Mengenal Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan, Rekomendasi Pesantren Terbaik Penghafal Al-Quran Di Jakarta

 tulisanfebri265

KENALAN DENGAN PONDOK PESANTREN RAUDHATUL IHSAN


Pertama kali mengiinjakkan kaki ke dalam bangunan yang megah persis berada di pinggir jalan ini, pandangan saya langsung tertuju pada seorang santri putra yang tengah duduk di bangku panjang bersama seorang ustadnya. Keduanya tengah asyik bercengkerama  menikmati moment siang hari menjelang sore. 

Dimana Ustad bertugas menyimak hafalan yang dilantunkan oleh santrinya. Tidak banyak interaksi yang dilakukan keduanya selain fokus pada simakan hafalan surat.  Saya pun meletakkan tas sembari mencari tempat wudhu untuk umum. Ternyata berada di bagian samping dari bagungan bernuansa krem ini. 

Setelah sholat, saya pun menyusul teman-teman yang sudah berada di lantai atas. Yapp, disinilah awal mula saya berkenalan dengan Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan yang memiliki murid sekitar 31 untuk keseluruhan santri, baik santri putra ataupun santri putri. Memang untuk saat ini kapasitas murid masih dibatasi demi kualitas yang terjaga. 

Pondok pesantren Raudhatul Ihsan, adalah embrio dari Zawiyah Ar raudhah. Maksudnya adalah, Zawiyah Arraudhah sendiri adalah sentra ruhiyah dalam amal dzikir, khalwat dan rangkaian kegiatan syariah berdasar jalan sunnah Rosulullah SAW. Sehingga paham yang digunakan adalah Ahlu Sunnah Wal Jamaah yang memegang teguh tradisi Tariqot. 

Nah, dari sinilah inpirasi KH. Danial Nafis selaku pengasuh dan pendiri muncul, maka di tahun 2017 dengan berbekal keinginan mencetak generasi terbaik di era modern di tengah arus globalisasi dan mengkaderisasi pemimpin masa depan yang bertaqwa kepada Allah SWT.  lahirlah Pondok pesantren Raudhatul Ihsan yang berada di tengah kota Jakarta Selatan. 

Memiliki bangunan gedung sendiri dan terbagi menjadi 3 kampus yaitu, kampus santri putra, santri putri dan juga kampus Bogor yang akan segera launching di tahun ajaran kali ini. Pondok pesantren Raudhatul Ihsan bisa dibilang adalah pondok pesantren yang lengkap fasilitas. 

KEUNGGULAN PONDOK PESANTREN RAUDHATUL IHSAN 

Mulai dari ruang belajar, ruang kelas, tempat pusat kegiatan baik ibadah sekaligus ruang ekstra kurikuler, perpustakaan, dapur santri hingga kamar asrama yang ber AC. Selain itu Pondok pesantren Raudhatul Ihsan juga memiliki keunggulan yang istimewa, yaitu setiap santri yang mondok di pesantren Raudhatul Ihsan akan terdaftar dalam 3 program pendidikan utama yaitu : 

  1. Madrasah Tahfidz Al Quran  (MTQ) yaitu program menghafal Al-Quran bagi seluruh santri Pondok pesantren Raudhatul Ihsan, dengan target hafalan 30 juz selama 3 tahun, santri diminta untuk melaksanakan setoran kepada asatidz pengajar sebanyak 3x dalam sehari. Metode yang digunakan adalah Al ITQON (Metode Penguatan Hafalan)
  2. Madrasah Diniyah Islamiyah (MDI) yaitu program pendidikan islam dengan 6 tingkat selama 6 tahun. Pada program in, santri diajarkan kitab kitab berbahasa arab dengan muatan materi akidah, akhlak, fiqih, nahwu, sharaf, tafsir, hadis dll. Diharapkan santri akan mampu berbicara aktif bahasa arab serta dapat mandiri dalam berpikir dan bersikap. 
  3. Arraudhhah Islamic School (AIS) yaitu lembaga pendidikan kesetaraan pendidikan SMP dan SMA yang mengajarkan pendidikan umum dan telah terakreditasi A. Target outputnya adalah santri dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan zaman, memiliki kemampuan berwirausaha, serta mandiri secara ekonomi, sehingga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan.  
Selain itu masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh pesantren yang lulusannya telah teruji dan banyak tersebar di luar negeri terutama negara Timur Tengah, seperti Universitas Al-Azhar Mesir dan Universitas Qarawiyyun (Maroko). Adapun kelebihan lainnya yaitu memiliki Sanad & keilmuan yang tersambung dari Rosullullah melalui guru & Masayikh baik di dalam dan luar negeri. 
Secara garis besar, Pondok pesantren Raudhatul Ihsan ini memiliki guru dan Asatid yang berasal dari lulusan Timur Tengah dan dalam negeri yang pastinya berkompeten. Selain itu memiliki lingkungan sangat tertib dan disipilin tinggi yang diterapkan kepada para penghuni Pondok pesantren Raudhatul Ihsan baik untuk guru, asatid atupun santrinya sendiri. Sehingga para santri berbekal etos belajar dan kerja yang kuat. 

Oia, untuk kegiatan ekstra kurikulernya sendiri juga dikembangkan untuk mewadahi minat dan bakat santri, seperti : kesenian hadroh, olahraga  pencak silat serta beberapa fasilitas olahraga lainnya seperti : futsal, bulu tangkis, tenis meja dll. 

SYARAT dan BIAYA PENDAFTARAN PONDOK PESANTREN RAUDHATUL IHSAN 

Adapun syarat pendaftaran untuk masuk ke Pondok pesantren Raudhatul Ihsan gampang benget. Calon santri harus berusia 12-15 tahun, lancar membaca Al-Quran dengan tajwid, Lulus Ujian Seleksi Calon Santri, Menyerahkan berkas pendaftaran, Bersedia menandatagani surat perjanjian santri. 
"Nah, untuk biayanya sendiri bagaiman Feb?" tenang, berdasarkan yang saya dapatkan. Untuk biaya masuknya sebagai uang pangkal sangat terjangkau yaitu Rp 5.000.000 dan untuk biaya daftar ulang kenaikan kelas setiap tahun sebesar Rp. 3.500.000. SPP Perbulan yaitu Kampus 1 sebesar Rp 2.500.000 dan kampus II (Bogor) sebesar 1.100.000 (Biaya mungkin bisa berbeda jika teman-teman menemukan artikel ini di kemudian tahun)

Duh duh, saya pun sudah tidak sabar datang berkunjung ke kampus II yang pastinya asri dan sejuk karena berada di daerah pinggiran Bogor dengan luas tanah hampir 1 hektar dan fasilitas lebih lengkap bernuansa pedesaan khusus untuk santri putra yang mulai tahun pelajaran ini akan berpindah lokasi belajar disini. 

Nah, jadi gimana? tertarik bukan bergabung bersama santri dan santriwati yang memiliki seragam khas nan elegant berbeda dengan pesantren pada umumnya. Karena santri santriwati disini looknya nampak terawat dan auranyaa positif banget. Mereka betah banget dong bahkan terlihat over all cantik cantik dan ganteng ganteng. Yuk ikutin jejak mereka yang telah mendapatkan 3 Ijazah dalam 1 Madrasah. 

Semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian yang lagi cari rekomendasi pesantren terbaik penghafal Al- Quran di Jakarta dan juga daerah Bogor untuk Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan Bogor yang siap dihuni oleh calon generasi penerus bangsa yang berkompeten ke depannya. 

Info pendaftaran bisa mampir ke sini ya : 
WA :  0877 8805 8845
Kampus I Putri : Zawiyah Arraudah Jl Tebet VIII no 50 Jakarta Selatan. DKI Jakarta 12810
Kampus II Putra : Kampung Loji, RT 02 RW 05 Pasir Jaya Cigombong, Kab Bogor Jawa Barat
Facebook : Zawiyah Arraudhah Ihsan Foundation 
Youtube : Zawiyah Arraudhah Ihsan Foundation 
Instagram : @mahad.raudhatulihsan
Web : www.zawiyyah-arraudhah. com 
Fasilitas Asrama Kampus 2 Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan Bogor

Lokasi kampus 2 Bogor

MADRASAH IBTIDAIYAH AR -ROUDHOH MALANG 
Oia, ada satu info lagi nih yang perlu untuk diketahui oleh teman-teman. Yaitu selain memiliki unit pendidikan yang berada di daerah Tebet Jakarta Selatan dan juga Bogor Jawa Barat. Ternyata saya baru tahu kalau lembaga ini, juga memiliki sekolah yang berfokus pada pendidikan islam yaitu Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ihsan Malang. 

Sekolah tahap bawah yang memiliki gedung tingkat ini ternyata sudah dilengkapi banyak fasilitas seperti ruang kelas belajar yang nyaman, masjid yang besar, lapangan, fasilitas parkir kendaraan, UKS, Kantin tentunya berada strategis yang mudah dijangkau dong. 

Di dominasi warna hijau, sepertinya sekolah MI Raudhatul Ihsan kabupaten Malang bisa dijadikan rekomendasi juga dalam memilih sekolah untuk anak atau saudara kita yang memiliki usia masuk pendidikan dasar untuk belajar menimba ilmu di sekolah yang gurunya sudah Sarjana. 

Terimakasih, sudah membaca ulasan seputar pendidikan kali ini. Ketemu lagi dengan tulisan Febri yang menarik lainnya tentunya dengan bahasan yang lebih bervafiatif lagi. 






 






 


































Komentar