Yuk Intip Keseruan Pembukaan MTQ Kota Tangerang, Event Tahunan yang Wajib dikunjungi

MTQ Kota Tangerang

Reportase pembukaan MTQ Kota Tangerang (tulisanfebri279)

JALAN-JALAN KE PEMBUKAAN MTQ KOTA TANGERANG 2023

Perkenalan saya dengan event tahunan kota Tangerang  ini, berawal dari curhat suami yang harus absen pada  hari Sabtu malam di  area kantor. Hal ini disebabkan adanya event tahunan yang diberi tajuk "Pembukaan MTQ Tingkat Kota Tangerang tahun 2023" 

"Bund, saya pergi dulu ya ke kantor. Cuma mau absen telah menghadiri acara pembukaan MTQ Kota Tangerang. Mau ngajak Gavino ya buat ikut nemenin" secepat kilat saya langsung menjawab "ikuttttttt" dibarengi sahutan dari kedua anak lelaki yang rupanya turut mendengarkan. 

Padahal.. selama ini saya adalah istri yang penurut. Tetapi demi event tahunan itupun bergegas saya dan anak-anak segera berganti baju sebelum Pak Su berubah pikiran. Belum sampai lokasi, kami para pengunjung sudah diminta untuk memutar menghindari jalan Sudirman dan masuk dari arah jalan Daan Mogot. 

MTQ Kota Tangerang
Aroma keramaian sudah terasa nih, saat iringan puluhan motor dan mobil saling berjalan perlahan untuk segera memasuki lokasi. Sat set tanpa mikir panjang, saya pun segera memutuskan untuk memarkir kendaraan kami di tempat cuci mobil yang terletak tak jauh dari lokasi acara. Berlima kami berjalan masuk dari Jl Daan Mogot Tangerang (sisi utara Puspem) untuk menuju ke lokasi acara. 

PEMBUKAAN MTQ KOTA TANGERANG 

Hemm, ga salah lagi nih saya maksa ikutan. Secara suasananya yang full penjual dan pengunjung pun semakin menambah semarak malam itu. "Cekrekkkk" selesai menyelesaikan tugas utamanya untuk absen kehadiran, suami pun membebaskan kami untuk membeli apapun dalam menikmati malam itu. 

MTQ kota Tangerang

Tak kenal maka tak tahu, yuk cari paham dulu bagaimana dan apa maksud dari acara tanggal 14 Januari 2023 ini. Apa sih maksud sebenarnya diselenggarakan acara ini? Lanjuttt

  1. Pembukaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) Kota Tangerang adalah suatu acara yang digelar sebagai pertanda bahwa akan diselenggarakan lomba MTQ di kota Tangerang. Berlangsung mulai tanggal 14 Januari hingga 17 Januari 2023. bertempat di masjid Al Azhom kota Tangerang.   
  2. Acara ini adalah pembuka dari berbagai macam perlombaan seperti : tilawah, tahfiz, kaligrafi, qiraat, fahmil dan syarhill Quran
  3. Perlombaan tahunan ini akan digelar di Kecamatan Karawaci sebagai tuan rumah di tahun ini. Wajib diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Tangerang dengan mengirimkan perwakilannya. 
MTQ Kota Tangerang
Well...kami pun segera perlahan masuk ke dalam area mendekati Masjid Al Azhom sebagai pusat kegiatan. Pas banget nih kami datang di saat pembukaan baru saja dimulai pukul 20.00 wib. 

Dari jauh sudah terdengar bagaimana suara lantang dari sebuah mic yang telah diatur sedemikian rupa untuk segera memanggil para pengunjung warga kota Tangerang  untuk segera menghampiri lokasi. 

MTQ kota Tangerang
"Suasana malam itu bagaimana Feb?"  penuh banget dengan penjual makanan, minuman, mainan, fashion, buku dll yang berbaris rapi di sisi kiri dan kanan jalan. Untuk pencahayaan sendiri tidak terlalu terang, karena memang bukan jalan utama dalam kesehariannya. Jangan lupa ada pula spot foto untuk berfoto bersama "kuntilanak, pocong ataupun none Belanda" tentunya dengan mengisi seikhlasnya. 

Para pengunjung yang hadir terdiri dari berbagai macam kalangan dan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia pun juga ada dalam kemeriahan pembukaan MTQ kota Tangerang tahun 2023 ini. Masing-masing terlarut dalam suasana malam yang penuh berkah ini. 
MTQ Kota Tangerang
Sasaran pertama yang saya beli adalah penjual lontong pecel sayur, lanjut mas Gavino yang melipir ke booth es boba. Kemudian ayah Imam yang minta es Kuwut Bali (katanya seger, langganan orang kantor), masih ada es jeruk, camilan, air mineral, kacang tanah rebus, gorengan tak ketinggalan adek Devina pun turut mengambil bagian dengan meminta balon lampu (alamak, belum sampai rumah sudah rusak karena kempes terkena benturan benda).

Masih ada juga nasi goreng sebagai menu utama makan malam kami. Tahu Sumedang,  bakaran sosis, kembang gula, snack Momogi 1 pak yang berisi 10 bungkus pun tak luput kena sasaran kalap malam itu. Minuman, makanan, mainan sudah dibeli. Oke, lanjut nyari tempat untuk istirahat sejenak.
MTQ Kota Tangerang
KESERUAN PEMBUKAAN MTQ KOTA TANGERANG 
Tak lama berkeliling hunting makanan dan minuman,  kami  pun duduk asyik sembari duduk di rumput sintetis berwarna hijau yang ada di halaman seberang masjid Al Azhom pun menjadi tempat asyik untuk ikut nimbrung mengikuti acara malam hari itu. 

Sambil makan nasi goreng dan menyerbu camilan lainnya, kami pun mendengarkan Habib Ali Zainal Abidin bin Segaf Assegaf mengajak untuk bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.  Ternyata para pengunjung sudah terlebih dahulu memadati tempat ini. Banyak diantara mereka yang berhasil duduk mendekati panggung megah dominan biru laut dipadu warna putih itu. 
MTQ Kota Tangerang
Banyak juga yang duduk di halaman luar bagian alun alun kota Tangerang (berada di seberang Masjid Al Azhom). Untuk membantu pengunjung yang berada di luar masjid. Panitia pun telah menyiapkan layar slide berwarna putih yang berukuran super besar sehingga memudahkan saya dan pengunjung lain untuk mengetahui para pengisi panggung utama. 

Alhamdulilah, malam itu bener bener malam berkesan buat kami. Karena kami berlima belum pernah sebelumnya datang ke sebuah perhelatan dengan formasi lengkap begini. Biasanya kami hanya keluar untuk makan bersama, selebihnya pulang.  Terlebih Mas Gavino pas liburan dan pulang dari pondok. Alhasil kesempatan ini menambah quality time keluarga kecil kami pastinya. 

Canda, tawa, komunikasi intens (sengaja tak ada handphone di antara kami. Bagi saya moment ini adalah moment "mahal" sehingga membuat saya juga tak sempat untuk upload serunya malam itu di Instastory) sambil bersholawatan bersama kami dengarkan malam hari itu hingga waktu menunjukkan pukul 22.30 yang membuat kami segera melangkah pulang saat ceramah diberikan selepas Tangerang bersholawat.
MTQ Kota Tangerang
Merinding, bahagia dan terkesan. Itulah keluarga kecil kami saat itu mengikuti alur yang disiapkan dengan baik oleh panitia acara. Tanpa berasa segitu banyaknya makanan, dan minuman habis menemani malam hari itu. 

Total 2 lembar ratusan ribu dari Pak Su, ikut melenyapkan diri hingga tersisa hanya 7.000 rupiah saja haha. Sengaja saya siapkan untuk membayar parkir yang ternyata tarifnya 5.000 per motor. 

EVENT TAHUNAN YANG PASTI DITUNGGU 
Sudah pasti siapapun waga Tangerang akan merindukan moment keramaian massal ini. Terlebih di tahun ini, pembukaan ke 22 MTQ telah berhasil dilaksanakan secara offline setelah 2 tahun terdampak pandemi. 

Baiknya lagi, semesta mendukung. Tidak ada hujan ataupun angin kencang di malam hari itu. Semua pengunjung bergembira, bisa duduk bersama menikmati indahnya Tangerang bersholawat malam itu. 
MTQ Kota Tangerang
Jadi penasaran nih, ada apa ya di event tahunan pembukaan MTQ yang akan datang? Semoga kalian yang penasaran juga bisa menikmati asyiknya duduk lesehan dengan sandal dilepas dari rumput sintetis yang tak akan mati ini sambil mencari pahala dengan bersholawat. 

Bisa banget menjadi rekomendasi pilihan hiburan untuk keluarga Tangerang di event pembukaan yang akan datang. Jangan lupa, siapkan beberapa lembar uang seratusan ribu saja, sebelum kalian khilaf ya melihat semua makanan dan minuman yang bervariasi dan beragam harga. 

Cukup membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan, karena memang harganya juga terbilang selisih dengan harga yang dijual dipasaran secara normal. Semoga membantu. Sukses untuk MTQ kota Tangerang, kalah menang kalian tetaplah juara karena telah mensyiarkan Islam secara indah. 
MTQ Kota Tangerang

*** 
Artikel keenam, setoran minggu ke3 bulan Januari Blogger Traveller Batch 2