahun terakhir. Padahal dulu kemana-mana selalu bareng sama saya, kakaknya atau sama adek saya diatasnya dia persis. 

Adek saya ini terkadang bikin seneng, ngangenin tapi terkadang suka bikin sebel sama gaya hidupnya yang semau gue banget. Sampai akhirnya berpengaruh terhadap kesehatannya. Kebiasaan lama dia adalah menahan pipis sejak bangku SMP. Huft, jadi setiap pulang sekolah selalu dia buka pintu, salam, lempar tas sekenanya dannn langsung ke kamar mandi. 

Nah, kalau pas kamar mandinya kosong masih mending. Kalau pas isi gimana hayooo??? kebiasaan yang buruk emang ya. Tapi mau bagaimana lagi, dia ini ga bisa kalau pipis di tempat umum yang menurut dia ga nyaman jadi ga bisa deh keluar pipisnya, ups 😃!!!


Padahal kami sudah sering bilang, kalau nahan pipis itu bisa jadi salah satu penyebab anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Memang sih menurut survey, wanita rentan sekali terkena penyakit ini. Apalagi 80% disebabkan karena bakteri E Coli yang banyak menghampiri wanita. 


ANYANG-ANYANGAN / Infeksi Saluran Kemih 


Istilah medisnya yaitu Infeksi Saluran Kemih (ISK) namun sering orang tahu dan menyebutnya sebagai anyang-anyangan. Seperti istilah penyakit yang saya tahu sedari saya kecil. Gampangnya sering pipis tapi keluarnya sangat sedikit. 

Nah, belajar banyak hal terkait dengan ISK membuat saya sadar bahwa jangan menyepelekan anyang-anyangan lho. Hal ini disampaikan oleh dr. Boy Abidin, SPOG yang hadir di acara bukber bareng blogger tanggal 26 Mei 2018 lalu di sebuah hotel daerah Kelapa Gading Jakarta Utara. 


Dalam sore hari di sebuah ballrom yang megah bertabur warna merah marun sebagai Dress Code nya, saya dan sekitar 59 teman blogger lainnya belajar banyak hal seputar anyang-anyangan yang pasti banyak dialami oleh wanita.


Dokter Boy yang juga menjadi host acara dr.Oz di salah satu stasiun tv swasta itu juga mengawali perjumpaan kami dengan satu kalimat. 

"Sebaiknya minumlah sebelum haus untuk menjaga saluran kemih kita. Untuk memantau kita kurang air minum atau tidak. Lihatlah warna urin, kalau pekat berarti kita kurang minum" hemmm, saya rasa semua setuju deh jika minum air putih yang banyak itu bisa menjauhkan diri dari penyakit.

Saya pun semakin diperjelas dengan penjelasan dokter jebolan Universitas Padjajaran ini. Saat tahu apa sajakah yang bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Diantaranya seperti : 


  1. Kurang minum air putih, usahakan minum air putih 8 gelas sehari ya temans. Meski sesibuk apapun, tetaplah mengkonsumsi air putih sebagai teman dalam beraktivitas.
  2. Aktifitas sex, ada beberapa wanita yang terkena anyang-anyangan juga disebabkan karena terpengaruh oleh aktifitas seksual mereka.
  3. Menopouse
  4. Diabetes
  5. Masalah Kehamilan, beragam ya akibat anyang-anyangan ini pada ibu hamil seperti : kelahiran prematur yang harus dijaga betul karena bayi prematur tdk sesehat bayi lahir normal, Bayi berat badan lahir rendah, Preeklamisia, Hipertensi, Gagal ginjal, Kematian janin 
Hiiii ternyata banyak juga ya penyebab terjadinya anyang-anyangan. Lalu? bagaimana cara mencegahnya? Nah, dokter Boy yang tinggi banget ini memberikan tipsnya. Sebisa mungkin, sebagai wanita kita diminta untuk sebaiknya menghindari : 


  1. Toilet yang tidak bersih saat bepergian, iya juga sih kebayang dong pastinya toilet kotor menjadi sarang kuman dan virus juga penyakit ya karena telah dimasuki oleh banyak orang sebelum kita. 
  2. Air pembasuh yg tidak bersih, nah biasanya saya mengakalinya dengan langung cebok dari kran yang mengalir. Bukan air yang sudah mengendap di ember atau bak penampungan toilet umum. 
  3. Arah membasuh yang salah, ups... saya banget nih saat cebok setelab BAK masih sering lupa arah basuhnya 😆😆 
  4. Jangan menggunakan bedak atau tisu yg mengandung alkohol, nah ternyata ini juga ga boleh ya ladies. Hayoooo yang masih suka pakaikan bedak untuk bagian kelamin buat si kecil ternyata juga kudu dikurangin menurut Dokter Boy.
  5. Jangan menggunakan sabun pembersih wanita yang PH nya tidak terlalu tinggi. Normalnya di angka 3.5 - 6.5, karena biar bagaimanapun miss V kita juga masih dibutuhkan tingkat keasamannya lho.

URICRAN, Teman Wanita Untuk Sehat Berbahan Alami
Setelah mengetahui penyebab dan cara mencegahnya, saatnya kita belajar bagaimana cara mengatasi supaya terhindar dari anyang-anyangan yang mungkin bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja terutama wanita. Dan, ini dia bocoran dari dokter Boy yang ramah dan menjadi idola banyak pasien wanita ini, seperti :
 

  1. Minum air putih sekitar 2-3 liter /hari 
  2. Menjaga kebersihan 
  3. Hindari menahan BAK
  4. Bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang
  5. Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun, sehingga menyerap keringat
  6. Konsumsi buah Cranberry


Nah, kalau ngomong-ngomong seputar buah cranberry. Maka jawaban mbak Ferina yang menjadi perwakilan Combhipar hadir menyampaikan sharingnya kepada kami. 'Kita bisa minum dalam kemasan tablet dan juga serbuk. Produk aman dr Combiphar yg juga bisa digunakan oleh ibu hamil. Sehingga tidak usah khawatir terhadap kandungan antibiotik di dalamnya' 
Warna Merah Alami, Rasanya Manis Ada Asemnya. Tidak Berasa Seperti Minum Obat
Karena manfaat dari Cranberry ini banyak, seperti : mensupport kerja jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan dan juga sebagai antioksidan alami lho 😍 saat meminum Uricran yang mengandung cranberry pun saya merasakan asem manis segar yang berpadu menjadi satu. Apalagi saat diminum dingin ya. Nyess rasanya xixi. Oia Untuk lebih jelasnya, mengetahui bagaimana cara buah yang sekeluarga dengan blueberry ini bekerja? cuss cek langsung disini http://uricran.co.id/

Dan di akhir acara, kami pun diminta mengisi kuisioner dengan 5 pertanyaan yang jawabannya disesuaikan dengan keseharian kita. Nah, 3 jawaban dari 5 pertanyaan itu saya jawab dengan jawaban A, yang tandanya 'lebih hati-hati, karena saya rentan terkena saluran infeksi kemih. Jadi harus merubah pola hidup lebih sehat lagi dari sebelumnya. Hemmm PR banget nih, minum yang cukup belum juga bisa diterapkan.

Kebersihan itu merupakan sebagian dr iman. Karena itu sebaiknya kita jaga kebersihan dan kesehatan kita sehingga terhindar dari suatu penyakit. Jadi jangan remehkan anyang-anyangan ya temans, supaya kita tidak terkena infeksi saluran kemih berulang. Selamat menjaga kebersihan dan pola hidup sehat. Dan pastikan ada Uricran, yang bantu cegah anyang-anyangan dengan mudah pastinya 😊. 






Komentar

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Hai hai teman teman. Sepakat kan kita semua bahwa sebenrnya semua wanita itu cantik dan menarik dengan versinya masing-masing. Bedanya kenapa sih kita melihat ada wanita yang terlihat selalu fresh dan cantik? Ada juga wanita yang terlihat biasa saja tapi nampak awet muda. Atau ada juga wanita yang kulitnya sehat dengan penampilan yang bersahaja.


Well itulah pilihan masing - masing diri ya. Tergantung kita mau dan siap meluangkan waktu tidak untuk membersihkan muka secara rutin, berolahraga teratur, memakai skin care yang mendukung kulit kita, minum air putih yang cukup, atau memiliki pola makan dan hidup sehat. Yeesss...itulah beberapa tips untuk tampil cantik dan percaya diri ala dr Tri Asih Budi Utami. Seorang dokter yang menjadi pakar kecantikan, yang diundang hadir untuk sharing seputar kesehatan kulit dan bagaimana merawat wajah supaya kita tetap tampil cantik. 


Wanita yang tampil cantik dan modis dengan balutan busana hitam mix putih ini menjadi salah satu narasumber di acara Beau…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…