Review MTS Plus AsySyukriyyah Kota Tangerang, Sekolah Rasa Pesantren Yang Bisa Tidur Di Rumah


Saya masih teringat, saat pertama kali menginjakkan kaki di bangunan yang megah ini. Bangunan gedung sekolah yang pertama kali saya kenal pada tahun 2007 saat pertama kali resmi menjadi warga Tangerang karena diboyong suami dari Malang ke Tangerang. 

Yapp bangunan gedung sekolah yang luas dengan banyak unit pendidikan di dalamnya. Mulai dari unit pendidikan TK, SDIT, MI, SMPIT, MTS Plus, SMA hingga Universitas. Semuanya menyatu dalam wadah satu yayasan yaitu yayasan Islam Asy Syukriyyah. Makanya tak heran jika sekolah ini menjadi hits di mata orang Tangerang karena prestasinya juga yang tak bisa dipandang sebelah mata. 

Siang itu, kaki saya melangkah ke gedung yang satpamnya ramah ini setapak demi setapak. Kebetulan saya ada urusan dengan tetangga yang bekerja di unit MTS Plus Asy Syukriyyah, saya pun diminta mampir saat tetangga saya itu masih dalam jam kerjanya karena urusan kami yang mendesak."Bund, nanti ketemuan di MTS aja ya. Saya masih Raker nih"

Well sembari menunggu doi rapat, saya pun numpang sholat di Musholla adem yang berada dilantai 2 dan setelahnya saya pun iseng mengelilingi bangunan yang terletak bersebelahan dengan unit SDIT nya yang hits seantero Tangerang ini. Dan jadilah review tulisan berikut yang semoga bermanfaat untuk orangtua atau adek-adek pencari sekolah di jenjang lanjutan pertama ya. 

Di pintu masuk terdapat meja dan kursi berhadapan yang difungsikan untuk menerima tamu. Tertulis  "MTS plus Asy Syukriyyah Service Center Room" Penerimaan Peserta Didik Baru. Yapp akhirnya saya paham, seiring dengan bolak baliknya berganti para tamu yang datang yaitu orangtua murid beserta anaknya yang mengambil kebutuhan masuk sekolah tahun ajaran baru ini. 

KENALAN DENGAN MTS PLUS ASY SYUKRIYYAH TANGERANG 

Berada di lokasi strategis, tepatnya di tepi jalan utama yaitu di jl KH Hasyim Ashari No 41 Cipondoh Tangerang. MTS Plus Asy Syukriyyyah berada di pojok kiri diapit oleh SDIT Asy Syukriyyyah dan juga MI Asy Syukriyyyah Tangerang. Gedungnya serba hijau yang menjadi ciri khas dari yayasan Islam Asy Syukriyyyah ini. 

MTS Asy Syukriyyah ini tergolong sekolah yang cukup lama lho, berdiri sejak 1987. Didirikan oleh KH. Acep Abdul Syukur Lc dengan luas tanah sebesar 400 meter. "Untuk akreditasinya sendiri bagaimana Feb?" Ohh tenang, sekolah yang punya managemen rapi ini memiliki akreditasi nilai A (93) sejak tahun 2006.

Untuk metode belajar yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis proyek dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sementara untuk kurikulumnya sendiri, MTS plus Asy Syukriyyah merupakan pengayaan dari kurikulum Kemenag, Kurikulum Diknas dan kurikulum pesantren. 

Menggabungkan ketiga kurikulum pastinya menambah point plus MTS yang telah melahirkan lulusan yang tersebar dimana mana termasuk SMAN, MAN, SMK Telkom, SMAIT 
Asy Syukriyyah, Pondok Pesantren hingga SMAN CMBBS ini.

ADANYA PROGRAM KEUNGGULAN YAITU SEKOLAH RASA PESANTREN 

Nah, ada lagi nih salah satu keunggulan yang banyak dijadikan motivasi ortu untuk memasukkan anaknya ke sekolah yang dikepalai oleh Bapak Matali Firmansyah, S.Ag ini adalah adanya program kelas pesantren yang beda dari sekolah selevel lainnya. Dengan menerapkan kurikulum khas pesantren yaitu :
  1. Tahfidz : Menghafal Al - Quran dengan metode Utsmani
  2. Muhadhoroh : Mewajibkan siswa untuk tampil berbicara di depan khalayak umum minimal 1 tahun sekali 
  3. Mahfuzhat : Menanamkan kehidupan melalui kata kata mutiara yang dipelajari
  4. Muhadatsah / Conversation : Melakukan percakapan dalam bahasa Arab dan Inggris
  5. Nahwu Shorof : Siswa mampu menguasai bahasa arab dengan baik dan benar
Selain itu, masih ada program penunjangan kelas pesantren seperti : Muhadhoroh Akbar, Musabaqotul Lughoh, Syarhil Mahfudzah, MKQ (Musabaqoh Qira'atul Kitab), Sorogan (Mengaji kitab Ta'lim Muta'alim, Tahsinul Quran), Native Speaker, Studi Banding ke Pondok Pesantren Modern Gontor. 

Hemmm gimana? tertarik bukan dengan program pesantren yang ditawarkan oleh MTS plus Asy Syukriyyah yang terbilang cukup keren dengan banyak ilmu yang disebar melalui propram yang pastinya padat ilmu agama ini. 

Secara...murid  bisa belajar dan mengenyam rasanya ilmu yang diberikan di pesantren tetapi masih bisa bobo di rumah. Sehingga orangtua tetap bisa mendampingi tumbuh kembang anak yang sedang memasuki masa remaja ini tanpa harus berjauhan dengan ananda. 
Lalu fasilitasnya apa saja ya? simak yuk tulisan berikut : 
  1. Kelas intensif dengan kapasitas hanya dibatasi 25 anak saja
  2. Setiap ruangan kelas yang ber AC
  3. Adanya CCTV 
  4. Masjid
  5. Aula atas
  6. Lapangan Olahraga 
  7. Laboratorium Komputer 
  8. Laboratorium IPA
  9. Perpustakaan 
  10. Kantin 
  11. Pembayaran Administrasi secara online ataupun offline
Ekstrakurikuler pun terbilang cukup lengkap lho, dimana ekskul tersebut memiliki 11 macam kegiatan yang bisa dipilih oleh murid guna menunjang skill dan menambah pengalamannya seperti : 
  1. LDK 
  2. English Club
  3. Arabic Club 
  4. Pencak Silat 
  5. Hadroh 
  6. Camping Mts Assta
  7. Qira'at
  8. Futsal
  9. BPI (Bina Pribadi Islam) 
  10. Pramuka ini bersifat ekskul wajib yang harus diikuti oleh semua murid kelas 7 dan 8
  11. Karya Ilmiah Remaja
  12. Study Tour 
  13. GRANDIS (Gerakan Disiplin Siswa)
Siang itu di sela waktu saya menunggu tetangga baik hati itu selesai, mata saya pun tertegun pada lemari kaca yang memajang banyak piala sebagai penghargaan atas pencapaian yang diraih oleh peserta didiknya. Hebat, segala model macam piala, piagam, medali, berbais tertata rapi dan bersih di balik kacanya yang transparan.  Serta berbaris rapi hasil karya siswa yang dijadikan pajangan. 

Bahkan yg terbaru mendapatkan medali juara Matematika
tingkat propinsi Banten lho

Well sedari tadi ngomongin review dari A-Z, belum lengkap rasanya kalau tidak membahas biaya. Berapa ya kira-kira biaya masuk ke Madrasah hits ini. Terusin yuk bacanya. Jadi untuk bisa masuk ke sekolah yang legend di kota Tangerang ini, calon wali murid bisa menyiapkan buget sebesar Rp 11.900.000 untuk tahun ajaran 2022/2023. Ditambah formulir pendaftaran sebesar Rp 400.000 yang dibayar sebagai syarat menjadi calon pendaftar di sekolah ini. 

Oia biaya masuk tersebut sudah meliputi DPP (Dana Pengembangan Pendidikan), SPP Juli 2022, Komite, Kegiatan, Buku Paket hingga perlengkapan siswa. Dan enaknya lagi biaya tersebut bisa dicicil hingga 3 (tiga) bulan berturut-turut lho. Eits biaya itu untuk murid edisi TA 2022/2023. Mungkin bisa jadi berbeda setelah teman-teman baca artikel ini di kemudian tahun. 

Jadi gimana? Pasti tertarik dong, Yuk kepoin untuk info lebih lanjut. Pastikan anandalah yang menjadi bagian dari ratusan murid MTS Plus Asy Syukriyyah yang memiliki guru yang berkualitas ini:
  1. Hotline Center (021)55745556
  2. WA 0812 1233 0896
  3. Web mtsplus.asy-syukriyyah.sch.id
  4. Instagram @mtsasysyukriyyah
  5. Facebook MTs Plus Asy Syukriyyah
Udah ya, segini dulu tulisanfebri kali ini, semoga tulisan tentang sekolah yang tertata rapi dan bersih ini bisa bermanfaat buat adek-adek yang sedang mencari rekomendasi sekolah selevel SMP ini. Ataupun buat orangtua yang menginginkan anaknya memiliki konsep nyaman belajar pesantren tapi bisa rebahan di rumah. See u di tulisanfebri lainnya ya.















Komentar