Cara Mencegah Anyang-anyangan Dengan Mudah


Kalau lihat foto ini, saya jadi suka baper gimanaaa gitu ya. Secara sekarang adek saya ini sudah menjadi seorang istri dalam beberapa tahun terakhir. Padahal dulu kemana-mana selalu bareng sama saya, kakaknya atau sama adek saya diatasnya dia persis. 

Adek saya ini terkadang bikin seneng, ngangenin tapi terkadang suka bikin sebel sama gaya hidupnya yang semau gue banget. Sampai akhirnya berpengaruh terhadap kesehatannya. Kebiasaan lama dia adalah menahan pipis sejak bangku SMP. Huft, jadi setiap pulang sekolah selalu dia buka pintu, salam, lempar tas sekenanya dannn langsung ke kamar mandi. 

Nah, kalau pas kamar mandinya kosong masih mending. Kalau pas isi gimana hayooo??? kebiasaan yang buruk emang ya. Tapi mau bagaimana lagi, dia ini ga bisa kalau pipis di tempat umum yang menurut dia ga nyaman jadi ga bisa deh keluar pipisnya, ups 😃!!!


Padahal kami sudah sering bilang, kalau nahan pipis itu bisa jadi salah satu penyebab anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Memang sih menurut survey, wanita rentan sekali terkena penyakit ini. Apalagi 80% disebabkan karena bakteri E Coli yang banyak menghampiri wanita. 


ANYANG-ANYANGAN / Infeksi Saluran Kemih 


Istilah medisnya yaitu Infeksi Saluran Kemih (ISK) namun sering orang tahu dan menyebutnya sebagai anyang-anyangan. Seperti istilah penyakit yang saya tahu sedari saya kecil. Gampangnya sering pipis tapi keluarnya sangat sedikit. 

Nah, belajar banyak hal terkait dengan ISK membuat saya sadar bahwa jangan menyepelekan anyang-anyangan lho. Hal ini disampaikan oleh dr. Boy Abidin, SPOG yang hadir di acara bukber bareng blogger tanggal 26 Mei 2018 lalu di sebuah hotel daerah Kelapa Gading Jakarta Utara. 


Dalam sore hari di sebuah ballrom yang megah bertabur warna merah marun sebagai Dress Code nya, saya dan sekitar 59 teman blogger lainnya belajar banyak hal seputar anyang-anyangan yang pasti banyak dialami oleh wanita.


Dokter Boy yang juga menjadi host acara dr.Oz di salah satu stasiun tv swasta itu juga mengawali perjumpaan kami dengan satu kalimat. 

"Sebaiknya minumlah sebelum haus untuk menjaga saluran kemih kita. Untuk memantau kita kurang air minum atau tidak. Lihatlah warna urin, kalau pekat berarti kita kurang minum" hemmm, saya rasa semua setuju deh jika minum air putih yang banyak itu bisa menjauhkan diri dari penyakit.

Saya pun semakin diperjelas dengan penjelasan dokter jebolan Universitas Padjajaran ini. Saat tahu apa sajakah yang bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Diantaranya seperti : 


  1. Kurang minum air putih, usahakan minum air putih 8 gelas sehari ya temans. Meski sesibuk apapun, tetaplah mengkonsumsi air putih sebagai teman dalam beraktivitas.
  2. Aktifitas sex, ada beberapa wanita yang terkena anyang-anyangan juga disebabkan karena terpengaruh oleh aktifitas seksual mereka.
  3. Menopouse
  4. Diabetes
  5. Masalah Kehamilan, beragam ya akibat anyang-anyangan ini pada ibu hamil seperti : kelahiran prematur yang harus dijaga betul karena bayi prematur tdk sesehat bayi lahir normal, Bayi berat badan lahir rendah, Preeklamisia, Hipertensi, Gagal ginjal, Kematian janin 
Hiiii ternyata banyak juga ya penyebab terjadinya anyang-anyangan. Lalu? bagaimana cara mencegahnya? Nah, dokter Boy yang tinggi banget ini memberikan tipsnya. Sebisa mungkin, sebagai wanita kita diminta untuk sebaiknya menghindari : 


  1. Toilet yang tidak bersih saat bepergian, iya juga sih kebayang dong pastinya toilet kotor menjadi sarang kuman dan virus juga penyakit ya karena telah dimasuki oleh banyak orang sebelum kita. 
  2. Air pembasuh yg tidak bersih, nah biasanya saya mengakalinya dengan langung cebok dari kran yang mengalir. Bukan air yang sudah mengendap di ember atau bak penampungan toilet umum. 
  3. Arah membasuh yang salah, ups... saya banget nih saat cebok setelab BAK masih sering lupa arah basuhnya 😆😆 
  4. Jangan menggunakan bedak atau tisu yg mengandung alkohol, nah ternyata ini juga ga boleh ya ladies. Hayoooo yang masih suka pakaikan bedak untuk bagian kelamin buat si kecil ternyata juga kudu dikurangin menurut Dokter Boy.
  5. Jangan menggunakan sabun pembersih wanita yang PH nya tidak terlalu tinggi. Normalnya di angka 3.5 - 6.5, karena biar bagaimanapun miss V kita juga masih dibutuhkan tingkat keasamannya lho.

URICRAN, Teman Wanita Untuk Sehat Berbahan Alami
Setelah mengetahui penyebab dan cara mencegahnya, saatnya kita belajar bagaimana cara mengatasi supaya terhindar dari anyang-anyangan yang mungkin bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja terutama wanita. Dan, ini dia bocoran dari dokter Boy yang ramah dan menjadi idola banyak pasien wanita ini, seperti :
 

  1. Minum air putih sekitar 2-3 liter /hari 
  2. Menjaga kebersihan 
  3. Hindari menahan BAK
  4. Bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang
  5. Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun, sehingga menyerap keringat
  6. Konsumsi buah Cranberry


Nah, kalau ngomong-ngomong seputar buah cranberry. Maka jawaban mbak Ferina yang menjadi perwakilan Combhipar hadir menyampaikan sharingnya kepada kami. 'Kita bisa minum dalam kemasan tablet dan juga serbuk. Produk aman dr Combiphar yg juga bisa digunakan oleh ibu hamil. Sehingga tidak usah khawatir terhadap kandungan antibiotik di dalamnya' 
Warna Merah Alami, Rasanya Manis Ada Asemnya. Tidak Berasa Seperti Minum Obat
Karena manfaat dari Cranberry ini banyak, seperti : mensupport kerja jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan dan juga sebagai antioksidan alami lho 😍 saat meminum Uricran yang mengandung cranberry pun saya merasakan asem manis segar yang berpadu menjadi satu. Apalagi saat diminum dingin ya. Nyess rasanya xixi. Oia Untuk lebih jelasnya, mengetahui bagaimana cara buah yang sekeluarga dengan blueberry ini bekerja? cuss cek langsung disini http://uricran.co.id/

Dan di akhir acara, kami pun diminta mengisi kuisioner dengan 5 pertanyaan yang jawabannya disesuaikan dengan keseharian kita. Nah, 3 jawaban dari 5 pertanyaan itu saya jawab dengan jawaban A, yang tandanya 'lebih hati-hati, karena saya rentan terkena saluran infeksi kemih. Jadi harus merubah pola hidup lebih sehat lagi dari sebelumnya. Hemmm PR banget nih, minum yang cukup belum juga bisa diterapkan.

Kebersihan itu merupakan sebagian dr iman. Karena itu sebaiknya kita jaga kebersihan dan kesehatan kita sehingga terhindar dari suatu penyakit. Jadi jangan remehkan anyang-anyangan ya temans, supaya kita tidak terkena infeksi saluran kemih berulang. Selamat menjaga kebersihan dan pola hidup sehat. Dan pastikan ada Uricran, yang bantu cegah anyang-anyangan dengan mudah pastinya 😊. 






Komentar

  1. Wah... yang paling ngeri adalah saat terpaksa BAB maupun BAK fi toilet umum yang kotor deh. Banyak kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan kita anyang-anyangan ya Feb. Udah gitu vara membasuh/ arahnya harus benar jangan sampai terbalik. Sekarang ada Uricran dengan kandungan cranberry mampu mengatasi anyang2an. Bisa dibawa traveling nih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, Uricran praktis dipakai jalan ya. Wahh akupun sama mbak, suka ngeri kalau harus BAB atau BAK di tempat umum, makanya terkadang suka nahan mbak. Padahal ga bagus ya xixi

      Hapus
  2. Air mengalir bukan dalam ember. Ternyata ada yang harus di perbaiki. Thanks ilmunya

    BalasHapus
  3. saya jadi ingat sebuah dialog dari film departed :
    what are you drinkin'?
    cranberry juice.
    huh. are you in period?

    lol
    jadi hingga saat ini melekat diingatan cranberry jus identik dengan period/palang merah, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha karena warnanay sama sama merah ya masxixi

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Postingan populer dari blog ini

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Review Venus Facial Wash, Pembersih Wajah Oleh-oleh Dari Beauty Gathering

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat