Ini Dia Produk dan Alasan Kosmetik Lokal by Skinproof Test yang Bikin Jatuh Hati

 

 Produk Lokal by Skinproof  yang Bikin Jatuh Hati (tulisanfebri365)

KOSMETIK LOKAL DAN MASYARAKAT  INDONESIA

Seketika, pandangan mata saya tertuju pada barisan produk kosmetik lokal saat mengunjungi toko kosmetik terbesar di kota Tangerang ini.  Banyak ibu-ibu datang bersama anak, saudara atau rekannya. Tak hanya itu, gadis-gadis berseragam putih abu-abu pun berjejer ikut menjadi pemandangan di siang menuju sore di salah satu sudut etalase kosmetik di toko terkenal yang berada di pasar Lama Tangerang. 

Wah..ga nyangka sih saat ini animo masyarakat terhadap brand lokal memang patut kita banggakan. Di tengah gempuran produk kosmetik luar negeri, ternyata produk lokal makin melebarkan sayap dengan keunggulannya. Jujur, akhir-akhir ini kita harus angkat topi dengan keberadaan kosmetik lokal yang kian banyak dan menjamur di tanah air. 

Tidak hanya produknya saja yang menambah referensi pilihan kosmetik lokal, tetapi keberadaannya juga mampu "menghipnotis" banyak orang untuk mengeksesekusi dan menjadikannya sebagai pilihan kebutuhan kosmetik sehari-hari.

Terbukti di tahun 2022, berdasarkan data yang ada. Di saat pandemi masih melanda tanah air, produk lokal malah mengalami kenaikan omset untuk memenuhi kebutuhan pembelian secara online. Well...bisa jadi good news nih dalam dunia perkosmetikan Indonesia. 

ALASAN KOSMETIK LOKAL PUNYA HATI DI MASYARAKAT 

Pastilah tak ada semut jika tak ada gula, begitupun dengan kecintaan masyarakat yang semakin terpikat dengan kehadiran produk lokal. Salah satunya teman dekat SMP saya yang rela meninggalkan brand besar yang telah dipakainya selama ini, hanya untuk pindah ke produk lokal yang katanya memiliki kualitas sama persis tetapi dengan harga lebih terjangkau. 

Selain itu banyak lho penyebab kosmetik lokal kian diminati di masyarakat. Khusunya kaum hawa yang merindukan wajah cantik, bersih dan juga sehat. Berikut alasannya yang membuat produk lokal semakin mendapatkan hati di kalangan masyarakat Indonesia.

  1. Sesuai dengan jenis kulit dan skin tone wanita Indonesia
  2. Sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal dengan kualitas produk yang semakin kompetitif dengan standar produksi, bahan baku dan regulasi yang semakin baik
  3. Harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan merk internasional yang sudah bersliweran sebelumnya
  4. Memiliki sertifikat halal dalam proses dan bahan yang digunakan (banyak produk kosmetik telah memiliki sertifikat halal sehingga memberikan ketenangan bagi wanita yang mayoritas beragama Islam)
  5. Produknya mudah didapatkan karena diproduksi di dalam negeri sendiri
  6. Turut serta mendukung industri kecantikan dalam negeri
  7. Kualitas yang tidak kalah dengan produk internasional baik dari segi bahan maupun packaging pengemasan yang menarik

SKINPROOF DAN PRODUK KOSMETIK LOKAL RELASINYA

Tentunya prestasi yang diraih oleh banyaknya produk kosmetik lokal saat ini, hingga kehadirannya mampu diterima oleh masyarakat. Pastilah tidak serta merta didapatkan begitu saja. Selain ada perjuangan luar biasa dari pelaku usaha, marketing yang bombastis juga ada pihak yang turut serta berperan mengealuasi dan melakukan riset konsumen atas suatu produk. Sebut saja Skinproof yang menjadi salah satunya dan mengisi barisan perusahaan yang turut serta memajukan kosmetik lokal hingga saat ini.

Skinproof yang merupakan anak perusahaan dari PT. Arya Noble. Adalah perusahaan yang bergerak di bidang evaluasi produk dan riset konsumen. Berdiri sejak tahun 2017 hingga kini, Arya Noble telah dipercaya oleh banyak klien di bidang perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi dalam bidang industri kosmetik. 

Terlebih, seperti yang diungkapkan oleh Ibu Apt. Theresia Sinandang, S.Farm selaku head of of Skinproof juga menjelaskan bahwa :
"Skinproof juga telah membantu pelaku usaha di bidang kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor hingga menjamah kepada respon konsumen untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai dengan regulasi yang ada". 
Selain itu, ibu Theresia juga menambahkan bahwa saat ini konsumen semakin paham dengan kandungan dan keamanan produk kosmetik. Hal ini mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi dengan mengembangkan produk yang layak dan berkualitas, sehingga dapat diterima di masyarakat.

Jadi, dengan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat atas produk yang diharapkan dengan kualitas, inoasi dan identitas kebangsaan yang ditawarkan. Maka akan menjadi peluang besar bagi merek-merek lokal untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kecantikan. Terlebih, saat ini konsumen pun semakin kritis dalam melakukan pemilihan produk kosmetik yang bukan hanya dari segi klaim harga dan produk, tetapi juga keamanan yang telah teruji secara klinis. 

REVIEW PRODUK KOSMETIK LOKAL YANG BIKIN JATUH HATI 

Well, gimana-gimana? pastinya kalian udah ga ragu lagi dong dengan pemilihan produk kosmetik lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang kalian miliki. Penjelasan di atas udah cukup jelas nih, mengingat saat ini produk lokal berlomba-lomba meraih hati dengan kualitas yang ditawarkan. Belum lagi dengan makin banyak brand dengan berbagai macam varian kosmetiknya telah teruji secara klinis oleh Skinproof. 


Nah, dari sekian banyak produk kosmetik lokal hasil riset Skinproof yang ditawarkan dan menjadi andalan. Saya memilih dua produk ini untuk menemani aktivitas sehari-hari yaitu : 
Erha Perfect Shield URBAN Skin Defense dan Erha Perfect Shield Sunscreen Oily Skin 

Sebenarnya saya beruntung memiliki kulit wajah yang tidak terlalu banyak masalah, biasanya yang sering menghampiri adalah kering dan bruntusan yang terkadang bikin gatal. Makanya saya tidak boleh salah memilih produk tentunya dalam perawatan sehari-hari. Dari beberapa produk skincare by skinproof, pastinya 2 produk andalan itu tetap saya butuhkan untuk menunjang aktivitias keseharian. 

Erha Perfect Shield URBAN Skin defense 

Kedua produk itu sudah menjadi favorit saya selama 1 tahun ini hingga bikin jatuh hati. Oke...biar jelas, saya spill dulu untuk produk Erha Perfect Shield URBAN skin defense.  Dengan kemasan botol plastik  transparant dengan berlabel biru pada full bodynya. Produk  ini merupakan refreshing spray yang memiliki banyak manfaat. Si biru ini sudah terbiasa menjadi teman dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan banyak kelebihannya :

  • dapat menyejukkan kulit wajah
  • melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas karena mengandung anti oxidant
  • menghindarkan kulit dari polusi
  • menghindarkan kulit dari sinar blue light yang mungkin bisa membuat kita terpapar
  • fungsi maskne carenya mampu melindungi bagian alami kulit wajah terutama bagian dagu untuk tetap sehat
Sumber Gambar : Shopee ERHA Official Store

Erha perfect shield URBAN ini berfungsi sebagai face mist untuk melembabkan dan menenangkan sehingga kulit terasa halus, lembut dan segar. Mengandung bahan utama Niacinamide (melindungi paparan wajah dari sinar blue light), Prebiotik, antioksidan dan antipolusi PM 2.5 yang mampu membentuk lapisan pelindung pada kulit wajah dari polusi hingga partikel halus. Masih ditambah juga dengan 7 extra tumbuhan yang berbahan alami sehingga mampu memaksimalkan fungsi utamanya yaitu melembabkan dan menyejukkan kulit. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah lho. Cukup semprotkan dengan jarak 15 cm pada kulit wajah sesuai keinginan. Berukuran 90 Ml yang praktis dan mudah untuk dibawa bepergian. Oia terdapat tanggal expired di bagian samping kiri bawah botol ya. Punya saya masih Exp di April 2024. Untuk harganya sendiri berkisar di angka Rp 100.00 an setelah diskon ya. Sudah BPOM ya dengan nomor NA 18211296883. Oia face mist ini dapat pula mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

Saya sendiri memakai Erha Perfect Shield URBAN ini sesaat setelah terpapar matahari lho. Makin fresh aja deh rasanya, selain itu saya juga menggunakannya siang hari setelah sholat Dhuhur. Caranya mudah, cukup semprot-semprot aja ke area wajah beberapa kali sesuai kebutuhan. Rasanya dingin dan berasa segar setelahnya. Fresh aja sih di saya setelah penggunaan ini. Rasanya wajah tetap segar lho. Oia satu lagi, face mist ini juga bisa membantu mengurangi dehidrasi kulit kita akibat pemakaian AC lho. 


Erha Perfect Shield Sunscreen Oily Skin SPF 30/PA++

Lanjut ya di review produk selanjutnya yaitu Erha Perfect Shield Sunscreen Oily Skin. Produk ini sangat cocok digunakan sebagai sunscreen untuk melindungi kulit wajah kita dari sinar matahari. Akan memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UVA dan UVB. Sangat cocok untuk kulit berminyak, karena mampu mengurangi minyak berlebih pada kulit

Kemasan mungil berbentuk tube berwarna putih ini berukuran 30 gr yang pastinya sangat praktis jika dibawa bepergian. Tanggal expired sendiri berada di bagian depan paling atas ya. Punya saya masih bisa dipakai hingga Desember 2025. 

Produk ini sudah BPOM juga ya teman-teman dengan nomor NA18191706050. Mengandung Aloe Vera, Vitamin E & d-panthenol dan Oil absorber yang mampu menyerap minyak yang menyebabkan kulit kering. Jadi produk ini andalan banget untuk menghindarkan kulit wajah berminyak dari sinar matahari lho. 


Harganya berkisar antara Rp 83.000. Kalau kalian beruntung, diskon bisa dapat di atas harga tersebut, tetapi jika harga kembali normal maka harganya sekitar Rp 100.000 an saja. Adapun produk ini bisa juga kalian jadikan base make up yang baik untuk kulit dan juga saat dipakai tidak lengket dan  cepat meresap saat dipakai.  Teksturnya krim halus, berwarna putih dan tidak memiliki aroma apapun lho. 

Cara pemakaiannya pun cukup mudah, cukup mengaplikasikan ke seluruh wajah setelah rutinitas perawatan kulit harian dan bisa kita gunakan 15 menit sebelum keluar ruangan lho. Ulangi kembali jika diperlukan dan bila kita telah berkeringat. Kalau saya sih, selalu rutin mengaplikasikan di saat setelah menggunakan skincare pagi hari dan sebelum bepergian bila sing hari terik. Saat dipakai cepet banget ngeblend dan langsung masuk ke kulit wajah. 

PENUTUP

Well itu tadi produk lokal andalan saya besutan Skinproof yang telah teruji secara klinis. Keduanya produk tersebut baik Perfect Shield URBAN sebagai Face mist ataupun Erha Sunscreen SPF 30++ mampu membantu kulit wajah saya supaya tetap sehat dan terjaga lho. Alhamdulilah memakai keduanya, kulit saya merasa cocok dan tidak ada perlawanan  yang  berarti saking amannya. 


Jadi gimana nih? Udah ga ragu lagi dong sekarang memilih dan memakai produk lokal yang telah diuji secara klinis dengan riset yang ketat oleh Skinproof. Ada pertanyaan atau mau konsultasi seputar produk skincare by Skinproof. Boleh ya mampir ke web Skinproof ataupun cek Instagramnya @skinproof.id bisa juga mampir cari info skinproof di Instagram @aryanoblelife

Yeayy, akhirnya pembahasan produk lokal favorit by Skinproof telah sampai di akhir ya. Sebenarnya masih banyak kog produk kosmetik lokal berkualitas seperti :
1. Y.O.U Radiance White Purifying Facial Foam
2. Dear me beauty 30 seconds meltaway balm
3. Wardah Perfect Bright Moisturizer
4. Dear me beauty face serum 1% Bakuchiol + Blueberry Extract
5. Somethinc Calm Down Skinpair Barrier Serum

Secara keseluruhan produk-produk lokal di atas telah diuji dan dijaga kualitasnya berdasarkan riset yang ketat oleh Skinproof. Jadi jangan khawatir dan udah jelas dong pastinya dengan keamanannya. 

So? di antara produk sincare by skinproof di atas. Mana nih yang menjadi favorit kalian juga. Share dong! terima kasih sudah mampir ke tulisanfebri.com kali ini. Kita ketemu lagi di artikel selanjutnya yang pasti ga kalah informatif. Tetap jaga wajah yang merupakan aset mahal bagi kita untuk saat ini dan masa yang akan datang ya. 


***
Sumber tulisan : www.skinproof.co.id
Sumber pendukung : Shopee  official ERHA

Komentar

HM Zwan mengatakan…
Setuju mbak... Makin kesini produk skincare lokal makin terdepan. Selain packagingnya yang bagus, kualitas produknya juga nggak kalah sama skincare luar ya
Lisdha mengatakan…
Jadi nggak was-was kalau pake skincare yg sudah bener-benar teruji ya mak. Mana harganya jg jd relatif terjangkau. Aku suka banget tu, produk bagus tapi harha terjangkau hihiji.
Milda Ini mengatakan…
Aku pake produk Wardah dan Somethic Mba, hehehe. selain itu pdoruk lokal kayak sari ayu atau mustika ratu, teteap jadi pilihan, hehehe
Emang deh ya kalau sudah jatuh cinta sama produk lokal yang bagus tuh jadi susah untuk kelain hati. Apalagi produk lokal sekarang tuh memang sudah bagus-bagus banget, karena sudah teruji juga oleh Skinproof.
Lintang mengatakan…
Aku juga lebih memilih skincare lokal sih, apalagi emang lebih cocok sama jenis kulit dan skin tone wanita Indonesia sendiri. Harganya juga relative terjangkau kalau dibandingkan merk luar kan. Paling penting udah mengantongi sertifikat halal juga. Aku juga pake Erha, ini udah ada hasil riset dari Skinproof ya mak. Emang sesuai klaimnya sii, jadi cocok juga pas pake.
Dewi Rieka mengatakan…
Iya, banyak produk kosmetik dan skincare lokal sekarang kita bebas pilih yang sesuai kondisi kulit dan kantong hehe tapi jadi bingung juga yang mana yang bagus kualitasnya dan cocok buat kita untung ada skinproof bantu merekomendasikan produk yang bagus ya
Suciati Cristina mengatakan…
Alasan cinta produk lokal, beneeer deh cakep puol produk lokal tuh ya. Jadi ini keyword wajah glowing bu kost ya. Memakai produk dalam negeri yg udah berkualitas, proof.
Skinproof jasanya dipakai brand2 kenamaan ya mba. Kece deh
Leyla Hana mengatakan…
Aku lagi pake Dear Me Beauty dan Scarlett nih. Aku juga lebih seneng pake produk lokal, apalagi kalau bagus dan terjangkau. Harus hati-hati memilih skincare. Jangan sampai mau cantik malah sebaliknya gara-gara pake skincare yang berbahaya.
Istiana Sutanti mengatakan…
Skincare lokal sekarang udah cetar cetar deh ya. Jadi di skinproof ini memang kandungannya halal semua ya, jadi tidak sulit juga bagi brand untuk mengeklaim produknya halal. Ya karena sumbernya halal serta berkualitas :)
Yurmawita mengatakan…
Erha katanya bagus ya, kosmetik lokal yang dikenal banyak masyarakat. Semoga berkesempatan untuk mencoba produk Erha
Nanik nara mengatakan…
Eh kirain Erha ini produk impor lho mbak, ternyata produk lokal ya.
Iya nih, alhamdulillah ya makin banyak produk lokal yang jadi tuan di negara kita sendiri, termasuk produk kosmetik. Cuma karena nama-namanya berbau Inggris gitu, kirain itu produk luar
Eri Udiyawati mengatakan…
Skinproof ini bener-bener andalan banget untuk produksi skincare. Salah satunya Erha yang hasilnya udah teruji dan efektif. Belum pernah nyobain Erha, next time saya pengen nyobain nih.
Ria Rochma mengatakan…
Aku juga cinta produk lokal, mbak. Untuk skincare, banyak produk yang aman buat kulitku dan cocok buat dipakai sehari-hari
lendyagassi mengatakan…
Aku juga pake ERHA Sunscreen.
Rasanya setelah ada Skinproof, jadi semakin yakin bahwa skincare dalam negeri pun bisa merawat kulit dengan baik jika digunakan sesuai aturan dan rutin setiap hari.
Dawiah mengatakan…
Kita patut bersyukur dengan hadirnya produk-produk lokal dan harusnya didukung sih, karena itu berdampak positif pada banyak hal.Termasuk skinkare skinproof ini yang menyesuaikan dengan karakter kulit rakyat Indonesia.
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Yess produk lokal tu ga kalah bagus kok pastikan cari yg halal dan terdaftar ya mam.

(Gusti yeni)
HM Zwan mengatakan…
Makin kesini skincare lokal makin terdepan ya mbk. Selain produknya bagus, harga terjangkau dan banyak yang cocok juga jadi repeat order deh
Aku pake ERHA yang mengatasi rambut rontok
Harga 75K per botol memang mantul hasilnya
Makanya ini mau coba produk lain
Dian Restu Agustina mengatakan…
Akutuh pakai produk skincare lokal sejak lama. Karena kulaitas sama dengan produk luar eh harganya lebih hemat. Belum lagi mudah didapatkan. Apalagi yang telah teruji secara klinis, pasti amaaan!
Damar Aisyah mengatakan…
Saya pakai produk YOU, Wardah juga Erha. ALhamdulillah aman dan nyaman karena memang pengujiannya tidak main-main karena langsung dilakukan oleh tenaga ahli di SKinproof. Sejauh ini cinta banget sama produk lokal. Apalagi pilihannya makin banyak dan kualitas juga terus meningkat.