Mau Cepet Dapat Kerja? Yuk Pilih Sekolah Vokasi

 tulisanfebri255

SEKELUMIT CERITA PENDIDIKAN VOKASI

Saya masih ingat saat di Malang, awal bulan Februari ketika seorang teman jaman sekolah SMA dulu mengundang makan siang bersama istrinya. Kami memang sudah akrab satu sama lain, sering ngobrol dan sharing banyak hal. 

Bahkan dari dia lah saya juga tahu kalau cuti lebaran tahun ini ditiadakan hahaha *ga nyambung* tapi penting xixi. Iyap karena dia bekerja di Universitas Politeknik Malang sebagai staf admininistrasi yang menghandle penelitian dosen kampus negeri itu, jadi pastilah sangat update terkait perijinan untuk dosen yang notabene ASN di bidang  pendidikan. 

Dia pun bercerita kalau lulusan kampusnya banyak yang sukses dan bekerja sesuai minat, bakat dan kejurusan yang mereka ambil saat masih berada di kampus yang terletak dekat jembatan Sukarno Hatta yang hits itu. 

Meskipun ada juga yang akhirnya bekerja di luar jalur, tapi intinya sih alumni almamater tempatnya bekerja cukup berkembang dan diadu kalau soal skill yang didapatkan selama ngampus. 

Makanya ketika saya diundang untuk membahas Vokasi Pendidikan di Hotel Century Park oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Selasa tanggal 2 Maret 2022, saya pun langsung ngeh dan paham bahwa namanya kampus Poltek yang menjadi tempat pijakan kawan saya itu merupakan pendidikan vokasi yang kini tengah digaungkan dan diperkenalkan kepada calon calon mahasiswa oleh Kemdikbud. Yapp...seperti yang kita tahu bahwa saat ini pendidikan menjadi concern pemerintah selain kesehatan dan sosial.

KENALAN DENGAN SEKOLAH VOKASI

Bersama 34 teman seprofesi lainnya, acara pun berlangsung dengan baik dan lancar. Suasana yang cair membuat saya dan teman-teman larut pada pembahasan menarik yang padat info ini. 

Buat teman-teman yang bingung apa itu sekolah vokasi? Dan seluk beluk yang ada padanya. Yuk simak tulisanfebri kali ini sampai habis ya, siapa tahu bisa jadi referensi untuk memutuskan pendidikan selanjutnya.  

Pengertian Vokasi adalah pendidikan tinggi yang berfokus pada praktek kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu. Pada vokasi kita akan diajarkan dan dipersiapkan untuk langsung bekerja dengan banyaknya praktik di bidang studi yang dipilih. 

Nah disinilah akan meningkatkan kemampuan dan keahlian kita untuk siap kerja. Hal hal yang akan membantu dalam ketrampilan teknis ini selanjutnya akan dipelajari pada program diploma. Jenjang diploma pun dimulai dari D1, D2, D3 dan D4. Sehingga diharapkan para alumninya menjadi tenaga yang siap kerja dan mampu bersaing secara global di bidangnya.

Adapun gelar yang akan diperoleh nantinya disesuaikan dengan jenjang yang diambil.

D1 akan memperoleh gelar A.P (Ahli Pratama)

D2 akan memperoleh gelar A.Ma (Ahli Muda Pendidikan)

D3 akan memperoleh gelar A.Md (Ahli Madya)

D4 akan memperoleh gelar S.Ter (Sarjana Terapan)

Gimana? Asyik kan sekolah vokasi. Kita masih bisa mendapatkan gelar sama halnya jenjang pendidikan akademik (sarjana). Apalagi dalam pendidikan vokasi kita akan diberikan 60% praktek dan 40% untuk teori.

Oia, bagi lulusan D4 jika ingin melanjutkan ke jenjang magister juga bisa lho. Karena untuk mengambil S2 harus lulus dulu pendidikan sarjana dan D4 yang notabene sama halnya dengan sarjana.

Well untuk pendidikan vokasi ini banyak menitik beratkan pada ilmu praktikum yang sudah dipersiapkan untuk masuk ke dunia kerja. Oleh karena itu prospek kerja pun sangat luas, khususnya bidang pekerjaan yang membutuhkan ketrampilan dan keahlian.

Ada total 43 Politeknik Negeri di Indonesia yang tersebar di berbagai macam propinsi di Indonesia yang bisa jadi referensi untuk melanjutkan pendidikan di tingkat tinggi. Jurusan yang ditawarkan pun banyak lho seperti desain komunikasi visual, akuntansi, perkayuan, tekhnik, fotografi, sekretaris, management, tata boga, perhotelan, make up, desain baju, mekanik dll

Memang harus diakui jika informasi tentang berbagai macam jenjang  perguruan tinggi tingkat vokasi ini masih samar dan minimalis. Untuk itu yuk kita bantu gaungkan lagi karena banyak keunggulan yang didapat dari pendidikan vokasi yang kerap disebut Diploma ini.      

Ga salah deh milih pendidikan vokasi ini karena memang memiliki kurikulum yang lebih banyak 60% kelas prakteknya daripada 40% teori. Jadi kalian akan dipersiapkan untuk bisa langsung masuk ke dunia pekerjaan setelah lulus. 

Bahkan bisa jadi kalian yang akan membuka lapangan pekerjaan dengan skill yang diberikan selama mengambil pendidikan vokasi. Jadi tetap semangat ya, untuk memilih dan memutuskan untuk keberlangsungan pendidikan kalian dengan pertimbangan sebaik baiknya demi masa depan.

Jadi, buat temen-temen yang masih penasaran dengan pendidikan vokasi ini bisa bisa intip di webnya www.vokasi.kemdikbud.go.id atau cek instagramnya di @kamivokasi


 

Komentar