Hospital Tour ke RS Premier Bintaro Tangerang Selatan, Sambil Belajar Mengenal Penyakit Saraf Kejepit

 Tulisanfebri264

RS Premier Bintaro Tangerang Selatan (Tangsel)

Hallo teman-teman, berbicara mengenai penyakit pastinya sudah pada tahu atau minimal pernah mendengar apa itu saraf kejepit dong. Munculnya bagaimana, tandanya apa, akibatnya bagaimana hingga penanganannya seperti apa? Yuk simak tulisanfebri kali ini siapa tahu bermanfaat untuk teman-teman semua. 

Saya pun penasaran dengan serba serbi saraf Kejepit itu bagaimana. Secara beberapa kali dengar dari saudara atau suami yang bercerita ada temannya yang terkena saraf kejepit hingga tidak masuk kantor beberapa hari dan nampak serius penyakitnya. 

Akhirnya di hari Selasa tanggal 19 Juli 2022, saya pun tidak menyia nyiakan kesempatan yang datang untuk mengikuti hospital tour sebelum akhirnya belajar seputar saraf kejepit, hingga terciptalah tulisan yang kalian baca kali ini. 


Well, perjalanan dari rumah saya yang berada di Cipondoh Tangerang menuju ke RS Premier Bintaro bukanlah perkara yang rumit. Cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 35 menit saja dari rumah. 

Tapi buat teman-teman yang ingin mengaksesnya menggunakan moda transportasi kereta. Tentunya bukanlah hal yang susah, karena RS Premier Bintaro ini terletak tidak jauh dari Stasiun Jurangmangu Tangsel.  Cukup 2.6 km dengan waktu tempuh 6 menit saja. Wowh kan mudahhnya. 

Lanjut...Pertama kali menginjakkan kaki di RS yang terletak strategis dan mudah dijangkau ini. Saya pun parkir di area motor belakang yang berdampingan dengan parkir mobil. Dalam hati "area parkirnya saja rapi dan besih, banyak pepohonan yang sengaja ditanam untuk menambah kesejukan.  Apalagi dengan area rawat inap atau bagian dalam RS nya ya?" 

Lanjut, masuk dari lobby barat saya diminta scan peduli lindungi sebelum memasuki lobby utama. Petugas security yang ramah berjaga pun dengan sigap dan ramah menyambut tamu yang datang berkunjung ke RS yang memiliki komitmen "People caring for people"

Dari lobby saya pun langsung kagum dengan sekeliling desain hingga tempatnya yang luas dan bersih. Sampai lobby saya pun sudah disambut oleh CS RS Premier Bintaro yang super ramah dan siap membantu kebutuhan calon pasien atau tamu yang mampir ke RS yang terletak di pinggir jalan utama ini. 

Di lantai dasar ini saya melihat beberapa tempat  yang siap menjadi jujugan bagi para pengunjung seperti :

  1. Skin & laser Clinic yang dicinta kaum hawa dengan kemampuannya membantu merawat kulit wajah dan mengatasi segala macam permasalahan yang muncul
  2. Jasmine Clinic
  3. Apotek 
  4. Poli Umum dan Poli lainnya 
  5. Sakura Clinik (Klinik Anak)
  6. Starbuck dan Guardian pun ada, keren kan. jadi pasien diberikan ragam tenant untuk memenuhi kebutuhannya selama berada di RS yang sudah hits ini.

Sekedar FYI nih, ternyata RS yang telah mendapatkan banyak penghargaan ini patut dibanggakan. Berdiri di atas lahan seluas 12.000 m2 dengan desainnya yang unik dan menarik. Layak menjadi pelopor RS swasta yang ada d daerah Tangerang Selatan. Memiliki pengalaman lebih dari 24 tahun sejak berdiri awal di tahun 1998 (dahulu namanya RS Internasional Bintaro) berpengalaman melayani ribuan pasien dengan mutu standart pelayanan yang tinggi. 

Mulai dari tahun 2010 RS Internasional Bintaro pun berubah nama menjadi RS Premier Bintaro hingga kini dikenal oleh masyarakat sekitar maupun luar kota yang sengaja berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan dengan RS yang menjadi bagian dari Ramsay Sime darby Health Care Group. Yaitu grup RS swasta yang memiliki lebih dari 100 RS dan fasilitas yang ada juga di negara Australia, Inggris, Prancis, Malaysia hingga Indonesia ini. 

HOSPITAL TOUR KELILING RS PREMIER BINTARO 

Well, sudahan dulu ya kenalan dengan RS megah ini. Saya pun sudah tidak sabar ingin segera melakukan hospital tour bersama beberapa teman-teman seprofesi lainnya. Lanjut naik ke lantai 2 saya pun diajak masuk ke area lantai 2 yang ada di sebelah kanan lift. Terpampang rapi ruang Merpati yang merupakan area maternity

Disini, saya dikejutkan dengan koridor yang bersih dan luas juga pastinya tenang. Pas banget di Room Super VVIP tidak ada pasien sehingga saya puas mendokumentasikan ruangan yang berasa hotel ini untuk saya bagikan ke kalian semua. 

A. BERKUNJUNG KE AREA MATERNITY MERPATI

Fasilitas dari ruang perawatan bersalin ini memiliki ruang yang cukup besar dan bersih. Berasa hommy saya menyebutnya karena memang didesain seperti rumah yang membuat pasien terutama Ibu yang baru melahirkan disini merasa tenang dan nyaman.  Berikut fasilitas yang bisa didapatkan di ruang VVIP yang memiliki 2 unit room ini. 

  1. Meja makan bulat beserta 3 kursi nya 
  2. Sofa besar berwarna coklat polos yang berisi  4 seat 
  3. TV LCD lebar yang menempel di dinding
  4. Meja bulat dengan dilengkapi pesawat telpon untuk menghubungkan pasien, keluarganya dengan CS RS. 
  5. Bed eksusif dilengkapi bantal, sprei serba putih bersih dan juga meja pasien yang dengan mudah dipindahkan. Juga perlengkapan medis yang sekiranya dibutuhkan dalam kondisi darurat.
  6. Gorden mewah di kedua sisi bed pasien untuk kebutuhan privasi pasien 
  7. Adanya 2 sofa single yang mengapit meja bundar di dekat jendela yang menghadap luar
  8. Lampu baca yang mewah di sudut ruangan 
  9. Lemari pakaian ekslusif dilengkapi kaca cermin yang panjang
  10. Hingga kamar mandi yang nampak lux dilengkapi shower, toilet duduk, wastafel hingga cermin dan lampu dalam kamar mandi yang tak kalah mewah 
  11. AC sudah pasti ada dong 
Oia selain ada 2 ruangan mewah untuk pasien Super VIP, juga ada ruang Sweet yang berisi 6 single room, 4 Ruang Gold berisi 2 bed dan 2 ruang silver berisi 3 bed.  Di area Merpati ini ada 4 bidan yang berjaga, terbagi untuk ruang bayi, ruang bersalin dan ruang NICU untuk bayi. 

Akan ada dokter yang melakukan visit 1x sehari 24 jam setelah persalinan, dokter Obgyn maupun dokter jaga yang siap 24 jam mendampingi. Biasanya pasien berada di ruangan ini selama 2x24 jam untuk proses lahiran normal dan 3x24 jam untuk kelahian secara cesar. Oia semua tim medis dari RS Premier Bintaro ini sangat pro asi ya jadi jangan khawatir jika kalian mempercayakan untuk proses kelahiran di sini. 

B. BERKUNJUNG KE RUANG GAWAT DARURAT

Lanjut yuk cerita hospital tournya, kali ini saya dan 8 teman lainnya diajak jalan jalan ke area UGD dimana dari awal pasien yang turun dari kendaraannya dari lobby sebelah utara akan langsung disambut security yang berpakaian APD lengkap siap melayani dengan sigap. Didampingi oleh dokter yang berjaga saat itu dr. Faye Yowargana, Sp. Em membantu kami mengenalkan ruang UGD yang lumayan luas ini. 

Tidak jauh dari pasien turun, sudah disiapkan bed dorong pasien yang dinamakan brankar bed untuk membantu pasien dari lemahnya. Selanjutnya pasien akan diarahkan menuju dokter yang berjaga 24 jam dimana posisinya adalah dokter Triase (yaitu dokter yang akan mendiagnosis dan memilah pasien sesuai dengan kegawat daruratan penyakit yang dideritanya). 

Untuk pasien yang terkena infeksi covid akan langsung diarahkan pada ruangan UGD khusus isolasi pasien. Sementara pasien non covid akan diarahakan pada 12 bed yang telah disiapkan dengan batas gorden coklat yang lebar di kedua sisi kanan dan kirinya. 

Di ruang UGD ini pasien akan ditindak dengan cepat dan seksama juga penuh keteitian oleh petugas medis yang berjaga baik itu dokter maupun perawat. Tidak lama di ruang UGD, tergantung tingkat kegawatdaruratan penyakitnya, selanjut pasien akan langsung diarahkan pada ruang perawatan yang telah disiapkan sesuai dengan pilihan kelas kamar pihak keluarga pasien untuk perawatan insentif lebih lanjut. 

Oia, yang bikin say¹a sempat kagum adalah adanya rak yang dilengkapi peralatan canggih terdiri dari 5 laci yang berisi kelengkapan medis dan obat farmasi yang siap didorong ke arah bed dimana pasien tersebut berada. Sehingga proses penanganan pasien jadi lebih cepat dan mudah. 

Puas mengelilingi Ruang UGD, kami pun masih diperkenalkan dengan ruang lainnya yang tak lebih canggih dan membuat kami terbelalak saking canggihnya (woowwwhh)

C.  BERKUNJUNG KE RUANG  RADIOLOGI MRI 3 TESLA

Gimana tidak,  kami dibuat heran oleh kecanggihan alat 1 ini yang disebut alat MRI 3 Tesla. Dimana tidak, kami ditunjukkan alat MRI 3 Tesla yang saat itu sedang melayani pemeriksaan bahu pasien. Inovasi terbaru ini disebut dengan MRI 3 Tesla Signa Pioneer yang merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh pasien mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot serta organ tubuh lainnya.


Dari hasil pemeriksaan MRI 3 Tesla ini akan digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis dan memberikan pengobatan untuk langkah selanjutnya. Tesla sendiri adalah besaran intensias medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, maka akan semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan. 

Oia teknologi ini tidak menimbulkan radiasi seperti peralatan radiologi pada umumnya ya. Sehingga pasien akan bebas dan merasakan lebih nyaman. Karena saat proses pemeriksaan selama 15 - 25 menit ini, pasien akan dipakaikan hedset dan bisa melihat layar televisi yang berisi tayangan kesukaan.

Tayangan tsb bisa di request sesuai dengan yang diinginkan seperti film netflix, lagu favorit, murotal atau berita. Hemmm keren kan, jadi pasien Indonesia tidak perlu lagi ke luar negeri untuk melakukan pemeriksaan MRI 3 Tesla ini karena di RS Premier Bintaro telah disiapkan alat yang super canggih ini. 

Btw, sejak tahun 1998, RS Premier Bintaro ini telah diakui lho keahliannya dalam hal layanan ortopedi. Perawatan Ortopedi ditangani secara menyeluruh dengan dukungan spesialis ortopedi dari berbagai sub spesialisasi mulai dari bedah tulang belakang, bedah pinggul & lutut, bedah tangan hingga bedah ortopedi terkait olahraga. 

Jadi, dengan adanya alat canggih MRI 3 Tesla ini pasti akan membawa perubahan besar dalam melayani pasien ortopedi untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. Lanjut, saking kagumnya saya pun tertinggal rombongan saat mereka semua sudah keluar ruangan ehhh saya pun paling belakang deh haha

D. BERKUNJUNG KE RUANG CATHLAB UNTUK PASIEN JANTUNG 

Well, kunjungan terakhir yang saya lakukan bersama tim adalah kunjungan ke ruang Cathlab. Wowh itulah yang terucap pertama kali, melihat ruang laboratorium yang lebar dengan dipenuhi alat canggih. Yapp alat ini adalah alat yang dibutuhkan oleh pasien berpenyakit jantung untuk memasang ring ke dalamnya. 

Cath lab atau yang biasa disebut dengan kateter jantung dan angiografi ini adalah sesuatu tindakan medis/proedur diagnostik yang bertujuan untuk mendeteksi adanya penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung / koroner.   Metodenya menggunakan sinar x untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tsb. 

Untuk prosedurnya adalah pertama pasien datang ke ruang pendaftaran rawat inap, selanjutnya ruang administrasi, kemudian dokter poli akan bertemu dengan dokter jantung yang selanjutnya akan mendiagnosa. Setelah itu dilakukann pemasangan ring di sini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Selain untuk pasien jantung, di ruang cathlab ini juga diperuntukkan untuk pasien dokter neurologi dan pasien dari dokter radiologi.  

KENALAN DENGAN DARBY SI MASKOT RS PREMIER BINTAROO 
Yess, puas melakukan hospital tour, saya pun diminta bergegas menuju aula Rajawali untuk menghadiri blogger & vllogger gathering bersama 49 teman lainnya. 

Diawali oleh sambutan dr Sammy Santoso selaku manager Operation RS yang menyambut kami dengan baik. Dilanjutkan oleh pemaparan dr Ajiantoro, Sp.OT yang akan menjelakan  seputar penyakit saraf kejepit yang sering dialami oleh masyarakat. 

Oia, di awal pertemuan ini. MC memperkenalkan pada kami robot Darby yang merupakan ikon dari RS Premier Bintaro ini. Robot ini datang menghampiri 2 MC yang bertugas ke arah tengah panggung. Robot Darby ini unik, berbentuk kepala rusa berwarna orange kecoklatan dan bisa diajak berbicara menjawab pertanyaan yang datang padanya. 

Robot Darby ini biasa diletakkan di seputar Lobby dan siap menyambut pasien atau tamu yang datang berkunjung ke RS Premier Bintaro ini lho. Selain berbicara, robot Darby si rusa ini pun bisa berjalan dan berputar putar. Wah pasti pasien anak-anak suka deh dan akan lupa dengan sakitnya jika bertemu Darby ini. 

BELAJAR SARAF KEJEPIT DI RS PREMIER BINTARO
Next, lanjut cerita hari Selasa 19 Juli 2022 bersama dokter yang ramah berbadan gagah tegap ini. Hayooo siapa yang suka mengalami nyeri? Bisa saudara, pasangan, keluarga atau bahkan diri sendiri pasti pernah kan mengalami nyeri punggung bawah.

Bisa dipastikan hampir setiap orang pernah mengalami nyeri punggung dong, meskipun itu hanya 1x dalam setiap fase kehidupannya. Ada beberapa penyebab nyeri punggung bawah seperti : 
  1. Tulang Bergeser 
  2. Bantalan Robek (HNP)
  3. Degnerasi (Saraf kejepit)
Berikut hal -hal yang harus kamu tandai jika bermasalah dengan saraf kejepit seperti : 
  1. Nyeri yang terjadi secara mendadak dan tak tertahankan
  2. Nyeri yang bersifat progresif dan tidak hilang dengan istirahat 
  3. Nyeri yang menjalar ke kedua tungkai kaki
  4. Nyeri yang berkaitan dengan perubahan posisi
  5. Nyeri dengan kelemahan tungkai kaki
  6. Kesemutan, baal atau kebas pada tungkai kaki
  7. Kelemahan kedua tungkai kaki saat berdiri atau berjalan
 Nah hal hal diatas yang merupakan tanda saraf kejepit dapat diatasi dengan cara konservatif / tanpa operasi ya seperti :
  • Diet dan menjaga berat badan supaya tetap ideal
  • Perbaiki pola hidup dan aktivitas haria
  • Istirahat saat nyeri timbul
  • Menghindari gerakan pencetus nyeri 
  • Mengkonsumsi obat obatan anti nyeri, radang dan vitamin
  • Rehabilitasi medik 
Selanjutnya dr Ajiantoro, Sp. Ot pun mencontohkan posisi duduk yang benar yaitu tegak dan punggung dalam kondisi lurus dari atas ke bawah, sehingga dapat mengurangi cidera yang  dirasakan oleh pasien. 

Terkadang secara tidak sadar kita duduk sembarangan dengan posisi bungkuk saat makan, bekerja depan laptop ataupun aktivitas lainnya. Nah itulah yang harus dikendalikan ya supaya kita keluar dari zona nyaman posisi perbungkukan xixi. Saya nih, PR banget secara ga sadar masih suka duduk atau berjalan dengan posisi bungkuk huhu. 

Nah, bila terjadi masalah pada tulang belakang jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ya, sebelum akhirnya akan lebih parah dan susah tertangani. Terimakasih telah membaca tulisanfebri yang panjang kali lebar ini. Semoga bermanfaat d

an ketemu lagi di tulisanfebri berikutnya. 

Terimakasih RS Premier Bintaro atas kesempatan belajar serta hospital tour yang dilakukan. Semoga masyarkat di luar sana semakin aware menjaga kesehatan mereka ya.

Oia, jika kalian butuh info seputar RS Premier Bintaro silahkan berkunjung ya kesini : '
Alamat : Jl MH Tamri No 1 Sektor 7 Bintaro Tangerang Selatan 15224
Facebook Fans Page  : RS Premier Bintaro 
Instagram : @rspremierebintaro
Youtube    : RS Premiere Bintaro 
WA : 0817777742
Telpon IGD dan Ambulans : 021-7458-118






 

 
 









 












Komentar